Koruptor Itu Bernama Kirkiroh

KoruptorSelain berita tentang banjir, gunung meletus, tawuran, kebakaran, dan kecelakaan lalu lintas, tayangan televisi juga diwarnai oleh hiruk-pikuk berita korupsi. Yang membuat dada sesak adalah jumlah uang yang mereka korupsi, ratusan juta sampai milyaran. Ketika bayaran adsense saya sehari kadang hanya 0.59$ mendadak para koruptor itu ada yang menerima uang ratusan ribu sampai jutaan dolar atau milyaran rupiah.

Bagaimana sikap saya ? Oh, tenang saja. Dengan 0.59$ itu saya bisa membeli seiris martabak tanpa kehilangan martabat. Sementara koruptor yang menerima ratusan ribu dolar itu telah menjual martabatnya karena ingin kulakan ber ton-ton martabak. Sebuah perbuatan yang amoral, anti sosial dan melukai hati rakyat Indonesia utamanya kaum duafa.

Tampaknya mereka perlu membaca sebuah kisah tentang seseorang yang bernama Kirkiroh, sebagaimana tersebut dalam hadits berikut ini.

 


‘Abdullah bin ‘Amr ra mengabarkan, bahwa dalam tanggungan rumah tangga Nabi Muhammad s.a.w ada seorang lelaki bernama Kirkiroh. Ketika dia meninggal dunia, Rasulullah s.a.w bersabda, ” Ia di dalam neraka “.

Berbondong-bondonglah para sahabat pergi melihatnya untuk menyelidiki. Dan mereka mendapati jubah (baju) yang didapat Kirkiroh dari hasil penggelapan (korupsi)” (HR. Bukhori)

.

Masya Allah, selembar jubah yang diperoleh secara tidak halal dapat mengantarkan seorang Kirkiroh kedalam neraka. Jubah itu harganya mungkin tak sampai Rp. 100 ribu.

Lalu bagaimana nasib para koruptor yang korupsi uang sak jagad itu kini dan kelak  ? Sahabat tentu mengetahui jawabannya.

 

38 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. lidya says:

    pagi pakde.
    harta yg didapat dengan tidak halal tidak baik untuk kesehatan bukan, juga membuat tidak bahagia dan hidup tidak tenang.

    dan akhirnya tenang di penjara….

  2. LJ says:

    ya Dhe, harus lebih berhati hati dalam bekerja,
    perhatikan mana yang bukan hak kita.
    gak boleh lalai..

    beneeeer, raskin aja ada yang tega ngembat..kok malu yaaaa

  3. chocoVanilla says:

    Hiiiiiyy, ngeriiiii…..
    Mungkin pada waktu melakukan perbuatan itu mereka lupa akan neraka ya, Pakdee. Gak ada yang ingetin atau merekanya emang ndablek :(

    ndablek tuh jeng

  4. nique says:

    korupsi memang sudah mendarah daging buat kebanyakan orang ya Dhe
    semoga yang rajin ke sini, semua golongan Pakde, yang anti korupsi, wlo korupsi waktu sekalipun …. huehuehue … sing bagin terakhir ki mesti akeh si demo aku … *mlaaaayuuuuuu*

    bener, soalnya kalau ikut kontes pas jam dinas

  5. Mami Zidane says:

    masya allah….nggak sanggup mbayangin nya tuh pakdhe kalo korupsi sampe milyaran rupiah begitu….
    Alloh swt yang paling tahu apa yang sudah di lakukan umat NYA di dunia ya pakdhe, meskipun koruptor bisa lolos dari hukum dunia, namun hukum Alloh pasti akan mereka terima di akherat kelak.
    selamat ber hari jumat pakdhe.

