Pantun Ngakak Antar Nusa

Limbuk ki

Wetan banyu kulon yo banyuLimbuk

Arep nyabrang gak onok praune

Wetan ayu sing kulon yo ayu

Tak sawang-sawang podo lemune


Ha ha ha ha haaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkk…….

Artinya :

Timur air barat ya air

Mau menyeberang tidak ada perahunya

Timur ayu barat ya ayu

Saya pandang-pandang sama gemuknya.

—-

Sahabat tercinta,

Diatas adalah parikan Suroboyoan, sejenis pantun. Parikan biasanya disampaikan oleh para pelawak dalam pagelaran Ludruk di Jawa Timur.

Dalam sebuah pantun, baris ke-1 dan baris ke-2 dinamakan sampiran, baris ke-3 dan ke-4 disebut isi.

Sambil menunggu pengumuman hasil SupermanShow dan Parade Puisi Cinta, siapkan sebuah pantun jenaka terdiri dari 4 baris dengan menggunakan bahasa  daerah masing-masing, lalu tuliskan terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

Pada saatnya akan saya beritahu dimana pantun sahabat harus diserahkan. Bukan sekarang lho. Tentu ada tali asih yang menarik.

Pantun Ngakak Antar Nusa ini merupakan acara penutup tahun 2009 di BlogCamp. Jadi jangan sia-siakan kesempatan langka dan unik ini.

Hayooooo…jangan lagi berkata- aku tak bisa !!!!!

Yuuuk Ngakak Bareng Yuuuk

Huaaa ha ha ha ha ha Haaaaaaaaak

Foto Limbuk : bharatayudha.com


 

Incoming search terms for the article:

abdulcholik, aku, bahasa daerah, baris ke3 dan ke4 pada pantun berupa, Bharatayudha, BlogCamp, cache:cu9g0ykkrvyj:lowongankerjabaru.net/search/pantun lucu suroboyoan pantun suroboyoan, cinta, contoh pantun, contoh pantun 2 bait, contoh pantun betawi, contoh pantun betawi pembuka acara, contoh pantun pernikahan, contoh parian jawa, contoh parian jawi, contoh parikan jawa, contoh parikan kocak, contoh parikan lucu, contoh parikan pendidikan, crita lodrok, facebook parian jowo, foto, Gelar, golek ceritone rakyat jowo wetan, Indonesia, jenis pantun, jowo ngakak, kata kata parian suroboyoan, kuliner, kumpulan pantun betawi, kumpulan pantun minang, kumpulan pantun pendidikan, kumpulan parian jawa, kumpulan parikan jawa, kumpulan parikan kartolo, kumpulan parikan suroboyoan, lagu parian jawa, limbuk, lirik parikan kartolo, lirik salam mim bait, lodrok jawa timur, lodrok kirun, logo, ngakak, ngakak jawa timur, ngakak saja lah, pantun, pantun bahasa jawa, pantun basa jawa, pantun basa jawa saru, pantun betawi, pantun betawi kocak, pantun betawi lucu, pantun betawi sedih.com, pantun funky, pantun hari kartini, pantun jawa, pantun jawa lucu, pantun jawa saru lucu, pantun jawa timur lucu, pantun jenaka, pantun jenaka boso jowo, pantun jowo, pantun jowo kocak, pantun jowo selamat pagi, pantun kartini, pantun kocak, pantun kocak bahasa jawa, pantun lama daerah jawa, pantun lucu, pantun lucu dan saru, pantun ngakak, pantun pembukaan pidato, pantun sahabat, pantun saru, pantun sedih.com, pantun suroboyoan, parade, Parade Puisi, parian arep turu, parian cinta jawa, parian jawa, parian jawa lucu, parian jawa saru, parian jowo, parian jowo lucu, parian jowo saru, parian lucu, parian pelawak, parian suroboyo, parian suroboyoan, parikan, parikan 4 baris lucu, parikan bahasa jawa, parikan bahasa jawa tentang budi pekerti, parikan basa jawa, parikan cinta, parikan jawa, parikan jawa lucu, parikan jawa saru, parikan jenaka, parikan jowo, parikan jowo lucu, parikan jowo saru, parikan kartini, parikan kartolo, parikan lucu, parikan lucu saru, parikan suroboyo, parikan suroboyo kolestrol, parikan suroboyoan, parikan suroboyoan lucu, pengumuman, puisi, Puisi Cinta, sa i, sawo manteng.com, start, tali, tali asih, tetates,

