Tip Haji : Ini Koperku-Mana Kopermu

pasti didalamnya ada rendang, balado teri,bumbu pecel dan oncom, hayooo punya siapa, ngaku !!

pasti didalamnya ada rendang, balado teri,bumbu pecel dan oncom, hayooo punya siapa, ngaku !!

Secara default, setiap jamaah haji akan menerima sebuah koper, sebuah tas jinjing, dan sebuah tas mini untuk dokumen dari airlines yang akan membawanya ketanah suci. Bentuk dan warna koper, tas jinjing dan tas mini tergantung juga kepada airlines. Koper dan tas jinjing Saudi Arabian Airlines warnanya coklat tua terbuat dari bahan terpal yang kuat. Koper tersebut jika diisi penuh beratnya sekitar 50 kg lebih.

Koper dan tas jinjing setelah dimodifikasi

Koper dan tas jinjing setelah dimodifikasi

Modifikasi

Pada saat dibagikan kepada para jamaah, koper dan tas jinjing tidak ada roda atau gagang penarik untuk menggeret ( ha..ha..ha, menggeret itu apa tho yaaa). Pembawaan koper bisa dipanggul atau ditarik paksa, sedangkan tas jinjing, sesuai namanya ya dibawa dengan cara di jinjing atau di cangklongkan dibahu. Jamaah wanita sangat dianjurkan untuk tidak memanggul koper, walaupun badannya kuat seperti si Xena, malu atu achhhhh.

Namun, orang Indonesia kan pintar meng-otak-atik. Koper bisa dipasang  roda sehingga agak ringan jika talinya ditarik. Tas jinjing bisa juga dipasang tangkai penarik yang dilengkapi roda sehingga enak jika ditarik dan tak perlu menjinjing lagi. Ada juga yang membeli alat tempat koper atau tas jinjing yang terbuat dari stainless steell atau besi biasa-semacam mini troley  (jangan membuat penarik yang terbuat dari kayu atau bambu lho, malu-maluin bangsa ha..ha..ha, ngirit ndot kom)

Gambar diatas adalah koper dan tas jinjing yang sudah di modifikasi. Di Asrama haji biasanya ada orang-orang  yang menjual jasa dengan membuatkan tangkai penarik ini dengan imbalan sekitar Rp. 30 ribu ( tahun 2006), namun ya harus sabar karena peminatnya cukup banyak.

tas abdulcholik.com

tas abdulcholik.com

Selain pembagian dari airlines, ada juga tas khusus pembagian dari KBIH atau Kelompok Bimbingan Ibadah Haji, tentunya jika anda masuk kelompok ini. Pembagian tas seperti ini juga tergantung kepada KBIH masing-masing. Saya menggunakan tas KBIH ini untuk membawa perlengkapan saat  pergi-pulang dari masjid. Tas ini memang multi guna :

1. Untuk menyimpan  sandal jepit ketika akan masuk Masjidil Haram atau Masjid Nabawi dan masjid-2 lainnya. Masukkan sandal jepit kedalam tas kresek, baru masuk  tas khusus warna biru  itu.

2. Menyimpan sajadah.

3. Membawa air mineral.

4. Membawa jerican ukuran 5 liter untuk mengambil air zam-zam di Masjidil Haram.

5. Menyimpan kamera, rokok, korek api, obat-obatan, dll.

6. Membawa payung kecil ketika musim hujan.

7. Menyimpan handuk kecil

8.Menyimpan snack yang baru dibeli ketika pulang dari masjid, ada bawang goreng yang guede2, pisang, dll,..  ha..ha..ha..lapar kaleeee.

Dengan uraian diatas maka koper dan tas yang dibawa oleh jamaah haji jumlahnya ada 3 buah. Namun jangan sekali-kali melupakan tas kecil yang harus selalu melekat di tubuh karena isinya adalah  dokumen penting para jamaah ( paspor,uang , dll)

Koper,Tas Jinjing, Tas Extra dari KBIH (optional )

Koper,Tas Jinjing, Tas Extra dari KBIH (optional )

Tas Kecil harus lengket dibadan

Tas Kecil harus lengket dibadan

Beberapa tip tentang koper dan tas-tas ini antara lain :

1. Beri tanda pada koper dengan alat yang bisa terlihat dari jarak cukup jauh agar mudah menemukannya saat berada di bandara atau di hotel saat awal kedatangan. Ingat bahwa koper jumlahnya ratusan untuk satu pesawat. Lihat gambar paling atas, ada beberapa koper bertanda khusus yang tampil beda sehingga pemiliknya mudah mengenalinya.

