La Lumpangen de Lambe Q

LumpangenSelain La Inet di Lemote, ternyata ada gangguan lain yang membuat saya malas ngeblog, yaitu La Lumpangen de Lambe Q. Nah, sahabat pasti banyak yang belum tahu apa yang disebut dengan gangguan La Lumpangen de lambe Q ini.

Kemarin siang, daerah mulut sebelah kanan atas terasa agak nyeri. Saya mengira ada jerawat disana. Tetapi setelah saya raba, diantara kumis yang semrawut itu tak ada bintil atau benjolan. Lalu bibir saya obok-obok bagian dalamnya. Ooo..ternyata disitu yang terasa agak nyeri.

“ Mau sariawan ituuuuuu”, kata Ipung.

“ Jange Lumpangen ikuuuuuuu”, kata emak.

Nah, lumpangen atau sariawan itulah bahasa mledisnya La Lumpangen de Lambe Q.

Pernahkah sahabat terserang La Lumpangen de Lambe Q ??

 

73 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. hahahha, bisa aja ni kosakatanya :))

    hasil olahan sy mas

  2. chocoVanilla says:

    Pernah Pakdee, tapi jarang banget :D
    Moga cepat sembuh ya, Pakdee….biar nikmat makan apapun yang ada :D

    saya juga baru kali selama 61 tahun ini
    matur nuwun

  3. Orin says:

    Maem rujak Pakdhe, biar sariawannya ga jadi hihihihi

    plus es degan kan?

  4. IbuDini says:

    Salam, Pagi De…hmmmm sepertinya aku datang kemari kepagian. Kelihatan kalau orang gak ada kerjaan hehheheh.

    Wahhh lagi Sariawan ya De, kalau sariawan gitu biar ceper sembuh katanya makan bakso yang pedes De..heheh kalau habis baksonya tandanya lagi doyan bakso hehehhe. * maaf * , tapi itu emang kata banyak orang De.

    Aku jarang kena La Lumpangen de lambe Q, tapi ngomong2 itu bibir seksi kali De.

    Cepet sembuh ya De

    trus nyanyi lagunya Oma itu

    Mati aku ayahku tahu
    aku sedang pergi bersamamu
    Mati aku ayahku tahu
    aku menggandeng tanganmu

  5. Bang Iwan says:

    Emang gitu PakDe,… kalau kumis suka semrawut…

    padahal sudah tak jambul pakae gel yang extra strong itu lho

  6. nia/mama ina says:

    Pernah sariawan, makan sambel yang pedess biasanya langsung sembuh hihihihi…….

    (beli obat sariawan aja pakdhe….tinggal diolesin biasanya 1-2 hr langsung sembuh)

    habis makan sambel pedes plus ayam goreng penyet baru diolesi obat gitu kan…..?

  7. Lidya says:

    istilah baru buat saya nih pakde. btw pakde sariawan kurang vitamin C ya Cium hehehe minta ipung

    halah…kalimat ini sesungguhnya mencerminkan suasana hati penulisnya…

  8. LJ says:

    klo mamih tuh rajin minum jus tiap hari, mangkanya gak pernah sariawan.. :P

    cepat sembuh Dhe.

    harusnya begitu ya bu dokter
    ini makan bakso ama tahu thex mulu je…
    matur nuwun

  9. entik says:

    suami saya sering banget sariawan. Sekarang lagi sariawan 2 di bibirnya, guede-guede pulak, ampe ndomble hehe..
    minum teh rosela anget bisa mengurangi perihnya lho pakdhe..

    kalau gemes sama suami ya mbok sedikit di rem tho nduk..
    di bablasno ae…yo sakit donk ach…..

    • entik says:

      saya udah ati-ati pakdhe…, tapi ya itu, sariawannya tetep datang tanpa diundang ;) hehe…

  10. Blogger Java says:

    Kalau lumpangen pernah Pakde, terus kata teman-teman obatnya ada yang menyarankan pakai ABOTIL dan banyak makan buah yang mengandung vitamin C.

    abotil bisa diganti obat lain kok..gak kuat pedihnya
    kalau di dengkul sih kuat kaleeee
    tapi di bibir dalam yang lunak pasti jengking2 tuh…..

