Kursus Singkat SEO

Atas prakarsa Inge, semalam bertempat disebuah resto di Surabaya Town Square (Sutos) beberapa blogger mengikuti Kursus Singkat SEO (Kursing sing sing SEO). Kursus yang berlangsung sekitar 3 jam ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan para  blogger guna mengoptimalisir blog mereka agar mampu bersaing dengan blogger sak-dunia.

.

.


Peserta Kursus mejeng sejenak

.

Menurut Inge, peserta kursus seharusnya berjumlah 23, namun karena banyak yang minta ijin untuk menghadiri acara mantenan maka yang hadir hanya sekitar 8 orang, itupun dipotong 3 orang sebagai pembicara. Kursus SEO ini menggunakan metode diskusi saur-manuk alias siapapun boleh bertanya dan menjawab tanpa dibatasi materi dan waktu.

Mas Beny Kuncoro yang pakar menggaet pengunjung memberikan tips and trick seputar penggunaan perangkat lunak , sementara Fanda menambahkan materi How to run online business. Kang Yayat didaulat untuk bertutur tentang prospek Google adsense dikaitkan dengan rencana pemerintah mengurangi subsidi untuk bahan bakar premium.

Kursus tanpa bayar ini juga diselingi light dinner dengan menu gurami goreng non balet, kepiting, ca kangkung,  a couple of  spicy chicken wing, kacang godok, gurami saus tomat, sate kelapa dan lain-lainnya. Inilah rekaman lensa suasana kursus yang full ger-geran dan gayenk.

.

Fanda selalu mencermati setiap pertanyaan dari peserta kursus, didampingi Inge selaku EO.

.

.

Mas Beny menjelaskan bisnis barcode sambil ngemplok ta’jil kacang godok

.

SEO Short Course

.

Kursus SEO dalam kemasan sederhana dan penuh tawa

.

.

Kang Yayat (tidak tampak) menjelaskan panjang lebar tentang Google adsense

(heuleuh…heuleuh…..kapan makannya Kang )

.

.

Ibu Lelly Kurniawati menjelaskan tehnik memotret dengan kamera handphone

.

Menurut rencana, acara semacam ini akan digelar minimal 6 bulan sekali. Pada episode yang akan datang Inge sudah berjanji akan menjadi keynote speaker dengan topik  Kaya walau tak punya apa-apa. Sementara Yuniarinukti akan membeberkan Cara cerdas komputer dan laptop.

Bagi yang berminat silahkan mendaftarkan diri kepada Inge.

Mbak Fanda, Mbak Inge, mas Habibie, mas Beny, Kang Yayat, mbak Lely, Mbak Yuni terima kasih atas kebersamaannya semalam. Sungguh,  acara yang dikemas secara sederhana ini sangat membahagiakan dan menjadikan hidup saya semakin berwarna-warni.

Erwin, Andi dan Inoel  – seandainya malam itu anda hadir tentu acara ini akan semakin wah..wah..horeeeeeeeee !!

.

.

 

67 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. inge says:

    Huik….
    enam bulan sekali, cihuuuuuy *cari tempat-tempat yang enak aaaaaah*
    cari sate kelopo sing bener2 kelopo :))

    jadi keynote… helug *kucekkucek mata* ndak salah kah pakdhe *kucekkucek mata lagi*
    makasi pakdhe untuk kopdarnya ^^/
    semoga dipertemuan berikutnya yang kemarin berhalangan hadir bisa ikut yah pakdhe ^^/

    pakdhe…. inge ambil fotonya yaaaaaah ^^/


    Hah..enam bulan terlalu cepa ya nduk…ya udah setahun sekali aja ya biar gak bosan
    silahkan kalau foto mau diambil…masih banyak persediaan kok

    • inge says:

      @inge, heyuuuuuh… ya ndak lah pakdhe….
      kopdar ma pakdhe mah ndak ada bosannya ^^/

      malah kalo sering2 tambah seneng… hihi


      sip kalo gitu…tunggu aja aba2 dari ogut ye………
      kapan2 kopdar dirumah aja, tak sewa pemain organ..
      sekalian menjajal kemampuan blogger menyanyi…..awas kalau gak mau menyanyi

