½ hadiah itu untukmu

Jengatno dipanggil bos. Berita itu segera beredar cepat dikalangan karyawan PT.BintangSatuBersinar Surabaya. Banyak yang menduga pemanggilan Jengatno oleh bos perusahaan itu berkaitan dengan keberhasilannya memergoki dan menghalau sekawanan pencopet yang berusaha merebut tas si bos beberapa minggu yang lalu.  Bolak-balik si bos menceritakan kehebatan Jengatno yang telah bekerja melebihi panggilan tugasnya itu.

Mengetahui Jengatno dipanggil si bos, Sirikan- sopir si bos- segera menghampirinya. ” Jangan lupa kepada saya ya Ngat, kalau dapat hadiah dari bos saya dikasih 1/2 nya lho ya. Kan saya juga yang mengangkat-angkat kehebatanmu didepan bos”.

Jengatno tersenyum mahfum.

Jengatno segera menuju ruang spri (staf pribadi ). Ngonotah, pemuda kerempeng dan agak gundul yang menjabat Staf Pribadi si bos sudah masang senyum lebar. Dengan wajah yang sudah disetting ramah Ngonotah mempersilahkan Jengatno duduk. ” Bos lagi istirahat Ngat, katanya sih nggak mau diganggu. Tapi saya bisa atur kok, asal tahu sama tahu saja. Kalau kamu diberi hadiah saya dikasih separo ya. Saya nggak maksa lho Ngat ”.

Jengatno tersenyum mahfum lagi. Tatkala diantar keruangan ternyata sudah cukup lama si bos sudah menunggu dirinya.

Ir.Citrosembodho, segera merangkul Jengatno yang  sedang membungkuk tanda hormat kepada si bos. Setelah mempersilahkan Jengatno duduk, Ir.Citrosembodho berkata : ” Ngatno, sebagai tanda terima kasih, saya akan memberikan hadiah kepadamu. Selain uang yang harus kamu tabung untuk biaya sekolah anakmu, saya juga akan memberikan hadiah lain yang bermanfaat bagi kamu. Nah, supaya hadiah tambahan itu sesuai benar dengan kebutuhanmu maka saya berikan kebebasan kepadamu untuk memilih hadiah apa yang kamu inginkan”.

Setelah mengambil nafas, Jengatno berkata : ” Untuk hadiah uang akan saya tabung sesuai amanat bapak. Hadiah tambahannya saya memilih untuk menyapu dan mengepel seluruh lantai kantor ini selama seminggu Bapak ”.

Citrosembodho kaget,  tetapi segera tertawa terbahak-bahak setelah mendapat cerita dari Jengatno tentang pengalamannya dipungli oleh sopir dan sprinya. Segera dipanggilnya sopir dan spri yang mau meng-kadhali- Jengatno.  Sementara itu Jengatno disuruh menunggu diruang Spri.

” Sirikan dan Ngonotah, tadi Jengatno saya beri hadiah karena jasanya kepada saya beberapa hari yang lalu. Hadiah berupa tabungan tentu tidak bisa diganggu gugat, karena ini memang amanatku. Sedangkan hadiah tambahannya yang tak kalah menarik akan diberikan kepada kalian berdua masing-masing setengahnya. Apakah kalian mau menerimanya”, demikian si bos menjelaskan hadiah Jengatno kepada kedua karyawannya itu.

Sirikan dan Ngonotah mengangguk gembira. ” Siap bos, kami akan menerimanya dengan sukacita, apalagi hadiah ini asalnya kan juga dari pak bos , masa kita tolak. Btw, apa hadiah yang akan dibagi ya bos ??”, Sirikan yang memang dekat dengan si bos sudah tidak sabar mengetahui hadiah yang akan diterimanya.

” Hadiah itu adalah menyapu dan mengepel seluruh lantai kantor ini selama seminggu. Nah kalian bagi hadiah itu berdua, lakukanlah dengan sebaik-baiknya mulai besok pagi, setelah itu kalian berdua saya mutasikan sebagai anggota WanGuGas alias Karyawan Menunggu Tugas “

Bahan renungan : Jangan serakah, Jangan iri dan Jangan ambil hak orang lain.

