Tip Haji : Do’a Ibadah Haji

Tawaf

Tawaf

Dalam pelaksanaan ibadah haji cukup banyak doa yang harus dibaca, dimulai sejak berangkat dari rumah, dalam perjalanan, di tanah suci sampai kembali ketanah air lagi. Tak ketinggalan pula, para sahabat, keluarga serta para tetangga yang berdatangan kerumah sepulang dari tanah suci minta agar haji baru tersebut mendoakan mereka. Mereka percaya bahwa haji baru tersebut do’anya sangat ngejos dalam kurun waktu 40 hari sejak kepulangannya dari tanah suci. Wallaahu ‘alam bishowab.

Seorang penceramah dalam manasik haji yang saya ikuti memberikan saran sebagai berikut : ” Jika memang tidak mampu, tidak perlu memaksakan diri untuk menghafal doa-doa haji, nanti malah stress “. Saran itu benar adanya.

Namun tentu tidak elok jika seorang jamaah haji tidak hafal bacaan talbiyah ” Labbaika, Allaahumma labbaik, labbaika laa syariika labbaik, innal-hamda wanni’mata laka wal mulka laa syariika lak “. Kalimat itu akan kita baca berulang-ulang.

Buku Do'a Haji

Buku Do'a Haji

Secara garis besar doa haji ada 8 komponen yaitu :

  1. Do’a dalam perjalanan keberangkatan-dimulai dari rumah ( 10 do’a
  2. Do’a Tawaf ( 5 do’a)
  3. Do’a Sa’i (4 do’a)
  4. Niat Haji, Do’a Berangkat ke Arafah, Do’a Wukuf (5 do’a)
  5. Doa di Muzdalidah dan Mina (4 do’a)
  6. Do’a Tawaf  Wada’  dan Doa Sesudah Tawaf  Wada’ (2 do’a)
  7. Do’a Ziarah di Madinah (11 do’a)
  8. Do’a Tiba dirumah-Kampung Halaman (1 do’a)

Namun jamaah haji tidak perlu khawatir karena Departemen Agama telah menerbitkan buku Tuntunan Keselamatan, Do’a dan Dzikir Ibadah Haji yang dibagikan secara cuma-cuma kepada para jamaah. Buku do’a berukuran kecil ini dilengkapi dengan tali dan bisa digantungkan di leher jamaah sehingga sewaktu-waktu dapat kita baca. 8 komponen doa yang disebutkan diatas ada dalam buku dimaksud.

Lempar Jumrah

Lempar Jumrah

Namun pada saat tawaf, sa’i dan lempar jumrah sebaiknya jamaah tetap tengak-tengok kiri-kanan ketika membaca do’a dari buku ini agar tak tertabrak atau menabrak jamaah yang lain, terlebih-lebih pada malam hari. Maklum pada tiga kegiatan ini manusia benar-benar berjubel karena jumlahnya sangat banyak.

Semoga bermanfaat.

Pakde, katanya ditanah suci ada tempat-tempat yang mustajabah untuk berdo’a yaa, tunjukin donk !!! Shobar…shobar….shobar, ikuti postingan yang akan datang.

 

Incoming search terms for the article:

