Makanan Idaman Wanita Hamil : ComRo

Makanan Idaman Wanita HamilKetika saya sedang mendengarkan siaran dialog di sebuah radio swasta dengan topik  Cara Cepat Hamil, Ipung berkata dengan suara pelan : ” Mas pengin makan comro nich “. Masya Allah, orang hamil kok minta yang aneh gitu sih. Mbok ya minta goreng tempe, nasi pecel atau bubur Samarinda gitu kan gampang. Mana ada di Balikpapan orang jualan comro~makanan khas Bandung yang mak nyuss itu. Memangnya makanan idaman wanita hamil hanya comro ?

Sebagai suami yang bertanggungjawab dan penuh kasih sayang, sayapun berburu comro yang katanya singkatan dari OnCOM di jeRO itu. Pasar Klandasan, Pandansari, Kebun Sayur, Muara Rapak, Gunungsari tak ubek sampai ludes, namun tak ada pedagang satupun yang mengaku berjualan comro.

Saya menyerah sambil mengambil CB 2 ( Cara Bertindak 2) yaitu minta comro kepada mertua yang berdomisili di Cimahi. Karena waktu itu kami belum punya tilpon maka order import comro saya lakukan melalui surat. Dua minggu kemudian dua besek bahan comro tiba dengan sukses di Balikpapan. Si comro ehhhh..si Ipung senangnya bukan kepalang. Berhari-hari dia menikmati comro buatannya sendiri. “Makanan idaman wanita hamil adalah comro”, kata Ipung sambil kedip-kedip.

Itu adalah sebuah kisah ketika Ipung mengandung Sandy, anak kedua kami. Ketika hamil Eny~ anak pertama kami, Ipung hanya ngidam makan sate. Haaaaaa…itu sih sangat mudah karena di Balikpapan banyak juga pedagang sate..

Suami yang sedang menunggu isterinya hamil mempunyai beberapa kewajiban yang jika dilakukan dengan ikhlas dan dengan niat untuk ibadah Insya Allah akan barokah.

Selain berburu Makanan Idaman Wanita Hamil , kewajiban suami selaku pendamping isteri hamil jumlahnya ada 238 point, 9 point diantaranya sebagai berikut.

.

1. Ikut menjaga dan memelihara kandungan isteri misalnya dengan cara mengambil alih sebagian tugas isteri yang berat-berat misalnya mencuci,menyetrika, mengepel lantai, ngecat tembok dan lain sebagainya. Ini dilakukan jika di rumah tidak ada pembantu. Kegiatan ini juga termasuk melaksanakan Quit Smoking Today dengan memahami dampak merokok bagi kehamilan ~ The Impact of Smoking on Pregnancy.

2. Melarang, mengingatkan isteri agar tak melakukan kegiatan yang berat seperti kegiatan-kegiatan tersebut nomer 1 , mengangkat meja-kursi, ikut kontes tari hula-hula, dan lain sebagainya.

3. Menemani isteri jalan kaki, khususnya pada saat liburan agar kebugaran isteri tetap terpelihara.

4. Mengantar dan atau menemani isteri memeriksakan kehamilannya di klinik atau tempat praktek dokter. Jangan lupa bertindak cepat jika terjadi gangguan pada kehamilan isteri dengan segera membawanya ke dokter atau klinik terdekat.

5. Jika isteri ngidam sesuatu, sebaiknya suami mengupayakannya agar apa yang diidam-idamkan itu terpenuhi sepanjang ngidamnya tak melanggar aturan agama, hukum, norma yang berlaku, pemborosan dan hal-hal mudharat lainnya. Kalau muslimah ngidam minum whisky atau makan goreng daging babi maka suami wajib menjelaskan bahwa minuman dan makanan itu tidak boleh dikonsumsi karena melanggar larangan Allah Swt.

6. Membelikan buku-buku yang berkaitan dengan kehamilan dan persiapan melahirkan agar isteri memahami “the do and the don’t wanita hamil”

7. Pada saat isteri hamil, suami sebaiknya tidak terlalu sering atau bolak-balik minta” ithix-ithix”. Jika kondisi sudah menanjak menuju puncak gunakan cara yang eleykhan ekspektoran sehingga pekik MERDEKA tetap bisa berkumandang namun gempa bumi tak terlalu melelahkan.

