Parikan Jula-Juli Suroboyo

ParikanParikan adalah sejenis pantun berbahasa Jawa.

Pada pagelaran ludruk, penari Ngremo dan atau pelawak melantunkan kidungan/tembang dengan aneka parikan yang isinya berupa guyonan, sindiran atau ajakan untuk berbuat kebajikan.

Parikan pada umumnya terdiri dari 4 bait, bait pertama dan kedua berisi kalimat biasa sedangkan bait ke-3 dan ke-4 biasanya diisi dengan kalimat apa yang hendak dimaksudkan oleh yang ngidung.

Ngidung yang diiringi gending Jula-Juli ini nada dan iramanya bisa di dangdhutkan atau di Jaipong-kan sehingga suasana menjadi semakin gayeng.

Beberapa contoh parikan seperti dibawah ini.

Parikan Asmara  (nuansanya lucu)

Wetan banyu kulon yo banyu

arep nyabrang gak onok praune

Wetan ayu sing kulon yo ayu

Tak sawang-sawang podo lemuneeeeeeee

.

Numpak prau menyang Palembang

Numpak getek  lewat Kenjeran

Bojo ayu nek sore ilang

Bojo elek bosen gegeran

.

Nandur tebu di ketok-ketok

Nandur telo ning mburitan

Golek mantu gak ndelok-ndelok

Morotuwo di ajak dangdhutan

.

Parikan Asmara ( nuansanya patah hati)

Sewek parang klambine ijo

Dipeniteni nok nduwur dodo

Tiwas nyawang gak dadi bojo

Aluwung mati gak opo-opo

.

Esuk nyuling sore yo nyuling

Sing nyuling arek Suroboyo

Esuk eling, sore yo eling

Sing dieling-eling ora rumongso

.

Parikan Asmara (nuansanya sindiran)

Amit-amit wak Kaji Ali

Duwik selawe kok njaluk susuk

Amit-Awit prawan saiki

Budale sore mulihe esuk.

.

Parikan ajakan untuk berbuat kebajikan

Ali ali tumumpang kasur

Elingono larang regane

Ojok lali karo pahlawan sing gugur

Elingono akeh jasane.

.

Bagi yang ingin terjemahan parikan silahkan ketik : REG/YuniariNukti/Translate —-> kirim ke 238 (tanpa sedhot pulsa lho)

Parikan Juli-Juli Suroboyo enak dinikmati kapan saja.

 

32 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. fahrizi says:

    Jadi inget paparikan.. Kalau ga salah kalau paparikan itu puisi sunda… Ga jauh beda kan pakde? Sama sama puisi :)

    Salam hangat pakde.. ;)

    bahasa g4ulny4 ” beda tipis”

  2. Baha Andes says:

    Parikan Asmara (nuansanya sindiran)
    Amit-amit wak Kaji Ali
    Duwik selawe kok njaluk susuk
    Amit-Awit prawan saiki
    Budale sore mulihe esuk.

    Lagi kerja nang pabrik shift sore pakde…

    zaman siki wis ga pada kenal parikan kenalnya ama ayu ting-ting dan para konconya.

    Kalau ngasih sambutan saya suka nyelipkan parikan lho mas
    misalnya:

    ” Nandur klopo nok pinggir jumbleng
    wong sak Surobyo meteng bareng “

    atau

    Ngetir cagake, kenek temboke
    Ngesir anake, kenek emboke

    • kakaakin says:

      Itu sih saya banget, kalo lagi shift malam :D
      Sering gak tidur di rumah…
      (Tapi tidurnya di puskesmas) :D

      Preman donk, prei makan ( ambil jatah pasien kan….)

