Bung Karno, GusKarno, dan basuKarno (part 2)

” Gus,   sesuai janji, saya akan cerita tentang Adipati Karno, yang menurut saya dia juga punya kisah yang heroik, cinta negerinya dan rela mati dimedan laga. Sesungguhnya kematian Karno  itu memang disengaja olehnya dengan maksud untuk segera melenyapkan keangkara-murkaan dari muka bumi. Ini kan masih me-link dengan suasana tujuh belasan tho.

GUSKARDuduk saja yang santai, nggak usah tunduk gitu. Saya khawatir kalau Guskar tertunduk terus malah jadi ambruk, ketiduran. Lha saya bukan GuRu, atau nungGu wong tuRU . Dibelakang juga sudah disiapkan kopi dan teh nasgithel. Juga ada  tempe dan tahu bacem serta kacang godhog  sak panci penuh. Bude kadang suka berlebihan kalau nyuguhi tamu, dikira  tamunya banyak “

————————-

Amarta Head Quarter - Meeting Room- Graha Ngrumpi Sajha

Amarta Head Quarter – Meeting Room- Graha Ngrumpi Sajha

Kita layangkan pandangan ke Meeting Room Amarta Headquarter yang terletak di Jalan Pandhudewanata 238. Kunti Nalibronto yang didampingi Puntadewo, Drupadi, Bimo, Arjuno, Nakulo, dan Sadewo  sedang menunggu kedatangan Karno- anak Kunti- hasil self servicenya sambil membayangkan Bethoro Suryo.

Begitu Karno memasuki ruang meeting langsung merangkul mamanya, dan tak lupa say hello kepada saudara-saudaranya. Setelah menerima sembah dari Karno, sambil menata hati dan pikirannya, Kunti langsung mengutarakan maksudnya ” No, Karno, kau baliklah ke mama dan saudara-saudaramu ini. Mana tega melihat anak-anak mama saling melukai dan membunuh satu sama lain di Padang Kurusetra itu, Nak “

Adipati Karno memandang tajam mamanya, wajahnya seketika berubah.

Adipati Karno

Adipati Karno

Tega, mengapa mama sekarang bisa ngomong soal tega dan tidak tega. Kemana hati mama ketika membuang saya yang masih bayi merah  itu ke Sungai Gangga. Katakan ma, katakan, mengapa mama setega itu. Apa salah saya, katakan maaaaaa ?? !”.

Air mata Kunti mengalir semakin deras, tak disangka sama sekali Karno akan mengucapkan kalimat yang selama ini ditakutinya, ” Mama terpaksa, Nak. Mama tak tahan mendengar sindiran teman mama, dan juga teman-teman arisan omamu. Setiap bertemu  mama mereka selalu berkata ” Jare tuku bolah  kok ireng, jare sekolah kok meteng “.

Mana mereka percaya jika saya katakan bahwa kelahiranmu itu karena mama mimpi basah bersama Bethoro Suryo, nak. Mereka juga nggak akan percaya jika kamu lahir melalui telinga mama, bukan kelahiran biasa, waterbirth, maupun melalui  caesar operation. Mereka pasti menduga kelahiran kamu karena joint venture antara mama dengan Guskar, mas Wandi, atau pakde Cholik. Tidak, tidak, tidaaaaak, Nak. Mereka itu orang baik-baik ” ( weleh..weleh..weleeh )

Jika engkau minta mama mencium kaki, atau menyembahmu, akan mama lakukan, asal kamu mau kembali bersama kami di Amarta.  Sesungguhnya bertahun-tahun  mama memendam  rasa rindu kepadamu,  Nak “.

Melihat Kunti akan melakukan adegan mencium  kaki Karno, seketika Arjuna meloncat menarik mamanya yang sedang berlutut didepan Karno.

” Karno, kamu jangan kurang ajar, ini mamamu, bukan pembantumu.  Jangan, jangan kau sakiti hatinya, jangan lagiiiiiii, Karno. Jika sekali lagi kamu menghina mama, Pasopati ini akan menyumbat dan meledak di mulutmu “.