  11. amela says:

    dulu sering dhe,entah karena kegigit, kesodok sikat gigi, atau panas dalam
    , sekarang alhamdulillah jarang.

    sudah gak ada yang gigit tah ???

  12. nchie says:

    hahaa..whuahaa.. pakdhe bissa ajja..
    aku nih sekarang kaya gitu sariawan tapi gusi bengkak2..
    gara2nya ada yang ngirim kripik Ma icih level 10
    woalah,enak sesaat udahnya sakkkiit ampyun deh.a ke sakit gigi,haduhh sakit..
    jadi lariny

    yang bumbunya dari balsem itu yaaaaa? ha ha ha ha
    rakus gitu sih…..

  13. dey says:

    pernah Pakdhe .. jadi gak enak makan ..

    ithik-ithik tetep gayeng kan ??

  14. yuniarinukti says:

    Pakde diolesi mangga kecut aja, biar tambah perih..

    sekilo cukup nduk ?
    aku baru panen mangga lho..

  15. Book n book says:

    hahahahaha…hihihihihi….. Pakdhe, Pakdhe….
    Itu istilah kedokteran baru ya, Pakdhe? :D

    saya kan sempat belajar 3 bulan
    trus saya keluar karena dimarahi sama ketua jurusan gara-gara saya tanya” kalau mau jadi dokter kulit dan kelamin syaratnya ,pak?”. Lha kok saya malah dimarahi” Edan, baru selesai ploncoan tanyaknya macam2..belajar dulu yang beneeeeer”

    • Dewifatma says:

      Masih untung Pakdhe sempat belajar 3 bulan. Aku masuk kedokteran gak lulus je… Nangis 40 hari 40 malam deh….. :(

      mana ada dokter giginya gingsul
      entar pasien pada takut..dikira drakula mantu…

  16. dhila13 says:

    emm.. pernah mungkin ya pakde…

    mungkin nduk

  17. hahahaha, besok2 kalo dhe sariawan pake istilah itu juga ah, ada-ada aja si Pakde..

    banyakin minum air putih de, biar segera gk lumpangen lagi.. :D

    iya tadi sudah nduk
    tak tambahi bakso urat sekalian…
    kenyang banget

  18. bangauputih says:

    langganan translate suami saya banyakan dokter kulit ama gigi. klo suami saya sariawan (sering) disuruh bli ABOTIL di apotik,
    moga lekas sembuh pakdhe, biar bisa ngakak enak lagi

    lho
    kalau gak salah, gigi itu gandengannya dengan mulut, makanya disingkat gilut
    kalau kulit kalau gak salah gandengannya dengan kelamin tuh nduk….maka ada dokter ahli kulit dan kelamin
    (gak nyambung babahno tah…)

  19. bangauputih says:

    btw, PR nya dah balik ke 4 lagi yah pakdhe, selamat! semoga ga turun2 lagi

    iya, saya baru tahu kemarin tuh, setelah menggelar BRC PR malah naik, tapi alexa mlorot

    • Lyliana Thia says:

      oot, Pakde knapa yah Alexa melorot nggak jelas gitu yah Pakde…?
      nggak tanggung2 saya dari rank diatas 500, skrg diatas 1 juta… hahahaha,… *au ah gelap*

  20. nh18 says:

    Itu mungkin juga karena panas dalam Pak De …
    Minum larutan penyegaaarrr …

    Semoga lekas sembuh ya Pak De …

    Kemungkinannya sangat kecil oom kalau panas dalam
    Soalnya saya kalau tidur mangap sehingga udara ac yang diingin pasti katut kesedhot
    Kalau dingin dalam sih iyaaa
    Kalau panas dalam kayaknya hil yang mustahal…wong saya nyedhot ac
    jadi lebih baik minum larutan penghangat

  21. nh18 says:

    Kalau Bibir … Lidah … ? Alhamdulillah … saya tidak bermasalah … saya jarang Sariawan …

