Tip Haji : Doa untuk Mereka

Setelah melaksanakan seluruh rangkaian haji maka para hajipun tiba kembali ditanah air. Biasanya para  sanak-kadang, sahabat dan tetangga berdatangan untuk mengucapkan selamat atas ditunaikannya rukun Islam yang ke-5 itu. Aneka pertanyaan tentu akan disampaikan kepada haji baru ini. Pada akhir  kunjungan mereka juga minta agar haji baru ini mendoakan karena ada kepercayaan bahwa doa orang yang baru pulang dari menunaikan ibadah haji akan diijabah oleh Allah Swt. Wallaahu ‘alam bishowab.

Agaknya kurang elok jika permintaan mereka tidak kita penuhi. Maka jangan ragu-ragu, doakanlah mereka dengan bahasa Arab,bahasa Indonesia atau bahasa daerah sekalipun.

Awali misalnya dengan mengucapkan ” Alhamdulillaahir rabbil ‘aalamiin, saya telah pulang dengan selamat dari tanah suci berkat do’a bapak dan ibu sekalian. Maka sebaliknya saya mendoakan semoga Bapak dan Ibu diberi kesehatan, kesempatan dan kelapangan rejeki agar tahun depan dan tahun-tahun berikutnya dapat menunaikan perintah Allah ini yakni menunaikan ibadah haji ke Baitullah dan juga bisa berziarah ke makam Rasulullah Saw. Semoga bapak ibu dimasukkan dalam kelompok orang-orang yang hajinya mabrur, yang sa’inya masykur, yang diampuni dosa-dosanya dan dihapuskan kesalahan-kesalahannya “

Tambahkan doa-doa lain yang telah dipelajari sebelumnya sesuai dengan tata cara berdoa yang dituntunkan.

Pada saat para tamu datang, perlu juga kepada mereka disuguhi air zam-zam yang dibawa dari tanah suci dan oleh-oleh lain seperlunya.Usahakan agar persediaan oleh-oleh minimal cukup bagi tamu rombongan perdana.

Sampaikan cerita-cerita soal haji yang bisa mendorong atau memotivasi mereka untuk naik haji. Sebaliknya jangan cerita hal-hal yang menakutkan sehingga ada perasaan enggan  untuk naik haji.

Artikel ini sekaligus menutup rangkaian Tip haji.

Jika apa yang sampaikan itu benar maka sesungguhnya kebenaran itu datangnya dari Allah Swt. Sebaliknya jika apa yang telah sampaikan salah maka semua itu karena kekurang-mampuan saya sendiri.

Terima kasih atas ketekunan para sahabat dalam mengikuti artikel haji ini.

Semoga saudara-saudara kita yang saat ini sedang menunaikan ibadah haji diberi kesehatan,kelancaran,kenikmatan,perlindungan,bimbingan dan petunjuk oleh Allah Swt dan menjadi haji mabrur. Amin

Mau tak Bonceng ??

Mau tak Bonceng ??

 

Incoming search terms for the article:

