Tip sore : membuat logo bata merah

Setting waktu : 1962

Mbah kakung saya mempunyai perusahaan pembuatan genting dan batu bata, usaha ini masih bertaraf  industri kecil. Pegawai yang membuat bata dan genting hanya sekitar 6 orang. Saya mengenal  para pegawai dengan baik karena merekalah kelak akan menjadi  sasaran keusilan saya.

Walaupun saya masih kecil, saya sudah mempunyai suatu ide untuk membuat logo diatas batu bata. Daripada batu batanya polos kan mending ada logonya, sekalian sebagai tanda bahwa batu bata itu produksi mbahkung, begitu pikir saya waktu itu. Para sahabat pasti ingin tahu bagaimana anak seusia saya sudah bisa membuat design grafis berupa logo untuk industri batu bata. Ini langkah-langkah saya waktu itu.

1. Dikerjakan sekitar jam 10.00, saat pekerja sedang istirahat.  Saya harus memastikan bahwa semua  pegawai sedang berada di dapur untuk minum kopi dan makan ndog gluduk atau kue kokam, sambil nglepus bagi pegawai yang menjadi anggota kelompok Asbak-ul karimah.

BATU BATA BASAH 2. Mencari  gelaran batu bata yang masih basah agar pembuatan logo lebih mudah. Di tempat pembuatan bata biasanya ada gelaran basah, gelaran setengah kering dan gelaran batu bata yang sudah kering.

PASUKAN AYAM3. Mencari dan mengumpulkan ayam sekitar 20 ekor, yang kakinya cukup besar. Ukuran kaki akan menentukan besarnya logo pada batu bata merah. Jika memungkinkan ayam-ayam ini dipilih yang selalu kompak dan mudah diatur oleh ayam tertua atau ayam senior.

BALAPAN AYAM4. Ayam-ayam yang sudah lolos seleksi saya susun menjadi barisan ber-syaf, maksimal 7 ayam tiap saf agar mudah mengendalikan dan mengarahkannya. Ayam juga saya beri seragam dan nomor dada agar mereka bangga.

PENGGERAK ANAK BUAH5. Setelah ayam siap, saya memberikan aba-aba dengan teriakan keras sambil mengibarkan bendera kotak-kotak seolah-olah sedang membubarkan mereka” Husshhhh Hahhhhh”. Pasukan ayam berseragam tadi lari pontang-panting berlarian tak teratur melalui gelaran batu bata merah. Ternyata pengendalian ayam yang lari lebih sulit dibandingkan mengendalikan para  PKL yang lari dikejar satpol pp.

BATA MERAH DENGAN LOGO6. Injakan kaki-kaki ayam tadi membekas di batu bata. Beberapa hari setelah batubata itu dibakar, logo buatan saya tampak cantik, seolah berbunyi ” Checker”

Itulah logo buatan saya untuk batu bata merah produksi mbahkung.

CUCU MBELINK” Bagaimana reaksi mbahkung, Pakde ? “. Nggak apa-apa kok, saya malah dikasih souvenir berupa pin yang harus saya pakai selama seminggu diluar jam sekolah. Setelah saya teliti ternyata Pin itu buatan cooltext.com

Ternyata tak ada kenakalan yang sempurna. Ada sepasang mata yang sedang mengamati keusilan saya, yaitu Guk Ji (nama panjangnya lupa). Dia langsung melapor kepada mbahkung selaku pemegang otoritas industri bata : ” Mbah Kaji, dik Lik nuakal pwol, lha wong bata masih basah kok untuk playon pitik “.

Ha..ha..ha..ha, sirik loe  Guk Ji.

——–   Tip ini jangan dikerjakan tanpa pengawasan pelatih ——-

Foto :

1. blogs.landfood.ubc.ca

2.sallysuglyracepics.blogspot.com.

3.formatnews.com.

 

17 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. adirossi says:

    Lebih sulit lagi ngendaliin Waria yang dikejar satpol PP pakdhe, cz biasanya waria tuh larinya kenceng banget kayak atlit sprint..wakakakakak
    .-= adirossi´s last blog ..Memakai Software Bajakan Untuk Mencari Nafkah, Bolehkah? =-.

    bener, begitu rok diangkat langsung nggeblasss yaaa

  2. alamendah says:

    Metode ini Sudah pernah di rekontruksi ulang apa belum, ya?
    .-= alamendah´s last blog ..Manusia, Khalifah Penjaga Kelestarian Alam =-.

    nggak berani mas.

  3. buwel says:

    mampir duyu yak,,…mo buka duyu…
    .-= buwel´s last blog ..Nurani dan Murti =-.

    makasih mas, silahkan ngopi dan makan tempe goreng dibelakang yaa

  4. KangBoed says:

    Romadhan menggetarkan Jiwa2 yang Haus akan Cinta Kasih Allah, sementara Kasih Sayang Allah tiada terbatas. Semoga Menjadi Berkah untuk Semua Saudara2ku wabil khususon sahabatku yang saya Hormati dan Kasihi.

    MOHON MA’AF LAHIR & BATHIN DARI KALIAN SEMUANYA…..semoga terbuka untukku sekeluarga.

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll
    .-= KangBoed´s last blog ..Jangan sia siakan Waktumu =-.