2. Kuncilah koper dengan gembok yang kuat  sebelum diserahkan kepada Tim Pengumpul Koper di Asrama Haji atau sebelum diserahkan kepada petugas hotel saat akan melakukan pergeseran tempat. Simpan kunci dengan baik agar tidak hilang.

3. Jika perlu ikat lagi koper dengan kuat guna menjamin koper tidak terbuka ritsluitingnya.

4. Koper jangan diisi barang terlalu penuh saat berangkat atau kembali, jika perlu ditimbang dulu di rumah atau di hotel.

5. Beri label yang berisi : Nama, Kloter, embarkasi dan  alamat kita.

Semoga bermanfaat.

Pakde, kok serius begitu yaa, emangnya selama di tanah suci hanya ibadah terus, apa nggak ada waktu untuk beli oleh-oleh atau piknik ?? Shobar..shobar..shobar, tunggu postingan berikutnya yaaa.

 

Incoming search terms for the article:

"persiapan isi koper untuk haji", abdulcholik, aja, aku, alamat kbih di wilayah surabaya, alamat kbih surabaya, alamatkbih, apa saja isi koper kecil tas haji, apa saja yang harus dibawa berangkat haji, apa saja yang harus dibawa saat naik haji, apa yang di bawa wanita ketika naik haji, apa yang dibawa saat naik haji, apa yang perlu dibawa untuk menunaikan ibadah haji, apa yg harus dibawa saat haji, bagaimana membuat koper haji beda dengan yang lain, barang - barang yang perlu dibawa untuk menunaikan haji, barang barang yang harus dibawa saat beribadah haji, barang haji, barang yang di bawa saat haji, barang yang dibawa & ibadah haji, barang yang dibawa haji, barang yang dibawa saat haji, barang yang dibawa saat naik haji, barang yang harus d bawa naik haji, barang yang harus dibawa jamaah haji, barang yang harus dibawa ke haji, barang yang harus dibawa oleh jamaah haji 2010, barang yang harus dibawa saat beribadah haji, barang yang harus dibawa saat haji, barang yang harus dibawa saat menunaikan ibadah haji, barang yang perlu dibawa haji, barang yang perlu dibawa jemaah haji, barang yang perlu dibawa menunaikan haji, barang yang perlu dibawa untuk ibadah haji, barang yang perlu dibawa untuk menunaikan haji, barang yg dibawa untuknhaji, barang yg harus di bawa pada saat haji, barang-barang haji, barang-barang yang dibawa haji, barang-barang yang harus dibawa saat haji, barang-barang yang perlu di harus di persiapkan jemaah haji perempuan, bentuk koper haji 2010, buat tanda koper haji, cache:lvrdwyqavv0j:abdulcholik.com/2009/10/21/nama-presiden-indonesia/ nama-nama presiden indonesia dan wakilnya, ciri ciri tanda untuk koper haji, daftar harus dibawa saat haji, daftar isi tas koper haji, daftar kbih di surabaya, daftar kbih surabaya, daftar nama jamaah haji 2010 asal malang kloter 79, daftar peserta haji 2010, daftar peserta haji 2010 embarkasi solo, daftar peserta haji surabaya tahun 2010, def, depag haji 2010, depag haji 2010 dari jabar, depag haji 2010 jabar, depag haji 2010 pembagian loter, depag haji th 2010, depag jawa timur, dokumen, embarkasi solo 2010, embarkasi solo kloter 58 tahun 2010, embarkasi solo thn 2010, gamabar tas koper, gambar haji 2010, gambar haji 2010 kloter 24, gambar jemaah haji solo kloter 70, gambar koper, gambar koper jemaah haji 2010 daerah sumatera, gambar pesawat haji, gambar pesawat haji 2010, gambar tas koper, gambar tas koper haji, haji, haji 2010, haji 2010 jatim, haji 2010 jawa barat, haji 2010 jawa timur, haji 2010 kloter 70 embarkasi surabaya, haji 2010 medan, haji 2010 surabaya, haji depag, haji jawa timur, haji jawa timur 2010, haji kloter jawa timur 2010, haji solo, haji surabaya, haji surabaya 2010, haji2010, harus dibawa jemaah haji, ibadah haji, ibadah haji 2010, iklan roda koper, imfo haji kolter ke 20 gresek jatim 2010, imfo haji2010, imfo kloter haji th2010, Indonesia, infi tas haji 2010, info haji, info haji 2010, info haji 2010 depag, info haji 2010 embarkasi solo, info haji 2010 jatim, info haji 2010 jawa barat, info haji 2010 jawa timur, info haji 2010 solo, info