Tip Haji : Berburu Oleh-Oleh

Haji juga manusia. Tentu ada keinginan para jamaah haji, khususnya kaum wanita, membeli oleh-oleh untuk anak-cucu, kerabat maupun tetangga ditanah air. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh para pedagang di Arab Saudi dengan membuka toko atau sekedar menggelar dagangan di kaki lima yang berjualan aneka barang untuk oleh-oleh para jamaah haji.

Uang saku jumlahnya sama, yang mbayar oleh-oleh tetap saya

Uang saku jumlahnya sama, yang mbayar oleh-oleh tetap saya

Oleh-oleh yang dijual mulai dari buah-buahan ( utamanya kurma), mainan anak-anak, baju dan perlengkapan muslim, Al-Qur’an berbagai ukuran dan model, hingga karpet. Bahkan ada juga yang berjualan barang-barang yang dipercayai ada kasiatnya untuk obat sakit tertentu. Hati unta dipercaya bisa mengobati penyakit asma, buah kurma yang masih hijau katanya untuk obat kesuburan agar si wanita segera mendapatkan anak dan jua kadal mesir yang kutanya untuk rosa rosa rosa !! ( kayak iklannya mbah Marijan)

Hati unta untuk asma-kadal mesir agar suami tetap tralala

Hati unta untuk asma-kadal mesir agar suami tetap tralala

Banyak pula kaum wanita yang sengaja membeli perhiasan misalnya kalung, gelang dan anting-anting emas. Harganya memang agak sedikit lebih mahal daripada harga emas di Indonesia. Kosmetik ala Arab juga digemari para jamaah haji misalnya celak, parfum, kutek dan sebagainya.

Beli mainan untuk cucu tercinta

Beli mainan untuk cucu tercinta

Dalam jual beli hampir tak ada tawar-menawar, tetapi kita orang tetap saja menawar. Penjual biasanya menampakkan wajah kurang butuh kepada pembeli atau tak memerlukan dagangannya laku atau tak membutuhkan uang. Jika penjual sudah mengucapkan kalimat ” Kalam wahid” atau ” Kalam akhir” berarti harga tidak boleh ditawar lagi.

Karpet memang bagus, tapi membawanya repot

Karpet memang bagus, tapi membawanya repot

Tasbih banyak kok di Tanah Abang atau Tanah Datar

Tasbih banyak kok di Tanah Abang atau Tanah Datar

Beberapa tip berburu oleh-oleh :

1. Ingat bahwa berat bagasi ada batasnya, jangan terlal banyak membeli oleh-oleh sehingga terjadi kelebihan berat bagasi.

2. Barang yang dibawa ke pesawat, ukuran juga ditentukan, jangan membawa karpet yang panjang,lebardan berat.

3. Jangan terburu nafsu untuk memborong oleh-oleh pada awal kedatangan karena biasanya harga masih mahal.

4. Air Zam Zam jumlahnya juga dibatasi.

5. Beli kurma juga secukupnya agar tak berat ketika dijinjing.

6. Banyak barang serupa yang dijual di tanah air dan juga bagus-bagus misalnya tasbih, sajadah,kopiah haji,dll. Siapkan oleh-oleh  ditanah air agar tak terlalu banyak membawa barang dari Arab.

Semoga bermanfaat.

Pakde, rekreasi, rekreasi,rekreasi.  Shobar..shobar..shobar, ikuti postingan berikutnya.

 

Incoming search terms for the article:

abdulcholik, air zam zam tanah abang, air zam-zam, air zam2, air zam2 di bdg, aja, aku, aneka kurma, aneka oleh2 mekkah, angka kejadian preeklamsia di rumah sakit kota cimahi, bagasi, barang oleh-oleh untuk haji, bawa air zam zam di koper haji 2010, beli oleh oleh haji di tanah abang, beli oleh-oleh haji, beli oleh-oleh haji di jakarta, berapa harga oleh-oleh di arab saudi, bungkus oleh2 naik hajii, cinta, daftar calhaj cimahi 2010, daftar calhaj kota cimahi 2010, daftar harga oleh oleh makanan haji di tanah abang, daftar harga oleh-oleh haji, daftar harga oleh-oleh haji ditanah abang, daftar harga oleh2 haji, daftar harga oleh2 haji 2010di tanah abang, daftar harga oleh2 haji di tanah abang, daftar harga oleh2 haji tanah abang, daftar isi kofer, daftar isi koper haji, daftar oleh oleh haji, emas, gambar kopiah, gambar mainan unik, Gelar, haji, haji 2010, haji baca koran, haji juga manusia, harga anak unta, harga baju ihrom haji di tanah abang, harga baju ihrom wanita, harga haji 2010, harga mainan unik, harga oleh oleh haji, harga oleh oleh haji 2010, harga oleh oleh haji tanah abang, harga oleh oleh haji tanah abang 2010, harga oleh2 haji, harga unta 2010, harga zam2, hati onta, hati onta di tanah abang, hati unta, Indonesia, info haji 2010, info toko di tanah abang yang jual oleh-oleh dari mekah, isi koper haji, jual hati onta, jual hati unta, jual hati unta di jakarta, jual karpet disurabaya, jual karpet surabaya, jual kopiah, jual kopiah haji, jual oleh haji, jual oleh oleh haji di tanabang, jual oleh oleh mekah di tanabang, jual oleh-oleh haji, jual oleh-oleh haji 2010, jual oleh-oleh haji surabaya, jual oleh-oleh haji tanah abang, jual oleh2 haji di pasar tanah abang, jual perlengkapan haji, jual perlengkapan haji online, kadal, kadal mesir, karpet, karpet di surabaya, karpet haji, karpet surabaya, koper tanah abang, kurma, kurma oleh2 haji di surabaya, mainan anak, mainan angka, manfaat, mesir, ml, model karpet, nama toko oleh-oleh haji di surabaya, nama toko untuk beli oleh-oleh haji di tanah abang, oleh - oleh haji di bandung, oleh haji tanah abang, oleh oleh dari haji, oleh oleh di surabaya, oleh oleh haji, oleh oleh haji di tanah, oleh oleh haji unik, oleh oleh hajidi surabaya, oleh oleh khas arab, oleh oleh mekah, oleh"haji, oleh-2 haji tanah abang, oleh-oleh dari arab, oleh-oleh dari arab saudi, oleh-oleh dari mekah, oleh-oleh dari mekkah, oleh-oleh haji 2010, oleh-oleh haji ampel, oleh-oleh haji bandung, oleh-oleh haji berkesan, oleh-oleh haji di surabaya, oleh-oleh haji di tanah abang, oleh-oleh haji ditanah abang, oleh-oleh haji jakarta, oleh-oleh haji surabaya, oleh-oleh haji tanah abang, oleh-oleh haji tanah abang 2010, oleh-oleh haji tanah abang online, oleh-oleh khas arab saudi, surabaya, oleh-oleh mekkah, oleh2 dari arab, oleh2 dari mekah, oleh2 dari mekah di tanah abang, oleh2 gantungan mobil dari madinah, oleh2 haji, oleh2 haji jakarta, oleh2 haji surabaya, oleh2 haji tanah abang, oleh2 khas arab, oleh2 khas arab saudi, oleh2 madinah, penjual air zam-zam tanah abang, penjual karpet di jakarta, penjual oleh oleh dari mekkah, penjual oleh oleh dari mekkah d tanah abang, penjual oleh oleh dari mekkah di tanah abang, penjual oleh-oleh haji, penjual oleh-oleh haji tanah abang jakarta, perlengkapan haji, perlengkapan haji 2010, perlengkapan haji surabaya, perlengkapan haji tanah abang, pesawat untuk jamaah haji, pohon kurma, pohon kurma arab, preeklamsia, raba, rekreasi, suami, surabaya oleh2 haji, tanah abang anting, tanah abang oleh oleh haji, tanah abang tas, tasbih, tempat membeli oleh2 haji jakarta, toko haji tanah abang, toko hati onta di tanah abang, toko hati unta tanah abang, toko jual emas arab saudi, toko jual oleh haji, toko karpet, toko karpet di surabaya, toko karpet surabaya, toko koper haji di tanah abang, toko kurma, toko kurma tanah abang, toko oleh haji tanah abang, toko oleh oleh haji, toko oleh oleh haji di bandung, toko oleh oleh haji surabaya, toko oleh oleh haji tanah abang, toko oleh-oleh disurabaya, toko oleh-oleh haji di surabaya, toko oleh-oleh haji di tanah abang, toko oleh-oleh haji mekkah, toko oleh2 haji, toko penjual oleh-oleh haji, toko penjual oleh-oleh haji di bandung, toko penjualan oleh oleh haji di tanah abang, toko perlengkapan haji, toko perlengkapan haji di surabaya, toko perlengkapan haji di tanah abang, toko perlengkapan haji surabaya, toko perlengkapan haji tanah abang, toko yg menjual oleh oleh mekkah, toko yg menjual oleh2 haji, www.tokooleh-olehhaji,

