3 kali pukulan berturut-turut berarti kematian

KAMLING

Gambar diatas pernah saya lihat menempel didinding sebelah dalam gardu penjagaan yang ada didepan Sekolah Rakyat, tahun 1963an. Saya masih duduk di kelas 5  Sekolah Rakyat. Lha kok pakde tahu ?

Ya tahu donk karena didepan gardu itu berderet para penjual makanan dan minuman. Ada pecel, tebu , semangka , kreco (siput sawah), glali, kacang rebus, kacang tunggak, es lilin, dawet dan lain-lainnya.Ha..ha..ha,asyik tuh makan kreco, ada kuah yang dikasih parutan kelapa. Kreco disedot dari cangkangnya, mak cepluuk…..sulrppppp…..achhhhhh…enak tenan ya dulu.

Disamping gardu ada kentongan sebesar orang dewasa, digandulkan pada dua tiang. Kentongan ini pada malam hari dipukul sebagai tanda waktu. Selain itu kentongan besar ini juga dipukuli jika ada suatu bahaya atau peristiwa kejahatan yang terjadi di desa.

Jika kentongan dipukul 3x berturut-turut selama sekian menit, itu berarti terjadi peristiwa rojopati atau pembunuhan. Jika dipukul satu-satu secara terus menerus dengan kecepatan tinggi -disebut titir-  itu berarti ada kebakaran. Mengapa dipukul bertalu-talu ? Karena kebakaran merupakan bahaya yang harus segera ditangani agar si naga merah tidak melalap rumah yang lain (alaaaa…kayak bahasanya reporter saja rek )

Karena hampir tiap dusun ada gardu ronda maka pukulan kentongan tersebut akan diikuti secara estafet oleh gardu ronda yang lain.  Dengan demikian maka seluruh penduduk  desa akan tahu apa sebenarnya yang terjadi.  Jika mereka tidak hafal bunyi kentongan itu ,  minimal mereka akan bertanya  ” Ono opo?”.   Kaum pria biasanya yang  langsung berlarian menuju TKP.

Kini bunyi kentongan besar itu tidak pernah saya dengar,mungkin saya keeakan tidur kaleee yaa. Tetapi kegiatan ronda kampung dengan menggunakan bunyi-bunyian kentongan kecil masih dilaksanakan oleh 2-3 orang. Dikampung saya kegiatan itu namanya patrol, mungkin diambil dari kata patroli atau patrol dalam bahasane Londo.

” Mas Lik, banguuun, banguuuuun Mas Lik , banguunnn” , begitu suara arek-arek yang lagi patrol. Tek tok tek tok tek tok…….

 

Incoming search terms for the article:

abdulcholik, aja, alat komunikasi dan fungsinya, alat komunikasi kentongan, alat komunikasi masa lalu, arti bunyi kentongan, arti dan fungsi kentongan, arti kentongan, arti kentongan yang dipukul 1 kali, arti pukulan kentongan, arti suara kentongan, arti tanda kentongan, bahasa pukulan kentongan, bunyi kentongan, bunyi kode kentongan, bunyi sandi kentongan, bus, cache:eqida6wfws8j:http://abdulcholik.com/tag/tanda-tanda-bunyi-kentongan/ sandi kentongan, cache:hkxthdl36osj:abdulcholik.com/2009/07/23/7-bulan-llalu-masuk-kurungan/ budaya tujuh bulanan, cara menggunakan kentongan, cara penggunaan kentongan ronda, cara pukul kentongan siskamling, contoh bunyi, contoh bunyi kentongan tanda ada maling, contoh gambar kentongan, dawet, definisi pos kamling, definisi siskamling, foto kentongan, fungsi kentongan, fungsi kentongan dan gambarnya, fungsi kentongan di masa lalu, fungsi kentongan sebagai alat komunikasi, fungsi kentongan sebagai alat komunikasi pada masa lalu, fungsi siskamling, gambar alat komunikasi, gambar alat komunikasi dan fungsinya, gambar alat komunikasi masa lalu, gambar dan fungsi kentongan, gambar kenthongan, gambar kentongan, hiasan kenthongan, jumlah pukulan kentongan, kebakaran, kenthongan tek-tek.mp3, kentongan, kentongan dan fungsinya, kentongan masa lalu, kentongan ronda, kentongan ronda adalah, kentongan sebagai alat komunikasi, kentongan sebagai alat komunikasi masa lalu, kentongan sebagai alat tanda bahaya, kode bunyi kenthongan, kode bunyi kentongan di pos ronda, kode kentongan, kode kentongan siskamling, kode kentungan siskamling, makna jumlah pukulan kentongan, makna pukulan kenthongan, ml, mp3 kenthongan, mp3 kethongan ronda, nada tanda bahaya di gardu ronda, patroli, pembunuh, pembunuhan, pengertian kentongan, pengertian pos kamling, por, pos kamling, pukulan kentongan, ronda, sandi bunyi kentongan, sandi kentogan, sandi kentongan, sandi kentongan siskamling, sandi sandi kentongan, satu, siji siji rojopati, start, suara bunyi kentongan, suara kentongan, suara pukulan kentongan, tanda bunyi kenthongan, tanda bunyi kentongan, tanda kenthongan, tanda kentongan, tanda kentongan dalam siskamling, tanda kentongan maling, tanda kentongan pos kamling, tanda kentongan ronda, tanda kentongan siskamling, tanda pukul kentongan, tanda pukulan kentongan, tanda pukulan kentongan pos kamling, tanda tanda bunyi kentongan, tanda tanda kentongan, tanda tanda kentongan di pos kamling, tek-tek pos ronda, www.tanda pukulan kentongan,