haji 2010 surabaya, info haji 2010 surabaya pembagian koper, info haji 2010 terkini, info haji dari surabaya tgl, 24 oktober th 2010, info haji depag, info haji depag 2010, info haji embarkasi solo, info haji embarkasi solo 2010, info haji jabar 2010, info haji jatim, info haji jatim 2010, info haji jawa barat, info haji jawa barat 2010, info haji jawa barat hari ini, info haji jawa timur, info haji jawabarat, info haji kloter kota surabaya 2010, info haji kloter surabaya, info haji kloter surabaya 2010, info haji kota surabaya 2010, info haji kotamadya surabaya 2010, info haji pembagian koper haji, info haji solo, info haji solo 2010, info haji surabaya, info haji surabaya 2010, info haji tahun 2010, info haji tahun 2010 jawa barat, info haji terkini, info haji terkini 2010 di solo, info haji2010, info jemaah haji, info kloter 2010, info kloter 21 solo, info kloter 37 jawa barat, info kloter haji, info kloter haji 2010, info kloter haji 2010 surabaya, info kloter haji jabar 2010, info kloter haji jatim 2010, info kloter haji jawa timur, info kloter haji terkini 2010, info kloter haji2010, info kloter surabaya, info kloter surabaya 2010, info pembagian tas haji surabaya 2010, infohaji 2010, infohaji 2010 surabaya, infohaji surabaya, infohaji2010, infohajijabar, infohajijatim, informasi haji 2010, informasi haji 2010 depag, informasi haji jawa barat, informasi haji jawa barat th 2010, informasi haji kloter 21 surabaya, informasi haji surabaya 2010, informasi haji th2010, informasi haji untuk wilayah jawa barat 2010, informasihaji2010, ini koperku mana kopermu, isi koper barang haji, isi koper haji, isi koper jamaah haji, isi koper tas jamaah haji, isi koper yang akan dibawa oleh jemaah haji 2010, isi tas haji, isi tas jinjing haji, isi tas koper haji, isi tas koper haji 2010, isi tas koper jamaah haji, isi tas tenteng haji, isi tas untuk haji, jamaah haji 2010, jamaah haji 2010 kloter 7 surabaya, jamaah haji jawa timur, jamaah haji jawa timur 2010, jamaah haji surabaya, jamaah haji surabaya 2010, jaring koper, jatim kloter 21, jemaah haji jawa barat tahun 2010, jemah haji th2010, jual koper yang ringan dan kuat, jual tas haji, jumblah peserta haji jawa barat, jumlah rokok yang boleh dibawa jamaah haji 2010, kapan pembagian koper haji jabar 2010, kbih, kbih di surabaya, kbih haji 2010, kbih haji sabar, kloter 82 surabaya, kbih surabaya, keloterhajimedan, kloter 2010, kloter 37 jawa barat, kloter 58 jawa timur, kloter 7 surabaya 2010, kloter 79 surabaya, kloter 79 surabaya 2010, kloter haji, kloter haji 2010, kloter haji 2010 jabar, kloter haji 2010 jatim, kloter haji 2010 jawa barat, kloter haji 2010 jawa timur, kloter haji 2010 jawatimur, kloter haji 2010 kota surabaya, kloter haji 2010 medan, kloter haji 2010 saudi airline, kloter haji 2010 surabaya, kloter haji 2010embarkasi surabaya, kloter haji 2010surabaya, kloter haji jabar 2010, kloter haji jatim, kloter haji jatim 2010, kloter haji jawa barat 2010, kloter haji jawa timur, kloter haji jawa timur 2010, kloter haji jawa timur2010, kloter haji medan, kloter haji solo, kloter haji surabaya, kloter haji surabaya 2010, kloter jamaah haji, kloter jamaah haji 2010, kloter jamaah haji tahun 2010, kloter jamah haji 2010, kloter jamah haji surabaya, kloter jatim, kloter jawa timur, kloter jawa timur 2010, kloter jemaah haji 2010, kloter kbih surabaya 2010, kloter surabaya, kloter surabaya 2010, klother haji 2010, kolter haji, kolter haji surabaya 2010, koper, koper dari saudi airlines, koper haji, koper haji 2010, koper haji 2010 surabaya, koper haji isi, koper haji roda, koper haji saudi arabian 2010, koper haji tahun 2010, koper jamaah haji solo, koper orang naik haji, kopor haji, kunci, manfaat, masjid nabawi, ml, modifikasi koper haji, nama haji jatim2010, niat yg kuat insya allah diijabah, paspor haji warna cokelat, pembagaian