Musim-musiman di Indonesia

Indonesia sebenarnya hanya mengenal dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Makanya saya pernah kheki sama anak buah ketika saya tanya mengapa terlambat masuk kantor. Dia menyampaikan alasan ” Siap, hujan Komandan “.

Mengapa kheki, apakah saya tak memahami kondisi anak-buah?  Tentu tidak, saya bukanlah tipe manusia yang tidak mempunyai rasa kemanusiaan. Yang menjadi masalah adalah : teman-temannya yang lain tidak terlambat ; selain itu Indonesia kan memang mempunyai musim hujan. Lha kalau setiap hujan dia terlambat berarti selama 6 bulan dia akan terlambat terus dunk. Enak dunk, mantap dunk.

Sebenarnya bukan itu yang akan saya bahas. Tapi soal musim-musiman yang sering melanda tanah air tercinta.

Saat ini sedang musim membeli atau meng-kredit sepeda motor. Di jalan raya tak ada bidang sedikitpun yang tak terjamah oleh sepeda motor. Konon ada cowok yang sengaja kredit sepeda motor dengan uang muka Rp.500 ribu. Motor itu untuk unjuk gengsi menjelang lebaran. Setelah beberapa hari lebaran, rencananya cicilan tak dilanjutkan yang akhirnya motor disita. Katanya sih, onderdil sudah diganti dengan onderdil yang second. Dengan demikian maka dia sudah menikmati naik motor selama lebaran dan juga mempunyai uang hasil penjualan onderdil motor yang asli. Benar tidaknya saya tak tahu.

Musim yang lain adalah maraknya benda yang bernama handphone. Hampir-hampir tak ada tangan yang tak memegang atau memenceti handphone. Wabah ini melanda seluruh lapisan masyarakat. Hanya dengan uang Rp.300 ribu, handphone sudah ditangan dan bisa sms an dengan pacar. Tak heran, saat lebaran nanti udara di Indonesia tak lagi ramai oleh suara petasan tetapi akan diisi dengan suara ringtone handphone.

BUNGA GELOMBANG CINTA

Dulu ada musim tanaman yang bernama Bunga Gelombang Cinta alias Anthurium, yang katanya harganya jutaan rupiah. Untung bude nggak ikut tergiur, tapi tetap ada yang memberi sehingga sekarang juga punya bunga mahal itu. Saya lalu berpikir, jika bunga mahal itu di cucuki ayam tetangga atau di eker-eker kucing untuk tempat BAB-nya gimana ya yang punya ?? Marah atau pasrah manakala bunga pujaannya itu berbau sangit bak karbit ?

Ikan arowana dan ikan Lohan juga pernah booming. Saya pernah bertanya kepada pemilik toko oleh-oleh di Gentengkali yang juga punya ikan Lohan, ” Koh, katanya ikan Lohan itu pembawa rejeki ya ?”.   ” Oh benar pak, yang jual ikan itu yang hokinya bagus karena jualan ikannya laku keras. Kita yang beli ya tetap begini-begini saja kalau tidak kerja keras “,  jawabnya sambil tersenyum.   Nah, lho.

Yang paling lama adalah burung perkutut. Ada suatu cerita bahwa perkutut seseorang mau ditukar dengan mobil Mercy nggak dikasihkan. Paginya sangkar sang perkutut yang hor ketekung kung itu pintunya terbuka, dan dengan santai wal lahapnya sang kucing yang cekatan menikmati perkutut seharga Mercy. Enyak..enyak..enyak tenan.

Saya tidak tahu, apalagi yang mau ditimbulkan oleh manusia agar jualannya laku jutaan rupiah.

 

Incoming search terms for the article:

2 musim di indonesia, abdulcholik, aja, ajweb, aku, anthurium, arowana, bunga gelombang cinta, bunga mahal, bunga mahal & harganya, bungagelombangcinta, burung hoki, burung perkutut, burung perkutut bawa hoki, cinta, dua musim di indonesia, foto kegiatan musim hujan, gambar aktifitas manusia, gambar aktivitas manusia, gambar burung perkutut, gambar hujan, gambar ikan lohan, gambar kegiatan, gambar kegiatan manusia di musim hujan, gambar musim bunga, gambar musim di indonesia, gambar musim hujan, gambar musim-musim di indonesia, gambar perkutut, gambar tentang musim hujan, gelombang cinta bunga, gelombang cinta tanaman, gelombangcinta, ggmain, handphone, ikan lohan, ikan lohan ada awet, Indonesia, kegiatan di musim hujan, kegiatan musim hujan, kemarau di indonesia, keuntungan 2 musim di indonesia, keuntungan dari musim hujan, keuntungan dari musim kemarau di indonesia, keuntungan hujan, keuntungan musim, keuntungan musim di indonesia, keuntungan musim hujan, keuntungan musim hujan dan kemarau, keuntungan musim kemarau, keuntungan musim kemarau di indonesia, keuntungan musim kering, khoki masak, kucing hilang, logo, lohan, mamfaat musin hujan, manfaat musim, manfaat musim kemarau, manfaat musim kemarau di indonesia, masa kawin ikan, masa kawin ikan arwana, masa kawin kucing, ml, musim di indonesia, musim kawin kucing, musim kawin kucing hilang, musim kemarau di indonesia, musim-musim di indonesia, pembagian musim, pembagian musim di i ndonesia, pembagian musim di indonesia, perkutut, perkutut bawa hoki, perkutut bertuah, perkutut hoki, Rejeki, sepeda, sepeda motor, start, tanaman gelombang cinta, tentang musim,

29 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. wieda says:

    horeeeeee…pertamax lageeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee
    .-= wieda´s last blog ..Puasa itu ngapain seh? =-.

    lanjut mbak mumpung dah di Indonesia

  2. sinopi says:

    heheee.. tuntas belum pakde..? saya sampe ga bisa mengingat, apa ya yg blm pakde sebut..
    wkt musim gelombang cinta, saya sampe cape dengar cerita temen saya *denger doang aja cape*
    pagi tu taneman dikeluarin diletakan di halaman, malemnya dimasukin ke dlm rumah krn takut dicuri org.. cape deeehhh!
    sekarang sih udah ga musim lg.. seharian ngampar depan rumah gada yg nyolong, dia juga udah ga cerita apa2 lg..

    tentang perkutut juga ada.. hari gini banyak org yg pendaringan nya terbalik alas blangsak ekonomi mora-marit, om nya temen saya malah beli perkutut seharga 40juta! astaga nagasaki..
    yg mengenaskan, ga sampe seminggu, tu perkutut metong alias mati.. hiroshima & kawasaki..

    1 lg tentang lohan..
    secara ga sengaja saya pernah dengar seseorang ngomelin org satu nya
    hari gini org2 piara lohan, nah elo bego dipiara!!
    ya ampun! apakah bego ini juga trendy musim2an ya pakde.. :D
    slamat malam pakde.. apakabar..?

    itulah tingkah manusia yang kebanyakan duit ya. selamat malam juga, kabar baik nduk, semoga ananda juga seger- waras,adem ayem.

  3. arkasala says:

    saya sempat ikut tertarik sama anthurium itu Pak. Selain karena suka bunganya yang memang bagus karena ada iming-iming investasi. Namun saya pikir saat itu hanya tren sesaat dan harga yang ditawarkan juga tidak rasional jadinya saya urungkan. Tidak rasional karena tidak sebanding dengan resikonya mengingat bunga kelihatannya termasuk tanaman yang lemah.
    Adapun untuk motor …. ah saya inget kejadian motor kantor yang istilah anak buah saya namanya dikanibal he he. 2 motor saat itu yang komponen pentingnya raib.
    Trims PakDhe, musim-musiman ini seru memang he he. Kita harus kritis juga menyikapinya. Salam
    .-= arkasala´s last blog ..Otokritik =-.

    saya masih fanatik mawar-melati saja, awet dan harum baunya mas.

  4. wieda says:

    kedua……itu photo bunga yg harganya ber jut2 yah pakdhe?
    hehehehe kayanya disini ada yg sejenis gitu…cuma warna bunganya coklat benjol2, daunnya raksasa..gede2 kamsutnya..

    hehehe ikan lohan arowana….bunga …mbikin rejeki nomplok???

    tapi klo nanya orang afganistan, bunga apa yg paling mahal harganya? jawabnya pasti bunga poppy yg cantik jelita itu, soalnya kan dibuat opium???
    tapi klo nanya “hippies2″ bunga apa yg paling enak? pasti jawabnya bunga ganja…

    klo yg ga kenal musim? pasti bunga deposito……hahahahahahaha
    .-= wieda´s last blog ..Puasa itu ngapain seh? =-.