    • Baha Andes says:

      bisa ae pakde euy… ngakak lagi aku

      semakin banyak ngakak, artinya mas Andes semakin sehat dan ceria

  3. kakaakin says:

    Seperti berpantun ria ya

    sudah jelas kok dibaleni sih…
    mangkel aku…

    • Lyliana Thia says:

      sama seperti kakaaki, pakde…
      yo bingung mau komen… orang nggak mudeng… hahahaa….

      yo wis gak apa-apa, tanya papa tuh

  4. Amela says:

    hahahha… parikannya pada bikin saya ngakak..
    eh, terkait komentar pak dhe di blog saya..
    tidak pakai “ini” pun tidak apa-apa, bisa pakai itu, ina, inu, anu, iti, ataupun kata-kata lain, yang penting ngelink ke tulisan saya DHe..
    sekian dan terimakasih
    salam semerbak dari Baubau :D

    Anchor text yang bagus untuk diberi link adalah kata yang digunakan sebagai keyword dalam artikel nduk.
    Nah, artikel yang akan saya publish besok menggunakan keyword “Pintar Mengaji”.
    Kalau yang di link tidak harus kata ini, itu ya sip deh kalau begitu, yg penting kan linknya mengalir kesana tho cah ayuuuuuu.
    Trims

    • Amela says:

      aaaaaaaah.. sudah tidak sabar ingin membaca..
      sip deh, saya tunggu ya pak dhe yang guanteeeeeeeng..
      xixixixi

      Insya Allah Selasa tayang, sudah saya plot jadwalnya.

  5. Ernik S. says:

    Salam kenal.., Pakdhe Cholik

    Blog Pakdhe.., blog yg sungguh inspiratif. Berkunjung kesini.., selalu menemukan hal-hal yg baru, yg bermanfaat, bisa nambah ilmu.. truss bisa juga.. ngguyu sampe kemekelen..
    Pakdhe nulis ttg parikan.. jadi ingat jaman SMP dulu.. mata pel. Bahasa Daerah.. ada tugas bikin parikan.. seruu..!! berhubung masih kecil.. jadi ga memperhatikan ciri dan kaidah penulisan parikan. Hantam kromo aja.. yg penting jadi sebuah parikan.. hihi..
    Bikin parikan bisa ikut nguri-uri kabudayan Jawi..

    Matur nuwun.., Pakdhe yg pinteeerrr…

    terima kasih atas apresiasinya mas.
    Ini blog untuk seneng2an mas jadi isinya ya santai dan full ger-2an

    • Amela says:

      iya.. sama.. dulu waktu SMP juga dapat tugas bikin parikan jawa, padahal saya orang madura.. jadi saya bukannya bikin, tapi nyalin parikan.. hehhe..
      padahal di suruh bikin versi madura pun tak bisa saya.. -,-”

      yu tulis aja tanduk majeng nduk

    • Ernik S. says:

      Lhoo.. kok dipanggil ‘mas’ too.., Pakdheee..
      Saya.. perempuan tulen.., Pakdhee..
      Ibu dari 2 anak yg ganteng & cantik..
      Matur nuwun.., Pakdhee..

      Lha avatarnya kan huruf G, tak kira singkatan dari Guanteng.
      Yo sepurane nduk

  6. Jaman dl di TVRI yg sering ada beginian hikz.
    Skrg msh ada apa ga ya?

    TVRI Jatim masih ada Kartolo Cs

  7. BOO says:

    Tak sawang-sawang podo lemuneeeeeeee <— hehehe

    ben mboten lemu nggih diet, pakdhe

    ha ha ha ha…enak lemu kok…empuk

  8. Nchie says:

    Ha..ha.. Pakdhe Parikannya bikin ketawa aja..
    Lucuu..
    *Mbayangin pakdhe lagi Parikan*
    Ngguyu..hihihi..

    parikan Ludruk emank biasanya untuk dagelan kok jeng
    ada juga sih yang ngajak persatuan

    Pring di sigar digawe galar
    di toto rapet, terus di gelar
    Najan ono bledeg kang ngampar-ampar
    persatuan kito ojok nganti bubar

  9. Blogger Java says:

    Aku suka yang nuansa lucu Dhe.