49 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. sinopi says:

    Kapan itu Pakdeeee???
    Kaaaaappppaaaannnn???!!!
    Wadooohhh jangan2 pas saya lagi sibuk2nya tutup buku nih..
    Wuaaaaa ga asik ah, ga asik aaahhhh..
    Bisa ga terpantau oleh saya tuh acaranya.. :( :( :(

    kan saya bilang pada saatnya akan diberitahu…..
    makanya pantunnya mbuat sekarang,kan hanya 4 baris, entar pas gong dipukul tinggal jos gitu saja….

  2. finda says:

    pengen ikuuuuuuuutttttt PakDe… tp klo pake bahasa asli msng2 daerah sy agak bngung nih PakDe.. soalnya sy lahir di Jateng tp gede di jkt n skitarnya..jd ga bisa basa jawa.. hehe.. pantun jkt ga ape2 ye..PakDe??? salammm… :D
    .-= finda´s last blog ..Young On Top… =-.

    yaaa tanya Pak Bibit – Gubernur Jateng kan bagus bahasa Jawanya nduk.
    Entar orang Minang juga bilang nggak bisa bahasa Minang, jadi bukan pantun ngakak antar nusa tapi pantun Jakarta donk yank

  3. m4stono says:

    setu legi

    seneng turu

    lemu ginuk ginuk

    ==================================

    sabtu legi

    suka tidur…k

    gemuk… ginuk2 ki opo dhe boso indone?? :mrgreen:

    ini masuk pantun gak dhe….sing penting lutju
    .-= m4stono´s last blog ..Ngelmu Bejo ala Buto Bagian I =-.

    4 baris

  4. m4stono says:

    o iya dhe kalo agak saru komeng saya diatas dihapus aja….jadi gak enak nih…hihihi
    .-= m4stono´s last blog ..Ngelmu Bejo ala Buto Bagian I =-.

    hmmmmmm hiyooooo

  5. sinopi says:

    Btw adakah fasilitas komentar dg jadwal spt postingan Pakde..?
    Kalo ada kan enak, kapan Pakde bikin acara ngakak bareng ntu, saya bikin dari sekarang pake jadwal.
    Pas loncing, jawaban saya langsung makjreng manteng di kolom komentar nya pakde..
    Hahahahaaaa…
    Ada ga yaaaa.. Xixixiii

    wah nggak tau ya mbak, saya juga blogger baru jeee

  6. sinopi says:

    Dari mulei jaman penjajahan sampe revormasi alesannya blogger baru terus..

    kan belum setahun ngeblog sayang..

  7. eka says:

    pengen melok
    pengen melok
    kudhu lucu nggih pantun’ipun?
    .-= eka´s last blog ..Kembali ke Titik N.O.L =-.

    nek mboten lucu nggih mboten ngakak tho nduk

  8. Badruz says:

    Oke Pakde, mantaaaap
    .-= Badruz´s last blog ..Bunda =-.

    jangan lupa lho….

  9. sinopi says:

    Pakde, pertanyaan trahir niy..
    Pantun nya brapa? 1 aja ato boleh banyak bulak-balik komen sini 4baris berkali2..?
    Soalnya saya kalo disuruh pantun ngawur2 suka banyak ide nih.. Xixixii..

    bolak-balik boleh tapi yg diambill hanya yg pertama saja,sisanya ya untuk koleksiku belaka…

  10. Rychan says:

    Limau manih tumbuah di tapian rawa
    buah dilantiang alun masak
    Sakiak perut karano tertawa
    mancaliak kuciang duduak babedak

    artinya :

    Limau manis tumbuh di tepi rawa,
    buah dilanting belum masak
    Sakit perut sebab tertawa,
    melihat kucing duduk berbedak

    mudah-mudahan masuk kategori Pakde….
    .-= Rychan´s last blog ..Proteksi file oleh KKS (Superman) !!! =-.

    lhooo,kok nafsu sekali,belum mulai……dan bukan disini lhoooo

  11. nakjaDimande says:

    Pakde, Sinopi paling suka tuh bikin yang empat baris.. makanya antusiaaaasss banget :P

    ok deh aku cari contekan pantun dulu ya..