8. Suami seyogyanya juga tidak melakukan perbuatan yang secara psikologis bisa mengganggu kejiwaan isteri, was-was, khawatir,  misalnya : membunuh binatang tanpa sebab, menghina orang cacat, dan lain-lain. Walaupun itu hanya mithos namun menurut ajaran agamapun juga tidak baik,bukan. Jika badan isteri yang sedang hamil mendadak berbah dari model awal ketika menikah, tak usahlah suami berkata : ” Berat badan berlebihan menjadi beban

9. Suami selayaknya meningkatkan kualitas ibadahnya dengan cara melakukan sholat tahajud, sholat dhuha, puasa sunnah, bersedekah dan perbuatan-perbuatan baik lainnya. Rajin-rajinlah berdoa agar kehamilan isteri berjalan dengan baik, isteri dan calon bayi sehat serta proses melahirkannya kelak juga lancar, selamat dan bayi serta ibunya juga dalam keadaan sehat.

Pernahkah sahabat berburu makanan yang diidam-idamkan oleh wanita hamil ? Silahkan bercerita disini.

Artikel Makanan Idaman wanita Hamil ini diikutsertakan pada acara Giveaway Awal Maret 2012  di Blog Andy Hardiyanti.

 

72 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Klo istri lagi nyidam tetapi tidak keturutan #mitos anaknya akan ngences ae ya dhe…
    met pagi :)

    katanya begitu, mas sobat ngeces terus kan

    • Alhamdulillah si mbok katanya waktu hamil saya ga nyidam neko-neko jadi bisa keturutan semua.

      pasti ngidam getuk Sukaraja dan mendoan ya mas

  2. Haya says:

    Dari 238 point baru 9 poin yang ditulis, lah sisanya masih banyak ya pak de? ….. :D waktu aku hamil sering juga manfaatin kesempatan minta macam2 sama suami…. alesannya ngidam…

    Sukses untuk GA-nya ya pak de

    mungkin ngidam jaman sekarang beda ya nduk,soalnya ada hp, sepeda motor pink, ipad,ipod,android, andre hehanusa,dll
    matur nuwun supportnya

  3. Mama Sedja says:

    Terima kasih atas partisipasinya.
    Sudah dicatat sebagai peserta yaa,dhe ;)

    Yang terhormat Ibu Andy Hardiyanti alias Mama Sedja selaku Shohibul Giveaway.
    Komandan BlogCamp Group beserta staf dan seluruh karyawan mengucapkan selamat datang di BlogCamp.
    Kedatangan ibu sungguh membanggakan dan membahagiakan hati kami semua.
    Ditengah-tengah kesibukan tugas, ibu menyempatkan datang mengunjungi kami.Jika boleh Kami ibaratkan, dengan kunjungan ibu ini seolah kami mendapatkan kemenyan sak gunung kembar ( akeh wpol)

    Dapat kami laporkan bahwa Tim Kreatif BlogCamp antusias sekali untuk menyiapkan artikel guna diikutsertakan dalam Giveaway yang ibu selenggarakan.
    Jumlah minimal 250 kata yang ibu persyaratkan ternyata dilampaui oleh staf sehingga hampir mencampai 500 kata dengan memasang 3 keyword Makanan Idaman Wanita Hamil yang tersebar pada paragraf awal, paragraf tengah dan paragraf akhir.Ini menunjukkan bahwa kami tidak pernah main-main dalam mengikuti setiap kontes.
    Bagi kami kontes bukan soal kalah atau menang tetapi lebih merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan karena kami bisa eksis dimanapun kontes digelar.

    Untuk menentukan judul artikel saja kami diskusi selama lebih dari 3 jam, bahkan 3 staf melakukan walkout karena menganggap judul terlalu sempit, absurd dan diluar nalar.
    Selaku pimpinan diskusi saya katakan ” Lho, judul itu harus fokus,mengandung long tile keywords dan ada unsur “bom” nya sedikit.Coba kalau judulnya “Pengalaman Menunggu Isteri Hamil “…wah….itu sih judul yang terlalu melebar,generik dan tidak fokus”
    Dengan penjelasan saya itu staf akhirnya membatalkan walkout dan bahkan berjanji akan membawakan kami nasi remas yang lezat.

    Demikian ibu penjelasan singkat saya tentang proses pembuatan artikel ini.Silahkan menyimak artikel ngetop ini.
    Selanjutnya nanti saya persilahkan ibu melihat-lihat arsip artikel BlogCamp yang baru mencapai sekitar angka 1300 lebih dengan topik yang multidimensional, akuntabel, akeptabel, nggedebel, cerdas, terarah, terukur, kondusif dan mencekam.
    Tak lupa kami mendoakan sekembalinya dari BlogCamp nanti ibu selamat sampai tujuan dan dalam keadaan sehat-segar.
    Terima kasih.

