Tip Mengurangi Korban di Hari Raya Qurban

Jatuhnya korban pada saat acara pembagian gratis sudah seringkali terjadi. Pembagian sembako, zakat maupun daging qurban sering menimbulkan jatuhnya korban, bahkan ada yang meninggal dunia. Ini sungguh memilukan, para kaum duafa dan fakir miskin yang seharusnya bergembira mendapatkan pembagian gratis tersebut terpaksa meregang nyawa akibat berdesak-desakan pada saat antri. Boro-boro membawa pulang dan menikmati sembako atau daging qurban, baru dilapangan saja mereka sudah terinjak-injak atau tergencet diantara ribuan pengantri.

Kejadian tragis tersebut sebenarnya bisa dihindari atau diminimalisir  antara  lain dengan cara :

1. Pihak pembagi sembako, zakat atau daging kurban.

  • Luruskan niat bahwa pembagian gratis  itu untuk ibadah, bukan ajang pamer, agar terhindar dari riya. Allah selalu mengetahui niat kita walau sekecil apapun.
  • Manfaatkan Lurah/Kepala Desa/Ketua RW/Ketua RT, serahkan sembako, zakat atau daging qurban melalui pejabat tersebut.Jika perlu serahkan dalam bentuk sapi atau kambing yang masih hidup untuk disembelih oleh masyarakat di RT/RW setempat.
  • Pisahkan wanita dan orangtua yang sudah lanjut, utamakan mereka agar tak kelelahan dalam antrian. Jika perlu buatkan jalur khusus untuk orang cacat dan para lansia.
  • Akan lebih baik jika para pemberi yang datang kerumah para fakir miskin dan kaum duafa dengan tetap membawa aparat keamanan guna menghindari keroyokan/serbuan  orang yang tak bertanggung jawab.
  • Jika barang yang akan dibagikan jumlahnya hanya sedikit jangan membuat ekspose besar-besaran agar tak mengundang amarah, caci maki atau gerutuan/ omelan  pihak yang antri.

2.  Para penerima pembagian gratis.

  • Bersabarlah untuk mau antri agar pembagian berjalan lancar. Yakinlah bahwa rejeki sudah ada alamatnya.
  • Ambil jatah/hak sendiri, jangan bernafsu untuk mendapatkan jatah diluar jatah sendiri baik untuk dimakan maupun untuk dijual. Akal-akalan seperti ini  sering berbuah malapetaka.
  • Orang cacat, lansia, anak-anak dan wanita hamil sebaiknya waspada jika jumlahnya massa sudah membludak. Jangan memaksakan diri untuk melibatkan diri dalam desakan massa. Lebih baik ambil tempat istirahat, jika antrian sudah surut baru masuk untuk ikut antri.

Jika para sahabat ingin menambahkan tip  diatas silahkan.

Semoga besok tak ada lagi  korban berjatuhan.

 

Incoming search terms for the article:

aja, antri, cerita anak mengenai qurban, cerita sadis, cerita sedih, cerita sedih tentang qurban, cerita wanita, daging qurban, emak, ikhlas, kumpulan cerita sadis, kumpulan cerita sadis wanita disembelih, logo, manfaat, ml, niat, perempuan di sembelih, qurban, Rejeki, sabar, sembako, sembelih wanita, tentang qurban, tragis, wanita di sembelih, wanita disembelih, wanita yang disembelih, wanita yg d sembelih, zakat,

17 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Wandi thok says:

    Hanya orang-orang yang memiliki hati yang ikhla saja dhe yang mampu melaksanakan tips itu, makasih tipsnya, salam dari ndotcome ying mingsih dianggep spammer :D

    iya mas, agak sulit ngatur orang banyak dan bernafsu kayak gitu yaa

  2. ningrum says:

    amiin… mudah-mudahan tidak ada korban ya dhe ^_^
    .-= ningrum´s last blog ..Edema Paru Kardiogenik =-.

