Bersama menggapai cita-cita bangsa

SIDANG BPUPKIDengan penuh rasa hormat, disertai rasa bangga  dan penghargaan yang setinggi-tingginya saya acungkan dua jempol kepada para founding fathers yang telah tergabung dalam Panitia Sembilan dan dipimpin oleh Ir. Soekarno.

Panitia Sembilan yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat ini telah menyusun rancangan Pembukaan dan Undang-Undang Dasar 1945.  Dari hasil kerja keras, tanpa pamrih dan kerelaan untuk berkorban anggota Panitia Sembilan inilah bangsa Indonesia mempunyai cita-cita yang akan terus diwujudkan oleh seluruh rakyat Indonesia dari generasi ke generasi. Tak ada yang tak mungkin untuk menggapai sebuah  cita-cita bangsa.Cita-cita bangsa Indonesia sangatlah sederhana. Bangsa Indonesia tidak bercita-cita menjadi suatu bangsa yang adikuasa atau adidaya yang  mau dan mampu menguasai bangsa-bangsa lain yang ada didunia.  Bukan bangsa yang bisa menebar pasukan militernya kesegala penjuru dunia. Juga bukan bangsa yang menghendaki bangsa lain terkulai tak berdaya sambil meratap memohon belas kasihan dan bergantung kepadanya. Cita-cita bangsa Indonesia juga bukan sebagai bangsa yang dengan angkuh-arogan berdiri bertolak pinggang sambil berkata : ” You are with me or you are alone “.

Sekali lagi, cita-cita bangsa Indonesia sangat sederhana. Bangsa Indonesia hanya ingin mewujudkan suatu negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Cita-cita bangsa Indonesia itu diformulasikan dengan baik dalam alinea ke-2 Pembukaan Undang-Undang Dasar tahun 1945. Formulasi itu berbunyi : ” Dan perjuangan pergerakan Kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan Rakyat Indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur “.

counter attack

Perjuangan mencapai kemerdekaan Indonesia.

Indonesia dijajah bangsa lain selama 350 tahun lebih, bukan main !!!. Keramah-tamahan dan senyum tulus bangsa kita diartikan lain oleh  kaum penjajah. Mereka yang pada mulanya datang dengan senyuman manis mulai bertingkah setelah menikmati negeri yang kaya raya ini. Senyum seorang dewa berubah menjadi senyuman seekor serigala. Kecupan mesra ternyata hanyalah sebuah kedok untuk menyelimuti semua  tipu daya guna mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Bangsa kita terhina. Dan dalam keterhinaannya itu bangkitlah sang kundalini dari dalam raganya. Semangat perjuangan yang dilandasi semboyan Merdeka atau mati dan Rawe-rawe rantas malang-malang putung menggelora di dada setiap rakyat Indonesia. Mereka serentak mengangkat senjata untuk merebut kembali harga diri yang telah direnggut secara paksa oleh kaum penjajah.

Bambu runcing, keris, tombak, panah, parang, sumpit, rencong, badik, senapan kuno dan aneka senjata sederhana lainnya mampu merontokkan keangkuhan si penjajah dan menembus uluhati keangkara- murkaan mereka. Tertawa terbahak-bahak sang penjajah sirna ketika senjata ” Merdeka atau Mati ” yang dilepaskan dari tangan-tangan manusia yang mereka anggap bodoh menembus kerongkongan yang dipenuhi oleh nafsu keserakahan. Sementara mereka terdiam, dari kejauhan terdengar sorak-sorai bersahutan diantara tingkahan kata : ” Merdeka, Merdeka, Indonesia sudah Merdeka !!!”.

Tidak ada kata mustahil untuk mencapai sebuah kemerdekaan, asal ada kebersamaan, asal ada semangat, asal ada tekat yang kuat dan asal ada keyakinan bahwa Tuhan akan meng-ijabah doa orang-orang yang tertindas. Keris bisa membungkam meriam, bukanlah hal yang mustahil jika Tuhan menghendaki.  Nothing impossible to reach our freedom, our liberty, our independence !!!

AKU DAN BRIGA

Teruskan perjuangan.

Tanggal 17 Agustus nanti kita baru akan memasuki usia 64 tahun sebagai bangsa yang merdeka. Memang, dalam ukuran manusia , 64 tahun adalah usia yang sudah termasuk kategori tua. Tetapi 64 tahun sebagai usia sebuah kemerdekaan masih tergolong muda.  Selanjutnya bagaimana ?

Kita, generasi sekarang dan generasi yang akan datang berkewajiban untuk  meneruskan langkah para pendahulu. Perjuangan untuk mencapai dan menegakkan kemerdekaan sudah dilakukan oleh mereka dengan susah payah. Kewajiban kita adalah mengisi kemerdekaan melalui pembangunan yang berkelanjutan agar cita-cita bangsa Indonesia terwujud pada waktunya.

Bagaimana caranya ??

Banyak hal yang bisa dilakukan diantaranya adalah :

1. Kita sublimasikan apa yang dilakukan oleh para pendahulu kita dengan kondisi sekarang.

Jika para pendahulu menggunakan keris dan bambu runcing untuk mengusir penjajah, kini kita gunakan ilmu pengetahuan dan ketrampilan untuk mengusir kebodohan dan kemiskinan.

2. Bangga sebagai bangsa Indonesia dan mencintai tanah air.

Kita boleh berdebat mati-matian didalam negeri, tetapi diluar itu kita tetap harus mengatakan bahwa kita bangga menjadi bangsa indonesia. Kebanggaan ini harus diartikan sebagai kebanggaan yang positif, bukan kebanggaan sempit yang menjurus kearah chauvinisme. Kita harus mencintai negara Indonesia karena kita lahir, hidup dan dibesarkan sebagai orang Indonesia. Manusia Indonesia yang hobbynya menjelek-jelekkan bangsa dan negaranya sendiri dihadapan orang asing bukanlah ciri manusia yang bangga terhadap negara sendiri.

Lihatlah seorang Kumbokarno. Dia tidak setuju dan membenci kelakuan Dasamuka-kakaknya-yang telah menculik Dewi Sinta. Tetapi manakala negaranya Alengkadiraja diserang oleh Prabu Rama, dia tetap gigih membela negaranya sampai akhirnya dia  gugur sebagai kusuma bangsa. Suatu perwujudan dari rasa cinta tanah air yang patut kita contoh.

3.  Menumbuh-suburkan disiplin nasional yang dimulai dari disiplin pribadi-pribadi, disiplin dalam keluarga, disiplin dalam masyarakat dan akhirnya meluas menjadi sebuah disiplin nasional. Disiplin nasional merupakan suatu keharusan jika ingin menjadi bangsa yang maju, yang sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya. Tanpa disiplin nasional kita akan tetap terpuruk  sebagai bangsa tempe.

4.  Menjadikan semua bentuk kejahatan sebagai musuh bersama. Aksi terorisme, premanisme, korupsi, dan perbuatan-perbuatan amoral dan asosial lainnya kita jadikan sebagai musuh bersama yang harus di minimalisir dan akhirnya dienyahkan bersama-sama.

5.  Tingkatkan etos kerja.

Budaya malas, budaya kerja asal-asalan, budaya kerja seenaknya, jam karet dan lain-lainnya sudah kuno dan tiba saatnya ditinggalkan. Pekerja, yang masih tergabung dalam Satker 8016 harus ditinggalkan, yaitu pekerja yang datang ketempat kerja pukul 8 dan pulang pada pukul 16, tetapi diantara jam-jam itu hasil pekerjaannya O.

6. Menumbuh suburkan budaya malu. Kita harus menumbuh-suburkan budaya malu dalam kehidupan sehari-hari. Malu jika datang kekantor terlambat, malu jika naik sepeda motor tidak memakai helm pengaman, malu jika menorobos sebuah antrian panjang, malu jika lingkungan kita kotor , malu jika kita mengambil hak orang lain, dan bentuk malu-malu lainnya yang bersifat merusak.

Indonesia coat of armsKita adalah bangsa besar yang memiliki wilayah yang luas, penduduk yang besar dan kekayaan alam yang berlimpah-limpah. Bukan hanya itu, kita juga mempunyai Pancasila yang merupakan dasar negara dan sekaligus  sebagai way of  live bangsa. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila ini merupakan jati diri bangsa Indonesia yang tak akan lekang oleh panas dan tak akan lapuk oleh hujan. Pengamalan Pancasila secara benar dan cerdas sesungguhnya juga akan membawa kita menuju jalan untuk mencapai cita-cita.

Perjuangan untuk mencapai kemerdekaan yang begitu berat dan memakan waktu yang panjang sudah tercapai dengan gemilang. Kini tinggal melanjutkan langkah berikutnya yaitu berjuang untuk mencapai cita-cita bangsa melalui kerja keras dan bersungguh-sungguh disertai berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Indonesia terdiri dari berjuta-juta raga, tetapi tetap satu jiwa, yaitu Indonesia. Busungkan dada, angkat dagu dan kepalkan tangan seraya memekikkan sebuah kata : ” Merdeka..Merdeka..Merdeka “.

Dengan kerja bersama tak ada yang mutahil untuk menggapai cita-cita bangsa. Insya Allah.

KEYNOTE SPEECH

*********

Artikel ini saya dedikasikan kepada para founding fathers, perintis kemerdekaan, pejuang kemerdekaan, para pahlawan dan  mereka-mereka yang telah mendharma baktikan jiwa raganya untuk kejayaan dan keharuman Indonesia.

***

Artikel ini juga  saya ikut sertakan dalam Contest Nothing Impossible

Foto ilustrasi :

1. www.e-dukasi.net

2. rosodaras.wordpress.com

3. Modifikasi gambar dari Majalah Humor.

 

Incoming search terms for the article:

