Tip Haji : 12 Larangan Diwaktu Ihrom

Ihrom-Haji

Ihrom-Haji

Yang dimaksud dengan Ihrom adalah niat mengerjakan haji/umroh dan sudah berpakaian ihrom. Pada saat ihrom berlaku 12 larangan yaitu :

  • 3 buah larangan bagi laki-laki
  1. Memakai pakaian bertangkup misalnya : sarung baju, celana, dsbnya.
  2. Memakai sepatu, kaus kaki atau sarung yang menutup kaki.
  3. Menutup kepala dengan kopiah, topi, sorban, dsb.nya

  • 2 buah larangan bagi wanita, yaitu :
  1. Memakai kaos tangan.
  2. Menutup muka.
  • 7 buah larangan bagi Wanita dan Pria
  1. Memakai wangi-wangian,kecuali yang sudah dipakai sebelum ihrom.
  2. Memotong kuku, bercukur, dan mencabut bulu badan.
  3. Berburu atau mengganggu binatang, kecuali binatang yang membahayakan dirinya.
  4. Kawin, mengawinkan atau meminang untuk dinikah.
  5. Bercumbu dan atau bersetubuh.
  6. Bertengkar, mencaci dan mengucapkan kata-kata kotor.
  7. Memotong pepohonan di Tanah Haram.

Jamaah haji yang melakukan pelanggaran atas larangan diatas dpat dikenakan dam ( tebusan atau denda)

Pakde, berupa apa saja dam atau tebusan atau denda itu ? Shobar..shobar…shobar, tunggu postingan yang akan datang.

Ihrom wanita

Ihrom wanita

 

Incoming search terms for the article:

12 larangan saat naik haji, abdulcholik, aja, aku, allahuma labaik kapan bisa kesana, baju ikhrom laki laki, bercumbu, bus, cara berpakain ihrom buat laki2, cara memakai baju ihrom, cara memakai baju ihrom pria, cara memakai baju ikhrom, cara memakai ihrom, cara memakai ikhrom, cara memakai pakaian haji, cara memakai pakaian ihrom, cara memakai pakaian ikhrom, cara mengenakan baju ikhrom, cara pakai baju ihrom, cara pakai ihrom, doa dan niat memakai ihrom, doa niat ihrom, emak, haji, ihrom, ikhrom haji untuk pria, kata_kata, larangan, larangan dan denda ihrom, larangan haji, larangan ihrom, larangan ihrom haji, larangan ketika haji, larangan pada saat haji, larangan saat haji, logo, memakai ihrom, memakai pakaian ihrom, niat doa sholat ihrom, niat ihrom, niat sholat ihrom, pakai ikhrom, pakaian haji pria, pakaian ihrom, pakaian ihrom laki-laki, pakaian ihrom pria, pakaian ikhrom, pakaian khusus ibadah haji, pakaian saat naik haji, parade, piye emas laki dilarang, poster larangan makan, saru, sarung, sholatihrom, topi haji, topi haji pria,

20 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Estiko says:

    Pertamax dulu

    lanjutken keduax yaa

  2. Estiko says:

    Tipsnya sangat bermanfaat Pak Dhe. Tapi saya belum siap dan mampu untuk berangkat haji

    kalau gitu saya siapkan ya , SIAAAAAAAP G’RAK !!

  3. Aisha says:

    hmm…mampir ke corniche Jeddah nggak pakdhe? Insyaallah Haji yang mabrur ya.
    .-= Aisha´s last blog ..Eating and drinking in England =-.

    saya kan hajinya tahun 2006 tho nduk, matur nuwun

  4. makin lengkap aja ini tip hajinya.
    .-= catatan febri´s last blog ..Raja Komentar =-.

    semoga bermanfaat mas

  5. Ya Allah, mudah-mudahan aku bisa cepat melaksanakan salah satu kewajiban dari Mu yaitu naik haji.
    .-= catatan febri´s last blog ..Raja Komentar =-.

    pergiat sholat malam/sholat tahajud, sholat hajat, tambahi sholat dhuha secara istiqomah, Insya Allah berangkat.

  6. terus menabung dan segera menyelesaikan kuliah, kerja, menikah, dan akhirnya ke tanah suci :)
    .-= catatan febri´s last blog ..Raja Komentar =-.

