Blog Review: Kisah drg. Monda Siregar

Kisah drg.Monda SiregarKisah drg. Monda Siregar ini tidak akan menceriterakan perjalanan hidup seseorang tetapi hanya merupakan review tentang blog Kisahku.

Jika anda berkunjung ke blog Kisahku yang dikomandani oleh drg. Monda Siregar a.k.a Bu Amalgam cantik, pasti anda akan merasa disubyo-subyo alias dimanjakan. Betapa tidak, di blog warna krem itu ada 3 navigasi Arsip. Pada navigasi atas ada halaman Arsip, lalu di sidebar juga ada widget Arsip sebanyak 2 buah.

Pada navigasi atas, halaman Arsip menggunakan model scroll plus daftar arsip yang berdiri tegak sepanjang blog tersebut. Terus terang saya belum pernah melihat halaman model seperti ini. Arsip pada sidebar kanan salah satunya juga model scroll sedangkan yang satu lagi model drop down yang hanya menunjukkan bulan, tanpa jumlah postingan pada bulan yang bersangkutan. Pemasangan 3 buah arsip seperti ini terasa berlebihan, oleh karenanya saya menyarankan agar dua arsip yang lain dihilangkan.

.

Kisah drg.Monda Siregar.

Uraian tentang Arsip ini sebagai appetizer (pembuka selera) bagi sahabat sebelum membaca lebih lanjut tentang Blog Review : Kisah drg. Monda Siregar

Blog Review ini akan saya lanjutkan dengan menguraikan tampilan dan kinerja blog Kisahku.

.

Nama domain dan Judul Blog

Nama domain berupa nama diri sesungguhnya hanya dilakukan oleh orang-orang bernyali besar dan terkenal baik lokal, nasional maupun internasional. Sebagai contoh mondasiregar.wordpress.com, marsudiyanto.net dan abdulcholik.com. Tak heran jika blog mereka memang menjadi populer ( tolah-toleh sambil tolak pinggang)

Namun ketika mbak Monda memberikan judul blog yang “biasa-biasa saja” maka keterkenalan blog menjadi agak terganggu kecuali jika pemilik blog memang bak kancil atau bola bekel yang rajin berpromosi ria.

Ketika saya menulis di Google.co.id kata : site: mondasiregar.wordpress.com maka Google.co.id memberikan catatan ” About 3,840 results (0.13 seconds) “, bandingkan dengan ketika saya menulis : site:abdulcholik.com yang mencatat suguhan Google dengan data : About 51,400 results (0.20 seconds). Usia Kisahku dan BlogCamp hampir sama ( 3 tahun) tetapi di mata Google.co.id hasilnya sungguh jauh berbeda.

Selanjutnya ketika saya menulis kata “kisahku”, saya belum menemukan blognya drg Monda Siregar itu ada di halaman berapa dari Google.co.id. “Kisahku” di Google.co.id halaman pertama justeru di dominasi oleh Nurman Kamaru. Namun ketika saya ketikkan “BlogCamp” maka pada halaman pertama Google.co.id pada urutan ke-4 terdapat data :

BlogCamp

Alexa Traffic Rank for http://abdulcholik.com/: 149,682abdulcholik.com/ – Translate this page

Eksis Dengan Internet, kebutuhan AXIS seorang pensiunan Jenderal. Dulu, orangtua banyak yang mengatakan bahwa seseorang sudah bisa

Ini menunjukkan bahwa judul blog berpengaruh terhadap popularitasnya di search engine page result.

.

Tag Line

Blog Kisah drg.Monda Siregar tidak memakai tagline yang merupakan penjelasan singkat isi blog atau bisa juga sebagai motto. Tagline memang tidak wajib. Blog yang baik umumnya tidak memakai tag line, hanya blog-blog terbaiklah yang sering memakainya misalnya “tidak luar biasa tapi anti biasa“, ” Ngeblog sing Enak tapi Gak sak Enake

.

Loading Speed.