Situasi makin memanas. Sambil mengambil senjata Konta Wijayandanu kebanggaannya, Karno menantang gelut Arjuno ” Hei, banci, playboy kabel, jaga mulutmu. Kamu jangan mengulangi kesalahan yang sama. Ingatkah kamu ketika menghinaku di Sokalima Training Center  dulu. Dengan keangkuhan dan gayamu yang sok jagoan itu kamu mengusirku sambil berkata  ” Karno, kamu nggak pantas ikut latihan disini, kamu hanya anak seorang kusir “. Untung ada Prabu Duryudana yang mau mengangkatku sebagai Adipati Awangga  sehingga martabat dan derajatku moncer “

Pertengkaran antara Karno dan Arjuno membuat Kunti menangis meraung-raung.   Karnopun mundur  selangkah, lalu memeluk mamanya.

” Maafkan saya ma, bukan saya tak hormat dan tak sayang sama mama, tetapi saya tidak bisa memenuhi permintaan mama untuk bergabung dengan Pendawa.  Saat ini Astina-negara yang telah memberi saya pangkat dan jabatan-membutuhkan saya,ma. Saya tak mungkin meninggalkan Astina pada saat mereka sedang viagra siaga tingkat 1 begini.  Saya tak mau dicap sebagai orang yang tak tahu balas budi, orang yang hanya mau senangnya saja. Itu bukanlah sifat seorang ksatria. Ijinkanlah saya kembali ke Awangga, besok siang  saya akan dilantik menjadi Force Commander dalam Bharatayudha Battlefield. Bye mom, God bless you all. I love you so much, muach..muach..muah.

Karno menyembah mamanya, lalu menyalami satu-persatu saudaranya. Didepan Arjuna, Karno yang ganteng ini tak kuasa menahan gejolak hatinya. Dipeluknya Arjuna erat-erat. Karno tahu, lusa  ia akan berhadapan dengan Arjuno-bukan sebagai kakak-adik, tetapi sama-sama menjalankan amanah. Karno juga tahu bahwa ia akan mati ditangan adiknya yang sakti mandraguna.

Arjuno ternyata juga sudah dilantik sebagai  Senopati-Gugus Tempur Amarta, menggantikan Gatutkaca yang gugur terkena senjata Kunta Wijayandanu yang dilepaskan oleh Karno.

Adipati Karno akan memimpin Multi National Forces yaitu Astina beserta nagari yang tergabung dalam ASNA-25 dengan Begawan Dorna sebagai military adviser.  Arjuna memimpin Pakta Pertahanan Amarta juga bersama nagari sekutu-sekutunya yang tergabung dalam AMTA-41, dengan Prabu Kresno sebagai  defence and strategic advicer.

Di padang Kurusetra, ternyata Arjuno juga memakai seragam  sama persis  dengan seragam yang dipakai oleh Adipati Karno . Kakak-adik itu bak satria kembar. Tak pelak seluruh pasukan Amarta dan Astina serentak mengatakan bahwa perang Bharatayuda hari ke -16 ini merupakan episode ” Karno Tanding “


BHARATAYUDHA

Kita semua tahu bahwa dalam Perang Bharayuda itu Karno mati terkena panah Arjuna. Ini semua karena ulah Prabu Kresna yang menghentakkan kereta Arjuna sehingga Pasopati yang seharusnya jatuh didepan kereta Karno itu pas mengenai leher kakaknya. Dalam perang ini Kresna memang bertindak sebagai pilot keretanya Arjuno sedangkan kereta Karno disopiri oleh Prabu Salyo.

Karno gugur semua kusuma bangsa, mati demi membela negara yang telah memberinya pangkat dan kedudukan, sekaligus mengangkat harkat dan martabatnya.