    Makasih mas, sudah mampir, kok hanya satu sih komengnya,biasanya sampai 5 lebih. jangan diskriminasi dunk kang..ha..ha..ha
    Salam hangat maaaaaaas

  5. marsudiyanto says:

    Sudah saya pendeliki berkali2, tapi gambar ayam bernomor itu masih membingungkan saya.
    Ayam itu madep kita apa mbokongi kita?
    .-= marsudiyanto´s last blog ..Berita Kehilangan =-.

    namanya juga ayam dagelan mas, yo mulet sana ,mulet sini ha..ha..ha

  6. Abi says:

    Wah pak bulan puasa ini dengan tampilan baru yah :mrgreen: bagus themenya seger dimata

    SB baru:
    liputankhusus.com
    :d
    Pa kabar pak?
    .-= Abi ´s last blog ..Hiasi Windows XP & Windows Vista Dengan Gadget Pintar Sidebar Windows 7 =-.

    maksih mas, saya hanya ingin medan tempat menulisnya lebih lebar mas, biar enakan mbacanya. Kalau sempit rasanya susah nafas

  7. Rychan says:

    Wah ternyata ide pembuatan Sotoshop dimulai dari tahun 1962 toh!!! :grin:
    .-= Rychan´s last blog ..System Mechanic 9 (Full) =-.

    ha..ha..ha, sotoshop atawa soto Sukaraja mas

  8. endangkusman says:

    Aswb.

    Kali ini saya berkunjung untuk menyampaikan pesan Pasopati Award.. linknya telah terpasang di blog saya.

    Salam persahabatan. :grin:

    walaikum salam wr.wb

    makasih yo mas, semoa kita selalu gayeng dalam persahabatan

  9. zenteguh says:

    untung dbukan gajah yang diobrak ke bata basahnya pakde

    hancuuuuuuuuur lebur kaleeee

  10. KangBoed says:

    hehehehehehe habis komeng bertingkatnya enda dinyalain maka mau komengnya harus serius banget yaaaaaaaa
    .-= KangBoed´s last blog ..Jangan sia siakan Waktumu =-.

    udah sampai tingkat 5 lho kang

  11. duuuu…..hhhhhh, PakDhe Cholik ini, makin hari makin ok saja blognya,
    bener lho Pak, tiada hari tanpa BW ke ”rumah ” PakDhe Cholik.
    tulisannya beraneka ragam, mulai yg lucu dan segar sampai yg serius mengulas tentang sejarah bangsa ini,
    bener2 komplit……….
    Selamat ya Pak, telah sering memberi inspirasi melalui tulisan2nya,
    Semoga PakDhe Cholik selalu diberkahi kesehatan olehNYA, amin.
    Salam .
    .-= bundadontworry´s last blog ..8 Hal saja…………… =-.

    makasih mbak, lha aku sampai kuwalahen mengendalikan ide yang ingin mbrojol terus je, ngantri postinganku ha..ha..ha, nyombong :roll: mode on..

  12. Zulhaq says:

    huahahaha, kalo ayamnya dah habis di potong buat buka puasa, bisa diganti gak pakde??
    ganti pake yang lebih gede gt he he he

    ganti angsa lebih mantap kalee logonya

  13. Wandi thok says:

    Idene aneh-anehik pakdhe ki. Logo alami :lol:
    .-= Wandi thok´s last blog ..Teka-Teki Kepala =-.

    ide yang bikin mbahku marah ha..ha..ha

  14. kolojengking says:

    Ha.ha.ha.

    pak dhe, beneran saya ketawa geli baca postingan ini…

    Cucu mbeling ya pak dhe, tapi kalo mbah kung lihat jenengan jadi seperi sekarang, pasti bangga… :)

    salam.
    .-= kolojengking´s last blog ..5 Arti ngeBlog buat saya =-.

    mungkin juga mas, karena saya kan anak tunggal, jadi harapan emak ya ada pada saya. Makanya saya belajar dengan baik, tawaran untuk show dan rekaman saya tolak semua kok.

  15. kolojengking says:

    Maap telat komennya pak Dhe, lha saya juga telat bacanya. Kelewatan, gak apdet wong googlr reader saya ngambek.

    Salam lagi pak dhe…

    *kabuuur*
    .-= kolojengking´s last blog ..5 Arti ngeBlog buat saya =-.

    gak apa kok telat, saya masih disini

  16. marshmallow says:

    saya udah baca melalui GR kemarin, pakdhe, tapi karena kesibukan yang dahsyat jadi nggak sempat berkomentar. padahal cuman mau bilang kalau ternyata pakdhe isengnya udah mendarah daging ternyata. does it run in the family, pakdhe?

    ha..ha..ha, uda bakat kalee ya. kadang kalau bude mandi lampu suka tak matiin, baru dia teriak2 ha..ha..ha. iseng2 berhadiah. Atau kalau emak, bude ama anak2 lagu ngobrol di dapur, saya pura2 kayak tamu dengan suara agak di manipluasi saya teriak ” Assalamu alaikum..3x”, lalu mereka menjawab sambil bertanya ” monggo, siapa yaaaa”. Setelah tahu kalau saya mereka teriak2.
    Ini yang membuat kami tertawa mulu jadi seger

  17. sinopi says:

    ternyata!
    Pakde dr jaman dulu nya udah jail kreatif..
    ini give ya Pakde.. heheee model sixth sense gitu.. halaaah
    tiap tahun bakat nya terasah, akhir nya skrg jd master deh.. xixixiii..
    .-= sinopi´s last blog ..KOTEKA milik MalesYah..? =-.

    saya kan anak tunggal-raja kecil jadi jail banget -sekarang master jail ya ha..ha.ha