Saya menggunakan alat ukur kecepatan Pingdom Tools, hasilya seperti tampak pada gambar dibawah ini. Load time blog ini bagus yaitu 2.33s, menang tipis dari BlogCamp dengan load time 3.13s namun masih kalah dengan Try 2B Cool n Smart milik partnernya yang load timenya 1.26s.

.

Kisah drg.Monda Siregar.

Theme

Theme yang digunakan adalah  Liquorice buatan  Nudge Design.Theme ini sudah di download sekitar 120 kali dan telah masuk jajaran WordPress.org dan WordPress.com. Tentu ada alasan sendiri mengapa mbak Monda memilih theme berwarna sendu ini. Maklum blogger wanita biasanya suka warna yang cerah cemerlang.

Halaman

Mbak Monda memasang beberapa halaman yang lazim dilakukan oleh blogger pengguna wordpress.com antara lain Tentangku. Sayangnya halaman ini kurang dimanfaatkan utuk memperkenalkan pemilik blognya. Jika saja mbak Monda mau terbuka sedikit dengan mengetengahkan siabidibame secara singkat tentu akan lebih menarik pengunjungnya. Kalau soal pemasangan foto  pribadi pada halaman about itu memang tergantung sikap dan pendirian masing-masing.

Selanjutnya saya menyarankan agar halaman Arsip dihilangkan saja dan cukup memasang satu widget Arsip di sidebar kanan sebagaimana saya uraikan pada awal review ini.

Pengguna blog dengan domain dan hosting berbayar biasanya memasang halaman sitemap guna memfasilitasi robot Google untuk menggerayangi blog kita. Namun karena pengguna WordPress.com tidak bisa menambah/mengurangi plugin maka dengan sendirinya tidak dapat memasang halaman sitemap.

.

Sidebar

Sidebar dipasang beberapa widget yang memang perlu untuk memudahkan pengunjung mencari apa yang mereka perlukan. Di sidebar kanan lazimnya berisi widget search/pencarian, berlangganan, Artikel Terkini, Komentar Terkini, Kategori, Arsip dan Meta. Namun beberapa sahabat yang peduli dengan keamanan blog menyarankan agar widget meta ini disimpan. Jika kita ingin login dan masuk ke dashboard cukup mengetikkan url blog plus wp-admin seperti http://mondasiregar.wordpress.com/wp-admin.

Blog Kisahku ini mirip BlogCamp yaitu blog yang isinya aneka topik. Kita dapat menjumpai aneka artikel, dari urusan dapur sampai urusan lingkungan hidup. Pada widget Kategori saya lihat ada sekitar 25 kategori termasuk uncategorized. Beberapa kategori sebenarnya bisa digabung menjadi satu misalnya kategori wisata.liburan, museum. Namun perubahan seperti ini sungguh memerlukan waktu khusus.

Banner

Kisahku termasuk blog yang sepi dengan banner artinya tidak neko-neko. Bahkan button Pagerank pun tidak ada. Inilah salah satu penyebabnya mengapa blog Kisahku load timenya bagus.

.

.Artikel

Blog Kisahku ini telah berusaha 3 tahun. Sayangnya saya tidak menemukan data berapa artikel yang telah ditertbitkan dalam kurun waktu tersebut karena pada widget Arsip tidak dicantumkan jumlah artikel setiap bulannya. Saya sarankan agar setting widget Arsip dirubah dengan menambahkan jumlah artikel setiap bulan. Dengan demikian maka kita akan mengetahui berapa jumlah artikel yang sudah diterbitkan dalam blog Kisah drg. Monda Siregar ini.

Mbak Monda tampaknya menyadari benar betapa pentingnya konten blog bagi pengunjung yang memerlukan informasi. Prinsip ” Content is the King” dianut dengan baik oleh bu amalgam ini. Jika pengunjung ingin mendapatkan informasi tentang museum misalnya maka mereka bisa membuka kategori “Museum” yang di dalamnya terdapat artikel-artikel menarik dan bermanfaat. Demikian pula pada kategori sejarah, wisata, lingkungan hidup, kesehatan dan artikel lainnya.