?tulisan arab doa haji?, abdulcholik, aja, bac an talbiyah, baca, bacaa doa2 untuk tamu sepulang haji, bacaan arab talbiyah, bacaan dan doa ibadah haji, bacaan di tanah suci, bacaan doa dirumah pada jamaah haji di makkah, bacaan doa haji, bacaan doa naik haji, bacaan doa pergi haji, bacaan doa sepulang haji untuk tetangga, bacaan doa tawaf, bacaan haji, bacaan ibadah haji, bacaan manasik haji, bacaan naik haji, bacaan pergi haji, bacaan talbiyah, bacaan talbiyah berangkat haji, bacaan talbiyah dalam kaligrafi, bacaan talbiyah haji, bacaan tamu haji, bacaan tawaf, bacaan tawaf dalam tulisan arab, bacaan tawaf haji, bacaan tawaf lafadz arab, bacaan wukuf, bacan talbiyah, berangkat haji, buku, cache:9jevjdvblyqj:abdulcholik.com/tag/talbiyah-haji/ talbiyah haji, cache:kw5ggpsxyd8j:www.96147.com/no/teks doa pergi haji.html petikan doa doa aa gym, do'a haji, do'a mau berangkat haji dan artinya bahasa indonesia, do.a ibadah haji, doa agar bisa ke tanah suci, doa agar bisa naik haji, doa agar bisa pergi haji, doa agar naik haji, doa akan berangkat haji, doa balik haji, doa berangkat haji, doa berangkat ibadah haji, doa berangkat pergi haji, doa datang haji, doa doa ibadah haji 2010, doa doa pergi haji, doa haji arab, doa haji dalam tulisan arab, doa haji depag, doa haji tulisan arab, doa ibadah haji, doa jemaah haji, doa keberangkatan haji, doa keberangkatan jemaah haji, doa keberangkatan ke tanah suci, doa kembali dari tanah suci, doa keselamatan para haji, doa ketika berangkat haji, doa manasik, doa manasik haji, doa naik haji arab, doa naik haji dalam tulisan arab, doa orang pergi haji, doa pelepasan ibadah haji, doa pergi haji, doa pergi naik haji, doa perjalanan haji, doa selamat pergi haji, doa selamat untuk jamaah haji, doa sepulang dari haji, doa sepulang haji, doa sepulang haji dengan bahasa jawa, doa talbiyah, doa talbiyah arab, doa talbiyah haji, doa talbiyah tulisan arab, doa tawaf, doa tawaf haji, doa tawaf tulisan arab, doa untuk berangkat haji, doa untuk jemaah haji, doa untuk pergi haji, doa untuk tamu haji, doa untuk tamu sepulang haji, doa untuk yang berangkat haji, doa wukuf, doa wukuf tulis arab, doa-doa haji, doa-doa ibadah haji, doa-doa ketika mau berangkat haji, doa-doa untuk keselamatan jemaah haji, doakan terpanggil umroh, doapergi haji, emak, hafal, haji, haji aneh, haji doa tawaf, hajidepag, huruf arab talbiyah, ibadah haji, info keberangkatan haji, info keberangkatan haji 2010, informasi keberangkatan haji 2010, informasi keberangkatan haji cimahi2010, informasi keberangkatan haji tahun 2010, kaligrafi bacaan talbiyah, kaligrafi doa talbiyah, kaligrafi doa tawaf naik haji, kaligrafi haji, kaligrafi talbiyah, kalimat arab untuk undangan hajian, kalimat undangan haji, keberangkatan haji, keberangkatan haji 2010, keberangkatan haji tahun 2010, kejadian aneh, kejadian aneh di tanah suci, kejadian aneh haji, kejadian aneh ibadah haji, lafad talbiyah, lafadz doa tawaf, lafadz doa wukuf, lafadz haji, lafadz ibadah haji, lafadz naik haji, lafadz talbiyah, lafadz talbiyah arab naik haji, lempar jumrah, manfaat, ml, mustajab, nasi, peristiwa aneh, peristiwa aneh waktu haji, sa'i, skema dan doa doa dalam pelaksanaan haji, talbiyah arab, talbiyah arab haji, talbiyah haji, talbiyah kaligrafi, talbiyah tulisan arab, tali, tawaf, teks doa pergi haji, teks doa selamat haji, teks talbiyah arab lengkap, tip berangkat haji, tulisan arab bacaan talbiyah, tulisan arab doa haji, tulisan arab haji, tulisan arab kalimat talbiyah, tulisan arab naik haji, tulisan arab pergi haji, tulisan arab talbiyah, tulisan arab tawaf, tulisan arab tentang haji, tulisan arab untuk naik haji, tulisan doa talbiyah, tulisan doa wukuf, tulisan lafadz talbiyah, tulisan talbiyah, tulisan talbiyah arab, tuntunan doa haji, undangan haji, undangan keberangkatan haji, undangan pergi haji, undanganhaji,

34 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. sinopi says:

    saya hafalkan dari sekarang aja kali yah…
    biar Allah tau bahwa saya sungguh2 serius pingin diundang jadi tamu-Nya di tanah suci..
    .-= sinopi´s last blog ..Roti Buaya lebih aman.. =-.

    boleh juga kok, kan doa itu bagus, asal nggak bosan kayak ngeblog saja.
    saya berdoa tiap malam selama 7 tahun agar bisa naik haji,Alhamdulillah terkabul.