      • inge says:

        @inge, asyiiiiiik….
        siap menanti aba-aba

        wuiz… sewa organ, sekalian Om NH aja pakdhe bawa ke Surabaya hihi
        *ingakinguk mencari blogger penyanyi*


        entar duel sama saya nduk, biar yg lain terkantuk-kantuk

        • @inge, senang bisa kenal dengan mbak Inge juga rekan lain, nambah sahabat nambah rejeki


          nambah wawasan dan nambah godokan

        • Bang Iwan says:

          @inge, Moga untuk berikutnya saya bisa ikutan….. soalnya kalau lihat foto2 ginian saya sukanya ngiler mulu…


          kalau sudah sepuh dan tanggal tua, bawaannya ngiler mulu bang….

      • yuniarinukti says:

        @inge, Nge.. jelas aja ga ada bosannya, ada gurami non balletnya sih.. haha..


        Gurami sbg icon kopdar

    • kursus seo says:

      @inge, weits mantabs Mba, smoga selalu berkesinambungan ya.

      Salam Kenal,
      Cahyo

  2. usagi says:

    Wahhhhhhhhh
    Pagi pak de
    Have a nice mondayyy
    Seruuuu ya pastinya
    Coba di adain di jakarta
    Pasti aku ikutan


    Jangan kawatir sayank…suatu saat akan digelar di Jakarta…….

  3. Abi Sabila says:

    Silaturahmi sambil menimba ilmu? wah, asyik banget tuh! Ini bagus dan menarik sekali, lanjutkan Pak! Hehehehe. Pengin ngikut sih, tapi kok ya jauh gitu ya?


    setiap kodar selalu ada pelajaran atau hikmah yang bisa kita ambil mas
    Jauh ? Darimana ? Kalau dari rumahku atau rumah Inge dekat kok

  4. inge says:

    Pakdhe…

    foto kang Yayat dan Bu Lelly keren euy… hihi….
    pas banget yang diphoto… ^^/

    ihir komentar pertama *geal geol*


    Kang Yayat kan emank jago acting dan photogenic ha ha ha ha….

    kang Yayat kan emank jago acting…

  5. Nandini says:

    kok isyooo pakde ketemu rame2 ga ngajak aku lho…

    Selamat pagi pakde sayang… salam sayang dari Jogja..


    saya sebetulnya mau mengundangmu sayank
    tapi kawatir peserta yang lain girap-girap melihat rambut dan wajahmu penuh debu gitzuuuuuuuuu….hiiiiiiiiiiiii….
    kok isyooo..berminggu-minggu gak kramas….

  6. nakjaDimande says:

    aku mau undang kang yayat dan mbak Leys jadi pembicara di Bukittinggi
    klo Pakde gak usah ajah.. kata Bunda, pakde orangnya bisanya ngerepotin dowang
    xixi..


    yaaaa…kok diskrimisego sih…
    aku icuuuuuuuuuuut….janji gak akan ngrepoti
    saya tak bawa kursi, piring,gelas, sendok-garpu, tisue dan makanan sendiri deh
    tolong bantu hotel ama transportasinya aja…please
    aku kangen tenan ki………
    bundo iku memang minta tak antemi kok..senengnya menyebar pitenah

    • @nakjaDimande, aku setuju sangat dgn Bundoku sayang……..
      selain ngerepotin , nanti Pakdhe juga gerecokin, maklum khan dah sepuh gitzuu…….Bun…….. haahaha…… nanti
      minta tolong bacain lah, krn lupa bawa kaca mata, minta tolong ngetes makanan lah, takut gak cocok nanti diare…………
      waaaaaaaaahhhhhhh……..pokoknya bakal repot kita berdua nanti nya Bundoku………
      salam


      minta kerokan segala biasanya

  7. tseful says:

    acaranya di surabaya yah…jauh tenan…lah wong aku di jakarta…….
    menyapa selamat pagi ajah deh…pakdhe…eleh..eleh…kagak nyambung…