    Adalagi, Bunga Citra Lsetari dan Bunga Zainal, pemain sinetron dan penyanyi.

  5. nakjaDimande says:

    kita itu senang sama sensasinya ya pakdhe.. sensasi waktu pegang hape baru, sewaktu punya gelombang cinta, sewaktu lebaran bisa pamer motor baru.. klo sensasi hilang, ya sudah barangnya juga ga ditengok lagi.. jadi yang mahal jutaan itu adalah sensasinya, gitu ya pakdhe..? :D
    .-= nakjaDimande´s last blog ..Jadilah Maqom Ibrahim =-.

    yang harus dijaga adalah : jangan sampai sensasi kepada pasangan kita hilang ha..ha..ha

  6. blogpopuler says:

    musim-musiman ngeblog ada tidak pak de?
    Soalnya aku lihat blogger diIndonesia semakin banyak aja.kawan2 aku tahu kalau aku punya blog, pingin punya blog juga.hahahaha…apakah ini musim-musiman juga ya?

    iya kayaknya, lihat saja, secara alami akan terjadi seleksi alam. hanya orang tertentu yang akan tetap eksis sebagai blogger. Yang lainnya akan bosan atau bangkrut atau malas.

  7. m4stono says:

    betul kata bundo di atas saya….sensasi itu hanya reaksi otak sesaat, akankah kita menhambur hamburkan duwit byk hanya utk menikmati sensasi reaksi otak….tapi yaaa namanya klangenan je…mo apa lagi….
    .-= m4stono´s last blog ..Cinta Buta vs Cinta Sejati =-.

    iya mas, tapi harus ngukur diri, kalau nggak punya duit ya tahu dirilah, jangan maksa

  8. alamendah says:

    makanya saya gak mau ikutan musim-musiman yang begituan, Pakde.
    .-= alamendah´s last blog ..Tanaman Indonesia Dalam Rekor MURI =-.

    emangnya begituan ada musimnya ? kayaknya nggak ada deh.

  9. alamendah says:

    Oh, ya. Kadonya sudah saya terima, Pakde.
    Sekali lagi terima kasih.
    .-= alamendah´s last blog ..Tanaman Indonesia Dalam Rekor MURI =-.

    syokur,semoga bermanfaat mas

  10. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Singgah lagi, menulis lagi, tersenyum lagi, dadah lagi, pamit lagi
    Salam Takzim Batavusqu

    makasih yo mas sering singgah kemari
    Salam hangat dari Surabaya

  11. sinopi says:

    saya lg leyeh2 krn percuma berharap koneksi cespleng pdhl awet lola.. loading lambat plus sering kali disco *bukan ajojing lho.. tp disconected* tiba2 teringat banjir..
    ahahaaa.. pakde lupa kita punya musim banjir lho..
    *mo ngasih tau musim banjir doang stengah mati nunggu loading nya.. duh, Gustiii paringono sabar!*

    makanya kalau cari koneksi jangan yang second hand ha..ha..ha

  12. zenteguh says:

    Ya bener pakde, itu hanya euforia sesaat. Biasanya memang selalu terjadi siklus atas kehebohan tertentu. Saya gak tahu apakah nanti suatu saat iwak wader juga bisa seharga lohan, ah entahlah…

    kan sekarang bdah ada tuh iwak kotok atau gabus, katanya jadi mahal

  13. bibit m says:

    Nomer 13 … koyo Mikel Balak ndhol-ndhol.
    Indonesia lagi musim gempa Cak … bumine wis tuwo … pimpinane ra bisa rumongso ning rumongso biso. Urusan lumpur Lapindo ra bar bar … eee, tega2ne nyalon …???

    Lha sampeyan nggak mbantu gimana ngatasi lumpur cak

  14. Yep says:

    Ntar lagi musim ketupat Pakde :)
    Dah mulai keliatan Pakde di pasar-pasar :)
    .-= Yep´s last blog ..[Foto] Wow Keren ! Bus Amphibi Mewah Di Dubai =-.

    benar, Lebaran nggak pake Ketupat serasa hambar ya mas

  15. Oelil says:

    PakDhe…yg punya burung perkutut terus stroke enggak…???
    sekarang yg lagi booming musim ngeblog pakDhe…moga2 gak hanya booming sesaat ya
    salam,
    .-= Oelil´s last blog ..Agrowisata Merapi =-.