10 cita cita bangsa indonesia, 10 tokoh dalam panitia 9, 14 tokoh pahlawan nasional beserta foto, 20 nama pahlawan indonesia tanggal lahir dan wafatnya, 3 tokoh pendiri pbb, 3 tokoh yang tergabung dalam panitia 9, 9 panitia bpupki, 9 panitia dari bpupki, 9 panitia kecil, 9 tokoh panitia kecil, 9 tokoh yg tergabung dalam panitia kecil, abdul cholik tag gambar foto pahlawan nasional indonesia, abdulcholik, abdulcholik com/tag/pancasila-sebagai-cita-cita-bangsa-indonesia, adil, aggota panitia sembilan, aja, aku, anggota bpupki, anggota bpupki beserta fotonya, anggota founding fathers, anggota panitia 9, anggota panitia 9 beserta tempat tgl lahir, anggota panitia 9 namanya,dan gambarnya, anggota panitia kecil, anggota panitia kecil 9, anggota panitia sembilan, anggota panitia sembilan , gambar, anggota panitia sembilan tahun 1945, anggota sidang bpupki, anggota-anggota bpupki, anggota-anggota founding father, anggota-anggota panitia 9, anngota panitia sembilan serta foto fotonya, apa arti pahlawan beserta penjelasannya dan isinya, apa cita-cita bpupki, arti dari the founding father, arti pahlawan generasi muda, arti pancasila sebagai cita cita bangsa indonesia, arti panitia, arti panitia 9, arti panitia sembilan, artikel kemajuan, artikel kemajuan dalam mencapai cita2, artikel kepahlawan, artikel mengenai narkoba, artikel narkoba, artikel narkoba beserta gambar, artikel nasionalisme, artikel nasionalisme dan patriotisme, artikel nasionalisme dan patriotisme beserta contoh perilakunya, artikel pahlawan, artikel pahlawan soekarno, artikel perjuangan menuju kemerdekaan, artikel persidangan beserta gambar, artikel realisasi cita-cita bangsa indonesia, artikel soekarno, artikel tema cita-cita, artikel tentang narkoba, artikel tentang narkoba dan bangsa, artikel upacara tedak siti, artikel-artikel narkoba beserta gambar, artikelnarkoba, badik, bangga sebagai bangsa indonesia, bangsa dan negara, bela negara, bela negara menurut r. soekarno, bela negara merebut kemerdekaan, berbagai gambar narkoba, berdaulat, berkerja sama seperti gotong royong,ronda, bersatu, blog.anggota panitia sembilan dan gambarnya, bpupki, bus, cache:aosnxrwo7g0j:abdulcholik.com/tag/gambar-pahlawan-beserta-pengertiannya/ gambar dan pengertian pahlawan, cache:c_rh1fzn0xej:abdulcholik.com/tag/cita-cita-bangsa-indonesia-pada-pembukaan-uud-alinea-ke-2-sudah-terwujud-belum/ pidato tentang cita cita terhadap negara, cache:i_g9cgemdnqj:lowongankerjamu.com/dir/contoh teks pidato pahlawan ir soekarno naskah pidato presiden soekarno, cache:ys2q9bej5c4j:abdulcholik.com/tag/panitia-sembilan/ panitia sembilan, cinta, cita - cita negara pancasila, cita cita bangsa indonesia menurut pembukaan uud 45 alinea 2, cita cita nasional bangsa indonesia, cita cita nasional pada alinea ke 2 uud 1945, cita cita negara indonesia alinea 2, cita cita pancasila, cita cita untuk indonesia di masa depan, cita-cita, cita-cita bangsa, cita-cita bangsa idonesia, cita-cita bangsa indonesia, cita-cita bangsa indonesia dalam uud, cita-cita bangsa indonesia menurut pembukaan uud 1945, cita-cita bangsa indonesia menurut uud 1945, cita-cita bangsa indonesia pada pembukaan uud alinea ke 2 sudah terwujud belum?, cita-cita bangsa indonesia terhadap generasi muda, cita-cita diri, cita-cita nasional, cita-cita nasional bangsa indonesia dalam uud 1945, cita-cita nasional indonesia, cita-cita nasional pada alinea 2, cita-cita negara alinea ke-2, cita-cita negara indonesia, cita2 bangsa, citacita bangsa indonesia, contoh artikel cita-cita, contoh artikel narkoba, contoh artikel pahlawan, contoh artikel tentang cita-cita, contoh cita-cita, contoh cita-cita indonesia dalam uud 1945, contoh cliping narkoba, contoh dan bentuk tema pidato, contoh foto bpupki, contoh gambar narkoba, contoh gambar narkoba dan keterangan, contoh jiwa nasionalisme dan patriotisme, contoh keliping narkotika, contoh keliping tentag pemuda beserta gambar, contoh kliping, contoh kliping bpupki, contoh kliping gambar narkoba, contoh kliping narkoba, contoh kliping pahlawan, contoh kumpulan pidato tentang peranan pemuda indonesia, contoh makalah, contoh makalah cita cita, contoh makalah cita negara, contoh makalah kumpulan cita-cita, contoh makalah narkoba, contoh makalah narkoba lengkap, contoh makalah nasionalisme dan patriotisme, contoh makalah pancasila sebagai cita-cita bangsa, contoh makalah pancasila sebagai cita-cita tujuan bangsa indonesia, contoh makalah peran pemuda dalam mengisi,memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan indonesia, contoh makalah percaya diri, contoh makalah tentang cita-cita, contoh makalah tentang kepercayaan diri, contoh makalah tentang narkoba, contoh makalah?narkoba, contoh nasionalisme dan patriotisme, contoh nasionalisme di indonesia beserta gambar dan penjelasan, contoh naskah pidato indonesia tentang narkoba, contoh naskah pidato menyeimbangkan iptek dan agama, contoh naskah pidato narkoba, contoh naskah pidato nasionalisme, contoh naskah pidato patriotisme, contoh naskah pidato pemuda sebagai masa depan bangsa, contoh naskah pidato tentang peranan pemuda dalam pembangunan, contoh pantun kemerdekaan, contoh pantun pahlawan, contoh pantun perjuangan, contoh pantun tema pahlawan, contoh pantun tentang pahlawan, contoh pantun tentang soekarno, contoh patriotisme, contoh patriotisme dan nasionalisme, contoh patriotisme di indonesia, contoh patriotisme nasionalisme, contoh pembukaan pidato, contoh pembukaan pidato ttg narkoba, contoh peranan generasi muda untuk mengisi kemerdekaan, contoh perilaku adil, contoh perilaku nasionalisme, contoh perilaku nasionalisme dan patriotisme, contoh perilaku patriotisme, contoh persidangan serta gambarnya, contoh pidato cita-cita, contoh pidato dengan tema meningkatkan semangat juang dan jiwa nasionalisme bagi remaja, contoh pidato dengan tema para generasi muda dalam pembangunan, contoh pidato dengan tema peranan generasi muda dalam pembangunan, contoh pidato generasi muda, contoh pidato generasi mudah, contoh pidato indonesia tentang narkoba, contoh pidato iptek, contoh pidato kepahlawan, contoh pidato menyeimbangkan iptek dan agama, contoh pidato narkoba, contoh pidato nasionalisme, contoh pidato patriotisme, contoh pidato pembangunan, contoh pidato pemuda dan masa depan bangsa, contoh pidato peran pemuda, contoh pidato peran pemuda dalam pembangunan, contoh pidato peran pemuda dlm mengisi pembangunan, contoh pidato peran pemuda indonesia, contoh pidato peranan generasi muda di masa pembangunan ini, contoh pidato peranan pemuda, contoh pidato peranan pemuda dalam pembangunan, contoh pidato peranan pemuda dalam pembangunan bangsa, contoh pidato tema, contoh pidato tema cita-cita, contoh pidato tema narkoba, contoh pidato tema pemuda, contoh pidato tema peran pemuda dalam pembangaunan indonesia, contoh pidato tema tentang narkoba, contoh pidato tentang cita-cita, contoh pidato tentang kepahlawan, contoh pidato tentang menggapai cita-cita, contoh pidato tentang narkoba, contoh pidato tentang patriotisme, contoh pidato tentang peran pemuda dalam pembangunan, contoh pidato tentang peranan pemuda bagi bangsa indonesia, contoh pidato tentang peranan pemuda dalam pembangunan bagsa, contoh realisasi cita2 bangsa indonesia, contoh speech contest, contoh teks pidato peranan generasi muda bagi bangsa dan agama, contoh teks pidato tema pemuda dalam mengisi pembangunan, contoh-contoh bentuk pembelaan negara, contoh-contoh pantun pembangunan, contoh-contoh pantun perjuangan, contoh-contoh patriotisme, contohartikel semangat nasionalisme dan patriotisme, definisi narkoba, definisi narkoba beserta gambar, definisi narkoba menurut tokoh, emak, fhoto pahlawan, fhoto pejuang, fhoto pejuang panitia sembilan, foto, foto 9 anggota bpupki, foto anggota bpupki, foto anggota panitia 9, foto anggota panitia kecil 9, foto anggota panitia sembilan, foto anggota panitia sembilan bpupki, foto anggota panitia sembilan dengan penjelasan, foto atau gambar panitia 9, foto bpupki, foto dan keterangan generasi muda dalam pembangunan kemerdekaan, foto dan keterangan kemerdekaan, foto dan pengertian panitia 9, foto dan penjelasan panitia sembilan, foto foto anggota panita sembilan, foto foto anggota panitia 9, foto foto gambar narkoba, foto foto lengkap tokoh perjuangan bangasa indonesia tanpa artikel, foto foto panitia 9, foto foto panitia sembilan, foto foto panitia sembilan negara indonesia, foto gambar pahlawan perjuangan, foto ir.soekarno dan anggota bpupki, foto lengkap panitia sembilan, foto narkoba beserta penjelasannya, foto pa nitia se mbilan, foto pahlawan, foto pahlawan anggota bpupki, foto pahlawan beserta namanya, foto pahlawan beserta tanggal lahirnya, foto pahlawan beserta wafatnya, foto pahlawan bpupki, foto pahlawan dan namanya, foto pahlawan indonesia beserta namanya, foto pahlawan indonesia perjuangan, foto pahlawan ir.soekarno dan perjuangannya, foto pahlawan nasional beserta namanya, foto pahlawan nasional beserta profilnya, foto pahlawan nasional dan peranya, foto pahlawan nasional disertai penjelasan singkat, foto pahlawan nasional indonesia, foto pahlawan nasional indonesia dan namanya, foto pahlawan panitia 9, foto pahlawan panitia sembilan, foto pahlawan pendiri indonesia, foto panitia 9, foto panitia bpupki, foto panitia sembila, foto panitia sembilan, foto panitia sembilan / kecil, foto panitia sembilan dan keterangan lengkap, foto panitia sembilan kemerdekaan, foto panitia9, foto para pahlawan panitia sembilan, foto para panitia sembilan, foto pendiri bangsa 1945, foto pendiri bangsa indonesia, foto pendiri pbb, foto profil panitia 9, foto profil soekarno dan keterangan, foto serta penjelasan anggota panitia sembilan, foto sidang bpupki, foto sidang bpupki i, foto sidang ir soekarno, foto tokoh pahlawan bpupki, foto tokoh panitia 9, foto tokoh pendiri bangsa, foto tokoh tokoh panitia 9, foto tokoh-tokoh pendiri indonesia, foto tokoh-tokoh yang tergabung dalam panitia sembilan, foto wajah panitia sembilan, foto-foto anggota bpupki, foto-foto anggota bpupki pada saat kemerdekaan indonesia, foto-foto anggota panitia sembilan, foto-foto pahlawan, foto-foto panitia sembilan bpupki, foto-foto panitia-sembilan-lengkap, foto-fotopahlawan, foto2 panitia sembilan, fotofoto panitia 9, fotofotopahlawan, frofil panitia 9, frofil panitia perancang uud 1945, frofil panitia sembilan, fungsi panitia, fungsi panitia 9, fungsi panitia sembilan, gamabar gambar pahlawan indonesia danpenjelasannya, gamba r panitia sembilan, gambar - gambar narkoba dan keterangannya, gambar anggota bpupki, gambar anggota bpupki tahun 1945, gambar anggota panitia 9, gambar anggota panitia sembilan, gambar anggota panitia sembilan tahun 1945, gambar atau foto anggota panitia sembilan lengkap, gambar beserta artikel pahlawan ir soekarno, gambar bpupki, gambar contoh narkoba, gambar dan foto anggota bpupki, gambar dan keterangan lingkungan kotor, gambar dan keterangan narkoba, gambar dan keterangan pahlawan kemerdekaan, gambar dan keterangan pahlawan nasional, gambar dan keterangan patriotisme, gambar dan nama pahlawan, gambar dan pengertian narkoba, gambar dan penjelasan pendiri bangsa indonesia, gambar foto pahlawan panitia sembilan, gambar gambar pahlawan nama nya dan berasal, gambar gambar persidangan di indonesia, gambar gambar tokoh pahlawan beserta namanya, gambar ganbar tokoh pahlawan indonesia, gambar i.r soekarno beserta perannya, gambar jiwa nasionalisme dan patriotisme, gambar karikatur soekarno dan penjelasannya, gambar kliping narkoba, gambar kliping pancasila, gambar lengkap anggota panitia sembilan, gambar mengisi kemerdekaan negara indonesia, gambar nama nama panitia 9, gambar nama-nama pahlawan indonesia dan namanya, gambar narkoba, gambar narkoba beserta keterangannya, gambar narkoba dan artinya, gambar narkoba dan keterangannya, gambar narkoba dan namanya, gambar narkoba dan pengertiannya, gambar narkoba dan penjelasan nya, gambar narkoba dan penjelasannya, gambar pahlawan, gambar pahlawan & penjelasannya, gambar pahlawan 1945, gambar pahlawan beserta namanya, gambar pahlawan beserta pengertiannya, gambar pahlawan dan keterangan, gambar pahlawan dan keterangannya, gambar pahlawan dan naskah, gambar pahlawan dan penjelasannya, gambar pahlawan dan tanggl wafatnya, gambar pahlawan disertai nama dan lahir dan wafat, gambar pahlawan indonesia, gambar pahlawan indonesia dan keterangan lahir/wafatnya, gambar pahlawan ir.soekarno, gambar pahlawan kemerdekaan, gambar pahlawan kemerdekaan indonesia, gambar pahlawan nasional beserta perannya, gambar pahlawan nasional dalam pembelaan negara, gambar pahlawan nasional dan namanya, gambar pahlawan nasional dan perjuangannya, gambar pahlawan nasional indonesia, gambar pahlawan panitia 9, gambar pahlawan panitia 9 beserta penjelasan, gambar pahlawan panitia sembilan, gambar pahlawan perjuangan dan keterangan, gambar pahlawan perjuangan di indonesia, gambar pahlawan,tgl lahir.keterangan, gambar panitia 9, gambar panitia 9 beserta keterangan yang lengkap, gambar panitia 9 kemerdekaan, gambar panitia 9 yg lengkap, gambar panitia sembilan, gambar panitia sembilan bpupki & keterangannya, gambar panitia9 berserta namanya, gambar patritisme dan penjelasannya, gambar pemuda pancasila, gambar penjajahan negara indonesia, gambar perilaku generasi muda, gambar perilaku nasionalisme, gambar perilaku nasionalisme dan patriotisme, gambar perilaku patriotisme, gambar perjuangan bangsa indonesia, gambar perjuangan pahlawan indonesia beserta penjelasannya, gambar persidangan, gambar poto panitia 9, gambar sidang, gambar sidang bpupki, gambar sidang bpupki beserta keterangan, gambar tentang narkoba beserta nama nya, gambar tentang nasionalisme dan patriotisme beserta arti / pengertiannya, gambar tokoh - tokoh panitia 9, gambar tokoh 1945, gambar tokoh pahlawan dan patriotisme, gambar tokoh panitia 9, gambar tokoh panitia 9 berserta tokoh nya, gambar tokoh panitia sembilan, gambar tokoh panitia sembilan bpupki & keterangannya, gambar tokoh pendiri pbb, gambar tokoh sidang bpupki & penjelasannya, gambar'' perjuangan kemerdekaan, gambar, nama, tempat tanggal lahir, tanggal wafat pahlawan indonesia, gambar,tgl lahir,wafat panitia 9, gambar-gambar dan pengertian nasionalisme dan patriotisme, gambar-gambar narkoba, gambar-gambar pahlawan beserta nama-namanya, gambar-gambar pahlawan kemerdekaan, gambar-gambar tokoh-tokoh kemerdekaan, gambardanketerangan perjuangan kemerdekaan, gambarpanitia, gambarpanitia9, ganbar foto pahlawan nasional indonesia, ganbar pahlawan, ganbar pahlawan indonesia, ganbar pahlawan panita 9, ganbar pahlawan panitia 9, ganbar panitia kecil, ganbar upacara nasionalisme, geguritan "pahlawan kemerdekaan", geguritan kepahlawan, geguritan narkoba, geguritan tema perjuangan, ggambar perilaku nasionalisme dan patriotisme, ggambar sexsi, hal yang mengenai tentang nasionalisme dan patriotisme beserta gambar, hasil bpupki, hasil dari panitia sembilan, hasil kerja dari panitia sembilan ?, hasil kerja panitia sembilan, hasil panitia sembilan, hasil sidang bpupki, hasil sidang panitia 9, Indonesia, indonesia dan fotonya, indonesia sebagai cita-cita bangsa, ir soekarno, isi bpupki, isi cita-cita bangsa, isi dari pembukaan uud 1945 beserta tujuan dan cita-cita nasional bangsa indonesia, isi makalah tentang kepercayaan, isi naskah pidato sidang bpupki, isi panitia sembilan, isi pidato sidang bpupki, isi sidang bpupki, isi sidang bpupki 1, isi teks pembukaan uud 1945, karikatur ir soekarno, karikatur ir.soekarno dan penjelasannya, karikatur rakyat tertindas oleh pemerintahan sby, karikatur soekarno, karikatur soekarno beserta penjelasannya, karikatur soekarno beserta penjelasanya, karikatur soekarno dan maknanya, karya tulis peran serta generasi mudadalam pembangunan bangsa, karya tulis tentang meningkatkan rasa nasionalisme, keliping bangsa dan negara, keliping tentang narkoba, keterangan dan gambar bpupki, keterangan dan penjelasan narkoba, keterangan sidang bpupki, keterangan tentang narkoba, keterangan tentang pahlawan indo., kina, kliping mengisi kemerdekaan, kliping mengisi kemerdekan, kliping narkoba, kliping pahlawan, kliping pahlawan nasional, kliping pancasila, kliping patriotisme dan nasionalisme, kliping pembelaan negara, kliping tema negara dan bangsa, kliping tentang narkoba, kliping tentang pahlawan beserta gambarnya, kliping tentang pancasila gambar, kliping tentang pembelaan negara, kliping tentang pembelaan negara beserta gambar, kliping untuk anak smp, klipping tentang narkoba, koleksi foto pejuang 45, korupsi, kumpulan cita cita, kumpulan cita cita.com, kumpulan contoh pantun indonesia tentang pahlawan, kumpulan fhoto fhoto para pahlawan indonesia tahun 1945, kumpulan fhoto pahlawan, kumpulan foto pahlawan indonesia beserta tanggal lahir dan wafatnya, kumpulan foto panitia sembilan, kumpulan foto-foto perjuangan dalam merebut kemerdekaan, kumpulan gambar pahlawan nasional, kumpulan gambar pahlawan nasional serta namanya, kumpulan gambar pahlawan-pahlawan kemerdekaan, kumpulan pahlawan nasional indonesia, kumpulan pantun cita- cita, kumpulan pantun kepahlawan, kumpulan pantun nasionalisme, kumpulan pantun pahlawan, kumpulan pantun pancasila, kumpulan pantun pembangunan, kumpulan pantun pemuda, kumpulan pantun tema pembangunan bangsa, kumpulan pantun tentang pahlawan, kumpulan pantun usaha pembelaan negara, kumpulan pidato genersi muda, kumpulan pidato pahlawan, kumpulan pidato tentang narkoba, kumumpulan pantun pahlawan, lahir dan wafat pahlawan indonesia, lingkungan kotor, logo, makala gambar narkoba, makalah bangsa indonesia, makalah beserta gambar narkoba, makalah bpupki, makalah cita cita nagara, makalah cita-cita, makalah cita-cita bangsa indonesia, makalah kepercayaan, makalah kepercayaan diri, makalah mengisi kemerdekaan, makalah narkoba, makalah narkoba beserta gambarnya, makalah narkoba lengkap, makalah pancasila sebagai cita cita dan tujuan bangsa, makalah pancasila sebagai cita-cita dan tujuan negara, makalah pancasila sebagai cita-cita dan