    kapan2 digelar di jakarta deh mas

  8. arkasala says:

    ha ha bisa aja PakDhe mengemas ceritanya.
    Btw semalam leys bisikin ke saya, habis pindahan kelar boleh juga tu pak diadain lagi semalam, biar kami yang ngundang ya Pak :). seneng banget dia he he
    @Bundo : makasih-makasih … siap Bundo ;))


    ayiiiiiiiiiiik, tapi acaranya dirumah baru aja kang, siang hari
    kan ada taman yang luas dibelakang rumah baru tuh kang
    yg masak juga mbak Lely dan akang saja…salad solo digabung karedok ciamis kan gayenk banget tuh….
    siap2 beli baju ach ach..biar macho dan macan….

  9. Ikkyu_san says:

    waaaah hebat!!! dari blogger untuk blogger oleh blogger. Di Surabaya ya? jauuuh hehehehe


    Kayaknya lebih dekat daripada Tokyo deh say

  10. ajengdewie says:

    wah, asyik banget habis kursus dan makan2.. :)
    Have a nice monday ya pak dhe..


    ilmu dapat, gurame juga dapat, thank you honey

  11. Lidya says:

    kapan kursusnya diadakan di bekasi pakde? pingin ikuuuuut


    Akan diatur Inge kok

  12. Fanda says:

    Jiaaah…fotoku udah beredar disini… Makasih banyak Pakde, kesempatan buat belajar. Sebetulnya aku bukan pembicara, malah aku yg dapet banyak ilmu kemarin. 6 bulan sekali? Bolehlah..sekalian ngasih kerjaan EO-nya tuh, jangan boleh telat lagi dia! hehehe…


    Sip nanti kita atur lagi dengan peserta yg lebih banyak ya

    • inge says:

      @Fanda, ampuuuuuuuun mba’… maafkan daku salahkan hujan *loh?*

      siaaaaaap, besok2 semoga ndak telat lagi… amiiiiin *komatkamit baca mantra tolak bala, huik*


      yg penting acara dah lancar nduk

  13. Blogger Java says:

    Meskipun pesertanya sedikit, tapi ramai juga ya…? hehehe….


    ya maklum yg kami undang pakar2 semua mas

  14. advertiyha says:

    wah serruuuuuuuuuuuuu….
    saya nungguin undangan yang di Galaxy ah.. :)
    siap2 pesen baju bagus, mau ikutan tampil nyanyi, hahhaha…
    *kalo saya nyanyi, yang denger langsung mules n sakit kuping*

    salam sayang merah jambu dhe, kiss..kiss…


    iya deh entar diundang…..kalau saya emank suka penyanyi yg suaranya auwt2an kok….

  15. Senang mendapat kesempatan bisa jumpa Pak Dhe Cholik secara langsung kemarin malam, hangat dan bersahabat, trims pak dhe kacang godog nya :)


    nggak dilanjutkan makan jagung godok di wonokromo mas ?

  16. aryadevi says:

    enak betul, sambil belajar…dilanjutkan makan-makan enak….enak beneeer……otak jadi terisi perut juga jadi kenyang.

    lahir-batin terisi ya mas

  17. IbuDini says:

    Pengen ikutan PakDe…
    Sepertinya Menunya yang mengudang selera…


    bener…sampai netes2 nich air liur

  18. nchie says:

    enak banget. .pakdhe ga ngajak2 *ngiri* nih hihii…
    kali-kali ke Bandung donk dhe,kapan yaa..Ntar aku ikutan ya,..
    awas kalo ga ngajak *ngancem*,bilangin budhe lo..hahaahah..


    saya memang sering ke Cimahi-Bandung karena mertua tinggal di Cimahi
    aduh senengnya ada yang mau ngajak makan2…makasih lho jeng….