kloter haji 2010, pembagian kloter, pembagian kloter 2010, pembagian kloter depag jatim, pembagian kloter embarkasi surabaya, pembagian kloter haji, pembagian kloter haji 2010, pembagian kloter haji 2010 embarkasi solo, pembagian kloter haji 2010 jatim, pembagian kloter haji 2010 jawa barat, pembagian kloter haji 2010 jawa timur, pembagian kloter haji 2010 surabaya, pembagian kloter haji jabar, pembagian kloter haji jatim, pembagian kloter haji jatim 2010, pembagian kloter haji jatim tahun 2010, pembagian kloter haji jawa barat 2010, pembagian kloter haji jawa barat tahun 2010, pembagian kloter haji jawa timur th. 2010, pembagian kloter haji surabaya, pembagian kloter haji surabaya 2010, pembagian kloter haji tahun 2010, pembagian kloter ibadah haji 2010, pembagian kloter jamaah haji, pembagian kloter jamaah haji 2010, pembagian kloter jamaah haji jatim 2010, pembagian kloter jamaah haji jawa timur 2010, pembagian kloter jamaah haji solo tahun 2010, pembagian kloter jamaah haji surabaya, pembagian kloter jatim, pembagian kloter jawa barat, pembagian kloter jawa timur, pembagian kloter jawa timur 2010, pembagian kloter jemaah haji, pembagian kloter jemaah haji 2010, pembagian kloter jemaah haji 2010 jatim, pembagian kloter jemaah haji jatim 2010, pembagian kloter kota surabaya, pembagian kloter solo, pembagian kloter surabaya, pembagian koper haji, pembagian koper haji 2010, pembagian paspor haji di embarkasi solo, pembagian tas untuk jemaah haji 2010, pembagiankloterhaji2010, pembagiankoper haji, pembaian kloter haji medan, penanda koper, penanda koper haji, peralatan haji, peralatan yang harus di bawa ibadah haji perempuan, peralatan yang harus dibawa jemaah haji, peralatan yang harus dibawa saat haji, peralatan yg harus dibawa jemaah haji, perlengkapan berangkat haji, perlengkapan haji, perlengkapan haji 2010, perlengkapan haji di koper dan tas tenteng, perlengkapan haji perempuan, perlengkapan haji surabaya, perlengkapan haji tahun 2010, perlengkapan haji untuk perempuan, perlengkapan haji untuk wanita, perlengkapan haji wanita, perlengkapan haji wanita yang dibawa, perlengkapan haji wanita yg harus dibawa, perlengkapan haji yang boleh dibawa, perlengkapan haji yang harus dibawa, perlengkapan haji yang perlu dibawa, perlengkapan jamaah haji perempuan, perlengkapan jamaah haji wanita, perlengkapan jemaah haji, perlengkapan naik haji, perlengkapan saat haji, perlengkapan wanita yang dibawa untuk hajii, perlengkapan yang dibawa saat haji, perlengkapan yang harus dibawa ibadah, perlengkapan yang harus dibawa jamaah haji, perlengkapan yang harus dibawa jemaah haji 2010, perlengkapan yang harus dibawa oleh jemaah haji, perlengkapan yang harus dibawa pada saat haji, perlengkapan yang harus dibawa saat haji, perlengkapan yang harus dibawa saat ibadah haji, perlengkapan yang perlu di bawa, perlengkapan yang perlu dibawa jamaah haji, persiapan berangkat haji, persiapan berangkat haji 2010, peta haji, por, roda koper, roda koper haji, roda koper surabaya, roda tas, roda tas koper, rokok yang dibawa jemaah haji, sabar, satu, saudi arabian airlines haji, site:abdulcholik.com info haji kloter kota surabaya 2010, start, tali, tanda koper, tanda koper haji, tanda tas koper haji, tas haji, tas haji 2010, tas haji roda, tas jamaah haji indonesia 2010, tas jemaah haji 2010, tas jinjing, tas KBIH, tas kecil, tas koper, tas koper haji, tas koper haji 2010, tas koper jamaah haji, tas mini, tas oleh oleh haji, tas roda, tas tenteng haji 2010, tips koper haji, ukuran tas masuk pesawat, warna paspor haji, warna tas jamaah haji tahun 2010, yang dibawa saat haji, yang harus dibawa jamaah haji, yang harus dibawa saat haji, yang harusd dibawa saat haji, yang perlu dibawa jamaah haji, yang perlu dibawa jemaah haji, yang perlu dibawa saat haji, yang perlu dibawa saat ibadah haji, yg perlu dibawa saat haji,