tujuan negara indonesia, makalah pancasila sebagai cita-cita negara indonesia, makalah patriotisme, makalah patriotisme dan nasionalisme, makalah patriotisme dan nasionalisme dengan gambarnya, makalah peran pemuda, makalah peran pemuda dalam bela negara, makalah peran pemuda dalam masyarakat, makalah peran pemuda dalam pembangunan bangsa, makalah peran pemudadalam pembangunag tokoh ir soekarno, makalah peran pemudah dalam membangun bangsa, makalah peranan pemuda dalam pembangunan, makalah percaya diri, makalah percaya diri menggapai cita-cita, makalah perjuangan bangsa indonesia menuju kemerdekaan, makalah tentang cita, makalah tentang cita-cita, makalah tentang cita-cita untuk bangsa indonesia yang lebih baik, makalah tentang kepercayaan diri, makalah tentang narkoba, makalah tentang peran pemuda dalam melestarikan pancasila, makalah tentang percaya diri, makalah te`ntang masa depan/cita-cita, makalahpercaya diri, makmur, makna alinea 2 uud 1945, makna bangsa dan gambar, makna fungsi tedak siti, makna pancasila dimasa depan, makna pembukaan uud 45 bagi pejuang bangsa, makna uud 1945 alinea ke-2, masa cita indonesia, masa pergerakan indonesia pada saat di jajah, memahami usaha mmpertahankan kemerdekaan diindonesia, membela negara, menggapai cita-cita, mengisi kemerdekaan indonesia, merdeka, merebut kemerdekaan indonesia, Mukadimah, nama -nama anggota panitia 9, nama 3 tokoh yang tergabung dalam panitia 9, nama anggota bpupki, nama anggota panitia sembilan, nama dan foto anggota bpupki, nama dan foto pendiri bangsa, nama dan foto pendiri pbb, nama dan gambar bpupki, nama dan gambar pahlawan kemerdekaan ri, nama dan gambar pahlawan nasional, nama dan gambar pahlawan nasionalisme, nama dan gambar panitia sembilan 1945, nama dan keterangan pahlawan daerah, nama lengkap anggota panitia 9, nama nama anggota panitia sembilan pancasila, nama nama pahlawan beserta tanggal lahir dan wafatnya, nama nama pahlawan indonesia, nama nama pahlawan indonesia beserta lahir nya, nama nama pahlawan indonesia beserta tempat wafatnya dan tanggal lahirnya, nama nama pahlawan pembangunan, nama nama pahlawan se indonesia beserta penjelasannya, nama nama pahlawan yang merebut kemerdekaan, nama nama pahlawan, pengertian, nama nama pahlawan, penjelasan,dan gambarnya, nama nama panitia sembilan bpupki, nama nama panitia sembilan dan fotonya, nama nama yang tergabung dalam panitia sembilan, nama negara pendiri pbb, nama pahlawan 1945, nama pahlawan berserta tugas dan fotonya, nama pahlawan beserta fotonya, nama pahlawan dan gambarnya, nama pahlawan dan keterangan, nama pahlawan dan serta keterangan nya, nama pahlawan dan tanggal lahir, nama pahlawan indonesia dan gambarnya dan keterangan, nama pahlawan indonesia dan tanggal lahir serta wafatnya, nama pahlawan indonesia tanggal lahir dan wafatnya, nama pahlawan negara indonesia beserta tempat lahirnya, nama pahlawan pembangunan, nama pahlawan perjuangan kemerdekaan, nama pahlawan serta tugasnya, nama pahlawan soekarno dan keterangannya, nama pahlawan soekarno dan keterangannya dan gambarnya, nama pahlawan tanggal lahir dan wafatnya pahlawan indonesia, nama pahlawan yang mengisi kemerdekaan, nama panitia 9 dari bpupki, nama panitia sembilan bpupki, nama tokoh bpupki, nama tokoh bpupki panitia 9, nama tokoh pahlawan, nama tokoh pahlawan serta keterangan, nama tokoh panitia sembilan, nama tokoh panitia sembilan adalah, nama tokoh tokoh bpupki, nama tokoh tokoh dalam panitia sembilan, nama- nama tokoh bpupki, nama-nama anggota bpupki, nama-nama anggota panitia 9 beserta tempat,tanggal,tahun., nama-nama anggota panitia sembilan, nama-nama bela negara para pahlawan, nama-nama pahlawan dan keterangannya, nama-nama pahlawan indonesia beserta keteranganya, nama-nama pahlawan nasional beserta perjuangan, nama-nama pahlawan nasional dan tanggal lahirnya, nama-nama pahlawan nasional se- indonesia, nama-nama pahlawan yang termasuk dalam panitia 9, nama-nama panitia 9, nama-nama panitia bpupki, nama-nama panitia sembilan, nama-nama panitia sembilan beserta fotonya, nama-nama pendiri pancasila, nama-nama tokoh panitia sembilan, nama-nama tokoh yang termasuk panitia 9, namapahlawan yang lengkap beserta namanya, narkoba beserta gambarnya, narkoba beserta pengertiannya, narkoba dan gambarnya, narkoba dan penjelasannya, narkoba dan penjelasanya, narkoba sak gambare, nasi, nasionalisme dan patriotisme, nasionalisme dan pengertiannya, naskah pantun tentang pahlawan, naskah patriotisme dan nasionalisme, naskah pembukaan pidato, naskah pembukaan pidato tentang narkoba, naskah pembukaan uud 45 alinea ke 2, naskah pidato bpupki, naskah pidato bpupki soekarno, naskah pidato cita cita, naskah pidato dengan tema peranan pemuda dalam pembangunan, naskah pidato dg tema narkoba pembunuh cita-cita dan masa depan generasi muda, naskah pidato narkoba, naskah pidato peran pemuda dalam mengisi pembangunan, naskah pidato tema generasi muda, naskah pidato tema narkoba, naskah pidato tema peran pemuda dalam pembangunan, naskah pidato tentang meningkatkan rasa nasionalisme, naskah pidato tentang narkoba, naskah pidato tentang narkoba di indonesia, naskah pidato tentang peranan pemuda, naskah pidato tentang peranan pemuda bagi bangsa indonesia, naskah pidato:tema pahlawan, negara pendiri pbb, pah lawan beserta artinya, pahlawan 45, pahlawan atau tokoh nasional di indonesia beserta peranannya, pahlawan bela negara indonesia, pahlawan beserta gambarnya, pahlawan bpupki, pahlawan indonesia berdasarkan keterangan, pahlawan indonesia beserta dengan tempat tanggal lahir dan wafatnya, pahlawan indonesia beserta fotonya, pahlawan indonesia dengan gambar dan keterangan, pahlawan ir.soekarno gambar dan pengetian nya, pahlawan kemerdekaan ri dan fotonya, pahlawan nasi berserta penertianya, pahlawan nasional beserta fotonya, pahlawan nasional beserta tanggal lahirnya, pahlawan nasional bpupki, pahlawan nasional dan namanya, pahlawan nasional dan perjuangannya beserta tanggal lahirnya, pahlawan nasional dan tokoh arti nya, pahlawan nasional indonesia beserta namanya, pahlawan nasional panitia sembilan, pahlawan pahlawan indonesia pada masa penjajahan beserta peran nya, pahlawan panitia 9, pahlawan panitia sembilan, pancasila sebagai cita-cita, pancasila sebagai cita-cita bagi bangsa indonesia, pancasila sebagai cita-cita bangsa, pancasila sebagai cita-cita bangsa indonesia, pancasila sebagai cita-cita indonesia, pancasila sebagai masa depan bangsa, pancasila sebagai tujuan bangsa, panitia 9, panitia 9 1945, panitia 9 bpupki, panitia bpupki, panitia kecil, panitia pancasila, Panitia Sembilan, panitia sembilan 1945, panitia sembilan 1945 beserta nama, panitia sembilan bpupki, panitia sembilan foto bersama, panitia sembilan pahlawan, panitia sembilan/panitia kecil, panitia9, panitia9 dan gambar, panitya 9, pantun cita, pantun cita-cita, pantun dengan tema pahlawan, pantun ir. soekarno, pantun kemerdekan, pantun makna pahlawan, pantun narkoba, pantun nasionalisme, pantun pahlawan, pantun pahlawan indonesia, pantun pembangunan, pantun pembangunan negara, pantun perjuangan, pantun perjuangan indonesia, pantun perjuangan pahlawan, pantun tema narkoba, pantun tema pahlawan, pantun tema pembangunan bangsa, pantun tentang cita-cita, pantun tentang pahlawan, pantun tentang perjuangan, pantun tentang soekarno, pantun untuk pahlawan, pantuntentang pahlawan dan gambarnya, para tokoh panitia sembilan, para tokoh yang tergabung dalam panitia sembilan, patriotisme gambar dan penjelasan, pejuang dan pengertiannya, pembahasan tentang cita negara, pembahasan tentang panitia 9, pembahasan tentang teks pembukaan uud 1945, Pembukaan, pembukaan narkoba, pembukaan pidato, pembukaan uud 1945 - cita cita nasional indonesia, pemuda tanpa narkoba, pendiri bangsa indonesia, pendiri bpupki, pendiri panitia sembilan, pendiri pbb, pendiri perserikatan bangsa bangsa, pendiripbb, penegertian panitia kecil, penertian pancasila, pengamalan pancasila menuju cita cita bangsa indonesia, pengamalan pancasila menuju cita-cita bangsa, pengertian beserta gambar dari narkoba, pengertian cita - cita pancasila, pengertian cita cita nasional, pengertian dan foto pahlawan, pengertian lengkap tentang narkoba, pengertian narkoba, pengertian narkoba berserta gambarnya, pengertian narkoba beserta contoh gambarnya, pengertian narkoba beserta gambar, pengertian narkoba beserta gambarnya, pengertian narkoba dan gambar, pengertian narkoba dan gambar nya, pengertian narkoba dan gambarnya, pengertian narkoba dan penjelasannya, pengertian narkoba lengkap, pengertian narkoba menurut tokoh-tokoh, pengertian narkoba menurut uud 1945, pengertian narkoba serta contoh gambarnya, pengertian pahlawan dan patriotisme, pengertian pancasila sebagai cita cita bangsa, pengertian panitia, pengertian panitia 9, pengertian panitia kecil, pengertian panitia sembilan, pengertian semangat juang 1945, pengertian tedak siti, penjajahan di indonesia dan fotonya, penjelasan lengkap ttg narkoba, penjelasan pahlawan ir soekarno, penjelasan pembukaan uud 45 alinea ke 2, penjelasan pidato bung karno di sidang bpupki, penjelasan tentang narkoba, penjelasan tentang narkoba serta gambar nya, peran ir.soekarno, peran pahlawan, peran pemuda dalam bela negara, peran pemuda dalam memperjuangkan dan mengisi kemerdekaan indonesia 1, peran pemuda dalam memperjuangkan dan serta mengisi kemerdekaan indonesia, peran pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan, peran pemuda dalam mengisi kemerdekaan, peran pemuda dalam mengisi kemerdekaan indonesia, peran pemuda dalam mengisi pembangunan, peran pemuda dalam pembangunan, peran pemuda memperjuangkan dan mengisi kemerdekaan, peran serta generasi muda dalam mengisi pembangunan, peranan generasi muda dalam mengisi kemerdekaan ri, peranan pancasila dalam membangun anak bangsa, peranan panitia sembilan, peranan pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan, peranan pemuda dalam pembangunan, peranan rakyat dalam mengisi erti kemerdekaan negara, peranan remaja terhadap negara, peranan uud 1945 dalam pembangunan bangsa, perilaku nasionalisme, perilaku nasionalisme dan patriotisme, perilaku patriotisme, perjuangan bangsa indonesia dalam mengisi kemerdekaan, perjuangan bangsa indonesia menuju kemerdekaan, perjuangan indonesia dalam mengisi kemerdekaan, perjuangan indonesia memperjuangkan kemerdekaan, perjuangan indonesia menuju kemerdekaan, perjuangan indonesia untuk mencapai kemerdekaan, perjuangan kemerdekaan indonesia, perjuangan pahlawan merebut kemerdekaan, perjuangan panitia sembilan, perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan indonesia, perjuangan para tokoh pejuang dan rakyat menuju kemerdekaan indonesia, perjuangan rakyat indonesia merebut kemerdekaan, pidato bela negara, pidato cita cita, pidato dengan gambarnya, pidato dengan tema peran generasi muda, pidato dengan tema peranan generasi muda di masa pembangunan ini, pidato dengan tema peranan generasi muda di masa pembangunan sekarang ini, pidato generasi masa depan, pidato generasi muda, pidato generasi muda dalam pembangunan, pidato generasi muda tanpa narkoba, pidato kepahlawan, pidato membangun generasi muda dalam mengisi kemerdekaan, pidato mengenai meningkatkan semangat nasionalisme, pidato mengenai patriotisme, pidato mengenain tujuan enggapai cita-cita, pidato meningkatkan rasa nasionalisme terhadap generasi muda, pidato narkoba, pidato naskah bela negara, pidato pahlawan tokoh, pidato pembangunan pemuda masyarakat, pidato pembukaan tema kepahlawanan, pidato pemuda & pembangunan, pidato pemuda dan pembangunan, pidato pemuda generasi bangsa, pidato peran generasi muda, pidato peran generasi muda dlm pembangunan bangsa, pidato peran pemuda dalam mengisi kemerdekaan, pidato peran pemuda dalam mengisi pembangunan, pidato peran pemuda dalam pembangunan, pidato peran pemuda dalam pembangunan negara, pidato peran serta generasi muda dalam mengisi pembangunan, pidato peranan generasi muda, pidato peranan generasi muda dalam pembangunan, pidato peranan generasi muda dalam pembangunan bangsa, pidato peranan generasi muda di masa pembangunan, pidato peranan generasi muda di masa pembangunan sekarang ini, pidato peranan pemuda, pidato peranan pemuda dalam membangun bangsa, pidato peranan pemuda dalam pembangunan, pidato rasa nasionalisme pada generasi muda, pidato sidang bpupki, pidato soekarno di sidang bpupki, pidato tema narkoba, pidato tema patriotisme, pidato tema peranan generasi muda di masa pembangunan ini, pidato tentang bela negara, pidato tentang cita-cita, pidato tentang cita-cita anak bangsa, pidato tentang generasi bangsa, pidato tentang generasi muda, pidato tentang generasi muda dalam nasionalisme, pidato tentang generasi muda dalam pembangunan, pidato tentang generasi muda masa pembangunan, pidato tentang kepahlawan, pidato tentang menggapai cita-cita, pidato tentang narkoba, pidato tentang narkoba dan masa depan, pidato tentang patriotisme, pidato tentang pembunuhan, pidato tentang pembunuhan di indonesia, pidato tentang pemuda, pidato tentang peran pemuda dalam pembangunan, pidato tentang peran pemuda dalam perjuangan dan pembangunan, pidato tentang peranan pemuda, pidato tentang peranan pemuda dalam mengisi kemerdekaan, pidato tentang peranan pemuda dalam pembangunan, pidato tentang peranan pemuda indonesia, pidato tentang perjuangan cita-cita, pidato tentang perjuangan pahlawan, pidato tentang remaja dan pembangunan, pidato tingkatkan semangat juang dan jiwa nasionalisme, poto bela negara, poto pahlawan, poto pahlawan panitia sembilan, poto panitia 9, poto para tokoh panitia sembilan, poto profil pahlawan, poto sidang, poto sidang panitia 9, poto soekarno, poto soekarno bela negara, poto-poto profil perjuangan ir. soekarno, prilaku patriotisme dan nasionalisme, profil anggota panitia 9, profil anggota panitia sembilan, profil pahlawan soekarno, profil panitia 9, profil panitia sembilan, profil soekarno, profil tokoh pahlawan nasional dg gambar, realisasi cita cita bangsa, realisasi cita-cita bangsa indoesia, realisasi cita-cita bangsa indonesia, realisasi cita-cita indonesia, realisasi cita-cita kemerdekaan bangsa indonesia, riwayat pahlawan panitia sembilan, sa i, satu, sejarah pemuda pancasila, sejarah toko-toko panitia 9, sembilan gambar bpupki, sembilan tokoh panitia kecil, sembilancom, sepeda, sepuluh anggota bpupki (tokoh tokoh nya), sex idonesia, siapa anggota panitia sembilan, siapa panitia sembilan, sidang bpupki, sidang bpupki 1, sidang panitia 9, sidang panitia kecil, sikap warga negara agar cita-cita bangsa tercapai, speech contest about shodaqoh, start, tanggal lahir dan wafatnya pahlawan nasional, tanggal lahir panitia sembilan, tanggal lahir soekarno, tanggal lahir tokoh-tokoh panitia perancang uud 1945, tedak siti, teks keterangan narkoba, teks pembukaan pidato tentang narkoba, teks pidato generasi bangsa, teks pidato generasi masa depan, teks pidato kepahlawan, teks pidato narkoba, teks pidato narkoba menurut who, teks pidato peran generasi muda, teks pidato peran generasi muda dlm pembangunaan, teks pidato peranan pemuda dalam membangun bangsa, teks pidato peranan pemuda dalam pembangunan, teks pidato tema narkoba, teks pidato tentang narkoba, teks pidato tentang peran pemuda dalam mengisi kemerdekaan, teks pidato tentang peran pemuda dalam pembangunan, tema narkoba, tentang narkoba, tentang narkoba beserta gambarnya, Tertawa, texk pidato masalah generasi bangsa, text pidato menggapai cita-cita, text pidato meningkatkan rasa nasionalisme, the founding father adalah pendiri bangsa, tokoh - tokoh bpupki, tokoh bpupki, tokoh bpupki & keterangannya, tokoh bpupki 1945, tokoh dalam anggota panitia sembilan, tokoh pahlawan nasional berserta keterangannya, tokoh pahlawan nasional beserta perjuangan, tokoh pahlawan panitia 9, tokoh pahlawan pembangunan, tokoh panitia 9, tokoh panitia sembilan, tokoh panitia sembilan;bpupki, tokoh para panitia sembilan bpupki, tokoh pendiri bangsa, tokoh pendiri bangsa indonesia, tokoh pendiri bpupki, tokoh pendiri pbb, tokoh perserikatan bangsa bangsa, tokoh tokoh pahlawan beserta peranannya dan gambarnya, tokoh tokoh pahlawan panitia 9, tokoh tokoh panitia 9, tokoh tokoh pendiri pbb, tokoh yang tergabung dalam panitia sembilan, tokoh yang termasuk anggota panitia sembilan, tokoh-tokoh foto pendiri bangsa, tokoh-tokoh pahlawan nasionalisme, tokoh-tokoh panitia sembilan, tokoh-tokoh panitia sembilan & perannya, tokoh-tokoh panitia sembilan 1945, tokoh-tokoh panitia sembilan berserta gambarnya, tokoh-tokoh pendiri bangsa, tokoh-tokoh pendiri pancasila, tokoh2 bpupki, tokoh2 pendiri negara dan perjuangannya, tokoh2 yg tergabung dalam panitia 9, tokohpanitia sembilan, tolak pinggang, tugas keliping poto pahlawan dan keterangannya, tugas kewiraan membuat kliping kasus pembunuhan, tugas pantun pahlawan, upacara adat tedaksiti dalam bahasa jawa, upaya pembelaan negara, upaya pembelaan negara beserta ganbar, UUD 1945, uud 1945 (cita cita bangsa indonesia), uud 1945 alinea ke 2, uud alinea ke 2, voto pahlawan, voto pahlawan nama dan tanggal lahir, wafat pahlawan dan namanya, wajah tokoh tokoh panitia sembilan, www pahlawan dan patriotisme.com, www. gambar panitia sembilan . com, www. gambar-gambarsidangbpupki.com, www. perjuangan pahlawan merebut kemerdekaan, www.anggota panitia 9.com, www.contoh pantun pahlawan .com, www.foto foto pahlawan com., www.foto foto panitia sembilan.com, www.foto narkoba.com, www.foto pahlawan 45 com., www.foto panita sembilan com, www.foto panitia 9 bpupki, www.foto pejuang 45 com., www.foto-foto org pahlawan.com, www.gambar anggota bpupki, www.gambar narkoba.com, www.gambar pahlawan.com, www.kumpulan foto-foto pahlawan.com., www.pahlawan 45.com, www.pahlawan.com, www.panitia 9, www.panitia 9.com, www.panitia sembilan.com, www.tokoh-tokoh panitia sembilan, www.tokoh2 panitia sembilan, wwwcara sex baa surabaya com, wwwfotofotopahlawan.com, yang termasuk bpupki, yang termasuk pahlawan pembangunan, yang termasuk panitia 9, yg termasuk panitia 9,