Perang antara dua senopati ganteng dan sakti ini dimainkan dengan sangat  mengesankan oleh Wayang Orang ” Blogger Adhi Budhoyo “, pimpinan Guskar, dengan lakon ” Karno Versus  Karno “. Sesuai arahan dari dalang Ki Narsis Hadol Caritho, Pemeran Dewi Kunti dipercayakan kepada mbak  Wieda yang sengaja didatangkan langsung dari Canada.

Apakah para sahabat sependapat dengan saya bahwa Karno adalah seorang  pahlawan dan patriot sejati ??

 

Incoming search terms for the article:

abdulcholik, adipati karno, aja, aku, arjuna vs adipatikarna, Arjuno, artikel arjuna bhsa jawa, artikel bahasa jawa, artikel bahasa jawa tentang wayang, artikel bahasa jawa wayang, artikel basukarno, artikel bung karno menngunakan bahasa jawa, artikel prabu basukarno, artikel tentang wayang, artikel tentang wayang basukarno, artikel wayang basukarno, asal usul arjuno bahasa jawa, asal usul bahasa jawa, asal usul bung karno, asal usul keris pasopati, asal usul wayang dan gambar, basukarno, bela negara, bharata yudha karna vs arjuna, bharatayuda, Bharatayudha, cerita basa jawa "karno tanding", cerita jawa adipati karno, cerita karno tanding, cerita keris, cerita keris pasopati, cerita wayang bahasa jawa, cerita wayang karno, cerita wayang karno tanding, cinta, def, emak, Force Commander, foto bung karno lg sendiri lg angkat tangan, free mp3 wayang golek bharatayudha, gambar wayang karno, karna tanding, karna tanding versi bahasa jawa, karno tanding, keris bung karno, keris bung karno%s, keris karno tanding, keris pasopati, konta vs pasopati, konta vs pasopati kaskus, krisna bahasa jawa, krisnha jawa, Kunta, Kunti, logo, love, membela negara, mp3 wayang golek, panah arjuna, panah nakulo, Pasopati, pasopati arjuna, prabu basukarno, profil wayang kresna, proklamasi, satu, senopati, tanding karno arjuno, tbn:rkvkathauxqqfm::abdulcholik.com/wp-content/uploads/2009/08/bharatayudha-300x201.jpg, wayang, wayang adipatikarno, wayang basukarno, wayang krisna dlm bahasa jawa, wayang orang,

24 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. pertama…..

    yessss !!!

    entah kenapa, sejak dulu saya gagh pernah merasakan sesuatu yang istemewa tentang bung karno.. entah nasionalisme saya yg rendah atau….
    btw, beliau tetap orang penting di balik kemerdekaan indonesia..
    .-= ceriaselamanyah´s last blog ..Europhoria =-.

    lha lahirnya genduk tahun berapa, kan gak pernah mendengarkan pidatonya Bung Karno live dari radio tho ? Mantap lho nduk.

  2. Den Mas says:

    sebentar, saya ngekek dulu pas Guskar, pakde sama pak guru wandi diduga melakukan joint venture dengan dewi kunti :mrgreen:
    Sokalima Training Center (yang ini ngekek juga, dulu ternyata sudah ada training center :mrgreen: )

    Pakde, kisahnya adipati karna ini mirip dengan ceritanya kumbakarno nggih? Yang berperang demi membela negara Alengka, bukan demi prabu Rahwana. Jangan2 pengarangnya dulu saling menginceng satu sama lain :mrgreen:

    Benar kalee ya, kayak TV, kadang beritanya kompakan lho.

  3. Cerita yang benar2 menawan, bagi saya yg bukan orang Jawa dan tidak mengerti soal Perwayangan.
    Di satu pihak Karno, bisa dikatakan sebagai pahlawan sejati yg setia pada janjinya.
    Di pihak lain, Karno, kurang santun terhadap ibunya sendiri Dewi Kunti.
    Secara keseluruhan cerita diatas sungguh sangat menarik hati.
    Saya merasa beruntung bisa membacanya.
    terima kasih ya Pak, telah menambah wawasan saya.
    Salam.
    .-= bundadontworry´s last blog ..4 Cara efektif mengubah suasana hati. =-.