    iya jeng,kasian mereka kalau sampai jd korban

  3. solaaarrrr…. eh pertamaxxxxxxx :P

    yupz betul! luruskan niat, grakkk!!!
    Insya Allah akan baik bagi yang berkurban maupun bagi penerimanya…amiin

    ngatur gitu itu emang sulit, tapi bukan tak bisa kan

  4. hwalaaahhhhh…. bukan pertamaxx tho… cuma beda 2 menit dari neken enter-nya :(

    ato mungkin karna tadi aku teriaknya solaaarrrrr kale yah… :P

    harusnya teriak Mat solaaar dunk yank

  5. Satu lagi Pak dhe. Akan jauh lebh baik kalau daging kurban tidak dijadikan ajang bakar sate bareng2…ngenes rasanya…memang sih ada hak bagi yang berkurban..
    Alangkah lebih baik jika daging2 itu di awetkan, spy bisa membantu lebih banyak orang dan jangkauan daerahnya lebih luas..
    .-= Lukman Nulhakiem´s last blog ..Menentukan Compressibility Factor Dengan Rumus Redlich-Kwong Method =-.

    sebaiknya kita ambil sedikit saja, utamakan yang kurang mampu ya mas.salam

  6. sinopi says:

    Tips nya terlalu lengkap, Pakde.. Sampe saya nda bisa nambahin..
    Slamat lebaran haji ya Pakde..
    Sedih jg niy tahun ini ga mampu beli hewan kurban..

    Insya Allah next time bisa

  7. Mantap nih tipsnya
    Mudah2an besok saia gak jadi korban
    ______________________________________________
    Tidak menolak kunjungan Anda ke blog saia yang lain di http://rizaherbal.wordpress.com/

    Amin, jangan desak-desakan

  8. yangputri says:

    maleeeeeeeemmm pakdhee
    mengucapkan met hari raya idul adha 1430 h
    .-= yangputri´s last blog ..Kenangan Cinta =-.

    selamat sore yank
    maaf lahir batin atas segala kesalahan dan kekhilafan ya nduk

  9. Selamat Idul Adha, Pakdhe…

    Sami2,maaf lahir batin atas segala keasalahan dan kekhilafan ya nduk

  10. marsudiyanto says:

    Selamat Hari Raya Pak Cholik…
    .-= marsudiyanto´s last blog ..Mari Berbagi, Mari Membagi =-.

    Matur nuwun mas

  11. guskar says:

    kejadian pembagian zakat/sadaqah sll saja memakan korban. mdh2n saja pembagian daging kurban esok hr lancar, semua mendapatkan jatah dan tidak ada insiden yg menyebabkan jatuhnya korban.
    **lihat berita di tipi, org2 sdh pada ngantri di masjid istiqal, pdhal pembagiannya masih lama banget :)

    iya ya mas, sangking banyak yang berminat jadi mruput

  12. aku suka ngeri lihat bayi yang dibawa buat rebutan daging qurban…duh takut kenapa-napa deh…
    .-= Desri Susilawani´s last blog ..Persiapan Lebaran di Bangka =-.

    kasihan anak-2 itu ya bisa kegencet

  13. kita mah mungkin dah jadi kebiasaan, kalo ada acara gratisan…promosinya gede-gedean….sehingga peminatnya membludak ya…
    .-= Desri Susilawani´s last blog ..Persiapan Lebaran di Bangka =-.

    namanya juga gratisan jeng

  14. yayat38 says:

    Mungkin ini lebih tepat jika difokuskan melalui wilayah masing-masing seperti yang PakDhe selenggarakan.
    .-= yayat38´s last blog ..Mengenang Ibu =-.

    benar kan, konsentrasi massa yang besar agak sulit dikendalikan

  15. duh, kasihan sekali ya pakdhe, menyaksikan di TV, miris rasanya hati ini.
    kalau saja penyelenggara bisa mencari solusi bagaimana sebaiknya sistemnya dibuat agar tdk selalu membawa korban, tiap kali ada pembagian sedekah atau qurban.
    salam.
    .-= bundadontworry´s last blog ..Haji Mabrur (2). =-.

    sama2 bernafsu sih,ada yang tak sabar untuk segera mendapatkan gratisan sehingga tak mau diatur

  16. […] Sang Algojo mendapat 22 komentar, komentar terbanyak diantara 3 artikel lainnya disusul artikel Tip Mengurangi Korban di Hari Raya Qurban, Berapa Jumlah Bulu Hewan Qurban dan Dua Laki-Laki Hebat. Tampaknya para sahabat tertarik dengan […]

  17. zulhaq says:

    kejadian tragis memang terjadi dimana mana
    harusnya mereka semua baca nih tipsnya biar gak ada lagi ketragisan