    Kurang kerjaaan, ngapain mbayangin milyaran
    selamat weekend jeng

  6. Semoga kita semua nggak seperti Kirkiroh.. Hmmm, saya ngamen sama angon ayam aja De, untuk sementara masih cukup.

    kalau ngamen yo yang bener, lagunya harus sampai tuntas
    jangan baru ” Jikaaaaaaaaaa…”, sudah berhenti karena sudah dikasih uang…

    • nique says:

      ho oh paling sebel tuh …
      tapi mereka lebih sebel kali ya Dhe
      baru juga Jikaaa … tanganku langsung melambai2 … sambil bilang: engga dek … xixixix

      pasti pengamen itu berteriak ” Cantiknya cantik tapi tangannya menggenggam air aja gak netes…pelit loe”

  7. Lyliana Thia says:

    Ya Allah takuuuut….
    Bener Pakde, kita memang orang kaya, lebih kaya dari para koruptor itu toh, krn kita sadar punya Tuhan…
    Terima kasih tausiahnya Pakde.. :-)
    Semoga hari ini menyenangkan, Pakde.. :-)

    ya kita cukup2kan apa yang kita peroleh dari Allah
    kalau oleh tithik, ya mangan tithikan
    kalau leh akeh yo jangan mangan kekean

  8. Blogger Java says:

    Memang kalau segala sesuatu yang diperoleh dengan tidak halal, maka hasil tersebut tidak akan membuat berkah.

    dan akan tertiup angin, karena nafsu beli ini beli itu

  9. Serem Pakde… :(
    Aku jadi inget hasil ujian hasil nyontek :D

    Nah, nanti ada ujian susulan disana nduk
    balpointnya dari api lho

    • ridha alsadi says:

      klao balpoiinya dari api, pasti banyak yang bolos nggak mau ikut ujian (emang di sana nanti bisa bolos, hehe) astaghfirullah
      semoga daku tak termasuk yang harus ujian susulan

  10. aryadevi says:

    wallahu alam bisawab…………………hanya Tuhan yang Adil dan efektif dalam memberi nilai…..
    semoga kita bisa menjaga amanah ya Pakde…jika diberi amanah.

    Insya Allah
    keponakan saya di kampung namanya Amanah, hampir punya cucu

  11. serambipuisi says:

    astaghfirulllah……Semoga Allah swt menjauhkan kita semua dan keluarga kita dr apapun yg haram, aamiin
    terimakasih Dheee….utk kultum jum’atannya
    salam

    amiin-sama2 mbak

  12. ridha alsadi says:

    kalo ngebayangin hukum Islam yang ditegakin dulu di zaman Nabi, orang nyuri dikiiiiit aja, tangannya harus dipotong. Itu baru hukum dunia, Allah blum turun tangan langsung. Gimana kalo hukum itu diberlakukan juga buat para koruptor? yang dipotong kira2 apanya yah? mungkin bukan lengannya lagi tapi lehernya sekalian.

    Makasih pakdhe mengingatkan, bahwa barang sebesar zarrah pun yang dimakan kelak akan dipertanyakan darimana asal muasalnya.
    met jumatan pakdhe

    benar, mereka serakah sih

  13. andre says:

    bener pak de… mending dapat uang halal walau sedkit…
    ya jangan sedikit, tapi cukup gitzuuu

  14. mama ina says:

    Herannya para koruptor itu kalo disidang…pasti jawabnya ngga inget…ngga tahu dan pura2 sakit hihihi…padahal waktu makan uang haram mereka sehat wal’afiat dan seger waras……

    pemain watak tuh

    • ridha alsadi says:

      apalagi yang barusan di sidang sebagai saksi yah jeng, jawabannya cuma dua, tidak tahu dan tidak pernah ada. padahal yang nanya temennya juga :D
      beginilah kalo urusan sudah dibawah ke meja hijau, yang tadinya teman malah jadi lawan, berusaha menjebloskan satu sama lain ke penjara. padahal klo mau ngaku, jujur sejujurnya demi keluarga mereka, masalah ga perlu panjang, sidang ga perlu diperpanjang sampai berbulan2, mereka yang salah ya sama-sama aja ngaku salah kan beres. tapia itu hanya andai…andai saja.
      saya kok sering kepikiran kenapa si uya kuya yang bisa buat bicara jujur, nggak dipakai sbagai alat hukum aja biar semua tahu kebenarannya kaya apa. hehe

    • nique says:

      mestinya dikasi peran aja sama Raam Punjabi ya Dhe
      pasti ga perlu diarahin lag, alami soale :D

      hooh, pasti meledak tuh

  15. della says:

    Semoga kita semua ditetapkan-Nya berada di pekerjaan yang berpenghasilan halal ya, Dhe.. amin..