 

Incoming search terms for the article:

aja, aku, bekerja keras, doa bekerja, doa di kantor, doa mau bekerja, doa mau kerja, doa mau mulai kerja, doa memulai bekerja, doa memulai kerja, doa memulai pekerjaan pagi hari, doa mulai bekerja, doa pagi di kantor, doa pagi hari, doa pagi hari mau kerja, doa pagi hari sebelum bekerja, doa pagi hari seblum bekerja, doa pagi mau kerja, doa pagi sebelum bekerja, doa pagi sebelum kerja, doa sebelum bekerja, doa sebelum bekerja dikantor, doa sebelum berkerja, doa sebelum kerja, doa sebelum mulai bekerja, doa untuk bekerja, doa utk bekerja, doa-doa sebelum bekerja, manfaat, Pemuda, pungli, raba, sabar, satu, serakah, Tertawa, uang,

19 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. bibit m says:

    Aku ‘Mega Mustika’ lg gak Cak? Nah itulah … org klo kemaruk, gak kringeten tp mau ikut enak. Jd … nikmatilah kebahagiaan, jk itu dr hsl kristalisasi keringat sendiri. Maju terus Cak!

    mantap, bener mas apa yang sampeyan katakan, maunya enak saja mereka ya dan itu banyak terjadi disini kan. Para preman dengan enaknya ambili seribu-dua ribu dari pedagang dan sopir.

  2. ~noe~ says:

    kalo diriku jadi jengatno, tetap minta duit lebih. dibagi dengan supir dan spri kan tetap masih dapat duit.
    :-D
    dasar matre tenan diriku ini…

    gileee bener, sudah dikasih tabungan kok masih minta duit lagi sihhhh mas

  3. omagus says:

    everything is about duit pakdhe….:D
    sorry pakdhe aku komplain kao feednya gak kebaca dari google rader atao blog linesku deh
    tiap aku kesini udah ada 3 sampai 4 postingan..
    tapi di bloglines ato di google readerku koq gak ada kabar postingan baru gimana yah..?
    aku kan jadi gak tau kalo pakdhe update..
    :lol:
    .-= omagus´s last blog ..6 unsur content blog..! =-.

    masak sih, entar tak cek pake stetoskop dulu yaa.maaf banget,maklum warung baru bukaaa ha..ha..ha :mrgreen:

  4. adirossi says:

    Cerita yg bagus pakdhe, sekaligus menghibur dan memiliki pesan moral..hati2 dengan penjilat yg ada disekitar kita, gayanya mbantu kita, giliran sulit mereka pergi, ehh giliran dapat rejeki mereka ngantri, sembari menyebutkan jasa2 dan kebaikan mereka..

    Kayak lagu aja “Ada uang abang sayang, tak ada uang abang ku tendang”..heleh2

    bener tuh,banyak yang suka gitu .Ada yang bilang ” aku ini guru terbaiknya si…. ( siapa hayo yang ngomong gitu..)

  5. isnuansa says:

    Hadiahnya ngepel lantai? Ooooh, noooo :shock:

    Saya pilih tabungan uangnya saja PakDhe :oops:
    .-= isnuansa´s last blog ..Nirwansyahputra: Tukang Ngarang =-.

    kan dikasihkan sopir ama sprin yang melakukan pungli tho

  6. KangBoed says:

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk sahabatku
    .-= KangBoed´s last blog ..Syair Kelemahan Diri =-.

    salam hangat dari Surabaya. ha..ha..ha ini asal menggugurkan kewajiban saja kayaknya.

  7. casrudi says:

    Assalamualaikum Pak Dhe…
    Ceritanya udah kayak dalang, tapi belum bisa komentar banyak nih…, Sudah malam dan sudah ngantuk… hiks !