    Itulah gambaran sisi baik dan sisi buruk manusia mbak. Karno sebenarnya sayang sama Pandowo kok. Makanya dia rela mati agar Kurawa juga hancur yang berarti kehancuran si angkara murka.

  4. Dangstars says:

    Kalo saya denger dari Para orngtua aja mengenai .Bung Karno.
    Yang sakti dan disegani .)

    Beliau juga orator ulung kang, kalau pidato menggugah semangat

  5. Dangstars says:

    Semoga Sukses
    .-= Dangstars´s last blog ..Mari Belajar Ibadah Sendiri Melalui Internet =-.

    makasih kang,sama2

  6. kolojengking says:

    Hidup Pak Dhe…!!!!

    Cerita yang saya tunggu sejak tadi pagi muncul juga. Tak kirain ndak jadi posting ini loh Pak Dhe. Saya mekekelen ketawane, baca cerita pak dhe yang full guyon. He.he.

    Mantap Pak dhe, Lanjuut…. :)
    .-= kolojengking´s last blog ..Memaknai hari kemerdekaan… =-.

    Sudah janji kan harus ditepati tho, kalau utang malah jadi kepikiran

  7. Yah Karno mati juga Arjuna menang, memang harus ada yg menang dan harus ada yang kalah dalam pertandingan. Kalau menang semua, yang ngasih hadiah nombok nanti wkwkwkw……. :)) :)) :))
    .-= dobloger follow´s last blog ..Google Patahkan Persekutuan Yahoo dan MSN =-.

    Itulah kehidupan. Karno yang saktipun masih ada yang menandingi kan.

  8. guskar says:

    ingkang sepisan : matur nuwun dng cerita yg dahsyat ini, nggak salah pakdhe masukkan dalam kategori “Perenungan”
    kaping kalih : inilah episode dari kisah mahabharata yg saya suka, dan pakdhe tlh menceritakan dng seting masa kini (semoga membantu teman narablog yg kesulitan memahami kisah Adipati Karno versi asli).
    pujangga masa lalu sungguh hebat dng menciptakan patriot sejati seperti kumbokarno dan adipati karno ini…
    terima kasih pakdhe, petang menjelang malam 17an ini semakin nyampleng dng cerita ini :)
    .-= guskar´s last blog ..Quiz 17-an ala Narablog =-.

    Saya juga mengakui, betapa hebatnya para pengarang cerita Mahabarata dan Ramayana. Banyak piwulangnya.Apalagi pada episode Mahabharata ada dialog antara Kresna dan Arjuna yang sarat makna ketika Arjuna dalam kebimbangan di medan laga.

  9. nakjaDimande says:

    bravo pakdhe..!!! terimakasih sudah membuat aku lebih memahami cerita ini.. adipati karno berakhir husnul khotimah.. gitu pakdhe? :D
    fiuuhh.., marathon nya pakdhe menjelang hari kemerdekaan benar” patut diacungi jempol..!! salut.. terimakasih untuk semuanya ya pakdhe

    Ada 3 tokoh yang kontroversial soal perilakunya ditinjau dari segi patriotisme nya yaitu Kumbokarno,Karno dan Gunawan Wibisono

  10. Vyan RH says:

    Pakdhe kok ceritane disingkat gitu jadi sebentar.. aku sudah pasang kuda-kuda dengan meneguk habis hidangan kopi malah double set dari budhe sampe mripatku jadi :shock: seperti ini, apakah karena pakdhe buru-buru mau ke Jombang untuk interview dengan NMT, jadi diper-quick ceritanya?. :grin:
    Untung ada konferensi pers dari GusKar, jadi terobati.. :lol:
    Aku lagi lek-lekan 17an, nanti diulang ya pakdhe, please :cry: :cry:
    .-= Vyan RH´s last blog ..Mari warnai Kemerdekaan dengan Karya Kita =-.

