FIFA and FEBA

Judulnya jelas memanfaatkan event FIFA Worldcup 2010. Isi artikelnya juga berkisar pada kegiatan menyerang dan bertahan dengan menyandingkan antara istilah FIFA dan FEBA.

Kita tentu sudah mengetahui bahwa FIFA merupakan singkatan dari The Fe’de’ration Internationale de Football Association atau dalam bahasa Inggris International Federation of Association Football. Sedangkan istilah FEBA saya berani bertaruh eeehhh….bahwa diantara kita para blogger baru sayalah yang sudah mengetahui karena sudah  pernah mempelajarinya ketika masih muda. Ini jelas-jelas narsis komplikasi kemenyek wal sombong sedikit he he he.

FEBA singkatan dari Forward Edge of the Battle Area. FEBA merupakan terminologi umum yang dipakai oleh tentara diseluruh dunia, walaupun tentunya tetap disesuaikan dengan bahasa negara yang bersangkutan. Di Indonesia, FEBA disebut BDDT singkatan dari Batas Depan Daerah Tempur.

Mari kita lihat apa yang terjadi di daerah operasi FIFA dan FEBA.

  • Ada tempat untuk menyerang dan bertahan, yaitu lapangan sepakbola (FIFA) dan daerah pertempuran (FEBA) yang merupakan bagian dari MBA (Main Battle Area)
  • Ada pihak penyerang dan bertahan
  • Salah satu asas serangan adalah: pertahankan momentum serangan, artinya gerakan pasukan tak boleh terhenti. Jika berhenti maka lawan akan mengambil alih inisiatif untuk berbalik melakukan serangan. Dalam pertandingan sepakbola, pertahanan yang paling baik adalah dengan menyerang lawan. Jadi serang, serang dan serang.
  • Salah satu asas dalam pertahanan adalah : mendalam dan ke segala jurusan. Pertahanan harus berlapis-lapis dan menghadap kesegala arah karena penyerang juga bisa melakukan serangan dari arah tak terduga-duga. Untuk menjebol gawang lawan, pemain sepakbola bisa melakukan serangan dari lambung kanan, lambung kiri atau secara frontal dari depan. Dalam pertandingan sepakbola, lapis terakhir pertahanan ada pada penjaga gawang. Ini tentu berbeda dalam pertempuran militer yang bisa melakukan serangan dari udara dan dari belakang.
  • Adanya pasukan cadangan baik di FIFA maupun di FEBA

Ada bedanya pakde ? Ada donk

  • Di FIFA ada wasit dan hakim garis, di FEBA tidak dibutuhkan perangkat itu.
  • Di FIFA ada supporter di FEBA lebih gayeng jika sepi-sepian.
  • Di FIFA penontonnya membayar, di FEBA tak ada yang berani menonton walaupun gratis.
  • Di FIFA sebelum dan sesuah bertanding ada acara salaman di FEBA tidak ada acara seperti itu.
  • Di FIFA setelah bertanding ada yang saling tukar-menukar kaos seragam, di FEBA belum pernah ada kegiatan seperti itu setelah pertempuran usai.

Itulah FIFA dan FEBA. Have a great day.

 

Incoming search terms for the article:

5 oktober, abdulcholik, ada kepanjangan fifa, aja, aku, ancaman bela negara, ancaman upaya bela negara, apa kepanjangan dari fifa, apa kepanjangan fifa, bela negara militer, bela negara secara militer, bentuk bela negara, bentuk bela negara terhadap ancaman militer, bentuk bentuk usaha pembelaan negara, bentuk pembelaan negara, bentuk upaya bela negara, bentuk usaha bela negara, bentuk usaha pembelaan negara, bentuk-bentuk pembelaan negara, bentuk-bentuk usaha pembelaan negara terhadap ancaman militer, contoh puisi 5 okober hari abri 2010, contoh upaya bela negara terhadap ancaman militer, contoh usaha bela negara terhadap ancaman militer, dirgahayu abri, fifa kepanjangan, fifa kepanjangan dari, fifa singkatan, fifa singkatan dari, gambar bentuk-bentuk bela negara, gambar bentuk-bentuk pembelaan negara, hari abri, hari abri 2010, Indonesia, kepanjangan dari f ifa, kepanjangan dari fiba, kepanjangan dari fifa, kepanjangan dari p.a. k, kepanjangan dari selamat siang, kepanjangan dari singkatan sepak bola, kepanjangan fiba, kepanjangan fifa, kepanjangan sombong, manfaat, pertahanan, pertempuran, por, puisi abri, puisi tentang hari abri, sa i, satu, Sepakbola, Sepi, Serangan, singkatan dari fiba, singkatan dari fifa, singkatan fiba, singkatan fifa, sombong, upaya bela negara terhadap ancaman militer, upaya bela negara terhadap ancaman militer beserta penjelasannya,

30 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. guskar says:

    selamat hari minggu pakde…
    FIFA dan FEBA sama2 memerlukan taktik dan strategi yg jitu untuk memenangkan pertempuran yang sedang terjadi. komando hrs dituruti oleh pasukan tempur, nggak boleh saling berkreasi sendiri2 :)

    benar mas, K3I sangat diperlukan
    Selamat berhari Minggu juga

  2. Wawank says:

    Apa kabar pak de’.! Baru tau aku, low ada yg namanya FEBA.!!

    Pak de’ gak ikut fun bike.?

    saya tak ikut mas-lagi siaga 1 nih..diare

  3. kawanlama95 says:

    wah kalo sekedar nonton latihan perang seeh dari sejak TK aku dah sering liat tapi kalo perang beneran wah serem kali ya pak. kalo dalam pertempuran saya maunya jadi sniper tapi kalo di sepak bola ada sniper ga ya.

    sepakbola yang ada striker

  4. persamaannya sama-sama ingin mengalahkan satu sama lain. dan harus mengunakan strategi yang mumpuni

    benar, yang menang dapat hadiah

  5. Sientrue says:

    Ha…ha…ha…pakde ni ada ada aja.
    Ya jelas ga ada lah rang mau perang terus salaman dulu. Mangnya mau kondangan. Salaman dulu.wkwkwk

    harusnya salaman dulu, baru tembak-tembakan
    kalau wyang orang malah nembang dulu sebelum gelut

  6. Kakaakin says:

    Nonton FIFA aja saya males, apalagi FEBA :D

    sama donk

  7. Kaka Akin says:

    Belum sembuh ya, Pakdhe?

    sedikit lagi yank, makan masih belum nafsu (sttt…nggak ada lauk yang cocok soalnya

  8. fara says:

    wah, pakde jago nrbak ni, tau aja saya ndak tau tentang FEBA :) baru denger dari pakde ini :)

    baru mbaca kaleee maksudnya

  9. aryadevi says:

    mmm..ada kesamaan filosofis ya Pak de..

    benar nduk

  10. marsudiyanto says:

    Kadang2 kedua hal itu nyampur PakDhe, khususnya di Endonesa…

    Bal2an bisa dadi pertempuran….
    Balang2an watu, stasiun & gerbong remuk bubuk…

    Salam Buat Persebaya….

    ha ha ha ha…nyindir tuh namanya

  11. tukangpoto says:

    Selamat siang,pakde. Bertempur melawan keinginan negatif dari dalam diri sendiri itu yang paling susah,pakde:)

    benar,memerangi hawa nafsu memang berat mas

  12. Mpizh says:

    pakde, Saya Titip Link yang berkaitan dengan FIFA WORLDCUP 2010 ya :)

    http://worldwideword.wordpress.com/2010/07/01/konspirasi-terselubung-zionisme-pada-world-cup-2010/