abdulcholik, aja, aku, cara mendoakan orang yang akan naik haji, contoh doa akan berangkat naik haji, contoh doa buat mendoakan berangkat haji, contoh doa orang naik haji, contoh doa setelah pulang haji, contoh surat minta doa restu melaksanakan uasbn kepada pakdhe, do'a berangkat haji dalam bahasa arab, do'a haji, doa, doa - doa pulang dari ibadah haji, doa agar cepat naik haji, doa agar haji mabrur, doa agar menjadi haji mabrur, doa agar naik haji, doa agar segera naik haji, doa akan berangkat naik haji, doa akan pergi haji, doa apa untuk mendoakan orang berangkat haji, doa bagi haji, doa bagi orang pergi haji, doa bagi orang yang berangkat haji, doa berangkat haji, doa berangkat menunaikan ibadah haji, doa berangkat naik haji, doa buat haji, doa buat orang haji, doa buat orang mau haji, doa buat orang naik haji, doa buat orang pergi haji, doa cepat naik haji, doa dapat haji mabrur, doa doa agar cepat naik haji, doa doa pulang haji, doa doa setelah menunaikan ibadah haji, doa doa untuk orang menunaikan haji, doa haji dalam bahasa indonesia, doa haji mabrur, doa haji pulang, doa ingin cepat naik haji, doa ke tanah suci, doa kepada orang pergi haji, doa kepada tamu haji, doa kepada teman yang mau naik haji, doa ketika pulang haji, doa mau naik haji, doa mendoakan naik haji, doa mendoakan orang berangkat ibadah haji, doa mendoakan orang haji, doa mendoakan orang naik haji, doa menunaikan ibadah haji, doa minta naik haji, doa naik haji, doa orang mau berangkat haji, doa orang mau naik haji, doa orang naik haji, doa orang pergi haji, doa orang pulang haji, doa orang pulang haji haji, doa orang pulang hajiuntuk tamu, doa orang yang berangkat haji, doa orang yang mau naik haji, doa para tamu haji, doa pergi haji, doa pulang, doa pulang dari haji, doa pulang haj, doa pulang haji, doa pulang haji bahasa arab, doa pulang haji bhs ind, doa pulang haji untuk para tamu, doa pulang haji untuk tamu, doa pulang ibadah haji, doa pulang sekolah, doa pulang sekolah dalam bahasa arab, doa pulanghaji, doa restu naik haji, doa restu untuk orang naik haji, doa sampaikan naik haji, doa selamat haji, doa selamat ibadah haji, doa selamat naik haji, doa selamat pergi haji, doa sesudah haji, doa sesudah haji,pdf, doa sesudah pulang haji, doa sesudah pulang haji untuk tamu, doa setelah haji, doa setelah naik haji, doa setelah pulang dari haji, doa setelah pulang dari ibadah haji, doa setelah pulang haji, doa setelah pulang haji bahasa arab, doa setelah pulang haji untuk mendoakan para tamu, doa setelah pulang haji untuk tamu, doa supaya cepat naik haji, doa tamu haji, doa tamu pulang haji, doa untuk berangkat haji, doa untuk mendoakan orang berangkat haji, doa untuk mendoakan orang naik haji, doa untuk mendoakan orang yang akan menunaikan ibadah haji, doa untuk mendoakan orang yang akan naik haji, doa untuk mendoakan orang yang berangkat haji, doa untuk mendoakan orang yang haji, doa untuk mendoakan orang yang menunaikan haji, doa untuk mendoakan yang naik haji, doa untuk orang berangkat haji, doa untuk orang haji, doa untuk orang ibadah haji, doa untuk orang menunaikan haji, doa untuk orang naik haji, doa untuk orang pergi haji, doa untuk orang tua berangkat haji, doa untuk orang yang akan berangkat haji, doa untuk orang yang akan menunaikan haji, doa untuk orang yang akan menunaikan ibadah haji, doa untuk orang yang akan naik haji, doa untuk orang yang akan pergi haji, doa untuk orang yang berangkat haji, doa untuk orang yang mau haji, doa untuk orang yang mau ibadah haji, doa untuk orang yang mau naik haji, doa untuk orang yang naik haji, doa untuk orang yang pergi haji, doa untuk orang yang pergi ibadah haji, doa untuk orang yg berangkat haji, doa untuk org pergi haji, doa untuk para tamu sesudah pulang haji, doa untuk pergi haji, doa untuk tamu, doa untuk tamu baru ibadah haji, doa untuk tamu haji, doa untuk tamu ketika pulang haji format jpeg, doa untuk tamu orang yang sudah pulang haji, doa untuk tamu pulang haji, doa untuk tamu setelah ibadah haji, doa untuk tamu setelah pulang haji, doa untuk tamu stelah pulang haji, doa untuk yang akan naik haji, doa untuk yang naik haji, doa untuk yg berangkat haji, doa untukorang naik haji, doa utk orang pergi haji, doa-doa haji, doa-doa pulang dari haji, doa-doa untuk orang haji, gambar doa, gambar doa haji, gambar haji, haji, haji mabrur doa, ibadah haji, Indonesia, mabrur, mendoa kan orang tua naik haji, mendoakan berangkat haji, mendoakan haji, mendoakan haji mabrur, mendoakan naik haji, mendoakan orang berangkat haji, mendoakan orang berangkat naik haji, mendoakan orang haji, mendoakan orang mau haji, mendoakan orang naik haji, mendoakan orang pegi haji, mendoakan orang pergi haji, mendoakan orang yang akan berangkat haji, mendoakan orang yang akan naik haji, mendoakan orang yang akan pergi haji, mendoakan orang yang berangkat haji, mendoakan orang yang haji, mendoakan orang yang ibadah haji, mendoakan orang yang mau berangkat haji, mendoakan orang yang mau naik haji, mendoakan orang yang mau pergi haji, mendoakan orang yang naik haji, mendoakan orang yang pergi haji, mendoakan orang yg naik haji, mendoakan orang yg pergi haji, mendoakan org yg naik haji, mendoakan pergi haji, mendoakan tamu setelah pulang dari haji, mendoakan untuk orang yang akan menunaikan ibadah haji, mendoakan yang pergi haji, mohon doa atas haji, mohon doa restu berangkat haji, mohon doa restu naik haji, naik haji jadi ular, oleh-oleh, orang naik unta, pulang haji, Rabb, Rejeki, sa i, sa'i, setelah pulang ibadah haji, start, tip doa selamat ke tanah suci,