Namun demikian sahabat jangan salah sangka lho. Walaupun artikelnya banyak yang serius namun tukang bor dan cabut gigi ini juga suka unjuk gigi. Jika tidak percaya silahkan masuk ke kategori Anekdot. Membaca artikel-artikel di sana dijamin gigi sahabat akan kering karena kebanyakan tertawa.

.

Kisah drg. Monda Siregar

Dilarang Unjuk Gigi

.

Promosi Blog

Walaupun sebagai seorang dokter mbak Monda mungkin tidak pernah mempromosikan bahwa dirinya adalah ” dokter gigi yang mampu mencabut gigi tanpa rasa sakit” namun untuk urusan promosi blog tampak ada kepeduliannya. Hal ini terlihat dengan dipasangnya tombol share beberapa social media misalnya Twitter.com, Facebook, Digg, StumbleUpon, Linkedin dan Google+. Promosi bl0g memang perlu dilakukan baik secara online maupun offline karena langkah ii sangat bermanfaat untuk meningkatkan trafik.  Tentang cara promosi blog ini pernah saya tulis di Blog Tips Jitu Ngeblog pada artikel berjudul Manfaat Promosi Blog.

.

Pagerank dan Alexa Traffic rank.

Pagerank Blog Kisah drg. Monda Siregar adalah 3/10 sesuai hasil pengecekan saya di http://www.prchecker.info.

.
Check Google Page Rank

sedangkan rangking globalnya adalah 849,530  berdasarkan 3 bulan Alexa Traffic Rank.

.

Itulah hasil pengamatan saya tentang blog Kisah drg. Monda Siregar  yang dikelola oleh drg. Monda Siregar. Secara umum blog tersebut baik, ditinjau dari kinerja maupun artikel yang ada di dalamnya. Beberapa hal yang saya sarankan kiranya dapat dikaji oleh Mbak Monda agar blog semakin menarik dan bermanfaat.

.

.

Tulisan tentang Kisah drg. Monda Siregar ini diikutkan  pada  Giveaway Pertama di Kisahku bersama Kakaakin untuk kategori II

 

48 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Review yang mantap, seperti biasanya bila Pak De mereview blog dari para sahabat..

    Iya, saya baru nyadar kalau ada tiga buah arsip di sana, hehe..

    Mengenai tulisan tulisan Tante Monda, saya suka. Kadang Tante menuliskan sesuatu yang tak terpikirkan. Contohnya, postingan pendek yang menceritakan tentang tanaman pot (kalau nggak salah, daun kuping gajah) di ruang tunggu pasien. Di atas selembar daun tersebut ada keisengan berupa coretan tulisan. saya lupa apa judul postingan ini.

    Semoga sukses Pak De.

    Namanya masuk gelanggang kontes mas, yo harus singsingkan sarung
    dan kerja habis-habisan deh
    Maklum saingan semakin berat je
    Matur nuwun

    • Monda says:

      Daun Slamet ya mas bro? Hi..hi… kalau ingat itu keki banget deh

      Nama spri saya dulu bernama Slamet…hafal nomor tilpon deh

    • Hehehe, Pak De memang inspirator buat kita yang muda muda..

      “Kita” harusnya diganti dengan “Kami”
      karena saya masih remaja

  2. Waaa tagline ya Pakde….
    Ntar bikin ah buat blogku. :D
    Biar jadi blog yang baik hehehe…

    Betul, yang gaya gitzuuuu tagline

  3. LJ says:

    whuiihh lengkap banget, kakMonda dikupas pakde.
    tentang pemakaian nama diri sbg nama domain memang patut diacungi jempol deh.. tapi aku sudah telanjur meng-LJ, gimana dong Dhe..? ^_^
    sedangkan untuk tagline, lumayanlah LJ punya.

    sukses ya buwat Pakde dan Kak Monda..!

    yang bagus justeru bukan nama diri say
    apalagi jika untuk adsense, sebaiknya mengandung keyword
    kalau orang terkenal sih gak apa-apa misalnya sule.com,yunishara.net

  4. Nh18 says:

    Nambahin di bagian akhir

    …demikian analisis report dari
    Kepala divisi riset dan pengembangan blog kisahku.