    • Wandi thok says:

      Numpang nampang dulu pak dhe (numpangi mbak Nopi) sisan, mohon mangap dari kamarin-kamarin saya selalu gagal mbukak blogke panjenengan. Kurang ndonga palinga :lol:

      sedang upgrade theme mas, mangap2

  2. sinopi says:

    ahahaaaa.. pak guru Alamendah sama artis yg ada andeng2 di bawah bibir belum sampe sini & mengamankan blog pakde tho..
    wah-wah.. bisa ga aman disini nih..
    apalagi sedang ditinggal pemiliknya plesir ke mBandung..
    Pakdeeee.. titip batagor Kingsley sama bolu batik doooong
    .-= sinopi´s last blog ..Roti Buaya lebih aman.. =-.

    wah baru dengar ada bolu batik nich, batik jogya atau kalimantan nduk ??

    • sinopi says:

      suwer Pakde, itu oleh2 baru dr mBandung..
      pk merk bolu batik Jl. Ibu Inggit Garnasih (ciateul)
      yg paling enak yg judulnya kue nangkub.. ini spek nya : bolu yg alasnya pakai nangka.. kalo bolu batiknya itu sendiri sebenernya bolu gulung heheee
      yg jelas manteb rasa & lembut skali..
      kalau beli sabtu, selasanya masih layak makan & masih lembuuuut..
      *maklum ya pakdeeee pemilik touring eating ya kadang suka paham urusan makan.. hahahaaa*
      .-= sinopi´s last blog ..Roti Buaya lebih aman.. =-.

      wah hafal banget ya, suka berburu sih yaaaa

  3. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Bareng Mbakyu…
    .-= alamendah´s last blog ..Saka Wanabakti Pramuka Cinta Hutan =-.

    boleh kok, santai aja

    • Onnay Okheng says:

      hayaaahhh…telat kang!!hihihihi…
      katanya kalo daftar haji sekarang, dapetnya 2-3 tahun mendatang ya??
      bener ga sih?? :(

      salam sayang dari bandung.. :D
      .-= Onnay Okheng´s last blog ..Cara Pengucapan Bahasa Jepang (Huruf Konsonan) =-.

      memang sekarang lagin full, di Jawa Timur katanya sampai tahin 2014 full lho. Tapi siapa tahu Tuhan punya rencana lain untuk anda mas

  4. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan KEEMPAT dulu. Boleh kan?!
    ini saya datang…..
    .-= alamendah´s last blog ..Saka Wanabakti Pramuka Cinta Hutan =-.

    selamat datang, terima kasih atas kunjungannya

  5. alamendah says:

    (maaf) izin mau KELIMAAAXXZ duluan. Boleh kan?!
    bareng, yuuukkk

    yuuukkkk mas

  6. nakjaDimande says:

    senangnya beberapa hari ini, pakde, bundadontworry dan guskar posting tentang haji.. suasana yang pasti bikin kangen ya pakde.. walau aku belum haji, aku merasakan rindu itu..

    semoga kita semua dapat kesempatan penuhi panggilanNYA, ya pakde.. amiin
    .-= nakjaDimande´s last blog ..Braces: Efek Pemakaiannya pada Seorang Narablog =-.

    Amin, saya doakan semoga bu dokter bisa menunaikan rukun Islam ke 5.

  7. Andy says:

    Pakde mau berangkat haji yah…

    enggak mas, tahun 2006 udah,

  8. abeecdick says:

    Wah Tips Pakde bagus banget deh, jadi pengen cepet-cepet hajian. :)
    .-= abeecdick´s last blog ..Gelar Doktor buat Bupati Bekasi =-.