159 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. guskar says:

    pelajaran kewiraan pakdhe pagi ini telah menggugah rasa patriotisme di dada saya. betapa tidak, hampir sepuluh tahun ini saya nggak pernah lagi membaca (katakanlah sejenak melupakan) jasa para founding fathers.

    pakdhe sangat pas memberikan ilustrasi Kumbokarno (bukan berarti krn nama saya mengandung unsur “karno” ya :D )pada point 2 : bangga sebagai bangsa Indonesia dan mencintai tanah air. yg ada saat ini malah slg menghujat bangsa sendiri.

    saya ikut menggenggam tangan pakdhe, dan bersama2 meneriakkan : merdekaaaaaaaa!!!!!!!
    .-= guskar´s last blog ..Jadi Model Reklame =-.

    Iya mas, ada bangsa kito yang ngomong diluar negeri malah njelek-njelekkan bangsa dan negara sendiri. Ngelus dhodo rasane.Kadang saya iri, sahabat dari negara miskin saja selalu mengatakan ” come to my country Cholik, it is beatiful one “.
    Makasih mas dukungannya.

  2. marshmallow says:

    saya sangat menyukai poin kedua, pakde. kita harus bangga menjadi bangsa indonesia, bagaimanapun kita berdebat di dalam negeri. dan saat berada di luar, kita haruslah mampu menampilkan sosok seorang indonesia yang baik. dengan begitu, orang yang belum kenal indonesia jadi bisa mengetahui bahwa indonesia adalah baik dengan mengenal seorang delegasinya yang berlaku baik.

    selamat mengikuti kontes, pakde. semoga sukses. nothing’s impossible, termasuk bila pakde menggantikan obama jadi presiden US sekalipun. hehe…
    .-= marshmallow´s last blog ..Selamat Ulang Tahun =-.

    Terima kasih atas dukungannya. Kita mesti bangga menjadi bangsa Indonesia, masak kalah ama Kumbokarno yang raksasa. Iya kemarin blog ngadat, maaf ya.Salam

  3. ella says:

    pagi pakde dari surabaya….

    hehheh makasih dah mampir di blog ella yaa..

    pagi ini ella mau nyapa dulu aja….ntar malam baru deh koment ttg postingannya…mau kerja dulu hohohoo

    ^_^

    makasih sudah mampir, entar malam bawa bakso ama cappucino ya nduk. met berkarya.

  4. Wandi thok says:

    Betul dhe, hanya dengan kerja keras dan moral nyang hebat akan bisa mencapai tujuan nyang diingenken FoFa maupun anyak cucunya, kita juga.
    ===
    Kalo pic nyang terakhir itu dibesarin dikit pasti akan lebih kelihatan teks humornya dhe. :roll:
    .-= Wandi thok´s last blog ..Blogger juga Manusia =-.

    Makasih mas supportnya, entar coba dibesarkan, kadang kebablasan meliwati pager je mas…ha..ha..ha :mrgreen:

  5. Mas Tyas says:

    Dirgahayu Indonesia! Kita mesti menyeimbangkan kemajuan iptek dengan lestarinya budaya luhur (budaya bekerja keras, sopan santun, gotong royong dll) atau kita akan kembali terjajah! Adanya penyalahgunaan dan penyimpangan norma- norma hukum dan agama tak lepas dari adanya krisis kebudayaan luhur. Merdeka!! Lanjut Pakde!
    But, jangan lupa cukup istirahat Pakde.. biar nggak ngadat lagi.. Salam :)

    Makasih mas supportnya. Merdeka Merdeka Merdeka

  6. didta says:

    salam kenal

    makasih sayang

  7. adirossi says:

    Pembukaan dulu pakdhe :grin:

    makasih mas, jangan ada penutupan ya ha..ha..ha

  8. adirossi says:

    Artikel ini pantes untuk diikutken dalam kontes “Nothing Impossible”

    makasih dukungan mas,salam

  9. kanglurik says:

    Pakdhe. Saya nunggu tanggal 17 jam 10 teng nanti akan mempublish sebuah artikel kemerdekaan juga… Mohon doa restunya pakdhe…

    Sejarah bangsa ini memang panjang pakdhe. Tidak terlepas dari panitia sembilan yang merumuskan rancangan pembukaan dan UUD 1945… Kita patut berbangga,,,
    .-= kanglurik´s last blog ..Rumahku Puaanjang dan Lebar =-.

    mantap mas, mari kita ramaikan 17an sebagai rasa syukur atas karunia-Nya.

  10. omagus says:

    walah.. pakdhe koq feednya nggak ketangkep ama bloglinesku tho..!
    tiap manualy ke sini tau -tau udah banyak update postingan (doh)
    piye jal…

    piye yo mas, aku juga nggak ngerti je, apa ada yang salah dengan blog ya, ha..ha..ha.. aku gaptek je.

  11. itempoeti says:

    melu kontes nggih pakde..
    sukses yaaa…

    photone ngisor dewe kok apiiikkkk temen…
    sing luwih apik maneh nek nganggo udeng…

    kekekekekekek… :mrgreen:
    .-= itempoeti´s last blog ..Intelijen, Polisi dan Terorisme =-.

    iya ya, kalau pake udeng tambah mantap cak.suwun dukunganne

  12. KangBoed says:

    Salam CINTA DAMAI dan KASIH SAYANG..

    Hahahaha.. Negeri kaya tapi miskin segalanya.. sayang sekali.. terlalu banyak manusia tertipu oleh keserakahan dan nafsu semata.. entahlaaaaaah !!!
    .-= KangBoed´s last blog ..RUMAHKU =-.

    benar mas, kekayaan yang berlimpah kurang di explore untuk kemaslahatan rakyat ya.

  13. tikno says:

    Busungkan dada, angkat dagu dan kepalkan tangan seraya memekikkan sebuah kata : ” Merdeka..Merdeka..Merdeka “.

    Aku Cuma Bisa Berkata

    “MERDEKAAA……………”
    .-= tikno´s last blog ..Samsung GT-C6625 Bendung BlackBerry =-.

    Kurang keras teriaknya mas. MERDEKA !!!. Ulangi 26 x yang keras ya..

  14. Wao………kalo saya boleh mengcopy pasti tak copy buat kontes ya setidaknya bisa dijadikan bahan rujukan

    keren abis………
    .-= Kuliah Gratis´s last blog ..Membuat Form Pengisian dengan PHP dan HTML =-.

    silahkan saja mas gak masalah kok.

  15. ~noe~ says:

    wahhh…
    masih tetap bikin mak jegagik untuk poto terakhir di tiap postingan :-)
    kebanggaan berbangsa dan bernegara serta nasionalisme agak luntur setelah kita melewati tahapan orde baru. tidak ada pembelajaran isme lain selain pancasila sebagai pembanding, sehingga kita pun terninabobokan ada penetrasi ideologi yang kita sendiri ndak tahu itu ideologi atau bukan.
    semoga era informasi sekarang bisa membuka cakrawala hati tiap insan negeri ini.
    mantabs pakdhe…
    .-= ~noe~´s last blog ..Selamat Jalan Mbah Surip =-.

    Benar mas, Pancasila itu kan mengandung nilai2, kok sekarang orang pada sungkan ngomong, piye tho ?

  16. Ria says:

    Hidup INDONESIA!!!!
    semoga kedepannya lebih baik lagi ya pak
    dan himbauan untuk mencintai produk dalam negeri harusnya lebih di galakkan lagi…
    .-= Ria´s last blog ..What I’ve Got after 3 Years =-.

    saya sependapat banget tuh, produksi dalam negeri supaya bisa berjaya, kayak di India.

  17. AeArc says:

    manteb bro!

    sob, absen donk di forum.indotopten.com
    .-= AeArc´s last blog ..5 Hari Menuju Launching Template Baru =-.

    iya ya, saya baru sekali absen disana, oke mas entar tak nyambangi kesana deh. makasih sudah di warning.

  18. ayamcinta says:

    Klo dibandingin ma para pejuang dulu, gw suka jadi malu. Serasa belum bisa ngasih apa2 ma bangsa ini… :oops:
    .-= ayamcinta´s last blog ..Ngapain sech lo komen di blog gw??? =-.

    sekecil apapun peran sudah bermanfaat mas. makasih dukungannya.

  19. Aisha says:

    siip pakde.Salut…akan jiwa anda yang bangga akan bangsa dan negara.Andai saja rakyat Indonesia memiliki jiwa yang sama seperti anda.Merdeka!!!Btw thanks kunjungannya ya… dan minta izin untuk add linknya.
    .-= Aisha´s last blog ..Jogging lagi =-.

    makasih mbak, lha siapa lagi yang mencintai negara kita kalau nggak kita tho mbak. yukkk tukar link.

  20. agnes sekar says:

    Selamat malam Pak De, Kita wajib melestarikan, membina dan mengembangkan serta mengisi kemerdekaan ini dengan cara meningkatkan sumber daya manusia Indonesia menjadi manusia yang cerdas dan memiliki strategi bagaimana memanfaatkan sumber daya yang terbatas, terus menerus secara efektif & efisien untuk mencapai tujuan dalam kurun waktu tertentu dengan mencintai budaya dan lingkungan Indonesia dalam NKRI. Tumbuhkan /gali kebangsaan untuk menggali kekayaan Inonesia. Terima kasih Postingannya Pak De, Sukses untuk Pak De,

    Regards, agnes sekar
    .-= agnes sekar´s last blog ..PERANGI NARKOBA SEKARANG JUGA ! ! =-.

    Sependapat mbak, SDM juga memegang peran penting lho. Bahkan the most important asset. Salam hangat dari Surabaya.

  21. septa25 says:

    Salam dari anak bangsa pakde..

    kemerdekaan tidak didapat secara cuma-cuma..sudah sepatutnya generasi muda melanjutkan perjuangan bangsa ini…

    Salam KBM

    Salam balik dari anak negeri mas.
    Wah sangat setuju, kemerdekaan ini hasil perjuangan, dengan tetesan darah dan air mata. BUkan dikasih ama mereka kok. Hayooo, tegak, bersatu !!!