33 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Gusti Dana says:

    Pertamaaxxx…:)

    Salam kenal dan kunjungan balik dari saya pak Cholik:)

    Terima kasih atas kunjungan mas, salam kenal juga dari Surabaya

  2. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Kuran cepet, dikit.
    .-= alamendah´s last blog ..Kambing Hutan Sumatera Masihkah Tersisa =-.

    oper persneleng mas

  3. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
    Wah ngitungnya keliru, Pakde.
    .-= alamendah´s last blog ..Kambing Hutan Sumatera Masihkah Tersisa =-.

    ulangi dari depan..

  4. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan KEEMPAT dulu. Boleh kan?!
    Tips2 ibadah haji dari Pakde makin komplit saja. Ngalahin jamu, aja.
    .-= alamendah´s last blog ..Kambing Hutan Sumatera Masihkah Tersisa =-.

    masih terus berlanjut mas

  5. alamendah says:

    (maaf) izin mau KELIMAAAXXZ duluan. Boleh kan?!
    nggak kepikiran untuk membuat buku panduan perjalanan haji, pakde?
    .-= alamendah´s last blog ..Kambing Hutan Sumatera Masihkah Tersisa =-.

    itu domainnya Depag mas, kalau saya mbuat panduan juga entar mereka koment ” Pakde lagi butuh duit yaaa?”, lho kan malu ha..ha..haaaaak

  6. alamendah says:

    Nyanyi dulu, ah.

    Sebuah koper
    berputar-putaran
    ini milikku
    dan ini milikmu
    sebuah koper
    berputar-putaran
    ini milikku
    dan ini milikmu
    sebuah koper
    (kapan selesainya lagu ini…)
    .-= alamendah´s last blog ..Kambing Hutan Sumatera Masihkah Tersisa =-.

    butuh waktu untuk mencari dan menemukan koper kita, perlu tanda yang mencolok

  7. sinopi says:

    Sip! Udah lengkap tuh tips nya..
    Hanya jaman babe saya blm bisa utak-atik koper supaya dipasangin roda n geret-an nya.. *apa itu geretan*

    tuh yang bisa ditarik-ulur di koper, trus di tarik, kayak pramugari itu kan…sreeeeeeeettttttt….jadi nggak usah manggul bho.

  8. Selamat PAgi, PakDhe.
    Memang sering terjadi koper tidak ditemukan atau tertukar, hanya krn tanda2 yg diberikan pd koper mirip.
    kasihan pd jamaah hajinya ,kalau harus keluar biaya lagi disana , karena koper tertukar atau tdk ketemu.
    Salam.
    .-= bundadontworry´s last blog ..Mengenali wanita yg dihindari Pria. =-.