    Hahaha

    Ini mantab banget pak de
    Mengindikasikan bahwa pak de benar2 mendedikasikan waktu untuk membahas blog kisahku
    Jika saya jadi kak monda maka saya akan sangat tersanjung

    Salam saya pak de

    Matur nuwun oom
    Seperti yang sering saya katakan” abot-abote dadi pensiunan, golek tambahan teruuuuuuuuuuuuuus”
    …ha ha ha ha ha..

    • Monda says:

      Oom khusus syarat review blog, emang nampaknya sengaja mau nembak pak de banget deh he..he..

  5. Monda says:

    Pak de terima kasih banyak review blog saya,
    ttembakan mengenai sasaran he..he…, kepengen blog direview seperti blog Mbak Bintang Timur akhirnya tercapai. Pengen minta review nggak pede

    Mengenai arsip, biasa memang hanya satu, jadi 3 khusus untuk GA saja, supaya trman2 gampang aja carinya, nanti dihilangkan lagi.( bisaaaa aja cari alasan…)
    Mengenai nama blog dan domain juga tagline karena dasarnya memang nggak kreatif kalik ya. nggak pakai mikir langsung buat aja.

    Ulasan pakde masukan banget buat saya karena nggak pernah tau dan nggak mikir ke arah sana, 3 tahun ke mana aja? he..he…

    Sekali lagi trims pak de saya catat sebagai peserta.

    Nama domain mondasiregar.wordpress sudah terjadi, gak perlu disesali.
    Kelak kalau mbuat blog lagi cari domain yang sip misalnya ” mondaahlicabutgigi.com, sehingga sudah mengarah ke keyword

    Kedepan sih sebaiknya pakai domain berbayar ( mosok dokter pakai domain pemerintah terusssss….malu ach..). Paling 3 x cabutan gigi dah dapat domain dan hosting ha ha ha ha ha.

    Review blog tidak harus memuji-muji agar pemilik blog tahu kemana harus melangkah.
    Kalau review isinya memuji-muji pasti penulis reviewnya minta gratisan cabut gigi.

    Terima kasih

    • monda says:

      sekalian nanya pak de… he..he..kalau pindah ke berbayar, posting dan segala link yang udah di mesin pencari itu nasibnya gimana ya , pengennya sih semua tulisan masih tetap bisa dipertahankan…

      he..he.. biaya cabut di pemerintah kan lebih murah daripada semangkok bakso pak de…

      Kalau cabutnya tanpa bius ya murah kaleeee
      Buat blog baru saja, buat topik khusus, blog lama untuk membackup dengan link

      • chocoVanilla says:

        Pertanyaan sama, BuMon, kalo pindah ke .com itu tulisan yang lama di wordpress gak bisa otomatis pindah kan? Harus copy satu-satu kali ya? Hihihihihihi…..

        Artikel bisa di import dari blog lama ke blog baru.Tapi untuk apa ??
        Saran saya biarkan blog lama maju terus
        Buat blog baru dengan topik khusus untuk cari uang bakso
        Blog lama untuk backup blog baru

        • nh18 says:

          Ikutan menyimak nih …
          hehehe

          siapa tau nanti saya mau pindah ke ndot kom …

          salam saya

          gak jauh beda oom
          hanya agak keren dikit ha ha ha ha

  6. Nchie says:

    Pagi Dhe..

    PAkdhe emang jagonya ngupas tuntas tentang blog..
    nge review blognya Bu Monda,wuiihh…Mantabs..

    Pagi jeng ayu
    Soalnya paling gampang kan ngoreksi blog orang lain tho.
    Sama halnya sahabat sebelah..kalau jadi navigator paling bisa…”pelan2, awas ada becak 300 meter jam 13, jaga jarak…lho..lho…kekanan donk.kekiri mau kemanaaaaaaa..”