  22. abifasya says:

    Assalaamu ‘Alaikum
    Mat Malem Pakde ….!
    Kunjungan balasan neh pakde, makasih lho atas kunjungannya, tersanjung banget deh tlah dikunjungi pakde and kasi komeng lagi.
    Tulisannya hebat pakde …
    Moga aja pak SBY baca tulisan pakde, siap-siap aja ntar ditelpon untuk jadi mentri, tulisannya itu cinta NKRI bnget :lol: :lol: :lol: :mrgreen:
    .-= abifasya´s last blog ..Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural =-.

    Waalaikum salam mas Abi, makasih atas kunjungan dan apresiasinya.Saya maunya jalan-jalan dan mengunjungi semua sahabat, sayangnya sangune kurang jadi yang dekat-dekat dulu he..he..he. Wah kalau saya di telpon SBY saya katakan supaya menghubungi sampeyan saja ha..ha..ha. Makasih mas.

  23. Aldy says:

    Saya kira tidak perlu yang muluk-muluk, mulai saja dari diri kita sendiri. Coba ingat-ingat, apakah kita berhenti pada saat petugas menurunkan bendera bendera ?, apakah kita ikut menyanyikan Indonesia Raya dengan Khidmat ketika ikut upacara bendera ? ini hanya contoh kecil, mustahil membangun kebersamaan jika kita hanya sibuk dengan kepentingan sendiri. Sublimasi dari pendahulu kita hanya akan menjadi slogan kosong. Kebersamaan akan terbangun jika lahir dari nurani, rasa kebangsaan kita akan bangkit jika kita menyadari memerdekakan sebuah bangsa tidak sama dengan minum cendol dipinggir jalan. Patriotisme hanya tinggal milik kaum tua, yang sering dikatakan jadul, padahal jika tidak jadul emang ada jamon ? walaaaaahhh, kok malah ngawur toh ?
    .-= Aldy´s last blog ..Salahkah Saya ? =-.

    benar sekali mas, mari kita mulai dari sendiri, dari hal remeh tetapi penting, saat ini juga. Dengan semangat ini semoga akan melebar sehingga seluruh rakyat akan sama pola pikir dan pola tindaknya. Mulai dari diri sendiri.

  24. Refleksi kemerdekaan yang mengagumkan Pak Cholik.

    Keprihatinan kita bersama pada pembangunan yang bersifat neolib ini,penguasa seharusnya malu terhadap rakyat yang masih banyak tak mendapatkan keadilan dan kemakmuran namun tetap mencintai persatuan dan persaudaraan yang mudah terkoyak hanya karena perbedaan2 yang justru kita ciptakan sendiri.

    Saatnya kita harus merdeka, merdeka terhadap segala perbedaan dan kepekaan kita untuk saling memberi dan menerima , yang dapat dimulai dari hal yang paling terkecil, yakni kepribadian.

    Terima kasih atas lawatan dan komentar bapak diblog saya. Salam Merdeka.

    Saya Sependapat mas. Orang-orang dulu semangat gotong royongnya begitu bagus, yang sudah langka kita temukan di era yang sera duit ini. Kadang saya merindukan kegiatan ” Soyo”, yaitu membantu tetangga yang lagi bedah rumah kayak jaman dulu.

  25. Aldy says:

    Maaf mas, OOT sepertinya technorati widget agak kelebaran atao browser saya yang errorrrrr ? :mrgreen:
    .-= Aldy´s last blog ..Salahkah Saya ? =-.

    kayaknya saya salah ambil widget, mau ngambil yang kecil 2 itu kok.dah tak hapus mas, entar cari lagi yang kecil.

  26. quinie says:

    mampir balik & salam kenal. Makasih sudah berkunjung ke blog saya :).

    hm… kita pasti bisa membangun negri ini menjadi lebih baik lagih! sayah yakin!
    .-= quinie´s last blog ..my monday =-.

    semoga begitu adanya nduk, mari kita bangkit.

  27. Deka says:

    rada dalam nie pakde, saya baca dulu perlahan-lahan
    tak maknai dulu, baru nulis comment.. ;-)
    .-= Deka´s last blog ..Testing =-.

    jangan lupa bawa catatan, karena materi ini diujikan lho.

  28. Wandi thok says:

    Ayo kita kembangken budaya memiliki cita-cita ini. Blogger tanpa cita-cita, bagaikan hewan nyang hanya memiliki 3 nafsu:
    Kalo lapar pengin makan
    Kalo haus pengin minum
    Kalo lelah pengin bobok
    Thok
    Merdeka dhe.
    .-= Wandi thok´s last blog ..Beta =-.

    setuju banget mas, blogger harus senafas dengan semangat para pendahulu yaitu ngeblog dengan ikhlas, ngeblog tanpa pamrih.
    Merdeka

  29. Wah PakDhe, sudah lengkap banget dech tulisannya…
    Saya sepakat selalu ya Pak Dhe… :)

    Salam semangat dari Bocahbancar
    .-= Joko Setiawan´s last blog ..PPI =-.

    matur nuwun mas Joko, tapi saya belum berani mengadakan contest, kalah ama bocahbancar je..

  30. Huang says:

    Sekarang gimana nasib ama para veteran pejuang Indonesia?? nasib keluarga mereka gitu.. :(
    .-= Huang´s last blog ..Sok Tahu dan Tahu Tapi Tidak Mengerti =-.

    Kepada para veteran, pemerintah sudah memberikan tunjangan, bahkan seandainya veteran meninggal dunia maka tunjangan itu mengalir kepada isterinya. Ini dialami oleh bapak saya. Setelah bapak meninggal dunia maka iu masih menerima tunjangan janda veteran.
    Pemerintah tak akan melupakan jasa para veteran kok.
    Juga ada hal-hal khusus untuk mereka yang mempunyai kartu tanda veteran, kalau nggak salah jika naik KA hanya mbayar sekian-sekian, saya tak tahu pasti bagaimana-bagaimananya.

    Makasih mas.

  31. easy says:

    waa.. ini harus disimak baik baik nih.. pelajaran penting spy bangsa ini semakin baik kedepannya. dan generasi muda juga tetap semangat mencintai tanah air
    .-= easy´s last blog ..Brother =-.

    Benar, generasi muda Indonesia harus berdiri dibarisan depan untuk memajukan negaranya.

  32. nyegik says:

    salam kenal pak de, wow….ulasan yang sangat kumplit pak
    .-= nyegik´s last blog ..Akhirnya…….Award pertama NYEGIK =-.

    makasih mas, sekedar mengingat hari kemerdekaan kita agar tak lupa jasa pahlawan.

  33. javanese says:

    berkunjung…..
    bergandengan tangan, saling berbagi.

    makasih mbak dah mampir. mari bergandengan tangan dan berbagi.

  34. Dangstars says:

    Semoga Indonesia Menjadi negara yang adil dan beradab…
    .-= Dangstars´s last blog ..Mbah Surip Meninggal =-.

    Amin. Doa sampeyan juga doa kita bersama. makasih.

  35. Zulhaq says:

    tentu merdeka dalam hal apa saja tanpa terkecuali. merdeka secara lahir bathin. saya tertarik dengan point 6 “menumbuh suburkan buadaya malu”, dan itu merupakan ciri khas orang timur. harus dipertahankan. malu terhadap sesuatu yang nggak baik, malu terhadapa sesuatu yang negatif

    iya mas, budaya malu itu perlu menurut saya supaya kita nggak ngawur.

  36. D3pd says:

    Semangatnya pa’ de ternyata lebih besar ya dibandingkan dengan anak muda sekarang! Salut saya untuk seorang Bapak Surabaya yang memiliki motivasi pantang nyerah, keep struggle ^_^…V

    makasih mas, jadi nggak enak diangkat-angkat, jangan2 nanti dibanting he..he..he

  37. genial says:

    bener banget pakdhe, nothing’s impossible… segala sesuatu pasti bisa terwujud apalagi jika melihat sumberdaya bangsa kita yang memang gag ketulungan banyaknya jika dibanding negara2 persemakmuran lainnya, atawa adidaya sekalipun… namun permasalahannya adalah… individu2 ini msh terlalu senang dalam kenyamanan comfort zone akibat 350taon tersebut pakdhe… euphoria berlebihan manakala anak bangsa mulai sedikit sajja bergerak menuju perubahan… bahkan terkesan mereka, kami… wong cilik… generasi muda, merasa harus mengantisipasi gera’an2 tersebut dengan sikap skeptis… fiuhhhh… hashtag (#)indonesiaunite misalnya… gaungnya mulai terasa hambar meskipun sudah sampai kehadapan bpk presiden kita bersama istri…

    fiuhhh lagi-lagi fiuhhh…

    terimakasih udah sudi berkunjung ke tempat saiia.. terlebih, membaca komentar pakdhe di sana.. terenyuh saiia… sekali lagi terimakasih pakdhe… matur nuwun…

    Kita memang harus segera sadar dan beres2 mas, kalau nggak begitu akan makin ketinggalan dengan orang lain.

  38. saya suka dengan poin kedua PAk, harus bangga dengan bangsa Indonesia.
    nggak perlu muluk2, mulailah dari diri sendiri, keluarga, kerabat dekat.
    kawan saya dr negerinya Paman Sam, sewaktu kemari saja sampai berulang2 mengatakan pingin kembali lagi , krn sangat kagum dgn keaneka ragaman tempat2 yg indah2, macam2 makanan dan juga kebudayaan yg dinilainya tinggi.
    Masa’ kita nggak bangga jadi orang Indonesia, pasti BANGGA tentunya.
    salam.
    .-= bundadontworry´s last blog ..Ongkang-ongkang dapat uang. =-.

    Kalau nggak kita, siapa yang akan membanggakan negeri yang elok ini mbak. Mari kita berbangga menjadi bangsa yang gagah ini.

  39. Yep says:

    Wah..benar Pak De….sudah sangat lama tidak baca tulisan begini :)

    Btw…semoga sukses dengan “Nothing Impossible” :)
    .-= Yep´s last blog ..Facebook Mbah Surip Diramaikan Ucapan Belasungkawa =-.

    makasih atas dukungannya mas, ikutan contest sekalian menyambut 17an.

  40. Bang Dje says:

    Saya ingin mengomentari poin 6 tentang Rasa Malu.
    Rasa Malu berbanding lurus dengan Iman. Semakin tebal iman semakin besar rasa malu.
    Malu mau berbuat maksiat karena ingat sudah diberi banyak kenikmatan. Malu jika datang ke kantor terlambat karena teman-teman sudah mulai bekerja. Malu jika naik sepeda motor ugal-ugalan karena itu motor orang tua dapat dari kredit. Malu jika menorobos sebuah antrian panjang karena mungkin ada orang tua yang berdiri di belakang tapi tetap sabar. Malu jika lingkungan kita kotor , gimana nanti kalo ada tamu. Malu jika hendak korupsi karena masih banyak rakyat yang miskin. dan lain-lain.
    Tambahan sedikit. Saya pernah mendapat cerita bahwa dulu KETAPEL juga jadi senjata untuk mengusir penjajah. Betul tidak Pakdhe ?

    ada yang bilang begitu mas, pokoknya segala daya dan kekuatan dikeluarkan. Ketapel kalau batunya dibuat runcing2 kan mantap juga tuh kena mata ha..ha..ha

  41. genial says:

    maaf OOT… sekedar klarifikesyen… saiia ngerasa ditelanjangi sama pakde karena ‘penjelajahan fantastis’ nya di tempat saiia… sampe gag bisa berkata apa2 lagi karenanya :)

    terimakasih sebesar2nya pakde karena udah membuktikan bahwa saiia salah selama ini…

    lho, gak ada angin nggak ada hujan kok ngaku salah tho mas. jangan membuat saya bingung tho..

  42. genial says:

    iia pakde…
    izinkan saiia buat ‘make a confession’ di sini…

    saiia kenal sama pakde itu karena psotingan pakde yg berhubungan dengan ‘backlink’ gaya MLM itu… mungkin pakde uda lupa, gpp… but it’s not the point… setelah beberapa waktu saiia sering maen di tempatnya pakde… saiia kenal banyak temen2 WP lainnya (katauan gag pernah nyebrang dari blogspot* hihihihih…) seperti; sebut sajja de fenomenal kangBoed, pa’ guru wandhi doank, kang saka… sampe dinda the smart and ‘matre’ keren watson…

    nnnaaahhh… tertarik sama nama terakhir yg saiia sebut (content sitenya mksd saiia..) kunjungan demi kunjungan saiia lakukan… tiap apdetan terbaru saiia selalu maen ke sana, karena (apalagi klu bukan) ke-matreannya.. canggih itu anak… saluddd!!! sayangnya…

    ini dia… sayangnya sewaktu saiia ajak tukeran link, dia setuju, tp karena waktu itu saiia mengajak tuk tukeran link sama PSD Holic saiia ini, bukan blog saiia yg memperkenalkan saiia sama pakde (di kasus MLM tersebut… saiia tetep pasang link dia… namun dia mengajukan syarat yg saiia agag bingung, yakni dia menolak tuk memasang link PSD Holic saiia tanpa alasan yg jelas… (sampe sekarang saiia gag pernah tau apa alasan tersembunyi tersebut…)

    fiuhhh… finished?!??!

    nope.. not yet at all :(
    bertepatan dengan kunjungan saiia yg semakin memudar ke sitenya dinda (tentunya karena alasan tersebut tadi di atas) entah knp, temen2 WP lainnya seperti senada seiya sekata seperti ‘jijik’ sama PSD Holic saiia… ternyata opini saiia bisa dipatahkan sama kehadiran rutin hariannya de fenomenal kangBoed dan -tentunya- pakde… hehehehe…

    sebenernya masih panjang lg sii pakde… huehehehehe… niatnya saiia mo buat postingan tentang ini, tp saiia urungkan ajja, karena tiap individu punya haknya masing2 buat tiap tindakannya :)

    wewww… sepertinya bener2 jd ‘Entry Baru’ nii di sini… maaf pakde jd ‘nyampah’ di sini… smoga gag ada samasekali kesalahpahaman di antara semua blogger seantero samudera galaksi antariksa android.. wewww… mulai ngacoo dee…

    permisi pakde… hihihihihih… mingser ahhh dikit2…

    ooo itu tho masalahnya.
    Kalau saya sih ada yang ngajak tukeran link hayoo saja kan nggak pake mbayar tho mas. Bahkan kalau ada blog yang bagus langsung saya pasang di blogroll saya, tujuannya kalau saya perlu artikelnya lagi dengan cepat saya bisa meng-kliknya.

    Link sampeyan kan juga dah tak pasang, walau saya nggak ngajak tukeran link karena artikel di blog sampeyan banyak manfaatnya yang suatu saat akan saya coba. Seperti Leopard skin itu saya kan tertarik. Kalau foto saya dibuat gitu kan sereeeeem kale..

    Dengan saya santai aja mas, mau copy silahkan saja, tukeran link ya monggo. Hanya page untuk blogroll saya ganti dengan judul VIPs’ Links, karena pengunjung di blog saya anggap orang penting.

    Cuma sebagai orang udah berumur suka lupa masang sampai berhari-hari, kadang ada yang nagih ha…ha.., saya jadi malu banget kalau sampai ditagih.
    Makasih mas. Santai aja deh mas.

