Tertangkap Basah

Tertangkap basah merupakan istilah yang sering digunakan oleh orang awam manakala melihat seseorang ditangkap karena sedang melakukan suatu tindak pidana. Sebagai contoh : seorang pemuda tak dikenal baru saja keluar dari sebuah rumah sambil menggotong pesawat televisi dan kemudian si empunya rumah teriak : “maling..maliiiiiiiiing “. Para tetangga yang melihat pencuri tersebut langsung menangkapnya beserta barang buktinya.

Dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana ( Undang-Undang nomor 8 tahun 1981) yang lazim disingkat KUHAP,  keadaan tersebut diatas disebut dengan istilah Tertangkap Tangan.*

Pada BAB I ( Ketentuan Umum), pasal 1 nomor 19, diuraikan arti tertangkap tangan sebagai berikut :

Tertangkap tangan adalah tertangkapnya seorang pada waktu sedang melakukan tindak pidana, atau dengan segera sesudah beberapa saat tindak pidana itu dilakukan, atau sesaat kemudian diserukan oleh khalayak ramai sebagai orang yang melakukannya, atau apabila sesaat kemudian padanya ditemukan benda yang diduga keras telah dipergunakan untuk melakukan tindak pidana itu yang menunjukkan bahwa ia adalah pelakunya atau turut melakukan atau membantu melakukan tindak pidana itu.

Bagaimana prosedur penangkapannya ?

Dalam hal tertangkap tangan penangkapan dilakukan tanpa surat perintah, dengan ketentuan bahwa penangkap harus segera menyerahkan tertangkap beserta barang bukti yang ada kepada penyidik atau penyidik pembantu yang terdekat.

( Ketentuan ini diatur pada BAB V Bagian Kesatu ( Penangkapan) , pasal 18 ayat (2)

Semoga bermanfaat.

*

 

30 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. guskar says:

    peraturan yg sangat jelas.
    tp saya kok ya masih menyaksikan org kampung rame2 ke kantor polisi (pake merusak lagi!) utk membebaskan warganya yg tertangkap basah.
    rasanya program2 pemerintah macam penyuluhan kadarkum (keluarga sadar hukum) perlu dilakukan lagi.

    saling curiga,komplikasi dengan mumpung reformasi dan solidaritas sempit

  2. marsudiyanto says:

    Inguk2 yang tertangkap basah

    guyur sisan mas

  3. kakaakin says:

    Ooo… jadi tertangkap basah=tertangkap tangan ya :D

    iyeeee…yank

  4. Ari says:

    lengkap sekali pak…salam kenal :)

    thanks-salam hangat

  5. abu ghalib says:

    berarti tertangkap basah itu bahasa tidak resmi ya PakDhe? :D

    bukan bahasa hukum
    sama dengan ” angin duduk” itu lho…

    • ais ariani says:

      *bingung sama komen pakDe yang ini.*
      kok sama kek angin duduk sih De?

      jadi bingung. aku

      ealah…sayankku…orang kampung saya kalau ada orang mati mendadak, disebut kena “angin duduk”
      padahal istilah medisnya pasti ada , misalnya ” serangan jantung”
      jadi angin duduk itu istilahnya orang awam sayank

      kalau bingung coba ke halaman rumah, cari pohon yang agak besar..lalu pegangan atau menempel di pohon itu..
      Trus stel lagu Kotch..kotch hutahe…..
      nah…silahkan joget sambil sekali..kali memegang pohon..seali-kali jari memegang dagu atau pipi..lirak-lirik..cret..crot..
      begitu lagu habis dijamin kebingungan akan hilang….
      Percayalah…

  6. andipeace says:

    tertangkap kering : terbukti bersalah namun belum ada buktinya
    tertangkap basah : terbukti bersalah dan sudah ada buktinya
    :D ngapunten pak’de

    salam adem ayem plus sayang

    hi hi hi..terbukti bersalah kok nggak ada buktinya, piyee tho mas

    • andipeace says:

      hehe jadi hanya tembung jare saja pak’de :D

      iye mas…..
      jarene wong-wong….wak gimin mati kena “angin duduk”
      anginnya capai jalan2 kaleeee ya…..

  7. aryadevi says:

    wah saya sudah tertangkap basah, saat membuka dan masuk membaca postingan ini.

    karena habis mandi gak handukan

  8. nh18 says:

    Rupanya istilah hukumnya tertangkap tangan ya Pak De …

    Ok Catat
    Thanks Pak De …
    Salam saya

    silahkan dicatat,lusa ada test

  9. fara says:

    ooooooo
    kalo polisi yang nilang tanpa surat perintah itu apa ya, pakde, istilahnya??

