Dhila13 Photo Challenge: Inspirasi

Dhila13 Photo Challenge

Dhila13 Photo Challenge

Bedhes bisa hormat senjata, kamu ?

.

Bedhes Show

Seekor bedhes (monyet) dapat melakukan penghormatan bersenjata karena dilatih oleh pemiliknya. Dengan latihan secara kontinyu sang bedhes dapat melakukan kegiatan apa saja sesuai kehendak yang melatih. Dalam bedhes show yang saya tanggap di depan rumah beberapa waktu yang lalu saya melihat si bedhes mempertunjukkan kebolehannya menari topeng, belanja ke pasar, bercermin, angkat barbel dan lain sebagainya. Semua itu berkat latihan yang sungguh-sungguh plus kesabaran pelatihnya.

Jika bedhes saja bisa, tentu manusia juga bisa melakukan kegiatan apa saja jika mau berlatih.

Anda bisa bermain piano, menari balet, menulis novel, membuat gurindam atau melakukan apa saja asal mau berlatih dengan serius, sabar dan tekun.

.

Tulisan ini disertakan pada Bukan Kontes Biasa: TASBIH 1433 H di Blog Dhila13

Dhila13 Photo Challenge

 

62 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. tiffa says:

    Sy pernah nonton di TV tentang penyiksaan pelatih topeng monyet agar si monyet ini mau berdiri dan melakukan yg disuruh. Cuma kurang tahu pasti kebenarannya?!

    Pakde nanggap topeng monyet, apakah krn cucu2nya Pakde pd dateng?

    Yang disiksa pelatihnya atau monyetnya nduk?
    iye, Bella senang sekali

    • Lidya says:

      saya ada video topeng monyet, anak2 kebanyakan suka ya lihatnya tapi saya kasihan

      kasihan sama monyetnya atau kasihan kepada pelatihnya ?

    • tiffa says:

      Ralat : monyet yang disiksa sm org buat dilatih.

      Nama pelatihnya tahu nduk ??

  2. bedhes itu bahasa mana pakde?? hehe :D

    Jawa nak

    • hehe bahasa jawa dhe emang parah banget de, padahal semua keluarga dari Jawa semua.. mesti kursus sama pakde nih..

      bahasa Jawa adalah bahasa yang paling kaya perbendaharaan katanya.
      Contoh : Makan

      Bahasa Jawa

      1. Dahar
      2. Nedo
      3. Ngemplok
      3. Nguntal
      4. Nyathek
      5. Nyekek
      6. Mbadok
      7. Sarapan
      8. Mindo ( makan setelah bagun tidur siang)
      9. Njeglak
      10.Madang
      11.Mangan
      12.Nyosor

      Untuk kursus bahasa Jawa, privat, di rumah peserta. Hal2 yang dibebankan kepada peserta :
      1. Biaya transportasi dari Surabaya ke tempat peserta pp.
      2. Akomodasi minimal hotel bintang 3
      3. Biaya Transportasi lokal
      4. Oleh-oleh jika pemberi kursus pulang
      5. Selama kursus harus disiapkan snack, minuman 3 macam (kopi, teh, kacang ijo), makan.
      6. Fee : 50$/jam.

      Untuk pendaftaran ketik : OCRE kirim ke 2308

      • bangauputih says:

        dhenok pasti kapok minta privat, hehe
        mahal amat pakdhe, adain diskon buat ponakan blogger dong.
        stuju kan, dhenok?

        diskon hanya diberikan kepada langganan
        atau orang2 yang kulitnya item ” 30% discount all item”

      • Susindra says:

        Lengkaaaaaaaapppp…. pakde, teman saya ada yang pake “notol” untuk pengganti makan. Hehe…. kebetulan namanya wedhucious karena sangat suka kambing. Tak tahu akhir2 ini karena tinggal di desa bersama istri dan sering makani ayam jadi suka pake istilah notol tuk bilang makan. Istilahnya jadi chickenicious ya pakde? Xixixi….
        (komentar tdk nyambung)

        yup…bener, lupa “nothol”
        terima kasih sudah diingatkan

        • Susindra says:

          Saya setuju pakde. Jika kita mau pasti kita bisa. Alhamdulillah saya selalu mau belajar sesuatu yang baru hingga di usia 30++ saya bisa belajar jadi programer dan installer bersama tim. Tak terbayang sama sekali profesi baru ini.

          jeng Susi memang mantap
          saya merasa senang bersahabat dengan jeng.