    Tapiiiiiii …
    Gusi dan Gigi …
    Naaa itu … ituuuuu …

    (tak usah diperpanjang … nggarai linu-linu kabeh …)

    Hahahaha
    (saya sudah bisa tertawa nih pak De …)

    Salam saya Pak De

    Kok bisa di gigi..emangnya giginya dibuat dari apa oom kok methel dan bisa lumpangen??
    …upppsssss

    • Dewifatma says:

      Ketawanya jangan lebar-lebar ya Om..
      Nggak tega liatnya…. :D

      • nh18 says:

        Aaarrrgghhh …
        Benci …
        Benci …
        Benci …

        Tutup muka
        Nggigit Bibir …
        Lari njinjit ala Tessy …

        :)

        Saya tadi sudah menahan diri untuk tidak membahas soal ini lebih lanjut lho oom
        Namun entah mengapa setiap mendengar kata “gigi” kok rasanya terangsang mendiskusikannya

        • nh18 says:

          HUahahaha …
          Untuk kesekian kalinya …
          Aku ngguyu maneh …
          You make my day Pak De …
          You cheer up my day …

          Terima kasih Pak De

          Salam saya

          kan nggak boleh bersedih lama2 oom

    • Lyliana Thia says:

      Ada apakah dengan Om NH dan gigi geligi… *penasaran*
      dari kmrn2 pasti deh si Om disindir2 masalah gigi nih…

  22. mulyani says:

    De…makan Ikan Asin Pedas Manis buatanku ini pasti sariawannya sembuh De….

    tambahi mi bakso ceker pasti makin syuuur

  23. Cepet sembuh ya De…

    Bibir seksi itu sapa yang punya De…* kaburr *

    adaaaa ajah…
    matur nuwun

  24. arifin ahmad says:

    kalau lumpangen ya pernah to pakde.. :)
    biasanya yg sering karna ke-gigit…

    makanya kalau pacaran jangan seru2 tho mas
    caplok2an kok sampai tergigit gitzuuuuuu

  25. Walah saya sudah langganan lumpangen, pakde. Yg sering ke gigit, tp minum aer tomat jg cpt sembuh hehe

    bener nih, kasih es dan pisang goreng 3 biji pasti pas yaaa

  26. Wech Pakde jadi ahli bahasa ilmiah ya sekarang :)

    Tapi Pakde belum tahu kan, itu obat mujarabnya ada di Palembang lho…

    *Pssstttt….obatnyo nyirup cuko, hehe…

    bener bu dokter, Ipung juga bilang begitu
    sebelahnya sekalian disiiapkan kapal selam, lenjer dan yang isi pepaya itu lho..sadaf bener

    • Boleh-boleh, sekalian jadi sporter SEA GAMES ya Pakde bulan depan ;)

      sip- tak nyelengi dulu
      saya dulu suka makan di RM Mahkota yg dekat Ilir Barat Permai itu. Ada ikan saluang yang gurih

  27. Elsa says:

    Hahahahaa….kayaknya yang dari luar jawa ngak bakalan ngerti tuh la lumpangen de lambe tadi Pakdhe….
    dikiranya istilah dari spanyol atau portugis kali

    Makanya saya expose biar terkenal jeng

  28. Mama Kinan says:

    selamat siang pak dhe…semoga pak dhe selalu sehat dan bahagia…biarpun sedikit lumpangen…alias sariawan..
    saya juga lagi sariawan nieh pak dhe….penyakit menahun * maksudnya penyakit sariawan ini sering melanda….dan kambuhan yang selalu saya derita..saya sampai heran sama kawan dan ayah kinan yang hampir tidak pernah merasakan sariawan dan tidak tahu bagaiamana rasanya sariawan itu..sampai tak percaya saya..masak iya nggak pernah sariawan…heran..heran….
    hmm saya biasanya kasih madu aja pak dhe didaerah yang lumpangen itu..atau kalo lagi sebel lumpangennya gueedeeeeeeeee saya kasih garam atau sambel aja sekalian biar pedih..tapi abis itu cepet sembut * dont try this at home yah pak dhe..itu suggestion emak kinan yang nggak genah aja..
    nikmatnya sehat yah pak dhe kalo merasakan derita sakit sariawan…*lebay lagi..
    ok pak dhe komennya kepanjangan…* kabooooooooorrrrrrr dulu takut ditimpuk pak dhe pake sepatu…