    iya mas, apalagi yg bisa dapat uang dari nge blog pasti asyik -masyuk tuh

  16. Pakdhee… sekarang ada musim baruu di Indonesia.. musim beli baju lebaran.. hehe… :-P
    .-= Angga Franniko´s last blog ..Animasi Gif dengan Photoscape =-.

    iya nich, dipasar dan di mall berjubel-jubel je

  17. dedenia72 says:

    waduh gak bisa nebengin yang pertamaaaaxxx..jadi nya yang ketuju belasaaaaaannnxxxx…huehehehe
    memang benar..bahkan saya pernah bilang petani Indonesia juga ikutan latah dalam postingan saya yang berjudul “potensi pertanian Indonesia” (harga promo..huehehehe)..
    wes lah..pokoke mampir, baca, dan nyambung tali silaturahmi kalihan pakdhe..hehehe
    salam rimba raya lestari pakdheeeee
    .-= dedenia72´s last blog ..Pupuk Kimia Bukan Pemecah Masalah =-.

    petani kayak di kampung saya biasanya kompak, kalau apa yang ditanam nggak sama bisa jadi makanan empuk tikus

  18. Wandi thok says:

    Budaya musiman begitu mimang paling bertahan tidak sampai 1/2 tahun ngilang dhe, selalu silih berganti. Nyang agak sulit adalah bijimana agar budaya gempa itu tidak ada lagi. Ini sulit, paling kita hanya bisa berharap dengan do’a doang kan? :lol:
    .-= Wandi thok´s last blog ..Renungan Pra Lebaran =-.

    benar mas, gempa sulit dicegah ya. Apalagi kalau banyak pengantin baru, tiap malam ada gempa kan

  19. wira says:

    kalau di Bali, setiap ada produk baru sepeda motor, pasti akan terjadi musim :-)
    .-= wira´s last blog ..Pemendek URL bit.ly =-.

    sekarang banyak kemudian mas, tapi ya jangan sampai menyusahkan kita lho.

  20. quinie says:

    untung sayah ga ikut2an musim2 itu, kecuali musim duren deh sayah ikutan :D.
    ho oh, sayah juga heran, ya benda ini lah, taneman ini lah, ikan itulah dibilang bawa hoki.
    yang ngerubah nasib kita kan kita sendiri bukan?
    .-= quinie´s last blog ..greeting card =-.

    Benar sayang, benda2 itu nggak ada artinya, malah menambah kemusryikan jika kita mempercayai bertuah dan segala macam.

  21. ceuceusovi says:

    bener banget pakde.. masyarakt kita termasuk yang senang mengikuti ‘sensasi’ atau ‘euforia’ .. dari semua musim di atas..tak satupun saya ikutan..mungkin saya termasuk yang ‘perhitungan’ jika akan membeli sesuatu… Walau lagi musim lohan, dalam akuarium, tetep ikannya ikan khoki..hehe krn saya suka ikan itu..lalu di halaman rumah tetap saja bunga mawar dan kuping gajah..karena saya suka kedua jenis tanaman itu..

    klo liat temen2 yang kmrn ikut mengkoleksi ‘gelombang cinta’.. sekarang daun gelombang cintanya sobek2, sebagian ada yg menguning.. udah ga peduli tuh..hehhe.. sepertinya cuma ikutan keren-kerenan aja..

    klo lihat fenomena ini, indonesia pasti dipandang sebagai pasar yang sangat menjanjikan buat para produsen barang dari dalam dan luar negeri ya.. tul ga pakde ?
    .-= ceuceusovi´s last blog ..Kejujuran Ekuivalen dengan Sejahtera =-.

    iya, mungkin sebentar lagi ada yang ngeluarkan tanaman atau binatang lagi yang di plot harga jutaan.

  22. Zulhaq says:

    di hutan lagi musim batuan nih pakde he2
    habis lebaran, bakalan ada musim kawin

    asyik donk, banyak undangan ya mas

  23. aLDY says:

    Dua musim berubah menjadi beribu musim, kalau nggak gitu bukan Indonesia. Kan Bhineka Tunggal Ika toh mas. Zulhaq bilang ada musim kawin, berarti habis itu ada musim beranak dunk ?
    .-= aLDY´s last blog ..Hindari Kesalahan Sekuriti Yang Kelihatannya Sederhana =-.

    ha..ha..ha, musim kawin ini yang nggak nguwati mas.