    Lho …. kok ada REG nya segala Pakde. hehehe…..

    lha mbak Yuni minta ada REG segala
    biar keren katanya

  10. Una says:

    Wkwkwkwk, ngakak sih mbah…

    yeee…prawan ayu gak pareng ngakak

  11. bangauputih says:

    nggak ngerti saya pakdhe :D
    met sore aja pakdhe :)

    met sore nduk
    gak ngerti yo babahno

  12. Bung Eko says:

    Parikan berarti kaya pantun yo, Pakdhe.
    Apakah ini kena pengaruh Sumatera atau memang orang Jawa aslinya juga punya budaya pantun begini ya? keren, saya suka yang podo lemune kuwi. Hehehe…

    • MbahKung says:

      Yo asli Suroboyo sih rek, namanya parikan,bukan pantun.
      pantun itu kalo bahasa Jawa Timur artinya padi nak
      salam

  13. nh18 says:

    Amit-Awit prawan saiki
    Budale sore mulihe esuk

    iku ronda malem pak De …

    hehehe

    Salam saya.

    satpam di mall oom

  14. monda says:

    asyik di sini bisa belajar parikan, lama2 saya jadi ngerti bahasa Jawa nih berkat pak de,
    nggak perlu reg mbak Yuni…,
    he..he… mana beliaunya ya belum muncul

    beliau masih nglembur
    nyuci kulkas dan atap rumahya

  15. Asop says:

    Hahahaha pakdhe, selama basa jawane bukan krama, saya bisa ngerti. :lol:

    syokur deh, jadi saya gak usah nerjemahin lagi

  16. Lidya says:

    ga ngerti artinya nih, pakde.
    kalau dalam bahasa sunda seperi pupuh ya mungkin

    pupuh dalam bahasa Jawa artinya obat mata

  17. Orin says:

    Hmmm….dikit2 ngerti sih Pakdhe, tapi pas digabungin kok kyknya neh bgt artinya hihihi…mau minta diterjamahin ke mba Yun aja ah :P

    gampang kok say
    pokoknya asyik deh parikanku

    ” Wajid Cililin rasane legi
    aku kangen Orin rino lan wengiiiiiiiiii

  18. mamaray says:

    muahahhaha….

    Kartolo-aaan…. :D

    Like this deh, Pakde…!

    Thank you honey….

  19. advertiyha says:

    wahhahahha,,, kok daku baru baca sih yang ini… :)
    bikinkan parikan jula juli dhe… naksir sama kata2nya… :)

    salam sayang merah jambu..
    kiss..kiss…

    Nang Suroboyo mampir Pasar Turi
    Iwak pepesan dicampur urang
    Ojok percoyo karo cowok saiki
    di ajak mlebu restoran awake mriyang

    ( gak duwe duwik blas keknya…pacaran thok gak jajan..yo kecuuut)

  20. Dewifatma says:

    Tak sms Mba Yuni dulu ahhh….

    Yuni lagi ke mbatam kok wuk

  21. Jadi ingat Gurindam, bahasanya melayu Pakde, tulis juga dech ntar biar nyaingi Pakde ;)

  22. nia/mama ina says:

    Ngga ngerti blazz….panggil mbak yuni ahhhh….

    Yuni lagi ke Londen (kulone Nginden)

  23. BunDit says:

    Hahahaha paling demen baca parikan pak…bisa ketawa ngakak2…kl diterjemahkan ke bhs indonesia bisa ilang lucunya :-)

    bener, yg khas justru bahasa Jawanya itu kan jeng

  24. Daffa says:

    Mampir bentar…wuih luengkap,ada yg lucu jg…salam kenal pakde…ono demet jenenge vampir,vampir ngono mangane getih….nyuwun sewu melok mampir,bar mampir langsung ngaleh..

    Vampir wedok rupane ayu
    Budal mlaku mulih boncengan
    Bar mampir ndadak mlayu
    Sandal jepitku digondol pisan