      • hah, nyosor itu makan de?? serius?? hahahaha, kok lucu yaa.. dipikiran dhe, nyosor itu kayak istilah untuk orang yang nyium, “nyosor wae”..

        kakak iklan minuman ya
        SOSOR~ pelepas kangen !!

      • nique says:

        8. Mindo = minta (dalam bahasa Karo) hahaha
        beda banget artinya :D

        kalau bahasa sana, mindo artinya”aku sayang kamu”

        • advertiyha says:

          wahahhahah,,, kalo privat biayanya segitu mahalnya, berarti lulus privat bisa langsung Go International ya dhe? hihihi….

          *kalo privat sama saya, cukup kasih senyum manis aja… hehe.. :P

          tambah yang lain donk say…….
          (tolah-toleh..lihat Gingsul…mumpung belum kesini)

      • wakakakakaka…kosakata Pakde lengkap sekali. Tambahan :
        1. Maem
        2. Nakam

        malah ada yang bermanja-manja dengan menyebut “mamam”

      • chocoVanilla says:

        Qiqiqiqiqiq……siang ini saya belum ngemplok, Pakdee….

        baru nithili upo rong piring thok..glex..

      • ikutan nyimak ah…

  3. bangauputih says:

    waaa…pakdhe dah ikutan aja. cepat
    sangadd. bru cek ke TKP, eh ada nama
    sy nangkring di postnya.
    moga pakdhe menang. :)
    slamat pagi pakdhe.

    selamat pagi sayang
    iya nich, maklum tanggal tua
    jadi ngebet ikut kontes2

  4. amela says:

    wah. si momon tampangnya sengak banget nih.. kayaknya tau nih kalau jadi objek foto buat bahan kontes. hehhe

    kalau sedang melakukan penghormatan bersenjata wajah memang harus sengak
    kalau senyam-senyum kan namanya naksir

    • amela says:

      jadi penasaran ekspresinya pakdhe versi hormat senjata gimana yaa..
      sukses buat kontesnya ya Dhe..
      saya masih belum dapet fotonya.. :D

      mbuat baru aja fotonya

  5. riez says:

    bedhes namanya siapa dhe?

    Dhesto Monyov

  6. Kalau monyet saja bisa, masa kita tidak bisa.
    Aduh, baru pertama datang ke sini nih, Pakdhe…
    Anyway, monyetnya kayak tersiksa banget, ya? (atau persepsi saya saja yang mengatakan begitu?)

    nggak kok, kalau upacara kan harus manyun gt

  7. Sofyan says:

    Kalau dirumah namanya si Sableng dhe, cuman atraksi yang di tunjukkan dengan cara berakrobat dengan speda²an, tapi yang bikin kasihan lehernya yng di jiret trus di tarik hmm,,,

    Semua kalau dilatih pasti akan bisa,,

    kalau di jiret terus dilepaskan entar kabur mas, makanya ditarik

  8. dhila13 says:

    wah pakde.. kadang2 aku suka pengen bgt peluk2in monyet2 yg jd seniman jalanan.. ga tau knp aku kok ada rasa sayang ke mereka…

    oke pakde.. makasih bgt ya udh ikutan.. aku catat niih.. ;)

    meluk monyetnya sambil melirik pemiliknya kan
    Lho, harus di catat, kalau gak dicatat entar lupa kalau daQ ikut

  9. citromduro says:

    dengan belajar rutin insya allah kita akan bisa kan dhe

    kan sudah saya sebutkan
    coba cari kalimat yang beda mas

  10. Lidya says:

    kalo disini namanya sarimin :)

    n jangan dihilangkan
    entar ada pabrik mi yang komplen

  11. armae says:

    sangat setuju dengan pak Dhe :)

    HARUS!!

  12. dmilano says:

    Saleum,
    Ooo, tantangan dari mbak dhila itu seperti post nya pakdhe ini ya,…. sudah saya pelajari dhe, trims.. :)
    saleum dmilano

    apanya yang dipelajari ??
    sikap hormat senjatanya itu ??