    Saya doakan mas, semoga segera berangkat

  9. Deka says:

    Saya jadi inget ketika orang tua saya dulu yang naik haji, karena orang tua saya tidak terlalu fasih dalam membaca tulisan indonesia apalagi arab. Saya selalu menemani untuk membantu menghafalkan do’a – do’a sebelum melaksanakan Ibadah Haji. Alham. sampai sekarang baik bapak atau ibu saya sudah lumayan hafal banyak bacaan ibadah tidak hanya sampai do’a untuk ibadah haji saja.
    .-= Deka´s last blog ..Meggy Z Tidur Untuk Selamanya =-.

    doanya memang banyak, makanya yang bisa dibaca di kendaraan atau ditempat yang tak bergerak ya dibaca saja

  10. Subhanallah doanya cukup banyak ya…tengkyu pakdhe, uda dikasi info2 ini…bener kata mba nop ya, lebih baik kita coba baca sekarang aja, syapa tau bisa cepet dapet undangan dari Allah ke tanah suci…amiiiin…
    .-= funky fun-T mimi allegra´s last blog ..The Yellow Jhaquette du Bandengz de la Bummbunez et Bakarreeezz =-.

    semoga adik2 dan anak2 semua bisa berangkat ke tanah suci.Amin

  11. mbah gendeng says:

    sowan ke tempat pak dhe dulu ah……… hmmm berguna juga nih artikel tapi kapany bisa berangkat kesana :D nunggu wong gendeng yg mo ngajak ah…………….. salam hangat dari jember pak dhe……….

    Mudah2an ada yang ngajak mas, Amin,salam balik dari Surabaya

  12. arkasala says:

    Trims sekali atas artikelnya Pak, saya banyak belajar semoga saya diberi kesempatan untuk dapat mengikuti jejak berangkat ke Tanah Suci Amiin.
    Sudah di Bandung Pak ya ?
    Salam :)
    .-= arkasala´s last blog ..Membuat Themes dengan Artisteer =-.

    Amin, saya doakan mas semoga bisa terpanggil oleh-Nya.

  13. Wandi thok says:

    Lha ini gimana to dhe, ketika ngetik kok nggak kelihatan, baru keliatan kalo di blok. Wekekek. Kurang ndonga ini akpa memang begini to dhe? Jadi bisa salah ketik nih. :D
    .-= Wandi thok´s last blog ..HTML Validator:Tes kevalidan kode html =-.

    servernya harus diganti tuh

  14. Wandi thok says:

    Saya setuja dengan tipsnya dhe. Weleh, tetep nggak ketok, hanya titik-titik merah. Matur nuwun tips bagusnya nggih.
    .-= Wandi thok´s last blog ..HTML Validator:Tes kevalidan kode html =-.

    entar diberesi lagi deh..

    • sinopi says:

      Alhamdilillah..
      Ternyata bukan saya sendirian yg nda lihat huruf disini. Mas nya ini sama tho, cuma liad titik2 merah..
      Brarti bukan lapy saya yg salah, tp memang ada sesuatu dg theme kesayangan pakde..
      Diganti aja tho pakde, biar saya nyaman jg n ga boros krn komen pk hp..

      kalau 2 nggak bagus, 134 bagus ya perlu di cek browsernya tuh, mungkin buatan pra proklamasi, tapi entar di cek ulang deh

  15. xitalho says:

    kapan saya bisa ikut menunaikannya… (ngarep)…

    Pak Dhe mau naik haji yaa..?? Semoga mendapat haji mabrur yaa… jangan lupa doakan kami-kami biar segera nyusul….
    .-= xitalho´s last blog ..Dressed For Success =-.

    saya doakan mas, semoga terkabul cita2nya, saya nggak pergi karena sudah tahun 2006, ini tip utk teman yg akan berangkat kok

  16. arkasala says:

    Saya Cek ni PakDhe, alhamdulillah di komputer saya tidak ada masalah Pak. Baik2 saja.
    .-= arkasala´s last blog ..Membuat Themes dengan Artisteer =-.

    mungkin beberapa server teman masih yang model lama ha ha ha

  17. arkasala says:

    Semua warna tampilan juga saya cek Pak, dan tidak ada masalah. Trims :)

    Hatur nuhun kang, berarti server kita senada seirama ya ha ha ha

    • arkasala says:

      Iya Pak seirama dan gebukan Bassnya Kuat sekali Pak he he. Trims Pak Dhe.
      Salam sukses selalu :)

      sementara saya kembali ke theme lama karena ada beberapa teman yang sulit membaca blog ini

  18. shalimow says:

    wowowo jadi kepingin hajji
    makasih ya pak infonya

    sama2 mas, cepat berangkat selak kiamat lho

  19. kanglurik says:

    orang tua saya tahun 2011 insyaALLOH berangkat haji Pak Dhe… Moga masih ada umur buat menginjakkan kaki di tanah suci.
    .-= kanglurik´s last blog ..Antara Komitmen dan Amanah =-.