    Selamat pagi mbak,
    wah..ini memang membutuhkan waktu dan kesabaran, makanya banyak yang ngasih tanda macam di kopernya, kalau hanya tulisan kecil memang nggak akan kelihatan jika koper sudah ratusan….
    salam

  9. Blogodolar says:

    Mantap artikelnya Pakde…
    Semoga saya juga bisa menunaikan ibadah haji neh…Amin

    Salam dari Sorowako,
    .-= Blogodolar´s last blog ..20 Cara Cepat Meningkatkan Alexa Rank Blog Anda =-.

    Amin, saya ikut mendoakan mas.salam

  10. oRiDo™ says:

    waaaahhhh…
    ada tips haji di blog ini…
    informatif sekali pak..
    nanti kalo saya di beri kesempatan di undang oleh Allah,
    insyaAllah saya akan ikuti tips dari bapak..
    :)
    .-= oRiDo™´s last blog ..[BMBT] Multi Level Marketing Maria Ozawa =-.

    Saya doakan segera diijabah Allah mas. silahkan menikmati Tips2 haji yang sudah lumayan banyak. salam kenal

  11. XP2 Scout says:

    Satu komen aja, …. mantabs….!!!!

    satu jawaban saja…makasih !!!

  12. Wandi thok says:

    Makasih tips-tipsnya ya dhe
    .-= Wandi thok´s last blog ..Bagaimana menurut Anda? =-.

    sama-sama ya maas semoga ada manfaatnya

  13. nakjaDimande says:

    WUaddduuuuuhhhh besok tips apalagi ya pakdhe..? :)
    InsyaAllah klo sudah rejeki naik haji ntar sudah mantap betul berkat tips pakde ini
    .-= nakjaDimande´s last blog ..jangan lagi kau beri tanda di setiap jejak =-.

    Masih banyak kok bu dokter..lumayan nggak usah cari ide lagi tho ha..ha..ha.
    Insya Allah diijabah bisa berangkat memenuhi panggilan-Nya bu dokter.
    salam

  14. omagus says:

    di tunggu postingan oleh-olehnya pakdhe…
    sesi penting tuh..!
    .-= omagus´s last blog ..Rebutan Domain di rumah jimbun =-.

    oleh2 opo tho mas wong saya dirumah kok, saya ke Makkah kan tahun 2006 he..he..he.
    Makasih mas

  15. kalau berangkat haji enak ya pak dhe dekat dengan asrama sukolilo, posting yang cocok dengan momen saat ini
    .-= ruang hati berbagi´s last blog ..Heboh, Profesor Seni Italia Mengklaim Telah Membongkar Rahasia Sandi ‘da Vinci Code’ =-.

    iye, dulu dekat banget tapi tetap kumpul di Masjid Attaqwa mas ha..ha..ha

  16. brencia says:

    makasih tips hajinya, cocok buat sodaraku yg mau berangkat nih…
    .-= brencia´s last blog ..Mencoba ikut Djarum Black Competition Vol. 2 =-.

    silahkan ikuti terus, masih akan ada tip2 yang lain…

  17. Abula says:

    tips yang mantap….

    Salam Hangat Selalu,
    AbulaMedia.com
    .-= Abula´s last blog ..Memaknai dan Mengaplikasi Nilai-Nilai Budaya Lokal =-.

    terima kasih mas.
    salam hangat dari Surabaya

  18. marshmallow says:

    keren, dhe. saya baru tau kalau tas bisa dioprek-oprek sedemikian rupa sehingga beroda. musti dicari nih. trus penanda khususnya itu apa, ya? bisa nggak pake stiker yang warnanya ngejreng fluoresen itu?

    dhe, makasih untuk kiriman cd-nya. berguna banget untuk bisa “meraba” kondisi di sana.
    .-= marshmallow´s last blog ..Menu Ikan $50 =-.

    saya dulu tak kasih rumbai2 tali rafia ha.ha.ha, ada yang dibuat kayak jaring mbak, sekaligus penguat dan sebagai tanda, jadi kayak spider bag ha..ha.,ha..ha

  19. Dangstars says:

    Pas sekali Pak Artikelnya,,Rombongan haji dari Medan berangkat tanggal 24 oktober dari Medan.
    jadi saya bisa mengingatkan Keluarga saya yang akan berangkat..