  24. sinopi says:

    secondhand..?! kok kaya main bulutangkis ganda campuran..
    ih pakde.. nda’ seken kok, apalagi yg pk hen.. cuman koneksi paket ekonomi doang, makanya sering disko & lola.. yah maklumlah penghasilan terbatas tp banyak maunya.. heheee

    oya pakde, minta tips mengembalikan suara yg hilang dong
    duh, mulai bangun tidur pagi td hingga skrg menjelang sahur, saya ga pny suara, hanya berpantomim ria sampe hopeless gini krn cape gada yg ngerti sy ngomong apa.. hiksss :(
    .-= sinopi´s last blog ..UCIN =-.

    minum air hangat saja kan beres tuh

  25. sinopi says:

    blom sembuh, pakde.. suwer..
    skrg malah pk acara tambahan sakit leher krn maksa ngomong pdhl yg keluar cuma suara kaya tikus kejepit..
    pdhl saya ga flue ato batuk, kata org bisa jadi karna saya masuk abri angin

    oya pakde, tentang komentar di blog para member blogspot, itu ada pengaturan nya yg bisa dipilih & diutak-atik sendiri.. jangankan pakde, saya jg suka kesulitan posting komen di blogspot milik org lain..
    bisa jd memang tipe post koment itu yg memang dipilih pemilik blog, tp bisa jg ga sengaja terpilih karna ketidaktahuan ybs..
    yg mudah memang wordpress sih, tp sayang ga bisa didandanin dg asesoris lucu2 heheee
    trima kasih komentar2nya ya pakde.. tdnya semua koment mau dipublis 2juta tahun lagi, berhubung pakde suka komentar, saya jd nda’ enak hati, kesan nya nda’ menghargai..
    pdhl kemarin2 cuek aja, ga peduli org berkesan begitu.. heheee..
    beda dong, yg ini kan pakde.. xixixixiii..
    :D slamat pagi, pakde..
    .-= sinopi´s last blog ..UCIN =-.

    Kalau masuk angin ya anginnya dikeluarkan dunk, bisa pake minyak kayu putih, nguntal antangin atau pake sistim meriam : jengking selama 2 jam dengan mulut dan hidung tertutup. Kalau posisinya benar maka angin akan keluar, bisa dengan suara bisa juga silent tergantung pemilik anginnya.

    Komen di WP juga bisa kok di dandani yang lucu2, tapi saya nggak pasang karena kesanya jadi kayak pasar malam, ruameeee pwol

  26. sinopi says:

    astaga.. njengking 2jam! teg nian ngasih tips kaya gitu..
    kalo nda balok ke posisi semula krn kadung kaku gimana.. hihiii
    ngatur sound nya supaya kaya lagu ridho roma bisa ga pakde..? :p

    blog saya ky nya mirip pasar malam ya pakde, ruame pwolll
    .-= sinopi´s last blog ..UCIN =-.

    Kadang ada yang suka blognya meriah, banyak kerlap-kerlip dengan hurufnya yang dIjUn9Kir b4Likk4n k@k !

  27. Estiko says:

    Itulah salah satu budaya bangsa kita. Budaya hidup konsumtif. Yang paling membuat saya prihatin adalah saat musim diskon barang import. Banyak orang mengantri seperti antri sembako hanya untuk mendapatkan barang import. Bahkan rela meninggalkan kewajibannya. Sekarang musim Black Berry, banyak orang berlomba untuk mendapatkan BB. Semakin lama, semakin pusing melihat fenomena seperti ini. Salam hormat dan hangat dari Banyumas

    benar mas, sekarang berebut mbrobos kereta api agar bisa katut mudik deh.salam

  28. marshmallow says:

    kalau sudah musim, semua orang merasa wajib bergabung. padahal seringkali musim itu tidak esensial. sama saja dengan mode tho, pakdhe?

    cerita yang terakhir itu bikin saya ngakak, pakdhe. kalau sudah begitu baru nyalahin nasib. padahal miara burung perkutut itu paling juga yang dikejar romantismenya. kalau merci kan prestise. pilih mana coba?

    kalau saya sih pilih merci. tapi sayang saya nggak punya perkutut sih.

    *ketelen akismet lagi saya kapok deh*
    .-= marshmallow´s last blog ..Favorite Tokens =-.

  29. Bang Dje says:

    Kalo perkutut bukan musiman , Pakdhe. Itu sudah klangenan yang menahun …

    Tapi kan nggak semua orang suka, jadi ada musimnya orang senang perkutut juga lho.