  19. kang ifin says:

    wah enak jg klu kursusnya ada cemilan pakde… hehe
    tpi yg penting ilmu SEO’ny itu lo yg pengen…


    makan juga penting mas

  20. nh18 says:

    Ini kopdar yang tidak biasa …
    Mantap ini

    This is the beauty of Blogging

    Salam saya


    Benar oom, ternyata Inge memang pandai nyusun acara

  21. wah, saya juga kepengin ikutan, dan memang pengen ngerti SEO… :D


    SEO memang perlu daripada SOS mas

  22. kopdarnya lain dari yang lain ya Dhe………
    heboh banget kayaknya ………….. keren………….
    lebih mantap, dapat ilmu, dapat makan juga ….
    salam


    Ini Inge yang atur agendanya mbak, kami yang tua2 ya manut saja

    • prima says:

      @bundadontworry, Hmmm…kopdar yang plus manfaatnya…semoga kapan2 bisa ikutan.. :)


      sip bro

      • @prima, yuk, Prima kita berbondong2 ke Surabaya, menyerbu ilmu disana …..
        salam

        bawa bekal2 sendiri2 lho

        • hiiiigh……………ketauan bangetz sih pelitnya………..
          aku kan paling cuma minta beliin rawon, soto ambengan, ayam goreng pemuda, sop konro, dowang
          minumnya paling cuma es cendol, es dawet dan es jeruk thok……………….hehehe……………………………………………..
          salam

  23. Sarimin says:

    sip pak…


    piye kabare mas-saya lama gak main kesana je..

  24. Kapan nih Jabodetabek dapat giliran?


    Tergantung kang Yayat sama Inge mas, kalau kami disuruh berangkat ya oke

  25. kapan diadakan di smg dhe biar lebih gayeng lagi


    Insya Allah tahun depan, soalnya kami baru saja tour de Jateng kan mas

  26. sibair says:

    mau dong ikut di ajarin SEO pak :(


    mari kita belajar sama2

  27. genksukasuka says:

    muantap
    pengen tuh ngikut.. :)


    yuk mas ikut

  28. lovepassword says:

    Wah mantap…kursusnya…sambil makan-makan pula..Pasti mak nyuss….


    maknyus sekaliiii

  29. marsudiyanto says:

    Ngerti ono koyo ngono kan aku melu dodol koran Dhe…


    kapan2 kita gelar lagi mas

  30. fendik says:

    Pak Dhe, maaf tidak nyambung dengan postingan, cuma mau mengucapkan terima kasih tali asih sudah sampai di sekolah.. Salam hangat dari Jombang… :)


    sama2 mas-semoga bermanfaat

  31. blue diajak kenapa kang.hehehe
    salam hangat dari ble


    gak kenapa-kenapa blue, hayuk kapan2 ikut

  32. akhmad fauzi says:

    Sugeng sonten pakdhe


    sugeng enjang mas

  33. yuniarinukti says:

    Waduh.. siap-siap dapat tugas ngisi seminar nih… :D
    Kang Yayat, kalian cerita tentang SEO aq masih ga nyambung… kapan-kapan ulangi dari awal lagi ya crita tentang SEOnya…
    klo perlu pke microfone donk, jangan bisik-bisik tetangga… :P


    privat les saja nduk

  34. Kakaakin says:

    Wow… seru banget…
    Ada pejabat EO baru juga :D


    maih gress

  35. eserzone says:

    Asikya kalau bisa sharing seperti itu? Saya untuk bertemu rekan blogger belum pernah sekalipun


    suatu saat bisa bertemu sahabat di darat

  36. casrudi says:

    Pak De, menarik sekali acaranya… saya daftar untuk ikut serta di 6 bulan ke depan… :)

    Ingeeeeee-catat

  37. dedekusn says:

    Ikut seneng Pakde… acaranya seru banget

    iya bang, kami sempat kejar-kejaran segala sampai orang2 mlongo melihat kami

  38. Syilla says:

    Hebat euy kursus nya…

  39. Pengen ikut ah, SEO selalu menarik jika ada acara spt ini lagi, saya minta dicontact by email yach pak admin. terimakasih.

  40. andinoeg says:

    Padahal udah pengen ikut tapi…., hiks..

    Lain kali bisa ikut

  41. gsmfaster says:

    nice info………..gan

    thank you gun