    lho, kirain sudah terlalu panjang je.saya standby di Surabaya

  11. Eny says:

    Mantep pak dhe… :cool: keyeeeennnn
    .-= Eny´s last blog ..Renungan Hari Jum’at dan Anugrah di Hari Sabtu =-.

    makasih nduk dah mampir dan supportnya

  12. HumorBendol says:

    Wayang? hehe…jadi inget kalo Bendol punya tetangga dalang. Namanya Ki Dalang Sulaiman.
    Ceritanya keren pakdhe….
    .-= HumorBendol´s last blog ..CD =-.

    saya senang membaca kisah Mahabharata mas, gayeng dan sarat pelajaran

  13. wieda says:

    sik..sik mo keblakang nyari sisa kacang, tahu dan tempe bacem…..

    pakdheeeee…koq tempe bacemnya enthekkk?? hiks… kayanya semua bawa kantong plastik aku ga kebagian…

    crita Adipati Karno emang top….abis lahir aja lewat lubang kuping…anak sopan, ndak mo lewat dalan saru…kekekekekekeke

    jadi ingat komik jaman dulu..mahabaratha dan Ramayana…tapi tetep Mahabaratha lebih seru daripada Ramayana….
    .-= wieda´s last blog ..masak yukkkkk =-.

    Kok saru tho mbak, itu kadang bisa membuat perang lho.
    Saya juga lebih suka Mahabharata mbak.Dalang sekarang juga keren2 kok, banyak cerita carangan, tergantung pesan sponsornya kan.

  14. Abi says:

    Hehehe bagus tulisannya jenaka dan enak dibaca
    .-= Abi´s last blog ..Video Pribadi Marshanda Depresi =-.

    makasih mas, biar yang mbaca nggak kringatan yaaa

  15. marshmallow says:

    saya percaya bahwa setiap orang yang berjuang demi bangsa dan negaranya adalah patriot, termasuk karno ini, ki dalang. walaupun akhirnya saudara kandungnya juga yang harus dilawannya. hiks…

    bagus ceritanya, ki.
    .-= marshmallow´s last blog ..Seyogianya Yogya =-.

    iya, Karno membela negara yang telah memberinya kedudukan yaa, soalnya di Amarta dulunya kurang diterima kehadirannya.

  16. bibit m says:

    Weleh .. weleh … dulurku lanang GusKar dipajang! Itu gambar GusKar kalo dah tgl 15 ke atas … ndhungkluk terus .. pusing menghitung hari .. he3. Karno dlm bahasa Jawa berarti ‘kuping’, filosofinya agar jd orang yg mau denger, bisa denger, dan tdk delenger kaya si-wisNOE (lho .. org dah tdr kok dibawa2?)

    Lho Guskar itu tulisannya nyenengake lho, asyik banget kalo mbaca artikel Guskar.
    Lama nggak ketok nang endi mas.

  17. sinopi says:

    *baru baca sampe tulisan yg ada poto sesosok mahluk lg nunduk2 menghadap kanan*
    suwer kocak bgt gaya tulisan nya.. bikin pengen ketawa ngakak guling2..
    *melanjutkan baca sambil nyomot kacang godhok bikinan bude*
    saya minta ya bude.. :D
    .-= sinopi´s last blog ..G E M P A..!! =-.

    tertawalah mas sebelum tertawa dilarang

  18. sinopi says:

    *baru sampe gambar wayang adipati karno*
    interupsi lg pakde..
    ini cerita ttg karno yg mana lg tho..? saya kira masih mbahas Bung Karno.. beda lg ya..?

    oya, kok ada ya anak hasil self service via wetdream dg bhetoro roysuryo..
    mbrojol liwat kuping pulak. saya kira terlahir pas kunti mendehem karna gangguan tenggorokan..