    Rychan malah dah mbuat ha ha ha…bggak mbaca dgn cermat dia

  12. xitalho says:

    Pilih jambune opo pilih isine?
    Jambu isi atos kayune

    Pilih mbakyune opo pilih adine?
    Mbakyu-adi podho ayune…

    terjemahannya….
    **Pilih jambunya apa pilih isinya
    **Jambu isi keras kayunya

    =>Pilih kakaknya apa pilih adiknya
    =>kakak adik sama cantiknya

    kok sudah mbuat, kan saya bilang siapkan, bukan di posting.
    lirik ini dulu suka kami nyanyikan di magelang lho..

  13. xitalho says:

    Bisone cuma segitu pakde… Masuk kategori ndak ya..?? hehehehe…
    .-= xitalho´s last blog ..Anxiety =-.

    wong belum dikasih aba2 kok keluar tho mas

  14. itempoeti says:

    tanjung perak kapale kobong…
    monggo pinarak kamare kosong…

    pethunthung wakdul kemat…
    pethunthang pethunthung watuke kumat…

    he he he,iso ae cak

  15. Gravisware says:

    muanteeeeep… ^^
    .-= Gravisware´s last blog ..Tips Mencari Inspirasi =-

    .makasih

  16. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Kalau saya orang betawi, bikin pantunnya perlu diterjemahin juga pakde
    Salam Takzim Batavusqu
    .-= Batavusqu´s last blog ..Ritual Tersexi di Pulau Jawa =-.

    Kalau ada yang tak di mengerti orang lain gimana ?? Misalnya ” tak jabani.., gue kue keperet, dll..” kan orang lain tidak tau.

  17. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Ko kayanya komentar terakhir saya di sini nyetrum ya pakde, atau jangan-jangan pakde kembaran saya wakakakakak
    Salam Takzim Batavusqu
    .-= Batavusqu´s last blog ..Ritual Tersexi di Pulau Jawa =-.

    enggak ach, tgl 14 kan saya sudah posting Ngakak Bareng Ngakak..

  18. Batavusqu says:

    Jangan marah ya pakde ini awal ngakak januari deh
    .-= Batavusqu´s last blog ..Ritual Tersexi di Pulau Jawa =-.

    la enggak lah mas, kita harus hepi dan nggak terus..

  19. Sarimin says:

    ..pak abdul, sepertinya itu bukan pantun….tapi mantra buat menaklukkan mbah google… :)
    .-= Sarimin´s last blog ..Model Cantik Game Microsoft Company Of Heroes Online =-.

    iya benar kang, supaya PR segera naik lagi..

  20. iksa says:

    Hua ha ha … saya cuma bisa ketawa tapi gak bisa bikin pantun …
    .-= iksa´s last blog ..Sejak tahun 1985 =-.

    ya silahkan tertawa saja kalau begitzuuuuu mas

  21. ningrum says:

    lha saya buatnya pake bahasa apa ya dhe?
    secara silsilah, saya suku Jawa, walaupun ndak ngerti bahasa Jawa.
    nah kalaupun tinggal di Sumatera, saya juga ndak ngerti bahasa Batak atau bahasa Melayu. saya cuma bisa berbahasa Indonesia hehehe :D
    .-= ningrum´s last blog ..Manajemen Perdarahan pada Fraktur Pelvis yang Mengancam-Jiwa =-.

    kalau pake bahasa Indonesia namanya Bukan Pantun Ngakak Antar Nusa donk say..tanya aja orang Jawa atau Batak..gitzuu saja kok repot…kan nggak ada ujiannya juga…

  22. tiwi says:

    wkwkwkwkwkwkwkwk…..
    ikutan akh….
    .-= tiwi´s last blog ..Nganggung , adat dan tradisi lambang kebersamaan =-.

    Nggak ikut nggak dapat tiket ke Jawa lho

  23. guskar says:

    sip tenan acara parikan ini.. bisa buat ajang menyalurkan hobi. mdh2n banyak pantun dari wilayah di luar jawa, sehingga kita tahu betapa kaya khazanah budaya nusantara ini :)

    Jadi Menkokesrablognya mas wandhi memang asyik he he he

  24. pakdheeeeee…… selamat yaaaa…… masuk karnaval blog mas guskaaaaaarrrrrr….. :D
    .-= funky fun-T mimi allegra´s last blog ..Nyirkus Nyok!!! =-.