  43. genial says:

    diawali dengan hehehehehehe :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: hehehehehehhe…

    pakde… linknya juga telah terpasang…
    maaf atas keterlambatannya… silahkan bisa dicek pada Doods yg terletak di sudut kiri bawah… atau bisa di intip secara keseluruhannya di
    My Banners.

    sekali lagi terimakasih atas ‘hospitality’ nya :)

    oke, percaya kok, masa pakai ngintip2 segala sih.Thanks mas

  44. shalimow.com says:

    gimana kabarnya pak? smoga sehat selalu
    postingnya bagus pak, jadi ingat perjuangan tempo dulu
    tx
    .-= shalimow.com´s last blog ..Kepleset: Kulit Pisang, Wanita atau Pisang =-.

    iya, kita kan sama-sama mempertahankan Ambarawa yaaa. Makasih.

  45. Seandainya kita hidup di jaman dulu yach… bingung nyari tempat ngblog :) hehehe

    Benar mas, enakan jaman sekarang, banyak pedagang asongan lagiii.

  46. tyan says:

    dulu ada panitia 9…,sekarang ada cr9…,
    emang ga ada yang ga mungkin asal kita mau berusaha…,
    salam manis
    .-= tyan´s last blog ..Jalan hidupku =-.

    angka 9 memang ciamik kok mas. salam hangat dan ngeJos

  47. jack says:

    sejarah sudah memberikan pelajaran berharga buat generasi saat ini, ulasan pak dhe mantep banget, generasi sekarang lebih senang nonton sinetron yang setiap malam mengumbar airmata, gimana kita mau menghayati peran besar pahlawan yang sudah memperjuangkan Indonesia, alih-alih malah jadi bangsa cengeng
    .-= jack´s last blog ..Diperjalanan Malam =-.

    memprihatinkan sebenarnya ya mas, banyak fasilitas dan godaan sih. thanks sudah mampir.

  48. perigi tua says:

    haddiirrr…. lagi p dhe :lol: :lol:
    saya sangat setuju yang no. 2 p dhe, memang seharusnya seperti itu, biar negara luar juga ga berani macem2 ma kita hehehe…, biarpun di dalam rumah tangga negara sendiri gontok2an. mantep p dhe, moga sukses lagi ya untuk kontes nya
    cu…..
    .-= perigi tua´s last blog ..Perigitua.com menyambut… =-.

    makasih mas, iya donk kita harus berdiri tegak. makanya harus kerja keras dan disiplin. sip dah

  49. fanari says:

    Fotonya mantap pakde :lol: moga menang kontesnya
    ohya pakdhe, komentar pakdhe di blog saya gak sengaja hilang karena pengaruh plugin wp super cache. maaf ya pakdhe ;)
    .-= fanari´s last blog ..Make Money Online =-.

    yaa nggak apa2 kok, saya mau belajar make money online nich. makasih dah mampir malam2 yo mas

  50. Mia Arizona says:

    Wahh ..jadi ingat masa perjuangan dulu ?! :| Eh saya belum lahir pak De ….Tapi semangat say nggak kalah kok ,makanya saya sedang berjuang nih sebagai Blogpreneur ;-) ,Mengenai Arizona ,saya pernah disana waktu masih kecil ikut ortu…….
    Oh ya pak DE… saya akan buka ….Hmmm lihat di blog aq yaa ;-) ;-)
    .-= Mia Arizona´s last blog ..Gulai Kepala Ikan Kakap =-.

    Hlaa, sekarang ada dimana sih, kirain masih di Arizona. Oke ntar tak mampir lagi deh. Thanks malam2 dah mampir

  51. alamendah says:

    Cocock sekali dengan bulan Agustus, bulan heroik yang sarat dengan jiwa kepahlawan.
    Yang muda-muda seperti saya ini memang kudu sering diingatkan.
    .-= alamendah´s last blog ..Estafet Tunas Kelapa =-.

    mari kita kobarkan semangat untuk kerja keras mas

  52. embun777 says:

    mengkobarkan semangat..!! luar biasa…
    disaat negeri terluka dg segala problematika yg tak kunjung usai.. , setelah sekian lama tertulis kata Merdeka..! tetapi benarkah demikian kamas..?

    adakah kemerdekaan itu sdh ditangan kita ?
    kemerdekaan ekonomi misalnya , dulu para pendiri bangsa ini dg tegas pasang dada menolak jerat utang yg berkepanjangan..
    konon dg tekad bulat membangun pondasi yg kokoh walaupun masih jalan tertatih dg keadaan cukup sulit ! dan salah satu tokoh bangsa ini yaitu Soekarno mampu mengobarkan semangat nasional dlm satu kebersamaan dari beraneka ragam suku , budaya,ras dll.. bersatu padu rela prihatin mengencangkan ikat pinggang walau dl kondisi yg cukup sulit.
    tetapi skrg sepertinya kebersamaan yg dulu cantik sdh sedikit terkikis..

    bangsa ini perlu tokoh baru pengobar semangat
    seperti pakde misalnya…

    wallah… kebanyakan ntar takut salah
    kepleset.. cilakak.. daku…hee.hee..
    Matur suwun kamas.

    salam MERDEKA..!!!

    Oleh karenanya mari kita bangkit, kerja keras,bersatu sehingga lambat laum kita segera bebas dari utang

  53. wi3nd says:

    mErdeKaa paKde :)
    yuPz,tidak aDa yan9 tidak mun9kin didunia ini
    .-= wi3nd´s last blog ..~ suSteRna… ~ =-.

    setuju mas, thanks doanya.MERDEKA

  54. adirossi says:

    Tumben pakdhe ga ngeluarin artikel baru, biasanya sehari bisa nyampe dua :D

    Salam hangat dari Solo

    blog ngadat magi mas, baru hidup sore ini je

  55. Vyan RH says:

    Aku jadi malu nih pakdhe baca artikel tadi, sampai hari ini belum ada yang bisa aku perbuat buat negara ini.. (kacian deh daku..) :cry: :cry:
    .-= Vyan RH´s last blog ..Kacang tanah, Manfaat dan Dampaknya =-.

    sedikit banyak pasti ada tho mas perannya. Mentaati undang-undang dan peraturan kan sudah wujud nyata.

  56. Iklan Gratis says:

    pa kabar pak de….
    wuih, postnya keren abis dah…
    ditambah karikatur n gambar2 keren, jadi makin berasa nih post…
    jadi makin nyaman aja ngadem disini hehehe…

    Mantap!
    Iklan Gratis
    .-= Iklan Gratis´s last blog ..10 juta siapa sangka =-.

    kabar mas, matur nuwun suppotnya.silahkan minum2 kopi atau teh..

  57. omen says:

    salam kenal pakde….
    waduh…
    pakde, seneng banget saya ngeluhat post ini,apalagi klo lihat wajah pakde hehehe…
    lho knp bisa seneng?…
    pakde berwibawa, gagah n keren banget…
    jangan2 kita kembaran yah :D, tgl n bulan lahirnya sama :D, cuma beda jauh tahunnya, mudah2an saya bisa sesukses pak de hehehe…

    salam kenal ya pakde :D
    salam dari cucu mu ini :D

    makasih, saya jadi tersanjung. kalau sama kita tumpengan sama2 donk
    .-= omen´s last blog ..Semangat ’45 =-.

  58. cah ndueso says:

    cah ndueso sowan pak dhe!!!!

    monggo mas, pinarak ingkang sakeco, ngunjuk kopi punopo teh ?

  59. Assalaamu’alaikum…

    Salam kenal pakde Cholik…Terima kasih atas kunjungan ke laman saya yang jauh di Malaysia. Bertuah dapat mengunjungi laman penuh pencerahan ilmu dan maklumat. Semoga berbahagia dan tenang sentiasa. Salam mesra. ;-)
    .-= Siti Fatimah Ahmad´s last blog ..AKU DAN “RATU MALAM” =-.

    Waalaikum salam, mbak Siti Fatimah Ahmad,
    Wah saya merasa tersanjung dikunjungi mbak. Semoga silaturahmi diantara kita dan kedua bangsa serumpun semakin bagus dan menyenangkan ya mbak. Salam saya kepada keluarga di Malaysia.
    Saya ada beberapa teman dari Army, Airforce, Navy karena saya selalu mengikuti Sidang GBC waktu itu.
    Terima kasih. Salam mesra kembali dari Surabaya.

  60. ridho B says:

    merdeka….!! maju terus indonesia ku…..
    bagaimanapun engkau tetap tanah airku……
    .-= ridho B´s last blog ..[foto pekan itu] Gesekan di taman suropati =-.

    kita harus bangga dan cinta tanah air mas, kita jaga jangan sampai negara kita di hina oleh negara lain.

  61. Mr. Handsome says:

    kemaren kenapa blognya Pakde gak bisa dibuka?? ada maintenance gitu deh…

    oh iya, jadi inget kata-kata bijak orang dulu… ‘gantungkan cita-cita setinggi langit’… hehehe :D
    .-= Mr. Handsome´s last blog ..Cewe Lebih Narsis daripada Cowo. Setuju? =-.

    ngadat mas pada jaringan koneksi katanya, semoga nggak ngadat lagi ya

  62. wahyoe says:

    apapun bisa terwujud dengan niat dan kerja keras :)

    benar mas, tanpa kerja keras gak bakalan maju2.

  63. mahardhika says:

    Assalamu’alaikum pak de…
    saya juga memberikan 4 jempol dan rasa hormat yg besar pada semua panitia 9… kalo bisa saya malah pengen ngasi 8 jempol kalo ada.. :lol:
    .-= mahardhika´s last blog ..Katakan ” AKu Cinta Padamu “ =-.

    Waalaikum salam nduk.
    Bener, karena perjuangan merekalah kita bisa mempunyai negara ya nduk.Makasih dah mampir

  64. Lukito says:

    kalimat ini yang saya suka “Indonesia terdiri dari berjuta-juta raga, tetapi tetap satu jiwa, yaitu Indonesia.” tuh foto yang diapit orang bule keren banget pakdhe,siipp.. Selamat menempati rumah baru. tambah maju, link url blog anda yang ada di blog saya akan saya pindah menuju ke blog ini. sip ya..?!
    .-= Lukito´s last blog ..Flashdisk berkapasitas besar telah datang =-.

    Makasih mas, blog panjenengan juga sudah masuk VIPs’ Links lho. Salam

  65. gopis24vk says:

    ha ha ha, Bagus2… Point Terakhir aq suka… Nothing Impossible… :lol:

    add aq y Pak… ^^

    Salam Kenal :grin:
    http://worldwideword.wordpress.com/

    ha..ha..ha terima kasih mas supportnya

  66. gopis24vk says:

    :grin:

    :mrgreen: thanks mas, senyummu adalah sumber semangatku :mrgreen:

  67. gopis24vk says:

    Bagus loh Mas Point2 terakhirnya

    Salam Kenal :grin:
    http://worldwideword.wordpress.com/
    .-= gopis24vk´s last blog ..Wellcome to My Blogs =-.

    Makasih mas dah mampir, salam kenal kembali dari Surabaya.

  68. Lukito says:

    Wah, blog saya masuk VIPs’ Links ya.. tersanjung sekali, terima kasih. Oh ya.. pertanyaan anda sudah saya jawab di blog saya, silahkan cari posting yang berjudul “Pengertian backlink dan pagerank”, salam dari Sidosermo

    Makasih ya mas, entar tak mampir kesana lagi.
    Ohhh Sidosermo lak tetangga saya sendiri tho mas.

  69. Zulhaq says:

    selamat siang pakde…semoga selalu dalam lindungannya

    selamat siang, sama-sama mas, semoga panjenengan jug a sehat-adem-ayem selalu.

  70. Zulhaq says:

    yah komennya ilang
    kemakan aksimet niy kayaknya
    .-= Zulhaq´s last blog ..Sandal Sinting =-.

    soalnya ada peraturan kalau masuk blog ini harus melepas kacamata mas

  71. Si Gembala says:

    Bener pakdhe….menumbuhkan budaya malu…para pemegang peranan di pemerintahan moga2 mengamalkan ini…
    .-= Si Gembala´s last blog ..Modem…. =-.

    kita semua agar negara kita segera maju sederajat dengan negara2 maju lainnya.

  72. chokey says:

    Foto-fotonya mantaf Pak De ! :mrgreen:

    makasih atas kunjungan dan komen nya.

  73. saya bangga menjadi warga Indonesia dan saya prihatin dengan bangsa ini…. banyak sekali masalah yg sedang dihadapi bangsa ini seperti korupsi dan pembalakan liar, dan masih banyak lagi :???:
    .-= waroeng ubuntu´s last blog ..Full Circle Magazine Issue 27 July 2009 =-.

    mari kita kerja keras agar kita segera maju mas

  74. Dirgahayu Republik Indonesia
    .-= achmad sholeh´s last blog ..Renungan Menjelang Ramadhan =-.

    Merdeka mas

  75. Mas Tyas says:

    Lanjutkan Pakde!! Tanamkan semangat patriotisme dan cinta bangsa pada bloggers! Lanjutkan untuk mengisi kemerdekaan!!
    Silaturahmi: Sudahkah Engkau Merdeka?

    Merdeka mas, jangan menyerah untuk terus maju membangun negara.

  76. tarqy says:

    seperti diingatkan kembali bahwa cita2 negeri masih belum tercapai, ah….dimana rasa nasionalisme itu…
    .-= tarqy´s last blog ..Jejaring Sosial untuk Berbagi =-.

    harus selalu dibangkitkan mas

  77. akhirnya saya berkunjung juga di blog keren ini… wuah, pakde macam guru sejarah dan guru pkn saje ni. heheh

    salam semangat juang!! MERDEKA!!
    .-= fadhilatul muharram´s last blog ..Kangen Kue Rangi =-.

    makasih mas, lha saya kan emang guru, tapi dulu, guru militer 3 tahun.

  78. PTC $50 says:

    Cita-cita negeri….? itu adalah tanggung jawab kita bersama, mari kita ikut peduli dengan keadaan bangsa& negara kita.
    Terimakasih atas kunjungannya pak, untuk pertama kalinya saya datang kesini, salam kenal

    iya mas, kalau bukan kita siapa lagi yg ngurus, salal kenal juga ya mas. makasih

  79. Neng Aia says:

    woo.. ga kerasa ntar lagi Indonesiaku berulang tahun ya.. membaca postingan ini jadi membara-bara nasionalisme saya… hihihi
    .-= Neng Aia´s last blog ..Habiskan Lelah =-.

    semangat yo semangat untuk membangun negara. thanks dah mampir.

  80. zoel says:

    “merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”
    Rasanya sekarang sulit ditemukan di indonesia pak.. indonesia belum merdeka sepenuhnya sumberdaya alam masih dikuasi asing dan sebagian orang…
    Bersatu.. yang saat ini benih benih perpecahan
    Adil dan makmur.. ketika yang miskin makin miskin dan yang kaya makin kaya!! sungguh ironi!!

    Memang betul dengan bekerjasama tiada yang mustahil untuk mencapai cita cit bangsa!! tapi sampai saat ini saya belum melihat hasil yang nyata!! ntah dimana salahnya
    .-= zoel´s last blog ..Ketika ku tak berdaya =-.

    Salahnya terletak pada kita semua mas :
    -diajak bersatu malah saling menjatuhkan
    -kalau temannya menjabat malah ingin dijatuhkan
    -diajak disiplin malah lebih seneng mbayar sogokan
    -diajak tertib malah marah
    -diajak ibadah malah nggladrah

    Mari bangkit mas !!