    tp yg paling aneh bin ajaib setahu saya sih bisa mlendung alias halim perdana kusuma kalo liwat di bawah jemuran cangcut lelaki.. xixixiii..
    *lanjooot*

    namanya juga wayang, kan bisa-2nya yang ngarang ho mas

  19. sinopi says:

    duh, koneksi dudul saya kok ya discoooo terus!
    *disco bukan ajojing ajib2 lho pakde.. tp disconected jare wong londo*
    nyimak crita pakde jd tersendat2 gini..

    fiuh.. nyobain teh nasgitel nya ya bude..

    wah acian yaaa, silahken

  20. sinopi says:

    gyahahaaa.. ampun deh!
    saya inih ga ngerti cerita wayang2an..
    cuman tau nya ria jenaka TVRI sama komik petruk gareng jaman saya SD dulu..
    apa ya namanya itu komik.. lupa saya..
    lupa-lupa-lupa.. lupa lagi namanya!
    *ga mau kalah dg bait “jangan jangan kau sakiti” tadi..*

    tp postingan ini asik dibaca *dan perlu* karna diramu pk kalimat2 masa kini yg pangkeh n gaol abes.. xixixiii *piiisss pakde*
    malah krn sayapun pny daya hayal tingkat tinggi dan pernah kursus bahasa lebay yg levelnya 3tingkat di bawah pakde *ya ga mungkin dong saya yg kutu kupret ini level ke-lebay-an nya sejajar ato lebih tinggi dr pakde deGuRu* pas bagian inih..
    >>>Bye mom, God bless you all. I love you so much, muach..muach..muah.<<<

    yg terbaca oleh saya malah ini
    Bye Mom, God bless you.. dont cry for me argentina.. ailopyuh puuullll.. haaa haaa haaa haaa
    suwer lho inih.. saya ga bo’ong..

    wokelah pakde, makasih ceritanya yah..
    berhubung koneksi saya yg ntah kenapa malam ini bulak-balik disco, ditambah PPT3 udah mo mulei dan udah waktunya santap sahur, saya ahiri dulu perjumpaan kita yah..

    besok2 saya mampir sini lagi utk nyimak crita lain nya, baik bersama GurKar maupun bersama Abibakar ato sendirian ngumpet2.. sapa tau bisa mencerahkan dan menggembirakan hati yg gundah gulana..

    pamit ya pakde.. salam buat bude, makasih kacang godhok & teh nasgitel nya..
    ini gratis ato bayar pakde..? kalo bayar, bon nya kasih Abibakar aja, biar dia yg menyelesaikan secara adat..
    heheheee.. dah pakde.. cilukba-muah-muah :p

    berarti ber-lebay-lebay dalam ngeblog ya

  21. sinopi says:

    astaga.. sepanjang itu saya berkomentar??? nyaris menyamai postingan itu sendiri..
    ma’ap ya pakde, saya hilaf.. *sungkem*
    .-= sinopi´s last blog ..G E M P A..!! =-.

    terima kasih atas kunjungannya,salam

  22. sinopi says:

    tp saya bukan mas-mas, pakde :(
    .-= sinopi´s last blog ..G E M P A..!! =-.

    ternyata benar, saya sudah berhasl mengintai ke TKP ada gambar wanita cantik berjilbab. maapin pakde ya nduk

  23. sinopi says:

    :D nda papa pakde, kalo malam saya pake nama mBambang kok..
    matur tengkyu komen nya yg banyak itu ya pakde, semua belum sempat di approve, mungkin habis lebaran ato 2juta tahun lg.. heheeee..
    slamat berbuka puasa..
    .-= sinopi´s last blog ..G E M P A..!! =-.

    waduh lama amat approvenya, mungkin harus dilampiri KTP atau SIM kalee postingannya

  24. To start earning money with your blog, initially use Google Adsense but gradually as your traffic increases, keep adding more and more money making programs to your site.

    Thanks for your suggestion. I will consider it.