    • Mama Sedja says:

      lah? pertamax toh?
      hihihi..tumben..
      masbro mana ya?

      Mas Bro masih mengeringkan rambut Bu.
      Maklum kramas sampai 3 x

    • Wawan says:

      hahahaha..komennya puanjaaaanng buanget.. Tapi dapat ilmu dari komen itu.. wah pakdhe top markotop, Mangstab

      Begitulah kalau menyambut shohibul kontes mas
      Ini yang disebut dengan falsafah
      “, ngluruk tanpo bolo, menang tanpo ngasorake, utang tanpo sungkan”

    • nique says:

      h uahahahahaha …..
      paling bisa dah nyogok juri yg dateng hahahahaha

      namanya juga usaha yank

      • Lyliana Thia says:

        luar biasa pidatonya pakde.. hihihi.. :-D

        semoga menang, Pakde.. :-D

        sudah biasa pidato di sunatan kok nduk

        • Itu kaya mau posting meneh.

          dengan topik yang multidimensional, akuntabel, akeptabel, nggedebel, cerdas, terarah, terukur, kondusif dan mencekam. disini aku ko jadi bayangke gaya tukul arwana.

          hooh, asal njejer huruf ya mas

    • bunda lily says:

      hayyah…..lagi lagi reply komen ala upacara agustusan khas nya PakDhe ….
      hahahaa….

      semoga sukses di acara GA ini ya Dheee….
      salam

      sambutan pak RT atas kunjungan bu kades kok
      thank you honey

    • chocoVanilla says:

      Huahahahahaha…. Pakdee, panjang amaaaaaat :P

      Apalagi ada nasi remas dan nggedebel mencekam itu lhoo :lol:

      Aku ngguya ngguyu dewe ini :lol:

      hussssh…yang panjang apanya sih..jangan semborono lho

      soal ngguyu mungkin biasa
      tapi ngguya nya itu yang nggak nguwati

    • Mama Sedja says:

      Komentar sepanjang ini mesti saya balas gimana toh,dhe? :D
      udah bisa jadi satu postingan ini malahan..hehe

  4. LJ says:

    xixi.. Bude kan made in cimohay pantes aja ngidamnya ComBro.
    makasi atas tips nya Dhe.. keren banget
    ntar bisa diprint dan dibagikan di puskesmas

    sukses wat kontesnya ya Dhe
    salam sayang dari Bukittinggi.

    Tahu gitu tak kasih fotoku kalau mau dibagi di Puskesmas ha ha ha ha
    Terima kasih sayank

  5. Sholihin says:

    Wah banyak banget ada 238 point, bisa menjadi tambahan ilmu buat persiapan kelak Dhe…
    Tapi ngomong-ngomong, point yang nomor 7 di atas itu maksudnya apa ya Dhe? Mohon dijelaskan sejelas-jelasnya…
    #kaburrrr… :D

    sudah sunat belum ?? Kalau belum gak tak jawab

  6. mami zidane says:

    comro…? meskipun saya lagi nggak hamil, tapi denger kata comro saya jadi ngiler juga nih pakdhe, hehe

    coba tahan ngilernya biar netes jeng…terus….terus…tahan…panjangkan lagi…terus..dikut kagi…terus….yupppp….terus…dalam hitungan tiga sedot lagi ya…satu..dua..tiga…yak !! sulrppppp…..archhhhhhhhhhhhhhh…
    gimana sensasinya… syaik kan….

  7. Apikecil says:

    Selamat Pagi Pak Dhe… :)
    Senang sekali membaca artikel ini
    ketiwi ketiwi sendiri membayangkan..
    ngidam adalah pengalaman yang membahagiakan..

    selamat pagi sayank
    avatarmu mbok jangan sedih gitu tho, cah ayu Gantien yang senyum gitu lho. kompor gas belum punya biasa kok..namanya juga pengantin baru. Pakai kompor sumbu dulu aja yaaa.

    lho sudah mulai ngidam tho
    pengin opo nak
    di taman rumahku ada jeruk nipis and jeruk pel, mau ??