    orang sariawan itu nelan ludah saja sakit
    apalagi mbaca komen panjang kayak gini
    sengaja kan..sengaja kan..biar tambah senut..senut
    sambal trasi itu sekalian dengan irisan timun, tahu ,lontong dan kikil serta kuluban kangkung atau bayem kan……

  29. Mama Rani says:

    Pakdhe ini ada-ada aja istilahya :D
    Btw.. La bookreviewconteste de sudahditutupe ya? qiqiqiqi

    sudah donk say
    kemarin malam-pas nonton sepakbola

  30. Inda Rozalia says:

    Pernah dheee.. Paling sering gara-gara tubrukan sama sikat gigi.. hehehe..

    Trus krn ga sabaran (lama sembuhnya) biasa saya pake albotyl. *bener ga yah tulisannya? :D Nyeees… Tapi hbs itu jadi enakan..

    katanya pedihnya bikin njengking2 ya nduk…
    kalau di dengkul sih pedih gak apa2, lha bibir dalam apa gak semaput tuh

  31. Puji Irwanto says:

    kalo saya sering tak olesin garam pakde. Perih rasanya tapi terasa khasiatnya. Pokoknya jos tenan

    garam dapur, garam produksi atau garam Inggris mas ?

    • Dewifatma says:

      Pake garam Indonesia aja, PAkdhe. Kejauhan beli di Inggris :P

      di toko koperasi kedutaan inggris mungkin ada
      entar tanya Iyha

  32. Pakde Cholik says:

    Setelah saya kumpulkan, maka obat sakit La Lumpangen de LambeQ antara lain sebagai berikut :

    I. Obat Oles

    - Oles garam
    - Abotil
    - mangga kecut

    2. Makanan dan Minuman’

    -bakso pedas
    -rujak
    -sambal pedes
    -vitamin C
    -jus buah
    -teh rosela
    -air putih yang banyak
    -larutan penyegar
    -ikan asin pedas manis
    -air tomat
    -nyirup cuko Palembang

    Para sahabat belum ada yang menjelaskan, apakah obat itu dimakan sekaligus atau 3x sehari.
    Kok kenyang banget ya kalau sekaligusssssss….

    Mungkin urut-urutannya begini ( kaleeeee)

    - Larutan penyegar
    - yang pedes2 dulu (bakso,rujak, sambel)
    - yang kecut2 ( cuko Palembang, mangga muda, air tomat, singlet bekas,kaos kaki usang)
    - yang manis2 : jus buah, teh rosela
    - yang asin2 : garam, sarung butut, sprei
    - yang tawar : air putih setengah galon

    ” Jika belum sembuh, hubungi dokter~ Jangan dicoba di rumah, tanpa saya dampingi”

    Terima kasih sahabat.

    • Mama Kinan says:

      hehehe…ijin copas untuk obatnya pak dhe..pak dhe ini sungguh kreatif..jadi aku nggak perlu browsing lagi “medice for LUMPANGEN” di mbah google..:)

      dilaminating terus kasihkan bagian personalia jeng

    • bangauputih says:

      ngakak abis baca komen pakdhe (emang klo sariawan masih napsu makan/minum segitu buanyak?????
      bener-bener deh

      kayaknya sih gak berkurang walau langsung ditelan tanpa dikunyah nduk

      • entik says:

        rangkuman obat lumpang yang komplit…
        saya juga ga bakalan nyoba kalao ga didamping pakdhe.., takut salah dosis hihi….