21 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Kang Yudiono says:

    Terima kasih tips-tipsnya Pakde. Saya optimistis ini bermanfaat bagi kaum muslim yang berniat menunaikan ibadah haji.

    Saya niat sudah ada Pakde, namun dananya belum “kuat” karena saya prioritaskan dulu orang tua ke tanah suci.
    Insya Allah saya menabung sedikit demi sedikit, sehingga saya juga bisa merealisasikan ibadah ini.
    .-= Kang Yudiono´s last blog ..Blogodolar Mendapat Google Sitelinks dalam Usia 5 Bulan =-.

    sama dengan saya mas, ibu saya berangkat duluan, sya menyusul beberapa tahun kemudian bersama isteri. Semoga panjenengan segera menyusul.Amin

  2. febri says:

    mengamankan posisi pertama, horeeeeeeeeeee
    .-= febri´s last blog ..5 November 2009 =-.

  3. febri says:

    kok komentarku gak muncul ya???
    .-= febri´s last blog ..5 November 2009 =-.

    ketangkap buaya tuh mas

  4. aduh, hilang kesempatan menjadi pertamaxxxxxx

    ya udah mengamankan posisi tiga saja lah
    .-= catatan febri´s last blog ..5 November 2009 =-.

    kurang cepat tuh mas

  5. ada pantun pakdhe

    Satu dua tiga empat
    Lima enam tujuh delapan
    Adik pandai adik sekolah
    Lancar berhitung cerah masa depan

    Ada cicak jatuh ke rawa
    Ada buaya dalam rawa
    Bibit Candra udah merdeka

    Tinggal buaya di dalam rawa
    .-= catatan febri´s last blog ..5 November 2009 =-.

    Terang bulan terang dikali
    Buaya Timbul disangkanya mati
    Jangan percaya ama Febri
    Makan sate nggak bagi2.

  6. jangan bonceng pakdhe, tak gendong aja kemana mana
    hehehe
    .-= catatan febri´s last blog ..5 November 2009 =-.

    saya kalau digendong suka geli,nggak tahan

  7. pakdhe bagi bagi hadiah lagi yaaa
    .-= catatan febri´s last blog ..5 November 2009 =-.

    Insya Allah sebentar lagi

  8. nakjaDimande says:

    Amiiin, doa pakde yang terakhir itu bikin aku terharu

    makasih semua sharing tentang haji ini ya pakde, Barakallah..

    terima kasih-sama-sama bu dokter.

  9. Badruz says:

    Sama Pakde. di tempatku ada tradisi, dimana waktu mereka pulang tidak langsung ke rumah masing tapi ke masjid dulu untuk shalat sunat dan sujud syukur telah tiba di kampung dengan selamat. selanjutnya mereka kumpul di masjid, wargapun berdatangan ke masjid. doa bersama yang dipimpin secara bergiliran bagi mereka yang baru Haji. setelah itu, tinggal endong-mengendong sambil di sugugi kurma dan air zan-zam.

    tradisi memang macam2 mas, pokoknya jangan lupa bersyukur kan,

  10. sinopi says:

    waduh pose-nya..
    kalo naek onta pose nya imyut-imyut gitu, apa nda jatuh pas onta nya jalan..?
    hahahaaa.. kan onta nya ga jalan ya pakde, jd harus senarsis mungkin.. :D
    .-= sinopi´s last blog ..Sang Pakde =-.

    namanya juga selebritis, nguleng sambel saja ada yang motret

  11. Yep says:

    Amin !!! Semoga saudara-saudara kita yang saat ini sedang menunaikan ibadah haji diberi kesehatan,kelancaran,kenikmatan,perlindungan,bimbingan dan petunjuk oleh Allah Swt dan menjadi haji mabrur.
    .-= Yep´s last blog ..[Foto] Beginilah Wajah Para Gadis Pecandu Obat Terlarang =-.