  13. advertiyha says:

    Setujuuuuuuuuuuuuu,,, semua bisa kita lakukan asal tekun n sabar berlatih :)
    mo berlatih bikin gurindam ah.. gak nemu-nemu padahal sudah dikasih contekan pakdhe lho,ckckck…

    salam sayang merah jambu dhe..
    kiss.. kiss..

    padahal gampang pwol

  14. Blogger Java says:

    Monyet = bedhes = ketek = munyuk ya Dhe. Sepetinya istilahnya masih banyak. hehehe….

    jangan lihat saya

  15. nia/mama ina says:

    wahh dd walu juga suka lihat topeng monyet…bahkan kalo monyetnya udah jalan dd walu minta ngikutin dr belakang wkwkwkwk……..

    padahal saya juga punya foto-foto topeng monyet ini, tapi ngga kepikiran untuk diikutin kontes…..

    pakdhe emang ngga ada matinya…maksudnya idenya ngga habis-habis je….

    itulah yang membedakan pakde dan para keponakannya…….

    • Nchie says:

      Wah PAkdhe kita hebat lah..
      Selalu ada aja ide cemerlang nya
      hmm..tambah sayang deh..

      tersipu malu
      mendengar pujianmu
      sayangku dan sayangmu
      berkembang dalam kaldu…eh kalbu

  16. Nchie says:

    Pakdhe aku berkunjung lagi..
    kangen..

    waahh… ada topeng monyet segala..
    Olive paling senneg tuh *waktu kecil*
    sering di tanggapi bayar 5000 perak..

    Hiks,..Tapi kasiah banget sama monyetnya ya..

    5 ribu tapi minta 3 jam kan
    sengkleh tuh monyetnya…..ampyuuuun ngiritnya

  17. Dewifatma says:

    Pakdhe ngontes lagi!

    Pakdhe kok selalu punya ide, sih… Bagi rahasianya dong, Pakdhe…
    Gudlak, Pakdhe.. :)

    Pakde gitu loch
    ide bergudang-gudang kok wuk

  18. tukangpoto says:

    Oh bedhes, riwayatmu kini..

    sedari dulu jadiiiiiiiiiii
    monyet selaluuuuuuuuuuuuuu…

    • amela says:

      hahahhaa,, langsung ngakak baca balesan komentarnya pak dhe yang ini..

      jangan keras2 ngakaknya
      entar kebablasan lho….

  19. Mama Kinan says:

    Selamat siang pak dhe..semoga pak dhe sehat selalu dan bahagia bersama budhe tercinta..
    kangen pak dhe neh, lama nggak berkunjung, hiks…….terlewat banyak postingan…mohon maaf yah pak dhe…akhir tahun full dengan ini itu ditempat cangkulan..
    Selamat tahun baru 1 Muharam 1433 H yah pak dhe ,semoga ditahun baru ini kita jadi manusia yang lebih baik dalam segala hal, dan dikabulkan doa doa kita sama allah swt *amien..

    ada kontes ditempat mbak Dhila?? wah ketinggalan lagi..hiks…
    bedhesnya lucu danpinter tuh pak dhe..ditanggap dirumah yah pak dhe…bella pasti senang :)

    salam buat keluarga pak dhe

    Selamat siang jeng
    semoga jeng juga seger waras-adem-ayem
    Amiin-sami2
    Banyak ketinggalan daripada mendahului ya jeng

  20. dari monyet pun banyak pelajaran yang kita dapatkan ya pakdhe. salam manis pakdhe.

    benar, karena ada monyet maka ada buah-buahan yang disebut jambu monyet.
    Juga ada pakaian ana-anak yang disebut celana monyet
    jika anak-anak sudah besar dikit dan terlibat cinta, dinamakan cinta monyet.
    The Favorte Group juga bisa menciptakan dan menyanyikan lagu “Cinta Monyet”
    Sampai Goliath juga bilang ” tetapi mama bilang cinta itu cinta monyet”
    Orang yang lagi marah kadang tak segan-segan bilang ” Monyet loe !!”