  33. susisetya says:

    wah saya baru tahu pak kalau sariawan ada bahasa kerennya…:D, saya sich lumayan sering kena sariawan apalagi kalau lagi sering makan yang pedas-pedas..

    tapi nggak pernah kapok ya jeng
    makan terus yang pedas2 itu kan

  34. Aquidea says:

    Biasanya saya minum air jeruk nipis Pakdhe :D …. Salam kenal ya Pakde… lumpangen juga punya bahasa keren juga ya….

    terima kasih kunjungannya
    memang, bahasa di BlogCamp ini keren2 kok
    Tim kreatifnya emank tamatan SAB Sekolah Aneka Bahasa) di Eximo sana

  35. terakhir sariawan pas puasa ramadhan kmrn, pakdhe.. karena kurang minum air, abis diterapi minum air putih banyak2, jadi lumayan sembuh, ehehe… :D

    syafakallah yaa, pakdhe.. ^^

    saya termasuk yg kurang minum air putih
    matur nuwun nduk

  36. Kakaakin says:

    Semoga lumpangen-nya cepat cembuh, Pakdhe.
    BTW, lumpangen ini apa hubungannya dengan lumpang ya, Pakdhe?
    Apakah asal katanya ya?

    Asal katanya Lumpang, alat untuk menumbuk padi,dll.
    Kalau panjang disebut lesung.
    Lumpang juga bisa untuk menumbuk kopi.
    Kenapa disebut lumpangen ?
    Karena lidah ,bibir berlubang kecil ketika sariawan
    Nah kalau semuten, artinya krinying2 kayak di dengkul kita atau kaki kita di kerubuti dan di ithik2 semut sak-pirang2

  37. Baha Andes says:

    lambene seksi euy…

    itu lambeku waktu SMA mas

  38. kumpulnet says:

    kirain ada kuis nebak pemilik bibir yg sensual :)

    bibir siapa hayooo?

  39. red says:

    saya seringnya jerawat di sekitar bibir nih… sariawan kapan datangnya yah? :lol:

    pengin tah mas?
    enak kok

  40. Nyach says:

    saat baca pertama La lumpangen de Lambe Q saya kira bahasa kanada atau brazilia, setelah tiga kali baca baru jumpa dengan sariawan alias panas dalam.
    Pak Dhe maaf baru nyangkut kesini.
    Salam BW

    selamat datang di BlogCamp
    terima kasih

  41. cocolin cabe rawit pakdhe, biar nyus….

    langsung mangaaaap terus yo jeng

  42. Mantap,,, saya benar-benar suka sekali postingan blog ini.

    Salam Hangat
    dari
    Desa Ciburial

  43. asti says:

    Wkwkwkwkw……. lucu…lucu…. dapat tambahan kosa kata baru nich,,, hehehehe
    Iya Q juga pernah mengalaminya, Tapi segera diatasi dengan yang asam2,,, misalkan saja wedang jeruk nipis. Heemmm,,, enak….

    sip-tambahan resep nich
    thanks ya nduk

  44. Lyliana Thia says:

    Sariawan itu emang penyebabnya sering nggak diketahui Pakde…
    salah satu yg sering jd kambing hitam adalah stress…
    apa Pakde lagi stress kah? heheheh… *pasti nggak ya?*

    tapi, semoga lekas sembuh ya Pakde… ^_^

    Insya Allah tidak stress bu dokter,wong tiap hari ngakak terus membaca komentar para sahabat kok
    Sudah mulai berkurang nyerinya
    kayaknya kesodok sikat gigi
    emank salah saya sendiri sih, sikat gigi ambil menyanyi “aku bukan pengemis cintaaaaaaaaaaaaaaaa….”

  45. Saya nggak pernah PakDhe, tapi sekarang sedang mengalaminya mana jadi kegigit mulu…biasanya sih karena panas dalam akibat kebanyakan makan gorengan… hehhehehe

    jangan sering2 makan penggorengan nduk
    panas..panas….hotzzzzzz

  46. saya juga pernah ngalamin sariyawan,,biasanya akibat kekuranagnn air,,jadi kalo lagi sariawan banyak banyak minum,.

    sip-sudah sembuh sekarang

  47. Wawan says:

    hahahahaha…baru baca judulnya aja saya ngakak pakdhe.

    sampai mbrebes mili kan….