  81. postingan yang mencerahkanm, pakdhe, mengingatkan akan besarnya pengorbanan para foundiung fathers dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. semoga semangat dan roh mereka menjadi ilham dan semangat bagi genarasi sekarang dan mandatang dalam mengisi kemerdekaan. merdeka!

    Bangsa Indonesia adalah yang besar, jangan mau dianggap remeh bangsa lain. Mari bangkit mas. Merdeka !!

  82. postingan yang mencerahkan, pakdhe, mengingatkan kita akan perjuangan para founding fathers dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, semoga roh mereka tetep menjadi sumber ilham dan semangat generasi muda dalam mengisi kemerdekaan. salam merdeka!

    makasih mas, kita harus meneruskan perjuangan pendahulu sesuai bidang masing-masing mas. Kita mesti bangga sebagai bangsa Indonesia

  83. anny says:

    Menyesal saya baru tahu blognya pakde sekarang, banyak sekali inspirasi nyata disini, ayo sama sama kita teruskan perjuangan ini dengan semangat yang berkobar :)
    .-= anny´s last blog ..Puteri Indonesia =-.

    Belum terlambat kok nduk, artikel dan calon artikel di benak saya masih banyak he..he..he, makasih ya dah mampir

  84. Merdeka… (hanya dari penjajahan Belanda dll.) Hasil pembangunan? Sampe skrg kita tetap tertinggal dari negara2 tetanga. 17 Agustus cuma jadi acara seremonial tahunan aja tanpa memberikan dampak perbaikan sebagai penghormatan kpd pejuang kemerdekaan dahulu :???:
    .-= Blogger Ingusan´s last blog ..Commentluv, Promosikan Artikelmu dengan Memberikan Komentar =-.

    setuju mas, acara balapan karung harusnya diikuti dengan balapan menunjukkan kebajikan, panjat pinang segera ikuti panjat cita-cita utama ya. Mari kita mulai sekarang, dari kita sendiri dan mulai hal kecil-kecil2 dulu untuk membiasakan perilaku kita.

  85. Deka says:

    Setelah saya cermati secara bertahap dan dengan penuh seksama serta dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. ada tiga point penting yang bisa saya ambil.
    1. Review
    melihat kembali bagaimana bangsa indonesi tercipta atau dengan kata lain mengenal sejarah bangsa. faktor ini sangat penting sebagai fondasi awal
    2. Now
    Melihat bagaimana keadaan bangsa kita sekarang, sudah lebih baikkan atau malah mundur.
    3. Better
    Jadikan review dan Now sebagai acuan untuk menjadikan bangsa indonesia sebagai bangsa yang lebih baik di masa yang akan datang.

    SO Merdeka, merdeka, merdeka.
    Indonesia Raya. [semangat banget deh... :mrgreen: ]
    .-= Deka´s last blog ..Mbah Surip Meninggal Dunia =-.

    analisisnya mengena, tinggal how to do nya ya.., tak ada kata lain, work hard,use the motto ” unity in diversity” untuk bersama-sama bangkit membangun bangsa.Merdeka.

  86. genial says:

    merdeka!

    merdeka merdeka merdeka

  87. edi petruk says:

    merdeka….!
    kalo semua orang indonesia mau mebaca dan merealisasikan tulisan pakde pasti negara kita sudah menjadi negara yang lebih maju dari sekarang.
    .-= edi petruk´s last blog ..KABINET ALL STAR =-.

    Merdeka,
    waduh mas, jangan begitu donk, jadi nggak enak nih. Kita memang harus bekerja keras mas agar tak menjadi ledekan negara lain ya.

  88. arkasala says:

    nasionalisme PakDhe yang perlu di contoh. Saya harap anjuran ini bisa membekas khususnya buat saya PakDhe yang penuh dengan khilaf dan lupa.
    Trims.
    Btw 2 hari ini saya kesulitan berkunjung kemari. Alhamdulillah saya berhasil sekarang, apa memang awalnya ada gangguan pak?
    Terima kasih pak. salam.
    .-= arkasala´s last blog ..Ide Canggih di Pemilu Pemilihan Ketua
    RT
    =-.

    Iya mas, ada gangguan. sekarang kalau masuk dgn meng-klik abdulcholik.com masih belum bisa, jadi masuk dari abdulcholik.com/profile.
    Makasih :mrgreen:

  89. D3pd says:

    Salam merdeka juga pa’ de, ^_^…V

    merdeka, merdeka,merdeka

  90. Aribicara says:

    Jadi malu nich gue kalau ga bisa kasih karya untuk negeri ini :)

    Mohon selalu beri bimbingan kami :)

    Salam :)
    .-= Aribicara´s last blog ..Negeri Ini Tak Butuh Nasionalisme SEMU =-.

    semua bisa berkarya sesuai bidang masing-masing mas.

  91. salam kunjungannnnnn… :)

    MERDEKA!
    .-= fadhilatul muharram´s last blog ..Kota Tua Kayak Gini Lho … =-.

    met datang mas, makasih

  92. heri says:

    moga moga Indonesia selalu jaya

    Amin, Merdeka, Bangkit, Indonesia

  93. phonank says:

    saya ikut dong…
    saya ingin ikut serta juga dalam mewujudkan cita2 bangsa dan negara kita.!
    ;-) ;-) ;-)

    Mari kita singsingkan lengan baju untuk membangun negara.

  94. dinoyudha says:

    “generasi sekarang dan generasi yang akan datang berkewajiban untuk meneruskan langkah para pendahulu”. Mungkin lebih dari itu, yaitu meluruskan, bukan sekadar meneruskan. Ya ga Pakde?

    Trus, Pancasila sebagai WAY OF LIFE.. No Way lah yaw.. saya kurang sepakat aja sih, Pakde.
    .-= dinoyudha´s last blog ..Foods and Beverages =-.

    Lha itu kan dah dirumuskan oleh pendahulu dan Pancasila memang kumplit je. Ada Ketuhanan Yang Maha Esa kan. Berarti manusia Indonesia mengakui dan harus menjalankan agamanya secara ikhlas dan benar.Ajarannya bagus, yang menerapkannya ada yang kurang bagus.Tapi pendapat panjenengan juga sah kok mas.

  95. sobatsehat says:

    merdekaaaaaaaaaaaa
    .-= sobatsehat´s last blog ..4 kriteria rumah sehat =-.

    merdeka mas, mari kita bagun negara dan bangsa kita sesuai bidang tugas masing-masing.

  96. silvi says:

    setujuuu seratus persen pak de…..duluuuu…..sayah seriiing banget ngomong…”indonesia, kalo ga gitu bukan orang indonesia…” dan ini selalu terucap kalo ada sesuatu hal nyeleneh khususnya mengenai disiplin…padahal yg ngomong begitu *diriku sendiri maksudnya* orang apa…dan tinggal dimana… *ga tau diri emang*

    oleh karna itu dengan kesadaran penuh,mari mulai sekarang kita berusaha merubah yg kurang baik dari kebiasaan yg ada di negara kita tercinta ini, seperti kata ustad kondang itu…mulai dari yg kecil, mulai dari sekarang dan mulai dari diri sendiri…

    ma kasih pak de…tulisannya betul-betul menginspirasi… :-D
    .-= silvi´s last blog ..cerita di balik si nama =-.

    Saya juga sependapat dengan mbak Silvi. Kitalah yang harus mengangkat citra Indonesia. Jika orang asing saja bisa bilang ” Indinesia is great, Indonesia is beautiful, I like to visit Indonesia, dan lain-lain, kok kita sendiri malah menjelek-jelekkan negara dan bangsa kita sih.

    Disiplin kita memang masih harus dibenahi dan ditumbuh-suburkan mbak.

    Thanks supportnya. salam

  97. Azzaam says:

    hidup pa’de, hidup pa’de…
    calon presiden kita nih…

    oratornya mantep tenan nih.. :mrgreen:
    pa’de, mau domain apa?

    tulis di forum yah, di kolom informasi kontes..
    saya tunggu..
    .-= Azzaam´s last blog ..Download Gratis Ebook Best Seller, Mau? =-.

    Ha..ha..ha.., presiden opo mas, presiden taxi ?
    Insya Allah saya akan nulis di forum mas.
    Wah soal domain aku nggak ngerti je mas, maklum ndeso pwol saya ini.
    Pokoknya pilihkan yang mantep, gampang mengoperasikan dan keren, ha..ha..ha. Makasih mas.

  98. wieda says:

    Merdeka pakdhe….
    Mari kita jaga kedaulatan dan keutuhan serta cita2 mulia bangsa Indonesia…

    “Iam proud to be Indonesian”

    Walaupun aku pergi jauh…tak pernah lepas dari kalbu..Tanah ku yg kucintai..engkau kuhargai
    .-= wieda´s last blog ..Quadra Island =-.

    Merdeka mbakyu, benar mbak, walau jauh jiwanya ya tetap Indonesia tho.

  99. AeArc says:

    wew.. lengkap banget, ikutan kontes ya?
    .-= AeArc´s last blog ..Launching Template AeArc creation v1.2 =-.

    makasih, iya mas artikel ini saya ikukan kontes sambil memperingati HUT RI. Doakan ngeJos ya mas.

  100. fariz says:

    salamsatu jiwa……………..top..

    Merdeka mas, kita bangkit dan bangun untuk negera tercinta

  101. Ayo berjuang, saling bantu antar blogger, bantu klik iklan maksudnya… wkwkwk… bcd ya…
    .-= jurus seo katak´s last blog ..SEO KATAK TEBING UNTUK GOOGLE =-.

    mari bung, saling bau membau.

  102. KangBoed says:

    SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG ‘TUK SAHABATKU TERSAYANG

    I LOVE YOU PUUUULLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLL

    Salam hangat juga untuk sahabat setia pwol

  103. KangBoed says:

    Hmm.. sejujurnya MIRIS dengan INDONESIA kedepannya yang semakin INDIVIDUALISTIS.. kebudayaan sudah berkiblat terlalu jauh ke barat.. mental spiritual yang semakin memburuk
    Salam Sayang

    Program2 berbentuk seminar wawasan kebangsaan, nasionalisme, dll sepi pengunjung, karena mereka lebih senang hura-hura sih mas.
    Yuk kita mulai dari keluarga sendiri untuk membangkitkan semangat kebangsaan.
    Salam hangat mas

  104. betul, apapun itu kita harus menegakan kepala untuk indonesia maju dan berkembang.

    Makasih supportnya, kata harus bangga sebagai bangsa.

  105. Deka says:

    @ Pake
    Sip pakde, Setuju sekali. Mari kita bersama-sama bersatu untuk mencapai cita-cita bangsa indonesia yang mulia. Khusus buat pakde semoga sukses dengan kontesnya ;-)
    .-= Deka´s last blog ..Sayang Noordin M Top Tewas
    =-.

    Thanks supportnya. lha kalau bukan kita yang mbangun siapa lagi, orang lain kalau mau membantu silahken tapi jangan mendikte kita, iya tho.

  106. deby says:

    sip pakde…

    Salam kenal ya pakde?
    .-= deby´s last blog ..Delapan Kebohongan Seorang Ibu Selama Hidupnya =-.

    makasih sudah mampir, salam kenal juga yaa dari Surabaya

  107. ceznez says:

    bersama kita bisa.. hihi…

    pasti mas, gotong royong, holopis kuntol baris, maju jalan

  108. Cak Noor says:

    Gus, betul banget kita harus bangga dengan bangsa sendiri tapi jangan terlena harus konsisten dgn tip-tip yang gus cholik sampaikan bila perlu ditambah dengan kuasa IT dan Bahasa …..
    Motto “Apabila anda ingin menguasai dunia kuasailah bahasa asing dan tekhnologi ….” :smile: :smile: :smile:

    weeeee, terima kasih cak noor, naik apa tafi kok sampai kemari.salam untuk teman2 semua yaaaa.cocok cak, Indonesia memang the best.

  109. andif says:

    merdeka

    Merdeka, merdeka. merdeka

  110. didta says:

    blogwalking… salam (_ _)
    .-= didta´s last blog ..pindah ke hosting berbayar =-.

    makasih, selamat ya dah pindah berbayar, segera isi artikelnya ya,entar tak tengok.

  111. Dinda Watson says:

    Wah, calon pemenang nih… :lol:
    .-= Dinda Watson´s last blog ..Membuat Game dengan Power Point =-.

    weleh..weleh, yang penting meramaikan donk, apalagi ini gagasan dari seorang teman yang kreatif, dan sip.

  112. perigitua says:

    haddiiirrr….
    wow, makin mantep aja p dhe, naga2 nya dah bau aroma tumpengan neh :)
    gudlak ya p dhe
    cu…
    .-= perigitua´s last blog ..Sepenggal Cerita Lalu Bangsa Indonesia =-.

    makasih mas, tumpengan dikampung saya sering sekali je, enak tur gratis.

  113. mapuc says:

    wah pejuang sejati, mampir pakde, he he slam kenal dari cucu nich he he
    .-= mapuc´s last blog ..Template dan SEO =-.

    matur nuwun mas, silahkan ngopi dan ngincipi roti sumbu khas gerilyawan ha..ha..ha

  114. b. ariyanto says:

    :grin: menghibur dan penuh perjuangan..
    banyak belajar dari pakde nih mengenai sebuah artikel yang penuh makna..
    maksih atas arikelnya pakde moga2 tambah guanteng

    Sama2 mas, artikel enteng2 saja mas biar nggak pusing yang mbaca. he..he..he

  115. ;-) bagus baget ya artikelnya terutama gambar2nya kok bisa orang tua semacam pakde top banget buat atikel wah22 perlu berguru ni
    semangat 45 harus terus dikobarkan salam dari balikapapan pakde yang makin guanteng aja

    terima kasih mas, ach jangan melebih-lebihkan tho mas, jadi GR lho. Saya dinas di Balikpapan selama 12 tahun je.salam balik mas.

  116. rivanlee says:

    animasi motornya bagus lho om . :grin:
    .-= rivanlee´s last blog ..Makanan Kecil =-.

    makasih mas dah mampir

  117. latree says:

    terima kasih wejangannya pakdhe..

    sama2, mumpung lagi mau 17 an jadi mbuat postingan yang senafas.

  118. sakurata says:

    Serasa lagi ngikutin pelajaran PMP dahulu kala, guru Saya mirip dengan Pak Dhe (kumisnya).
    Kalo menurut Saya yang masih ijo ini Pak Dhe, selain mengisi kemerdekaan kita juga harus mempertahankan kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pendahulu kita. Karena semakin hari, rasanya bangsa ini semakin luntur jati dirinya, salah satunya dengan alasan demokratis dan keterbukaan..lambat laun generasi penerus kita berjalan menjadi Generasi Ngek Ngok ! (Meminjam istilag Bung Karno)

    Merdeka !!
    ~Sekedar Lamunan~
    .-= sakurata´s last blog ..Kerinduan =-.

    Mmpertahankan kemerdekaan episodenya sudah habis, sekarang episode mengisi kemerdekaan. Nikmat mana lagu ” Bunga Anggrek ” dengan lagu ” You rise me up ?”