    Kunjungan perdana di blog barunya, ternyata Pak Dhe suka yang bening² ya… Enak bgt dilihat Pak… Lanjutkan,
    Semoga betah dgn rumah barunya, salam hangat dari Jakarta untuk uwong Suroboyo… :razz:

    Waalaikumsalam mas

    Kalau ngantuk ya tidur mas, biar paginya seger.
    Bening itu indah dan enteng lho, jadi ingat grupnya benig

  8. Mas Tyas says:

    Wakakak.. ben kuapok Pakde.. :D

    hadiah untuk raja pungli ya mas

  9. dedekusn says:

    Wakwak….. bermakna…
    Salam untuk semua org SUrabaya!
    .-= dedekusn´s last blog ..Postingan ‘BOM’ Saya Ditanggapi Slank? =-.

    makasih pagi2 dah mampir kang,salam kembali

  10. B.P Momo says:

    nice story pakdhe,.. saya juga sering kena pungli,…

    saya dulu waktu masih sipil juga kena pungli :mrgreen:

  11. faza says:

    hadddiiirrr….
    hahahhaahaa….
    rasakno… orang kok sukanya minta japrem temen yang lagi dapet rizqi, mantap2 p dhe :)
    btw, 2 orang itu masih bisa ketawa nggak wkt menjalankan ‘bonus’ dari bos nya?
    cu…
    .-= faza´s last blog ..Jiwa Yang Tercabik

    biasa mas dalam hidup ada aja mereka yang memanfaatkan =-.

  12. dinoyudha says:

    Namanya lucu-lucu.. ada-ada aja nih YangKung.. Tapi tetep ada pesen moralnya..
    .-= dinoyudha´s last blog ..Proyektor SANYO PDG-DSU20E =-.

    kalo pake nama asli , misalnya Dino atau Yudho,takutnya ada yang kembar dengan blogger , kan nggak enak.

  13. Deka says:

    Sangat mengugah hati saya.. :mrgreen:
    .-= Deka´s last blog ..Doa Seorang Kakak =-.

    mantap tho,enak tho

  14. Anak Bangsa says:

    Wew..
    Berarti dapat 1/2 minggu dunkz masing-masing buat ngepel kantor..hehee..

    Nice post Gan..
    Salam Anak Bangsa..
    Salam Perubahan..

    Sibuk sama maenan baru nih Juragan..hehhe..
    .-= Anak Bangsa´s last blog ..Foto Ayam Kampus Gan..!! (IGO nich) =-.

    weeeee…cakep nian,selamat ye mas :mrgreen:

  15. Bang Dje says:

    Mustinya kapok tuh dua tukang palak …
    :D

    kapok sambil misuh2 mas

  16. wieda says:

    pakdhe…itu nama apa nyuruh seh? mosok Jengatno……klo udang njengat trus piye???

    ngepel? hehehehehehehe
    pakdhe lucu
    .-= wieda´s last blog ..Moon landing anniversary =-.

    ya namanya tho mbak masa merk dagang sih

  17. ha…………ha…………:D :D :D :d
    biar kapok deh itu yg memalak,
    salam.
    .-= bundadontworry´s last blog ..Apakah dia soul mate anda ?? =-.

    saya kelas 3 sudah kena palak mbak, tiap istirahat harus stor setengah rupiah lho, itu selama 3 tahun,sampai saya lulus.

  18. sinopi says:

    ahahahaaaaa..
    postingan nya gausah diragukan lagi.. pasti bagus, ringan tp sarat nasihat..
    yg ga tahan baca nama2 nya itu lho..
    jengat, ngono, sirik.. ada2 aja..
    .-= sinopi´s last blog ..SAMPAH *pezbuk jilid dua* =-.

    nama-nama kayak gitu sudah saya buat ketika saya membuat naskah latihan waktu jadi gumil dulu kok nduk.

  19. terlalu terobsesi menjadi top komentator
    .-= catatan febri´s last blog ..Seribu Manfaat dari Sebuah Blog =-.