  16. Siang pakdhe… :D

    sedikit ajah yang dikorupsi masuk neraka yaa dhe… astagfirullah….

  17. andinoeg says:

    semoga koruptor itu segera bertobat dan mengembalikan uang korupsi mereka ke rakyat

  18. yayats38 says:

    Sekarang lagi rame-ramenya nih berita berbohong dalam kesaksian ..
    jadi punya kesimpulan koruptor pasti berbohong ..
    jadi dobel tu pak ya .. malah bisa jadi triple he he

  19. bunda kanaya says:

    saya klo liat berita di tipi ttg korupsi langsung ganti chanel pakdhe… mumeeeetttt

  20. anawia says:

    korupsi itu kayak jengkol, bau tapi banyak yang doyan. :) betul gak

  21. nh18 says:

    Nauzubillahi min dzaalik …
    mudah-mudahan kita terhindar dari perbuatan tidak bermartabat tersebut ya Pak De …

    Dan semoga kita semua dikuatkan dari segala godaan saiton …

    (karena Uang itu harum aroma wanginya )

    salam saya

  22. Oyen says:

    harta yang tidak berkah gak hanya berimbas untuk dirinya, tapi juga keluarganya.. apalagi jika menafkahi anak2nya dari jalan yang tidak halal… naudzubillah…

    sungkem untuk Pak Dhe dan Bu Dhe :)

  23. klo korupsi waktu gimana ya pakdhe….

    Asik bisa berkunjung lagi ke sini :)

  24. marsudiyanto says:

    Saya kadang2 masih korupsi waktu Dhe…
    Padahal waktu itu lebih berharga drpd uang ya.
    Nggak bisa di kurs malah.
    Kalau korupsi uang mungkin masih bisa ditebus dengan uang
    Tapi kalau korupsi waktu?

  25. Rilia Rully says:

    Wah iya..kl gt para koruptor itu tar dianternya kmn ya yg jauh lebih buruk dari api neraka??
    takut juga nih PakDhe soalnya banyak jg koruptor yg ngga ngerasa kl dia tuh korupsi..
    nah kl saya bawa pulang 1 pulpen kantor ke rumah gmn ya? mesti cepet2 dibalikin nih..
    suwun nggih pakDhe..salam kenal dari Tangerang coret :)

  26. advertiyha says:

    Naudzubillah,,,
    serem ya dhe, medeni,,,
    kalo korupsi waktu termasuk gak dhe?? :(
    korupsi itu termasuk apa-apa yang menyelewengkan amanah ya dhe…

    jadi ngeri..
    mudah2an kita semua terhindar dari segala perbuatan keji dan munkar..

    salam sayang merah jambu dhe,,,
    kiss..kiss

  27. Lina says:

    sangat setuju, jangan sampai menjual martabat….apalagi menjual harapan masuk surga ya pakdhe

  28. kakaakin says:

    Was-was banget kalo sampai2 termakan duit korupsi, Pakdhe… :(
    Semoga selalu terlindung dari perbuatan itu…

    Makanya kalau ada uang lebih kirim ke aku saja
    (pensiunan hauuuuuussss…..)

  29. Dewifatma says:

    Meski punya banyak uang, hidup mereka pastinya nggak akan tenang, Pakdhe. Apalagi matinya. Naudzubillah…

    benar, lebih baik banyak uang yang diperoleh dengan cara yang halal