  21. Budi Arnaya says:

    Tidak ada sesuatu yang sulit kalau kita sungguh-sungguh dengan perjuangan untuk mempelajarinya pakde aych…tapi hormat senjata itu lain dari yang lain lo…biasanya ke pasar aja heee…pelatihnya pasti mandi keringan mengajarinya

    mungkin tetangganya brimob ha ha ha ha

  22. saya selalu kasihan lihat monyet2 itu kehilangan habitat aselinya , anak2 ku malah takut lihat monyet nya hhehe

    sepakat pak dhe , apabila kita mau berlatih pasti bisa menjadi pelatih …eh salah ya ?

    salam hangat dari kalibata ^^

    gimana lagi jeng
    Lumba2 aja ada di daratan..lha itu Jl. Lumba-Lumba ha ha ha

  23. kakaakin says:

    Dulu ada seorang cleaning service di RSU yang bertugas di ruang bersalin. Saking seringnya ia menyaksikan orang menolong persalinan, lama-lama ia bisa juga membantu orang yang akan melahirkan. Tetapi karena ia bukanlah seorang bidan, ia tak memiliki legalitas untuk membantu orang melahirkan di rumah sakit.
    Jadi, kita bisa berlatih untuk menjadi apapun yang kita inginkan, tetap tak melupakan kaidah-kaidah yang berlaku :)
    Semoga sukses fotonya ya, pakdhe :)

    Tentuuuuuuuu pada koridor yang benar
    perawat nggak boleh nyopir kapal terbang kalau desk jobnya gak ada

  24. yuniarinukti says:

    “Sarinah menyanyi dangdut!!” dung-dung-dung-dung…

    Klo dulu terkenalnya Sarinah, kalau sekarang mungkin sudah berubah jadi “Sarini pergi ke pasar” Sesuatu ya.. :D

    kok ngomong “sesuatu” segala
    kayak arek Jakarta aja nduk nduk….

  25. hanyalah.com says:

    Yang penting punya kemauan, mosok mau kalah sama monyet hehe

    Terimakasih :)

    lha iya, ojok kalah rek

  26. Tapi kadang2 manusia (saya sendiri) malah kalah ama bedhes lho, pakdhe. Malasnya di nomorsatukan hehe

    untung bedhes nggak malas
    kalau malas tentu ada yang bilang ” Kowe males koyok bedhes”, nah gak enak blas kan

  27. rusydi says:

    tahu gak pakde, ada tuh kelompok pecinta binatang, yang berkampanye supaya saatnya gak mengekspos atau memberi receh pada pelaku pelecehan terhadap binatang. apalagi bintang primata dan yang terancam kepunahannya. selain itu tidak pantas untuk dipertontonkan, itu juga memberi ruang gerak mereka bila kita memberi receh pada tukang topeng monyet

    Tukang monyet mungkin tak sejauh itu beranggapan.

    • rusydi says:

      nah dari itu, buat yang cerdas, buat orang2 yang punya akal sebaeknya tidak turut mengkampanyekan dan menampilkan yang dilakukan tukang monyet, dan tidak pula memberi receh mereka. bukan gitu pakde? kalo cacing dan binatang2 tidak memperlihatkan kesakitan, laen logika atuh. salam

      cacing mulet2 itu kan tandanya sakit
      coba kasih pengeras suara pasti mereka berteriak

  28. Niee says:

    Aahhh,, tapi kasian yak pakdhe monyetnya >.<

    lebih kasihan cacing, di potong lalu di masukkan ke mata kail.
    sakit atuh

  29. monyetnya dikasih bayaran brp pakde krn udah jadi foto model pakde? atau janjiin ke tukangnya ya kl dia pasti bakal terkenal krn bakal diliat banyak org di blog? :D

    Waktu mau tak kasih uang si monyet bilang ” No thank you, sir. One comb of banana is enough “.

    (one comb of banana = satu sisir pisang ha ha ha ha ha….inggris ngasal..)