    Terima kasih sayangku….saya baru saja reply komentar2nya je…ha..ha..ha

  25. ningrum says:

    hehe.. buat pantun minta di-translate sama orang Batak? takut ah dhe.. coba google translator menyediakan fasilitas terjemahan bahasa daerah Indonesia ya dhe.. ngarepndotcom hahaha
    saya jadi penonton aja deh (saya lebih sering jadi penonton ketimbang peserta)
    oh iya, selamat dhe, masuk karnaval blog guskar :D
    .-= ningrum´s last blog ..Manajemen Perdarahan pada Fraktur Pelvis yang Mengancam-Jiwa =-.

    Lomba masak nonton,lomba puisi nonton,pantun ngakak nonton…lama-lama tak datangi ke Medan terus tak tonton lho…

  26. makngah lena says:

    makngah ikutan , pakde
    .-= makngah lena´s last blog ..Nganggung , adat dan tradisi lambang kebersamaan =-.

    Nah gitu donk, pokoknya ikut terus setiap yang saya gelar. Kalau ikut-otomatis ada kesempatan untuk undian. Kalau nggak ikut-otomatis ya nggak ikutan undian. Gitzuuuuu katanya.

  27. kapan sih PakDhe?
    jangan2 saya nggak sempat mau ikutan……he……he………*nyari alasan*
    Salam.
    .-= bundadontworry´s last blog ..Sepatah Kata,Sepetak Surga =-.

    tahun ini juga kok mbak..Nggak apa-apa, banyak kok yang sudah alasan seperti itu..ha ha haaaak

  28. Fanda says:

    Hehehe…jadi bayangin Pakde parikan deh…
    O ya, ada award di blogku. Diambil ya…
    .-= Fanda´s last blog ..Poinsettia, Si Merah Yang Identik Natal =-.

    Wow, thank you honey, segera berangkat ke TKP.

  29. Ruang Hati says:

    Jadi eling parian’ne cak Kartolo karo Cak Basman,

    Tuku gethuk mampir kuburan, ono rondo gak kotangan, suwe gak pethuk mbarek rekan2, lek ketemu tak jak nang tunjungan
    .-= Ruang Hati´s last blog ..Inilah 10 Film Dengan Penghasilan Terbesar Sepanjang Tahun 2009 =-.

    ikutan kalau ke Tunjungan

  30. Pakde…, pantunnya lucu tuh..
    Bisa bikin aku senyum-2 di pagi ini hehehe
    .-= reni judhanto´s last blog ..Escape Over The Himalayas =-.

    yeeee..jangan senyum2 sendiri lho..

  31. yayat38 says:

    Menarik PakDhe, harus nyari ide dulu nih he he
    Trims
    .-= yayat38´s last blog ..Statistik dan Persembahan Sahabat =-.

    di High tech mall banyak mas

  32. Pantun Ngakak Antar Nusa | BlogCamp…

    Wetan banyu kulon yo banyuLimbuk

    Arep nyabrang gak onok praune

    Wetan ayu sing kulon yo ayu

    Tak sawang-sawang podo lemune

  33. yebooo.com says:

    Pantun Ngakak Antar Nusa | BlogCamp…

    Wetan banyu kulon yo banyuLimbuk

    Arep nyabrang gak onok praune

    Wetan ayu sing kulon yo ayu

    Tak sawang-sawang podo lemune…

  34. KlikSite.com says:

    Pantun Ngakak Antar Nusa | BlogCamp…

    Wetan banyu kulon yo banyuLimbuk

    Arep nyabrang gak onok praune

    Wetan ayu sing kulon yo ayu

    Tak sawang-sawang podo lemune

  35. Andy says:

    Ngakaklah sebelum ngakak itu dilarang…
    wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    yaaaa kok keduluan sich

  36. Andy says:

    Tenyata pakde sekarang dalng wayang…
    Nyari inspirasi dulu, biar dapet ide buat pantun…
    .-= Andy´s last blog ..PCMAV 2.2b Update Build 2 =-.

    sudah lama kok mas jadi dalang, yaa cari2 tambahan

  37. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Selamat siang pakde, selamat beristirahat ya
    Salam Takzim Batavusqu
    .-= Batavusqu´s last blog ..Ritual Tersexi di Pulau Jawa =-.