    Amin, Insya Allah terkabul mas

  7. sinopi says:

    Babe saya cerita, temen nya sakit pas ihrom. Dia kemulan pk sarung.. Piye itu pakde? Termasuk yg dilarang kan yah.. Tp kl sakit gimana dong..

    tetap nggak boleh, kemulan saja pakai baju ikhrom, kan tebal tuh,

  8. mas tyas says:

    nuwun sewu, kalo pakaian dalam gimana pakde?

    untuk wanita pakai untuk pria tak pakai, makanya hati2 kalau duduk, jangan sampai dirubung semut ha ha ha

  9. Memang iya, dalam haji ada larang yang seperti itu, tentunya yang melanggar diberikan denda, makanya kalo hatu memang kudu ati-ati,
    makasih inponya, sangat bermanfaat, siapa tau suatu saat bisa menunaikannya!
    amiin..
    Iklan Baris

    Insya Allah berangkat mas, tak doakan deh

  10. semoga aku dan suami bisa cepat mempraktekkan tips-tips berhaji dari pakdhe ini ya, amienn… (masih belum terbayang kapan bisa brangkat… )
    .-= funky fun-T mimi allegra´s last blog ..The Yellow Jhaquette du Bandengz de la Bummbunez et Bakarreeezz =-.

    niat yang tulus, doa dimohonkan, rajin menabung,jaga kesehatan, Insya Allah berangkat, tak doakan deh

  11. yangputri says:

    mudah2an cita-cita ku kesana kesampean…. amien…
    .-= yangputri´s last blog ..Bansus =-.

    Amin, saya ikut mendoakan juga

  12. mahardhika says:

    Ilmu yang sangat bermanfaat pak de.. makaciii ya…

    KApan ya aku bisa kesana, menunaikan ibadah rukun Islamku yg ke-5.

    mudah2an bisa kesana, AMIN. :)
    .-= mahardhika´s last blog ..Melamun itu baik ga sie? =-.

    dengan niat yang ikhlas, doa dimohonkan dan rajin menabung serta jaga kesehatan Insya Allah bisa berangkat.Amin

  13. guskar says:

    ya Allah, siapa pun yg membaca postingan pakde Cholik ini berilah kemudahan untuk menjalankan panggilanMU

    “labaik allahuma labaik labaik la sharika laka labaik. Innal hamda wann’imat laka wal mulk la sharika lak”

    Amin, kalimat itu yang kadang membuat saya menangis…

  14. Deka says:

    Saya mau nanya pakde, Berdasarkan pengalaman Pakde, gimana rasanya Ihrom…? Dan kesulitan apa yang terbesar dalam melakukana Ihrom…?
    .-= Deka´s last blog ..Jalan-Jalan…. =-.

    sebenarnya gak ada, namun nggak bebas kan, karena pakaian ihrom kan nggak enak kalau dipakai masuk toko dll ha..ha..ha, pakaian ihrom kan nggak lama, hanya beberapa jam pada saat ada kegiatan ihrom itu, setelah itu ya ganti pakaian biasa.

  15. kamisama says:

    rasanya pengen bgt pergi haji,,,kpn ya..mudah2an saja trlaksana
    .-= kamisama´s last blog ..Meneladani Cara Makan Rosululloh =-.

    Dengan niat yang tulus, doa yang dimohonkan secara khusuk, rajin menabung dan menjaga kesehatan Insya Allah cita-cita pergi haji terkabulkan. Amin

  16. wah lengkap beritanya tentang ihrom

    Salam
    Lombok Travel
    .-= lombok travel´s last blog ..Trip to Ekas Beach Lombok =-.

    semoga bermanfaat mas

  17. wieda says:

    looh wanita ndak boleh make tutup muka??? laah gimana tuh orang2 yg selalu make tutup muka yg hanya kliatan matanya????
    .-= wieda´s last blog ..Motong rumput halaman rumah =-.

    pada saat pakaian ihrom ya cadar harus dibuka donk mbak, wong masker saja nggak boleh.

  18. Deka says:

    @ Mungkin karena dari niat awal dan persiapannya, memang di tujukan untuk beribadah dengan tulus, ikhlas, dsbnya sehingga kegiatan waktu Ihromnya pakde dimudahkan oleh Allah, Swt. Kalo secara fisik mungkin relatif pakde.
    .-= Deka´s last blog ..Meggy Z Tidur Untuk Selamanya =-.

    ihrom kan nggak selamanya tho,mas