24 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. faza says:

    haddiirr pertamaaxxx p dhe…
    hehehe… dijamanku kecil masih ada en suaranya emang macam2 kayak yg pade bilang, waktu kuliah dulu masih suka gabung dengan warga ikut patrol tapi ya emang ga tau kode2 kentongannya. kalo sekarang, dah ga pernah nemuin lagi tuh diseputaran sini :)
    cu…

    makasih pertamaxnya mas

    Padahal kentongan tuh asyiik lho untuk alat komunikasi yaa.Apalagi kalau kentongan itu dikasih mik dan amplipuyeeerrrrrr…sip dah.

  2. b. ariyanto says:

    :mrgreen: hahahha tambah ganteng di themes barunya ayo pakde senyum dong..

    makasih mas, yo sik, bentar lagi pasti tersenyum deh..

  3. Zulhaq says:

    jadi keingat lagu cmapur sari…

    saiki wancine ngliler…nglier nglier mbak yu, pak dhe
    siji siji…*lupa liriknya
    loro loro…rojo pathi

    tariikk maaangggg…

    ha..ha..haaaa, gara-gara ngiler aja yaaa, mana yang ngiler tuhhh

  4. adirossi says:

    Kira2 ada hubungannya ndak yaa sama kode morse..hmmm

    saya kira nggak ada mas, morse kan huruf2 yang disandi, ini kan tidak, hanya tanda saja, kalau dipukul 3x ya ada pembunuhan gt aja.

    Kalo dianggap morse entar rakyat malah bingung ngapalkan. Nah kalau nggak apal-apal , ada bunyi kentongan thonk..thonk..thonk…thonk..
    mereka malah tanya :” Itu artinya rojokoyo apa rondo lungo ya”…ha…ha..ha

  5. Hmm..
    Pengalaman masa lalu..
    Yg sungguh berharga..
    Apalagi bwt generasi sekarang..
    Hehehe..
    Met knal ya Pakde.. :mrgreen:
    Saya juga dari Suroboyo..

    Iya mas, sekarang pake hp semua he..he..Makasih dan salam kenal balik dari Sukolilo

  6. ~noe~ says:

    wah-wah…
    kalo diriku ronda tuh, mukul kentongan asal kenceng saja, dengan motivasi orang2 ikut bangun nemeni yang lagi ronda.
    biasanya cuma tok terotok tok tok…
    nek itu artinya opo ya pakdhe?

    1. yaaaa, itu mah ronda tradisional mas. Sekarang udah pake suling,gendang dan organ kalau ronda.Lagunya kadang Rondo Kemplink, Bokong Semok, Tali Kutang, dll. je.

    2. kalau tok terotok tok tok, kalau nggak salah artinya ” prawan lan rondo, ndang tangi lhooo, I love you honey “…. kok panjang ya artinya.

  7. kanglurik says:

    Wah jadi inget waktu ikut ikut jimpitan di rumah-rumah warga…
    Ada kejadian yang bikinkaget… habis ngambil jimpitan kembali ke pos ronda ada putih-putih gemantung di depan pos…
    Makjegagik kaget semua… ternyata kenthongan dibungkus kain mori… :D

    *** DUkung Pulau Komodo di New7Wonders Nature

    jegagiknya itu lho yang bikin kaget mas….hidup pulau Komodo

  8. guskar says:

    Sekarang peran kentongan sebagai penyiar informasi telah banyak digantikan oleh peralatan komunikasi elektronik. Kentongan lebih banyak digunakan sebagai hiasan ruangan dengan berbagai macam model, digunakan di rumah makan lesehan untuk memanggil pelayan rmh mkn atau hanya ditabuh pada upacara-upacara adat.
    saya ingat nasihat bapak saya ketika saya dlm keadaan diam kebingungan : yen nduwe kenthongan mbok ditabuh to le.. :roll:

    kalo kenthongan masalnya mantap mas, sak deso dengar semua.
    Wah nasihat bapak artinya sungguh dalam ya mas.