    wah dah dekat ya kang, semoga lancar dan mabrur hajinya

  20. arkasala says:

    ciri ini ragamnya banyak dan kreatif2 Pak. Ada yang ditempelin sandal, pake kain yang cerah dan ada juga pake semacam plastik yang memantulkan cahaya.
    Trims Pak, pelengkap tipsnya detil banget. Salam :)
    .-= arkasala´s last blog ..Semangat (Terus) Nge – Blog =-.

    ada yang pake jaring segala kok, kuat dan mudah dilihat kayak spider bag ha..ha..ha

  21. mas tyas says:

    tips trick nya mantab pak de.. jadi pingin naik haji nih..

    dengan niat,berdoa dan rajin nabung Insya Allah berangkat mas

  22. mas tyas says:

    di Mekkah “sumuk” nggak pakde?

    nggak sumuk mas, walau panas

  23. Kakaakin says:

    Pakde…minta tips dong, gmana supaya tabungan haji saya bisa cepet banyak… :)
    Soalnya selalu lupa/pura2 lupa mau ngisiin…karena merasa masih banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi…
    Tabungan saya boro2 buat berangkat haji… mungkin buat beli kopernya aja belom cukup :)
    .-= Kakaakin´s last blog ..Mendung di Hatiku =-.

    Insya Allah akan bisa mmenuhi ONH jika rajin menabung, walau sedikit, jangan lupa niatkan dulu dan memohon dengan tulus agar bisa naik haji ya mbak

  24. mas tyas says:

    tes comment pakde..
    sedikit info sepertinya sistem komen seperti ini lebih memudahkan saya, begitu saya masuk blog sudah mengenali saya.. ”

    bagus ya bisa masuk kok, bersih,tulisannya juga rapi ha ha ha

  25. mas tyas says:

    sugeng dalu, sugeng sare, besok ngeblog lagi pakde..

    sugeng enjang mas, matur nuwun, sami sehat tho ??

  26. wieda says:

    wah jaman ibu bapak saya berhaji kayanya blom se modern itu…hehehe kami masih menjimpan komper bapak alm.

    pakdhe segitu lengkapnya persiapannya…hehehehe semoga kelak klo saya berangkat saya masih mengingat semua saran pakdhe
    soalnya saya ini orangnya brantakan buanget
    .-= wieda´s last blog ..Motong rumput halaman rumah =-.

    Wah cocok tuh kalau berantakan, bisa kabur semua para haji disana..takut dimarahi mbakyu…..

  27. hehe…emang ada jemaah cewe yang pernah manggul kopor 50kg itu pakdhe…? btw tipsnya wokeh banged
    .-= funky fun-T mimi allegra´s last blog ..The Yellow Jhaquette du Bandengz de la Bummbunez et Bakarreeezz =-.

    tip akan berlanjut kok sekalian untuk menaikkan traffic

  28. Deka says:

    disana ada tempat2 khusus pakde yang diperbolehkan untuk merokok…? Soalnya yang saya baca pakde bawa rokok.
    .-= Deka´s last blog ..Jalan-Jalan…. =-.

    di sekitar masjid nggak boleh, diluar itu boleh kok, yang jual rokok Indonesia juga ada tapi jadi mahal, 2x lipat deh

  29. Deka says:

    Ohhh kirain di sana ada tempat khusus atau malah dilarang, soalnya waktu bapak saya dulu karena da berhenti ngerokok jadi gak bawa rokok. saya pikir bapak berhenti karena pas naik haji ada laranga ngerokok disana. heheheh
    .-= Deka´s last blog ..Meggy Z Tidur Untuk Selamanya =-.

    ah boleh saja, orang sana juga merokok tuh

  30. […] Tip Haji : Ini Koperku-Mana Kopermu […]

  31. […] Tip Haji : Ini Koperku-Mana Kopermu […]

  32. Onong Van Djomon says:

    Assalamualaykum
    Pak De, mau tanya nih
    1. Ukuran kopernya berapa ? Panjang, lebar dan tingginya ?
    2. Kopernya dari Bank tempat kita mbayar apa dari airlines ?
    Makasih Pak De
    waalaikum salam
    1. Ukuran sedang mas-lumayan untuk tempat pakaian dll selama r40 hari
    2. Koper dari Airline-saya dapat koper dan tas jinjing coklat dari Saudi Arabian Airline, lalu saya pasang roda dan tarikan.