    ::huwaaa belum update blog pakde, masih banyak kerjaan biar cepet pulang sby, hiks hiks hisk

    apa yang dimaksud dengan nilang tanpa surat perintah ?

  10. Munir ardi says:

    caught in the act ya pakdhe , baru ngerti aku

    saya tahunya ya baru tahun 1975 bang

    • Bang Iwan says:

      Saya juga malah tahu baru sekarang PakDe

      makanya banyak nonton tayangan artis..
      kok malah nongkrongon Ipin dan Upin….
      malu atuh sama si putri cantik

  11. usagi says:

    he..he..he..he..bentar..bentar..mau ambil buku catetan dulu..
    biar apal…tapi kalau yang namanya…langsung ngebukin maling..itu ada di undang-undang gak pak de..
    kata orang betawi mah..”main hakim sendiri..”

    nggak boleh donk ach….

  12. anex says:

    tertangkap basah,sami saja dengan tertangkap tangan = kena dech.hehhehe
    oya pakdhe adalagi istilah “benda diduga keras”,kalo bahasa uuD’a apa ya,..?soalnya itu istilah,kaya sama istilah tertangkap basah ya.he

    . selamat malam pakdhe and salam hangat selalu.

    iye…
    diduga keras itu juga istilah awam…padahal awalnya lembek…..

  13. kanvasmaya says:

    wihh… datail banget pakde..
    tp masukan apik tuh pakde buat qt2..

    *sambil njumuk gedang goreng di mejo – tengak tengok takut ketangkap basah * ehehehehe

    itu bukan masukan mas tapi pelajaran untuk siswa baru….
    sdah dicatat?…goood

  14. farus says:

    selamat pagi must salam kenal ……..BW………..

    sugeng enjang mas
    salam kenal saking Suroboyo

  15. Selamat pagi PakDheeeeeeee……………………
    aku udah handukan kok, jadi gak basah lagi……………. hehehe……
    salam

    jadi nggak tertangkap donk
    selamat pagi mbak, sudah masak kok ngeblog saja…

  16. nDuk says:

    Biasanya bakalan bonyok kalo dah tertangkap basah Dhe. :D. Jadinya begini “sudah tertangkap basah, ditonjokin lagi” :D

    iya..sekarang kalau cari barang bonyok gampang sih

  17. Kak Zen says:

    PakDhe pernah tertangkap basah gak? :D

    pernah,waktu SD-saya jujur kok
    gini ceritanya
    saya lagi mandi di Sungai Brantas bersama teman2, mudho blejet…wong masih kecil
    tahu2 bapakku datang sambil membawa potongan kayu kelor…
    tertangka basah deh…..
    pasti ada mata2 yang laporan ke bapak
    soalnya saya anak tunggal dilarang keras ini dan itu…
    emak protektif banget…
    salam

  18. Munir ardi says:

    saya mampir disini lagi pakdhe mau baca secara serius

    silahkan mas, kalau mau cappucino dan gorengan tempe-tahu ambil sendiri di kantin sebelah yaa

  19. anna says:

    basah basah basah….

    Lho kok malah dangdutan yaa? :)

    Basah hati ini
    Basah jiwa ini
    Bagaikan mandi maduuuuuuuuuuuu….

  20. Ifan Jayadi says:

    Penjelasan diatas sangat jelas. Tapi terkadang sulit untuk diterapkan di lingkungan sekitar kita karena berbagai faktor dan lain sebaginya.

    langsung gebuk ya mas
    jangan ach……

  21. Mawardi says:

    Tertangkap basah konotasinya memang negatif ya pak de?

    Iya mas..walau mengambil uang di dompet bokap he he he he…

  22. wardi says:

    tertangkap basah ternyata tidak enak apa lagi langsung digebuk masa

    malu komplikasi benjut mas ha ha ha ha

  23. Epenkah says:

    ketahuan pas lagi ngangkat tv di rumah orang, waktu diteriakin maliiiiing, eh karena ketakutan si maling malah kecebur ke kolam.. ini asli ketangkap basah Pakde hehehe :-D :-D

    benar sekali, kuyup sak TVnya

  24. Cyber Katrox says:

    Mampir sambil baca2, info yang bagus.
    Makasih Pakde atas infonya.

    sama2 mas