  9. isnuansa says:

    Kalo saya denger kenthongan pas waktu dibangunin sahur Pak Dhe :oops:

    Bener,sama kayak dikampungku tuh mbak, rame kalau puasa

  10. Yep says:

    Waktu jaman itu aku masih dimana ya Pak De ? :)

    mungkin di USA atau UK ya

  11. Bang Dje says:

    Perumahan sekarang banyak yang model kluster dengan penjagaan satpam 24 jam.
    Untuk di perkampungan dan perumahan biasa (perumnas) sebetulnya masih bisa dipopulerkan kembali karena ini banyak membantu.
    Saya masih sempat ‘menangi’ model begini Pakdhe …

    bener mas, kenthongan is the best untuk alkom,bersifat masal sehingga sekali pukul sak komplex bangun

  12. KangBoed says:

    Waaaaaaah lagi konsen di sebelah sini yaaa pak deeeee

    iya mas, untuk mencari massa dulu he..e..maksud saya sahabat 2, ya promosi gitu mas

  13. KangBoed says:

    Kirain ada pertandingan Tinju yaaaaa.. hehehe..

    jangan ach, muka orang kok ditonjoki lho

  14. Di Poskamling di lingkungan saya juga ada Pakde… cuma jarang dibunyiin… Alhamdulillah jarang ada kejadian yang aneh aneh… paling sekarang ganti yang ‘ditutuk’ yaitu tiang listrik (teng…teng…teng…) berdasarkan pukul berapa malem itu… misal pukul 12 ya 12 kali, pukul 1 malem ya 1 kali, kalau terus terusan berarti ada yang iseng :lol: tapi berisik banget jadinya :mrgreen:

    mungkin bukan orang iseng,jangan2 orgil yang mukuli tiang listrik itu

  15. yudi nie says:

    .. weks .. untung ada pak dhe .. jade tau dah soal morse ketungan … :mrgreen:

    pak dhe cool :cool:

    kethongan itu sebenarnya bemanfaat ya, apalagi kalau kenthongan itu bisa dimainkan dengan nada g minor, c minor…walau lupa syairnya..ha..ha..ha

  16. Rismaka says:

    Iya tuh pak, sekarang kenthongan udah diganti jadi toa (speaker) yang biasa buat adzan.

    benar,sekarang kalau waktu sholat adzan bersahut-sahutan yaaa,asyik malahan

  17. Deka says:

    Kode sandi jaman dulu ya pakde… :mrgreen:

    hampir tiap desa punya gardu jaga dan ada petunjuk seperti itu,sekarang mungkin dah pada lupa.

  18. omagus says:

    wah di kampung saya udah ngga ada tuh kentongan segedhe gituh

    wah perlu segera dibentuk panitia pelaksana untuk membuat kenthongan mas

  19. Aldy says:

    Sekarang gak pake kenthongan lagi, udah pake kaleng roti Khong Guan, iramanya seperempat dangdut, seperempat disko, seperempat rock…sisanya ribut……

    ribut atau njebol singkong dikebun tetangga mas..,terus dibakar dan diemplok sambil sarungan tanpa cd ha..ha..ha

  20. muamdisini says:

    hebat pak dhe..kembali ke masa lalu…
    sekarang kentongan beralih fungsi menjadi penanda kalo tukang bakso lewat ya..
    hehehe…
    :grin:

    salam kenal pakdhe…
    .-= muamdisini´s last blog ..Food Not Bombs =-.

    tukang bakso pake kentongan kecil, gardu kamling kenthongan guede mas

  21. sinopi says:

    Justru baca mak cepluk sluuurp nya itu yg ga tahan pakde… Heheheee

    sekarang udah nggak doyan kaleee , dulu kok enak sekali ya

  22. sinopi says:

    Hihiii.. Saya seneng baca nya doang. Makan nya nda mgkn mampu deh, keburu pingsan..
    Masakan ayam nda suka, ikan nda suka, bebek nda suka..
    Paling2 telor ceplok itu jg kadang nda suka.. Tp baca mak cepluk sluuurp ky nya enak.. Hahahaaa

    wah pacarnya seneng donk, ditraktir apa2 nggak doyan.

  23. Deka says:

    Kayaknya dikampung saya sudah menerapkan metode baru pakde. VIA SMS. heheheh
    .-= Deka´s last blog ..Pindah… =-.

    bunyi kenthongan menggema keseluruh kampung

  24. memang kentongan sudah tidak ada lagi pakdhe…