    Terima Kasih

    biaya penitipan 50$ per 30 detik, cash

  13. Gopit says:

    Pakde bisa aja deh… jangan-jangan pakde dulunya pernah jadi korps nya feba yaa….hahaha

    kok tahu sih, ngintip bio saya yaaa

  14. iya nih, pakde kreatif banget deh.

    iya nih, dulu gak seberap lho padahal

  15. patah hati says:

    nambahin satu ya pakde, kalo feba sama fifa itu sama-sama ada wartawan yg ngeliput beritanya….betul nggak pakde?

    untuk di Feba mungkin gak ada wartawan yang berani ikut

  16. bimaSakti85 says:

    baca perbedaan FIFA & FEBA
    unik juga kalau ada tukar-menukar seragam sehabis pertempuran
    wakawaka… :D

    NB: kalau mw tukeran link gimana caranya pakdhe ?

    Begini caranya :

    - masing2 pihak membawa 2 orang saksi yang sudah akil-baliq
    - pihak yang mengajak tukeran link menyerahkan mahar sebesar 250$ dibayar tunai
    - tidak dicover oleh media.

  17. Bolehkah FEBA dipraktekkan dirumah pakde?

    kayaknya saling menyerang ya mas ha ha ha ha

  18. Nduk Ram says:

    Kalo di FIFA yang menang dialah juaranya kalo di FIBA gimana Dhe?

    maaf, kalau FiBA saya gak tahu
    saya hanya belajar soal FEBA je

  19. Bang Iwan says:

    mampir malam,… terburu2, masih diluar kota PakDe.

    wong sudah diberi kota yang bagus kok ya masih hobi keluar kota sih bang
    entar kalau pindah ke Makassar, gantian keluar kota lagi ke Soppeng
    piye tho, kumaha atuh, why..why…

  20. kalau di FEBA harus kompak dan nunut dgn apa yg diperintahkan komandan ya Dhe, gak boleh sok2an kreatif gitu heheeh………
    bisa2 malah celaka …………..
    salam

    yup…ikuti perintah. Kalau musuh sudah mati ya sudah..nggak usah diludasi segala..pamali

  21. Cyber Katrox says:

    Ooooo begitu tho bedanya, baru tahu nih.

    ha ha ha ha…so serious

  22. jumialely says:

    saya sekali -sekali mau juga jadi penonton FEBA pakde, tetapi dari benteng pertahanan aja deh :D

    ambil posisi dekat dapur umum saja,agak aman

  23. jumialely says:

    jadi antara FIFA dan FEBA memiliki kesamaan juga ya pakde, sama sama suka menyerang menerobos pertahanan lawan…..

    Ngebayangin deh

    apalagi kalau pertahanannya longgar

  24. aku ndak ngerti, dhe…

    entar kan lama2 ngerti

  25. Munir ardi says:

    wah kalau nonton di FEBA kepala bisa bolong pakdhe

    mbrodhol usus mas

  26. PUTRI MALU says:

    kalau FIFA sudah pernah denger…. merk kosmetik Khan pakDe?
    kalau FEBA baru baca disini.

    FIFA kok kosmetik sih, merk ban sepeda kan itu

  27. tomi says:

    FIFA saya tau pakdhe.. FEBA baru tau disini..
    btw kalau misalnya di FEBA ada salaman setelah pertandingan keliatanya dunia malah aman hahaha

    apalagi pake tukar-menukar tali asih ha ha ha

  28. kampus blog says:

    FEBA = Federasi Eyang Blognya AbdulCholik hehehehe…
    ngawurr saya pakdhe :D

    enggak kok-bagus tuh

  29. Bang Iwan says:

    The Forward Line of Troops, or FEBA (Front Edge of Battlefield Area) is a term used by most armed force services worldwide. It is a battlespace control measure that designates the forward-most friendly and hostile forces that are presently on the battlefield during an armed conflict or war; whether it be regular infantry or reconnaissance

  30. Bang Iwan says:

    Aku pernah pelajari hal ini waktu masuk resimen mahasiswa dulu PakDe.