    Terima kasih mas, lagi pilek-batuk nich kena demam puisi ha ha ha.salam hangat

  38. wieda says:

    tak sawang2 podho lemune….kui pasti akuuuuu…(yuhuiiii ge er dulu ah)

    mo ikutan mbikin fantun ah…..
    .-= wieda´s last blog ..San Diego – Vancouver Island =-.

    yeee, jangan nuduh donk mbak. Buat pantun semarangan lho mbak,jangan Kanada-an ha ha ha

  39. sinopi says:

    ah, ga seru kalo hanya 1x..
    dimana2 yg namanya pantun bersahut2an sampe ada yg pingsan, yg menang yg bisa bertahan konsisten dg pantun sesuai aturan

    yasudah, kalo hanya 1 sih gampang deh
    *xixixiii belagu amat lu noooppp, minta dijitak kali*
    .-= sinopi´s last blog ..Selamat Tahun Baru, yaaa =-.

    satu aja belum tentu nggak telat ha ha ha…..sampai jurinya ngantukx

  40. sinopi says:

    Hahahaaa.. Pakde tau ajah!
    :p

    pakde dilawan

  41. KutuBacaBuku says:

    waduhhh, kutu sama sekali gak bisa bahasa daerah, klo bahasa betawi aja boleh gak pakde? hee (nawar mode : on)
    .-= KutuBacaBuku´s last blog ..Hidupku Terasa Sesak … =-.

    Boleh, itu kan juga bahasa tho. Tapi tetap diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia karena yang tidak ada terjemahannya akan hancur berkeping-keping oleh system kami.

  42. Rychan says:

    “Pada saatnya akan saya beritahu dimana pantun sahabat harus diserahkan” saking semangatnya jadi lupaaaaxxxxxxxxxxxx …. :lol:
    .-= Rychan´s last blog ..Proteksi file oleh KKS (Superman) !!! =-.

    hua hua hua…ada temannya lho mas, tenang…..habis Superman terbang baru kita ngakak bareng

  43. xitalho says:

    Wooalaaah… ternyata disuruh mempersiapken tho… hahahaha gak nyambung ternyata xixixixi….
    .-= xitalho´s last blog ..Anxiety =-.

    ‘iyo mas, panjenengan siapno dulu, entar kalau acara puisi dan masak klaaar…tak kasih sempritan..nah baru..pasang tuh pantunnya…

  44. Andi says:

    weeeeh saya coba ikut aaaah…. boleh kan pakdhe???
    kalo boleh, akan saya racik dulu susunan katanya….
    .-= Andi´s last blog ..Ironi Patung Perunggu =-.

    Yaaaa boleeeeeh donk, jangan lupa pakai bahasa daerah lho….

  45. lah klo denger kata Lodrok, saya jd inget dgn Cak Kirun yg dulu acaranya sring dputer di tv jadole TV*I itu Pakde…. hehehe :D
    .-= MasEDI Belajar NgeBlog´s last blog ..Tips Ampuh Program Diet Melangsingkan Alexa Traffic Rank =-.

    sekarang dah agak mlempem mas

  46. vizon says:

    Buah persik buah tab
    Enak dimakan di bulan puasa
    Pakde Cholik memang mantap
    Idenya dahsyat tiada terkira… :D

    Ada benang diatas atap
    Naik kereta ke Surabaya
    Aku memang mantap
    Semua karena cinta

  47. Onnay Okheng says:

    mudah-mudahan masih bisa di posting pada waktunya..
    hehe.. :D
    .-= Onnay Okheng´s last blog ..SupermanShow: SMS “Sushi Mamie Sipurdog” =-.

    sebentar lagi mas

  48. [...] 4.  Pantun terdiri dati 4 baris ( jangan lebih). Baris ke-1 dan ke-2  disebut sampiran, dan baris ke-3 dan ke-4 disebut isi. Contoh format pantun  silahkan ngakak  disini. [...]

  49. Bang Iwan says:

    menanam limau dibukit tinggi
    mati dipijak anak katak
    bukan saya berkata bohong
    ada katak menelan kerbau.

    naik becak ke Minangkabau
    kain panjang rentak sembilan
    bukan katak dimakan kerbau
    tapi abang yang langsung ditelan

    kok sama2 ngawurnya yaaa