    Begitulah nasib sopir keluarga.
    Ya nyopir, mbayari belanja,nraktir, bawain belanjaan…komplit deh…

  7. Nchie says:

    Itu ngapain potoku ikutan mejenk..
    Ge er tuh pakdhe emang kita sms an ya..
    katanya jangan bilang-bilang..
    Piye tho..

    Aku tuh ngakak baca komen reply nya pakdhe..
    dah beberapa hari kebelakang komennya ga di reply kan..

    Daku seneng melihat foto itu
    Ayu2, lucu2 dan makanannya banyak ha ha ha ha

    Beberapa hari saya agak lesu je….maaf ya say
    Bukannya daku ingin menjauh darimu

  8. nique says:

    wedew … udahlah mo bikin postingan pun gak kelar2
    tuh masih njogrok di draft box
    eh pagi2 ke sini kok jadi makin mengkeret yo Dhe
    ini mah udah top pisan
    tob markotob hihiihhi

    kira-kira kapan ya blog ku dikupas tuntas seperti blog kisahku #latah#

    Dhe, semoga menang yah di GA-nya Kak Monda :)

    sejak dulu draft terus
    tapi kalau di cek ” Sudah siap nDan, tinggal print”

    • Amela says:

      senada sama mbak nique.. kok ya mau ikutan kategori ini jadi minder duluan yaaa..
      dan sma juga dengan mbak nique ini.. kapan yaaa dunia pagi dikupas kuntas begini.. hehehe
      yuk mlipir baren ke pojokan mbak nique

      kalau minder sebaiknya gak usah ikut

    • nique says:

      wkwkwk …
      ora ngapusi Dhe emang ngunu kuk :D

      saya percaya kok say

  9. Blogger Java says:

    Wah… Pakde lagi review blognya bu Monda Siregar ya?
    Reviewnya komplit Dhe, semoga berjaya.

    sudah jelas kan ditanyakan….benziiiii aku

  10. Amela says:

    manggut2 bacanyaa.. suka deh kalah pak dhe review blog begini.. jadi sekalian belajar tentang dunia perbloggingan..
    oh iya dhe, barusan saya pinjem alat undinya bentar

    oo pantas gagangnya copot
    kalau pinjam ati2 donk…

  11. Orin says:

    Review Pakdhe memang selalu top markotop, sepertinya menang lho ;)

    sepertinya kan belum tentu menang

  12. Rosa Devga says:

    kalau kisah blog-ku gmn ya….hehehe….

    gak ada kisahnya keknya

  13. mama ina says:

    ini mah reviewnya komplit dan mantaf surantaf…semua di kupas tuntas….sepertinya menang nech…

    sepertinya kan belum tentu menang

  14. andre says:

    ternyata ikutan kontes lagi nih pak dhe. hati2 menular…

    iya mas, maklum lagi cari tambahan untuk mbetulkan jedhing

  15. yuniarinukti says:

    Lah.. tibak’e kontes toh..

    toh sekali

  16. dmilano says:

    Saleum,
    Kejelian pakde dalam mereview memang harus saya acungi jempol, karena keakuratan nya mendekati 99%. sudah saya rasakan kok sewaktu blog cangkir kupi dulu direview.

    isyooo a e

  17. yuniarinukti says:

    Asyik nya punya teman seperti Pakde, klo blog saya gak usah di review segala, tinggal kasih username sama password aja.. monggo langsung dioprek hehe..

    opreken dewe

  18. advertiyha says:

    Kereeennn,, pakdhe kalau udah nge-review blog, bikin yang lain pada bengong, ckckck, detaillll… :)
    sip banget untuk masukan nih dhe.. pengennn bgt blog ku yang sederhana ituh di review komandan, tapi apalah daku ini, gak PeDe lah yawww,, hehhehe…
    kontes ini, ngalah dhe,,, pemenangnya sudah jelas,, pakdhe. hihihi…

    *sist Nchie, itu duduk2 kok pesen air putih doang, apa gak kembung thooo,, hehehe*

    salam sayang merah jambu dhe..
    kiss…kiss

    ngirit banget yaaaaa

  19. Ge er bin tersanjung aku kalau jadi bun Mon, tapi sebagai aku minderrr jadinya mau ikut GA ini :(

    sebaiknya gak usah ikut, biar saja yang menang

  20. chocoVanilla says:

    Lengkap dan mantap :D
    Sukses, Pakdee….

    matur nuwun jeng

  21. Nia Angga says:

    mantap pak dhe…

    mimpi suatu saat blogku bisa di review.. hihihi

    eh pak dhe, alhamdulillah kiriman buku “nulis cerpen yuk” sudah diterima dengan selamat dan tidak kurang suatu apapun jua…

    makasiihhhhhhhhhhh

    semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan jeng

  22. ridha alsadi says:

    ga ada tandingan nih reviewnya :D
    InsyaAllah menang :D
    Pakdhe, rasanya kepengen juga blogku di review, tapi malu ah. artikel belum seberapa, semuanya juga masih kurang disana-sini. jadi minder duluan :D

    la wong malu dan minder kok minta

  23. Faiz says:

    Alllooo Eyang Cholik.
    Faiz mau lapor, udah nulis di blog seperti yang Eyang bilang kemaren, hehe
    Semoga menang lomba reviewnya yah Eyang, Faiz diajarin juga dong biar pinter juga sama kaya kk Bella.

    sip, nanti mbahkung mampir kesana ya

  24. nh18 says:

    BTW …
    load time saya …
    941 ms

    artinya apa ya ? Lama banget berarti ya ?

    salam saya Pak De

    ha ha ha ha..mosyok sih oom
    salah itu alat ukurnya, belum ditera kaleee

  25. hmm lagi-lagi pakde kalo ngereview selalu lengkap.. hahahaha, jadi mendadak keder kalo besok2 suatu saat pakde ngereview blognya dhe.. :D

    sukses pakde kontesnya, semoga dhe juga bisa ikutan meramaikan kontesnya bunda monda..

    amiin, terima kasih

  26. bunda kanaya says:

    review nya keren amat sih pakde….

    siapapun bisa membuat review seperti itu bun

  27. Lidya says:

    lengkap reviewnya nih dhe, ini juga bermanfaat buat blogger yang lainnya.saya coba test kecepatan blog saya dhe, hasilnya cukup besar :) mau saya perbaiki ah berbekal ilmu yg didapat disini
    kurangi yang blink2 atau flash jeng

  28. aieza says:

    MANTAPS

    terkendali

  29. andinoeg says:

    wah mau donk direview

    sip

  30. dhixs says:

    salam kenal….
    mau baca2 dulu… :d

    monggo

  31. lozz akbar says:

    Kira-kira si Olive itu mikirin apa ya De?

    matur nuwun review sekaligus tipsnya De.. saya akan belajar menjadi kancil deh sekarang

    boleh, tapi jangan nyolong timun lho yaaaaa

  32. Noer says:

    Infonya bagus gan, termasuk gambar dengan para cewek yg lagi pada senyum..,

    makasih gan

  33. kakaakin says:

    Ibu juri datang… :D
    Ternyata sekarang kolom komentar di blogcamp tidak dalam satu halaman lagi ya… :)

    Membaca review ini, saya langsung nengok blog sendiri yang masih banyak kekurangannya :(

    biar gak panjang2

  34. Titi Esti says:

    waaah…. lengkap banget. Langsung pengen nge-test blog sendiri dengan kriteria kriteria di atas

    sip, jangan lupa teriak Test..test..test

  35. nurusyainie says:

    Wah, detail bangeeetz!!!
    Cucok deh buat eyke yang baru buwat blog di wordpress wekekekeke… ^^
    Belum tau banyak soal dashboard-nya, hanya tau posting tulisan hahaha…
    nanti deh, eyke belajar perlahan lewat ulasan pak Dhe

    *ikut2an manggil pak Dhe

    dashboard intinya ya menulis, komentar, setting,dll
    gampang kok

  36. niee says:

    waahh reviewnya lengkap pakde.. mau dong blog aku direviee.. biar tambah terkenal *eh :D *kabur sebelum malu*

    Insya Allah lain kali akan direview