    Insya Allah, semoga terkabul cita-citanya menunaikan rukun Islam ke-5 mas

  20. M Mursyid PW says:

    Kapan bisa pergi haji ya, Dhe? Tapi optimis, bisa. Isya Allah.
    .-= M Mursyid PW´s last blog ..Memanfaatkan Mesin Pencari Sebagai Sarana Penunjang Pembelajaran (Tips Untuk Guru) =-.

    Optimis = 50% sukses.
    Dengan niat yang lurus, doa yang selalu dimohonkan dengan penuh harap, rajin menabung dan menjaga kesehatan Insya Allah akan masuk daftar Allah Swt, mas. Tak doakan.

  21. pakwo says:

    salam bahagia, Ya sahabat jika mampu nanti ingin juga naik haji.
    .-= pakwo´s last blog ..Masih Adakah Cinta Sejati ? =-.

    Dengan niat yang lurus, doa yang selalu dimohonkan dengan penuh harap, rajin menabung dan menjaga kesehatan Insya Allah akan masuk daftar Allah Swt, mas. Tak doakan.

  22. badruz says:

    Sebuah rukun Islam sekaligus cita-cita si miskin seperti diriku untuk pergi ke tanah suci pakde. semoga bisa.
    .-= badruz´s last blog ..Kayu vs Baja =-.

    asal jangan miskin hati dan miskin iman ya mas. Insya Allah diijabah

  23. anawia says:

    kapan yah bisa bertamu di mekkah
    pak de, boleh dong ditambah di halaman sahabat hehehe

    Dengan niat yang lurus, doa yang selalu dimohonkan dengan penuh harap, rajin menabung dan menjaga kesehatan Insya Allah akan masuk daftar Allah Swt, mas. Tak doakan.
    Nama sudah saya pasang mas

  24. Vyan RH says:

    Tips hajinya komplit, plit.. Kapan berangkat lagi, pakdhe?
    .-= Vyan RH´s last blog ..Alexa ku, Oh my Alexa.. =-.

    Cukup sekali saja mas, kalau ada rejeki umrah saja, kasihan saudara kita yang masih antri berangkat haji..tepo sliro lah

  25. Vyan RH says:

    Oh, lagi di Cimahi to?… yang lagi “napak tilas”, bernostalgia dengan budhe Ipung..

    iya mas, nengok mertuo ha ha ha

  26. Oelil says:

    mangfangati banget pak dhe
    .-= Oelil´s last blog ..Waspadai FB =-.

    terima kasih mas

  27. marshmallow says:

    memang sebaiknya dihapal ya, dhe.
    tapi kalau tidak hapal, toh kita ke sana untuk berdoa, bukan membaca doa.
    ya kan, dhe? jadi dilakukan aja dengan bahasa yang memang kita mengerti, bahasa indonesia atau bahasa minang. hehe.
    .-= marshmallow´s last blog ..Bukan Iklan Terselubung =-.

    Setuju, tapi kalau talbiyah saja kan hafal tho, daripada sulit2 menterjemahkan dengan bahasa sansekerta

  28. nadiri says:

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Nambahin sedikit nih ttg cara daftar haji.
    bagi saudara-saudaraku yang berniat beribadah haji, tak ada salahnya untuk mengetahui cara pendaftarannya. Silakan mampir ke blog k-4-s.info dapatkan informasi menarik mengenai pendaftaran haji. : Mekanisme Pendaftaran Ibadah Haji
    semoga menjadi haji yang mabrur
    Wassalam

  29. ahmad says:

    Pendaftaran haji saat ini harus antri sampai 4 tahun, apakah bisa kita daftar di kota A tapi berangkat dari kota B dikarenakan pindah tugas kerja. atau ada tips sendiri utk masalah diatas

    alih tempat keberangkatan sebaiknya di laporkan secara dini kepada Depag setempat mas agar bisa diatur pelaksanaannya. Demikian pula yang akan upgrade dari ONH ke ONH plus.