20 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. yuhuuuu…first comer egen… :)

    pakdhe bukannya anti kadal mesir hihihi…
    lha iya lah…bawa2 karpet ribetin aja, emang gabisa dipaketin ya, pakdhe? trus kalo air zam2 sekarang emang dibatasin ya dibanding dulu..? soalnya tetanggaku ada yang perna cerita dia sampai menyusupkan aer zam2 itu di dalam kopernya…

    yang beli kan buka saya dan bukan untuk saya, tapi untuk oleh2
    Emang ada kok yang masuk koper, asal beban koper nggak berlebihan. Namanya orang banyak ya macam2 caranya.

  2. abeecdick says:

    Wah jadi kebayang kayaknya enak juga kalo makan kurma sama air zam-zam :)
    gimana kabarnya pakde, sehat khan ?
    .-= abeecdick´s last blog ..Pagerank 1 Untuk Blog Ini =-.

    Alhamdulillah sehat mas, sebaliknya adem-ayem tho. salam

  3. sinopi says:

    kadal mesir..! *sigh*
    bukan nya pakde pernah semaput dg sempurna gara2 bau nya???
    xixixiiiii..

    pakde, waktu pakde naik haji thn 2006, rupanya itu trahir kali nya jemaah haji bisa tawaf di Pasar Seng
    sekarang pasar legenda itu udah dibongkar..
    wadoooh pdhl saya belom ngerasain tawaf di sana.. heheee

    kadal mesir.. hahahaaaa
    .-= sinopi´s last blog ..B A N G U N !!! =-.

    kan bukan saya yang beli dan bukan saya yang pake ha ha ha ha..semaput nduk…

  4. nakjaDimande says:

    setuju pakde, sebaiknya jangan semua beli disana.. di tanah air juga banyak, impor dari sana juga dan harga tak begitu beda. palingan beli yang betul2 tak ada di tanah air dengan jumlah yang secukupnya saja. oya klo di pasar baru bandung skrg ada kemasan kecil untuk wadah kurma dan air zam2, jadi enak ngebagiinnya buat teman-teman.

    tapi waktu ngasih ke tamu nggak boleh bohong bahwa itu oleh2 dari tanah suci lho,pamali, haji kok bohong.

  5. Hadi says:

    Wah, selamat pak dhe dapat PR 3
    saya jg dpt ne
    moga sukses selalu :D

    ha ha ha PR dari panjenengan ya, tak kira malah 9/10 je mas

  6. nunggu naik haji dulu deh
    baru baca artikel ini
    :)

    dibalik donk mas, mbaca dulu baru naik

  7. elmoudy says:

    foto2 nya beda dari biasanya pak De..
    biasanya foto2 yang beredar kan foto di depan kabah, medinah.dll
    ah ini di pasar hehe…. lebih manusiawi pak De..

    kan sesuai dengan artikelnya tho mas ha ha ha

  8. pakne galuh says:

    tambah satu lagi pakdhe tip nya

    bagi warga surabaya,setelah pulang dari haji sempatkan mampir ke daerah ampel untuk membeli oleh2 bagi kerabat supaya tidak repot bawa oleh2 dari mekkah :)

    benar mas, saya dulu juga mampir kesana, tapi nggak boleh ngibul lho ha ha ha

  9. marsudiyanto says:

    Hari ini banyak yang kebagian oleh2 PageRank dari Google kok blognya Pak Cholik malah kliwatan…
    Blog saya yang seangkatan ini dapat PR 2
    Pak Wandi juga mencolot langsung PR 2…
    .-= marsudiyanto´s last blog ..Proklamasi Bebas Preeklampsia =-.

    saya dapat PR 3 kok mas, barusan tak cek.

  10. Badruz says:

    Katanya, banyak juga barang disana berasal dari Indonesia Pakde. Kurma yang kemasan itu lho..ualah nikmat sekali..pernah makan oleh2 kerabat haji.
    salam
    .-= Badruz ´s last blog ..Hadiah Dari Guskar =-.

    Kasih komentar terus tapi data nama dan alamat kok nggak dikasih-kasih sih mas.bukunya selak njamur lho.

  11. omagus says:

    selamat pakdhe dapet PR3 yah..!
    mantaaap..!

    terima kasih mas, sudah lama nunggu je

  12. omagus says:

    semoga tetap jaya…!

    Jaya jaya Jaya, horeee..yes !!

  13. Budy Santoso says:

    Harusnya niat ibadah jangan di campuri oleh yg lain² biar ibadahnya khusuk,kalau hanya oleh² haji bukanya di Jakarta juga banyak ngapain jauh² ke tanah suci bawa² oleh² sehingga menambah berat bagasi.

    Salam sukses n ay lap yu pulll

    begitulah gebyar dunia mas, menyilaukan mata

  14. tuuu khan mba nop juga inget setori tentang kadal mesir…
    berarti pakdhe dan kadal mesir itu nampaknya tak terpisahkan…
    **huaaaaa kaburrrrr!!!** :D

    gerakan saya memang mirip kadal mesir kok, lincah and nyosor2 ha ha ha kabuur jugaaa

  15. tupaitambun says:

    pa dhe, oleh2 buat saya mana??? :P

    sungguh blog ini tempat belajar “kehidupan”..
    saya banyak belajar dari pa Dhe..

    linknya sudah saya add d blogroll saya, pak dhe..
    klw nda sibuk, d tunggu backlinknya… :D
    .-= tupaitambun´s last blog ..Sebuah Nama, Sejuta kisah ~ d’biliks =-.

    Oleh2nya habis sejak tahun 2007 je. Link juga sudah saya pasang lho

  16. kok di gambar yg paling atas PakDhe perutnya gendut banget, makan kurma berapa banyak ya………….:) :)
    Benar PakDhe, mendingan beli oleh2 di tanah abang, sama saja kok, kalau bawa dr sana ya hanya air zam zam saja, kalau kurangpun bisa beli lagi ditanah abang.
    Tips2 diatas sangat berguna utk para calhaj, agar nggak kerepotan sendiri ya Pak.
    Salam.
    .-= bundadontworry´s last blog ..Buku ” Negeri 5 Menara ”. =-.

    yeee itu kan ada tas mini yang isi pasport, uang,dll tho mbak. saya langsing pwol kok

  17. Zulhaq says:

    hmm, borongan noh borongan. biasanya sih, karena pengen sebanyak mungkin membawa kenang2an yang bisa di kenang dari tanah suci

    lupa kale pesawat bukan milik mbahnya

  18. Deka says:

    Seingat saya oleh-oleh untuk saya yang palin berkesan, dibawa orang tua saya dulu waktu naik haji adalah sebuah sajadah kecil yang unik. sayangnya gak kebawa ama saya waktu pergi ke bandung. Oleh-oleh yang lain seperti kurma, dkk sudah lama abizzz pakde. heheheheh
    .-= Deka´s last blog ..Mengenal Layanan Web Hosting =-.

    oleh2 saya juga sudah habis kok

  19. vian says:

    ya Alloh…berilah hamba kesempatan untuk beribadah haji. Amin