    Amin, semoga doa kita didengar Allah swt ya mas

  12. Tips yang baik.. hendaknya setiap muslim saling mendoakan kebaikan terhadap muslim lainnya.. muslim yang satu adalah saudara bagi muslim yang lain…
    .-= Abu Aufa’s Weblog´s last blog ..Zilla Converter, Merubah koleksi foto menjadi PDF =-.

    sekedar sharing pengalaman mas, semoga ada manfaatnya

  13. HumorBendol says:

    Makasih tipsnya Pakdhe.
    Amin…Smoga Do’a Pakdhe yang terakhir, terkabul.
    Oh iya..Bendol mau dibonceng loh….
    hehe….
    .-= HumorBendol´s last blog ..Sop yang aneh =-.

    Yuk mas, tak bonceng kemana-mana ha ha ha

  14. pakne galuh says:

    benar sekali pakdhe,
    motivasi bagi mereka yang belum berkesempatan pergi haji sungguh sangat penting.agar supaya mereka tidak menunda-nunda jika kesempatan itu datang

    jangan menunda niat baik lho

  15. Lengkap sudah ni tips Haji dari PakDhe. Saya mendoakan juga semoga mereka yang diberi kesempatan berangkan menjadi haji yang Mabrur. Alhamdulillah orang tua saya sudah berangkat, tinggal saya semoga dapat mengikuti jejak mereka.
    Pak Dhe masih di Jombang ya ? Semoga juga keluarga yang di Jombang sehat selalu. Salam :)
    .-= arkasala(dot)com´s last blog ..Tik Tak Tik Mohon Kritik =-.

    Amin Amin Amin. saya baru saja tiba di ibukota mas, puanas puanas puanas

  16. waoww…onta…
    bener kata mba nop…posisinya tralala imut untuk seorang penunggang onta haha…

    allegra liat foto pakdhe trus bilang : akung ‘aik ooothaaa….
    (soalnya liat kumis pakdhe kayak kumis papaku, jadi dipanggil akung hehehe…)

    wah untung bukan manggil Kangkung ya Allegra.. he he he

  17. guskar says:

    tips haji yg ditulis pakde sdh terdokumentasikan di blog ini. kapan2 kita bisa membukanya kembali, untuk sekedar membaca atau mengingat kembali tips2 yg disajikan, siapa tahu di kesempatan lain kita diberikan kemudahan berangkat ke Tanah Haram. Amiin.

    Amin, semoga ada manfaatnya.

  18. aminn…semoga tips dari pakde ini menjadi ilmu yang bermanfaat…dan pahalanya ngalir terus buat pakde tersayang
    .-= Desri Susilawani´s last blog ..HTTP.404………… =-.

    Amin amin amin, terima kasih doanya.

  19. Amin, doa pada tulisan PakDhe yg paling bawah itu sungguh mengharukan.
    semoga mereka para tamu Allah diberikan haji yg mabrur, amin.
    terima kasih utk semua tips2 yg sangat bermanfaat PakDhe.
    semoga menjadi amal kebaikan utk PakDhe,amin.
    dan, Allah membalasnya dgn yg lebih baik lagi.
    salam
    .-= bundadontworry´s last blog ..Manfaat Tertawa. =-.

    Amin, mari kita doakan mereka dan diri kita ya mbak. Doa yang tak diketahui oleh mereka Insya Allah diamini.

  20. denz says:

    Pa De, saya didoain juga ga niiih.. :)
    keren tuh untanya..,, ckckck.. jadi pingin nyobain naik unta juga..
    tapi pengen di mekkah bkn di kebunbinatang… haha
    .-= denz´s last blog ..Dot Com, Tak hanya sekedar impian =-.

  21. Deka says:

    Semoga saya juga bisa naik haji Pakde. Tips-tips selama ini sangat bermanfaat sekali. Semoga Amal akan tulisan pakde ini dibalas dengan yang lebih baik. Amien.
    .-= Deka´s last blog ..UTS Aljabar Linear Matriks =-.

    Amin, tak doakan bisa segera naik haji agar bisa membuat tips juga ha ha ha