  30. Una says:

    Heheh tak kirain bedhes itu basa walikane kethek.
    Ternyata boso surobyoannya ta…

    iyo nak, walikane kethek yo kehtek tho

  31. Lyliana Thia says:

    Pakdeee… :-(

    saya kok kasihan yaa ngeliat monyet yg jd dolanan manusia…
    lehernya diikat, ditarik2… duuuh… nggak tega, Pakde…. :-(

    tapi maknanya adalah, hewan saja bisa karena latihan ya, harusnya kita jg bisa dgn latihan.. jadi malu nih saya, serasa terlalu sering menyerah… terima kasih atas inspirasinya, Pakde…

    semoga hari ini menyenangkan.. ^_^

    Pernah lihat adu jago, adu kambing, loncat lumba-lumba, sirkus, sepakbola gajah ? nah..itulah manusia.
    Apalagi sahabat yang satu ini ~ cacing~ kepalanya diputus lalu dimasukkan ke mata kail- sudah itu ada yang meludahi sebelum dimasukkan ke air untuk memancing
    Bukan itu saja, sapi, kerbau, kambing..kelinci, burung, ular, kodok, belut, keong,diuntal manusia..hix..hix..hix….
    Kepiting malah di kepruk dulu tangannya kalau mau dimakan…huaaaaaaaaa…..hua……huaaaaaaaaaaaaaa….

  32. Hebat ey Pakde, si Badhes aja bisa meng-inspiras.

    Aku mau cari inspirasi dulu nich buat ikut Foto Inspirasi ;)

    Ike juga bilang apa
    apa yang kulihat, kudengar, kualami bisa jadi postingan
    jika aku mauuuuuuuu

  33. nia/mama ina says:

    Pakdhe aku udah dapat inspirasi untuk ikut lomba foto ini…tapi masalahnya aku harus foto orangnya dulu…gimana caranya yach supaya ngga ketahuan ehhehe…..soale kalo foto pake hape hasilnya kurang baguss…..

    Jangan yang sulit2
    entar kalau ketahuan trus ditimpuk sandal jepit kuno kan gak enak. apalagi ditambah omelan ” Ngapain sih kontes aja kok pake foto2…Dhila emank kurang kerjaaan..!!
    Tuh kan, Dhila yang lagi makan ikut terbawa-bawa.

    Foto aja pohon pisang yang banyak anaknya.

    Trus kasih keterangan begini:

    Sebuah pohon pisang patut diteladani.
    Dia tumbuh, berbuah, lalu mati.
    Dia mati setelah memberikan manfaat bagi manusia.
    Dia mati setelah menyiapkan generasi penerusnya yang juga akan memberikan manfaat dengan daunnya, batangnya, bunga dan buahnya.

    Tuh kan…kereeeen banget !!

    • bangauputih says:

      pakdhe emang luar biasa, pohon pisang aja jadi ide brilian,

      Brilian Hutauruk~ Penyanyi yang suaranya melengkig cakep

  34. prih says:

    Pesan tersirat melalui suratan sang bedhes sungguh luar biasa, Maturnuwun tuk filosiofi bedhesnya, salam.

    Bedhes emank ngetop

  35. alaika says:

    yup, bener banget Pakde, kalo hewan saja bisa dilatih, tentu manusia yang dikaruniai akal dan pikiran, akan lebih hebat lagi pencapaiannya. Kuncinya adalah, kemauan untuk belajar, ya Pakde?

    untuk kontesnya, semoga sukses yaaa….:-)

    Benar jeng, kalau monyet bisa mengupas kelapa dengan giginya
    kita beli kelapa yang sudah dikupas saja
    terima kasih jeng

  36. bunda lily says:

    kalau balet dan menulis bisa Dhee…..
    tapi kalau main piano, kudu belajar dulu sama Mas Enha …..

    semoga sukses dikontes ini ya Dheee……….
    salam

    gurami balet kaleeee
    matur nuwun mbak

  37. Estika Badry says:

    setuju pakdhe, alah bisa karena biasa, pisau makin sering diasah smakin tajam,
    salam kenal dari jogja y pakdhe :)

    latihan..latihan..latihan

  38. Alris says:

    Selamat Pakde, anda keluar sebagai pemenang kontes itu. Salam
    Matur nuwun, Alhamdulillah dapat buku

  39. bedhes saja jika dilatih dengan penuh kesabaran bisa kok, apalagi manusia
    sungguh… inspriarif Pakde..
    selamat nggih, telah menang dalam kontes ini.