  119. sakurata says:

    Tambahan… lupa pak deh, kemerdekaan di sini saya artikan sebagai kemerdekaan budaya. Karena penjajahan sekarang kayaknya udah nggak pakai pistol lagi, tapi pake Budaya dan Ekonomi.
    .-= sakurata´s last blog ..Kerinduan =-.

    Makanya kita jangan cuek bebek, lha ada Wayang Orang penontonnya hanya 5, itupun 4 pensiunan dan 1 orang lainnya dah tuaaaaa banget. yang muda seneng nonton film barat sih.
    Diajak beli sepatu buatan Tanggul Angin malah bali merk luar lagi.

    Salam

  120. elmoudy says:

    tujuh belas agustus tahun empat lima
    itulah hari kemerdekaan kita

    merdeka.. merdeka. Hidup atau mati!! :mrgreen:
    .-= elmoudy´s last blog ..Refleksi 29 : dalam Sebuah Titik Nadir =-.

    Sebentar lagi ya mas. Yuk semangat membangun sesuai bidang kita.

  121. Dewi Yana says:

    Assalamu’alaikum,
    Subhaanallah, tulisan yang sangat bagus Pakde. Ada beberapa teman yg masih kecewa dengan pencapaian negeri kita. Memang diusianya yang ke 64 Tahun, negeri kita tercinta ini masih ada kekurangannya, tapi sebagai bangsa dan warga negara Indonesia yang baik, mungkin ada baiknya, kita tidak hanya selalu bertanya, apa yang sudah diberikan Negeri ini untuk kita? Alangkah bijaksananya, bila kita mulai bertanya kepada diri kita sendiri, apa yang sudah kita berikan untuk negeri ini? Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan berperan memajukan negeri ini, mari kita mulai dari diri sendiri, dari lingkungan terkecil kita, melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk negeri ini. Semoga bisa meraih kemenangan, karena artikel Pakde memang sangat pantas untuk meraih kemenangan.
    (Dewi Yana) ;-)
    .-= Dewi Yana´s last blog ..Mohon Doa Dan Dukungan Teman-teman semua =-.

    Kita kadang hanya jadi penonton ambil koreksi kiri-kanan secara ngawur. Padahal sebagai bangsa kita semua harus ikut beroeran dalam mengisi kemerdekaan.
    Makasih dukungannya mbak.

  122. Kemajuan dan Kesejahteraan atas Indonesia adalah sebuah harga mati

    mari kita perjuangkan
    .-= Kuliah Gratis´s last blog ..Cara Mengetahui Blog yang Masuk dalam SandBox Google =-.

    kita harus bangkit mas, agar kita tak dihina negara lain

  123. dheminta says:

    wah ini memang pas buat introspeksi 17′an bos. keren abis!! salam kenal ya

    makasih mas, salam kenal kembali dari Surabaya

  124. haniifa says:

    @Pakde Cholik
    Sugeng dalu @Pakde, @Budhe nyayur opo sak iki ?!
    .-= haniifa´s last blog ..Konsep bilangan biner berawal dari Al Qur’an =-.

    sugeng dalu mas, bude nggak mbuat sayur, tadi beli soto karena bude lag mudik ke cimahi ama cucu tercinta. salam

  125. dheminta says:

    wah ini memang pas buat introspeksi 17′an bos. keren abis!! salam kenal ya. MERDEKA!!!!

    makasih mas, mari bangkit, salam kenal kembali dari pakde di Surabaya

  126. morishige says:

    narasinya mantap, pakde.
    yang disayangkan, masih saja ada orang-orang yang menyatut nama founding fathers kita itu cuma karena minta dipilih waktu pemilu..
    :(
    .-= morishige´s last blog ..Mengarifi Kearifan Lokal =-.

    Indonesia emang jagonya catut-mencatut mas,cari keuntungan dengan cara yang tak terpuji.

  127. Irawanqq says:

    Selalu menjadi yang terbaik di dalam hidupnya….
    Salam komen bro….
    .-= Irawanqq´s last blog ..Jadwal Imsakiyah 1430 H Ala Irawanqq.blogspot.com =-.

    makasih kunjungan dan komentarnya.salam merdeka mas

  128. Babesajabu says:

    Wah, artikel nya pas banget buat menyambut HUT Kemerdekaan. Mantap Pakde….MERDEKAAA….

    memang saya pas kan mas, untuk lomba biar ngeJos.makasih dah mampir

  129. Mantap sekali, nenek moyang kita memperjuangkan dan merebut kembali bangsa ini dari tangan penjajah aja bisa, kenapa kita cuma mempertahankan dan memperbaikinya aja tidak bisa? kita bangsa indonesia pasti bisa.
    dengan memperbaiki diri saja kita sudah ikut memperbaiki bangsa kita ini. ayo maju!
    Iklan Gratis
    .-= Pasang Iklan Baris´s last blog ..** Ingin Pasang Iklan Links – Anchor Text Murah di 10 Iklan Baris ** =-.

    karena kita kurang disiplin sih yaa,bertengkar melulu

  130. HumorBendol says:

    Mengutip kata-2 pakdhe:
    “Tidak ada kata mustahil untuk mencapai sebuah kemerdekaan, asal ada kebersamaan”
    Masih adakah kebersamaan di negara kita ini ya Pakdhe? Apalagi kalo menyangkut politik
    Waduh…emboh wes pakdhe…
    .-= HumorBendol´s last blog ..Sapu Tangan =-.

    kita kebanyaken forum ini forum itu, begitu kampanye, forumnya bubar, malah saling sindir-menyindir.

  131. zee says:

    heheheee……
    gambarnya lucu ya pakde………… kekeke……..

    tertawalah nak, biar awet muda dan sehat

  132. MERDEKA dan MERDEKA.. !
    .-= fadhilatul muharram´s last blog ..Brick Lane on the Novel and the Movie =-.

    Sekali merdeka tetp merdeka !!!

  133. Andy MSE says:

    bingung mo komen apa, sudah terlalu banyak komen di sini… :mrgreen:
    .-= Andy MSE´s last blog ..Jagongan Komunitas Online Surakarta =-.

    jangan kondur dulu mas, ngupi ama dahar gorengan dibelakang dlu donk.

  134. an says:

    aku bangga dengan perjuangan pahlawan jaman dahulu tapi aku kurang bangga apa yg telah diiraih bangsa sampai kini..

    kalah sama malaysia…mari ciptakan Indonesia yang maju
    .-= an´s last blog ..Agar Koneksi Internet 100% full
    =-.

    Kita harusnya jangan lama2 santai, bertengkar atau rebutan Indonesia, mari kita kerja keras.Merdeka

  135. KangBoed says:

    SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG ‘TUK SAHABATKU PAK DE TERSAYANG

    I LOVE YOU FUUUULLLLLLLLLLLLLLLL
    .-= KangBoed´s last blog ..Kesadaran Diri Manusia =-.

    Merdeka mas. Ilopyu pull penuh selalu

  136. KangBoed says:

    Temukan jati diri manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin sebagai modal mengembalikan jati diri bangsa
    salam sayang
    .-= KangBoed´s last blog ..Kesadaran Diri Manusia =-.

    Seperti obat nyamuk atau spiral, dari dalam trus melebar keluar ya mas.

  137. KangBoed says:

    hmm.. kembali dan tegakkan NILAI PANCASILA secara utuh
    .-= KangBoed´s last blog ..Kesadaran Diri Manusia =-.

    Nilai2 yang terkandung dalam Pancasila juga sesuaiN ajaran agama kita kan,

  138. KangBoed says:

    nilai ketuhanan dan kemanusiaan sebagaimana yang diajarkan Islam tertera dalam pancasila
    salam sayang
    .-= KangBoed´s last blog ..Kesadaran Diri Manusia =-.

    sependapat mas karena agama kita sudah memberikan ajaran yang komplit kok.

  139. agnes sekar says:

    Selamat pagi Pak De, Realisasi dari cita-cita Proklamasi diwujudkann dari hal yang kecil yang kita jumpai sehari-hari, dengan memiliki nilai-nilai keihklasan bekerja di kantor dengan motivasi tinggi, bagi karyawan yang demikian itu gaji kecil bukan masalah. Yang menjadi masalah adalah apabila dirinya merasa hidupnya tidak diridhoi Allah. Klu kita bekerja dengan ihklas, semuanya akan terasa ringan. Semuanya akan lancar-lancar saja . Terima kasih tulisannya, Sukses untuk Pak De.

    Regards,
    agnes sekar
    .-= agnes sekar´s last blog ..PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN NARKOBA MELALUI MEDIA MASSA =-.

    Selamat pagi mbakyu, saya sependapat mbak karena saya juga matan pegawai pemerintah. Sebaiknya memang harus merubah sikap dan niat bahwa bekerja adalah ibadah. Dengan demikian maka kita dapat dunia dan akhirat. Makasih mbak,sukses selalu.

  140. mercusian says:

    delapan windu merdeka, cukup tua untuk ukuran manusia dan berharap makin tambah bijak dan makmur :mrgreen:

    Benar mas, kita harus kerja keras, bersatu dan berdisiplin agar negara kita nggak makin ketinggalan dengan negara lain.

  141. Rachel says:

    Pakde ….
    Saya tak mau berkata muluk untuk negri ini. Tapi saya mencintai negri ini dengan menanamkan hal yang bermafaat buat diri pribadi dan lingkungan. Hal yang mudah dan saya yakin setiap kita mampu melakukannya.
    Salam

    Mbak Rachel, saya setuju, mari kita berperan sesuai dengan bidang tugas dan kemampuan kita masing2.Yang penting, mari kita bangga menjadi orang Indonesia.

  142. jadi inget pelajaran pkn..:D

    saya berdoa saja dengan kemerdekaan ini semoga tidak ada aksi teroris lagi.. ;-)
    .-= aditya permana´s last blog ..7 Langkah Rahasia Membuat Account Adsense Super Mudah dan Cepat Tanpa Punya Blog =-.

    doa kita bersama semoga negara kita aman tenteram agar bisa membangun lebih baik dan lebih cepat. suwun

  143. nenyok says:

    Salam
    Sebelumnya salam kenal dulu, td sempet bingung cari guestbook jd disini aja ya Pakde, seneng bisa kemari, dan trims kunjungannya ke rumah sedrhanaku.

    Pakde….
    Saya juga ndak pengen neko-neko, hanya ingin negeri ini aman, damai, tentram, sejahtera, merdeka dari segala hal yang mencemaskan dan menyedihkan. itu saja Pakde :)
    .-= nenyok´s last blog ..Perseid : Makeawish =-.

    belum mbuat guset book mas, nunggu gajian pangsiunan.
    Bener mas, kita sumbangsih kepada negara semampu kita.

  144. Omiyan says:

    jadi teringat moto dikantor saya tentang membangun sebuah kesuksesan PROFESIONALISME, INTEGRITAS, TEAM WORK DAN INOVASI, keempat point itu dibutuhkan lebih daris atu orang agar cita cita bangsa bisa tercapai

    artinya kita lupakan sejenak perbedaan aliran politik dan bersama sama wujudkan kemajuan bangsa, karena bangsa yang baik adalah bangsa yang tidak mengenal kata dendam…

    semangat !!!
    .-= Omiyan´s last blog ..Ayo Sayang Begini Nih Gerakannya… =-.

    Benar mas, untuk apa dendam,malah jadi penyakit,apalagi yang didendami gak merasa yaa.

  145. isnuansa says:

    Mantap! Teruskan perjuangan PakDhe! Semoga menang ya. Jangan lupa traktirannya… :lol:
    .-= isnuansa´s last blog ..Ketika Harus Berakhir =-.

    makasih supportnya ya mbak

  146. faza says:

    haddiiirrrrrr…
    p dhe.. apa kabar??? tetep MERDEKAAAA….!
    selonjoran dulu p dhe, mencari semangat di’kopi’ nyang p dhe hidangkan.. makasih..
    cu…
    .-= faza´s last blog ..Aku Menyerah…Pindah…! =-.

    kabar baik, silahkan ngupi2 dulu,tubruk atau 3 in 1 boleh kok

  147. nakjaDimande says:

    menjadi sebaik”nya diriku, untuk negeri.. gitu pakdhe

    benar, mulai dari diri sendiri, trus melebar secara gradual.

  148. Den Mas says:

    saya harus belajar tentang patriotisme dengan Pakde, biar bisa rasa patriotisme itu tidak luntur dan tentap terjaga.
    Seandainya saya membaca ini sebelum menulis AGUSTUSAN, URUNAN KEMERDEKAAN, mungkin bisa menjadi bahan. Atau nanti saya masukkan dalam postingan saya selanjutnya.
    Matur suwun, salam hangat untuk pakde, semoga sehat selalu :)
    .-= Den Mas´s last blog ..AGUSTUSAN, URUNAN KEMERDEKAAN =-.

    enaknya belajar kelompok mas, silahkan,sip.

  149. quinie says:

    ck ck ck .. banyak amat komennya?!
    .-= quinie´s last blog ..back up & ekspor impor =-.

    ck ck ck, kalau nggak banyak kan kalah contesnya..ha..ha..ha

  150. Kurotsuchi says:

    e saya seratus dua puluh lima persen bangga dengan keaneka ragaman budaya bangsa Indonesia, pakde… kayaq nyang barusan ditayangin di acara just alvin, para musisi macam Adie MS dan Gita Gutawa mampu menunjukkan sisi eksotisme budaya indonesia lewat sisi lain ketimbang omong kosong janji setia kepada tanah air… mereka tidak mewakili diri mereka sendiri, tapi mereka mewakili bangsa ini
    .-= Kurotsuchi´s last blog ..Chapter 02 : Bahkan Setan Pun Berjamaah… =-.

    Seharusnya semua rakyat Indonesia bangga dengan negaranya dan siap untuk bangkit membangun sesuai bidang tugas dan kemampuannya.

  151. javanese says:

    berkunjung…..
    yang kesekian kali… belum apdet ??

    sudah donk mbak, artikel itu memang dalam posisi “sticky on top” alias pada posisi diatas terus karena ikut contest. Tiap hari saya update kok.
    Makasih kunjungannya.

  152. ADAbisnis says:

    Artikelnya bagus sekali Pak.
    .-= ADAbisnis´s last blog ..Kumpulblogger Tidak Bisa Diakses Dengan Indosat M2 =-.

  153. [...] nama saya termasuk dalam deretan nama pemenang yaitu pada nomor urut-20 dengan artikel Bersama menggapai Cita-Cita. Untuk itu saya mendapatkan hadiah sebuah domain.info yang disediakan oleh [...]

    trackback

  154. dinoyudha says:

    selamat pakde…
    .-= dinoyudha´s last blog ..Mudik#1 : Bangunkarta Trip =-.

    thanks mas

  155. Ladu says:

    salam kenal pakde
    .-= Ladu´s last blog ..MENGUKUR KELEBIHAN DAN KELEMAHAN DIRI =-.

    makasih kunjungannya mas, salam hangat dari Cimahi

  156. [...] yang mendapat hadiah kontes -  Bersama Menggapai Cita-Cita Bangsa ( Nothing Impossible [...]

  157. PUTRI MALU says:

    saya jadi termotivasi membacanya PakDe.

    saya juga

  158. Wonderful blog! Do you have any recommendations for aspiring writers? I’m hoping to start my own blog soon but I’m a little lost on everything. Would you suggest starting with a free platform like WordPress or go for a paid option? There are so many options out there that I’m totally overwhelmed .. Any recommendations? Many thanks!