    Bilang mas Bro, avatar diganti yang ini gitu yaaaaa

    • Apikecil says:

      Hlohhh, dapet dari mana Dhe potoku yang itu?hihihih
      itu poto waktu masih kerja di warnet dulu,hihihih
      Siap Dhe, segera diganti fotonya.
      Ngidamnya sudah Dhe, tapi belum ngisi.
      Do’akan ya Dhe… :)
      Saya maunya kompor tungku Dhe, yang disebul sebul itu lho.
      kan kayak Oshin,hihihih..

      ambil di dompetnya mas Bro
      Dompet kok isinya kertas bon melulu sih nduk

  8. Evi says:

    Kagum sekali. Ternyata Pakde ini benar-benar suami siaga yah…

    suami Viagra ?
    Tante Evi mengagumi saya ??, ahhh…bisa aja…jadi malu saya

  9. nique says:

    kira2 klo saya yang hamil nanti, akan ngidam apa ya DHe :D
    penasaran jadinya hehehe
    moga2 sih gak nyusahin,
    moga2 juga biar suami aja yang ngidam,
    biar saya bisa anteng2 hahaha *urik*

    nanti sisa tips 238 itu diemailken ya Dhe, biar besok2 pas hamil langsung tak sodorken ke suami hehehehe

    jangan ngidam minta fotoku..entar malah berantem
    semoga segera ngidam nak, amin

  10. Hahahaha,
    comrone nganti import ngonoh @_@

    iyo ngono

  11. ke2nai says:

    ada istilah hamil kebo.. dan sy termasuk hamil kebo ketika hamil anak2 sy.. jd suami gak repot sm urusan ngidam.. cuma dia tetep jd suami siaga kok :D

    hamil kebo itu yang tiduran saja sambil ngemil alias nggayemi yo jeng

    • ridha alsadi says:

      enak yah mba bisa hamil kebo, bawaannya enaaaaak aja,. makan enak, tidur enak, mual muntahnya jarang bahkan ga pernah mungkin yaaa
      beda sama saya kalo hamil, banyak susahnyaaaa… :D
      tapi alhamdulillah melahirkannya juga selalu mudah :D

      benar kan, bersama kesulitan ada kemudahan

  12. comro sama combro sama gak pakde? :D

    ya jelas beda tho jeng, yang satu genah ada b nya gitu kok
    kalau rakyat biasa menyebutnya Combro
    Komandan BlogCamp bilang Comro

  13. Orin says:

    Wow…seperti biasa, ulasan Pakdhe penuh manfaat. Wiken bikin comro aah… :D

    wow..wis jadi lagak lagunya wuk…susah mau ngrubah
    kalau bikin comro sambil berdoa semoga bisa beli mobil camri yaaaaa

    • Orin says:

      Aamiin…mudah2an camry-nya segera terbeli setelah kenyang makan comro Dhe ^^
      Tapi kenapa tiba2 saya pengen bgt kopdar sm Pakdhe ya? *merenung*

      tuh kan, Ike bilang apaaaaaa
      pakdemu ini ngangeni lho

  14. Nay kaga mudeng ame point nomer 7..
    Moga kalo nanti Nay hamil ngidamnye kaga neko2 :D

    iyeeee…pada saatnya nanti akan mudeng nduk…..

    • ridha alsadi says:

      hehehe, bahasanya bahasa planet sih, makanya ada yang ga ngerti “pura2 ga ngerti juga” hihihi

      lho itu bahasa nasional kok

  15. Amela says:

    waah,, kalau ngidam-mengidam, yang paling saya ingat ibu saya dulu ngidam salak pas hamil adek bungsu saya.,
    sehari itu bisa habis sekilo salak, bijinya kalau dikumpulin sampe bisa sekaleng khong guan.. hahha


    salak sekilo yang dimakan ibu paling 2 biji
    sisanya pasti blogger yang ngembat..iya kan..hayooo..ngaku

    Kaleng khong Guan yang ukuran kecil kan

  16. Blogger Java says:

    Baru tahu Dhe, kalau Comro itu makanan idaman wanita hamil.
    Terus rasanya gimana? boleh nyoba gak Dhe? hehehe……

    rasanya di lidah clekit..clekit..clekit..semriwing…..

  17. advertiyha says:

    Saya sudah ngidam pernah dhe,,,
    pengen… (ah, nanti aja tak bisikin ya dhe,,, ) hahhaha

    Toss dulu sama budhe,,
    waktu hamil, ngidam utama saya Combro dan Cak we… (bukan tetangganya Cak Citro Mduro lhooo.. hihihi)

    salam sayang merah jambu
    kiss..kiss

    pengin makan hiu goreng kan say

    • Apikecil says:

      Hihihihihih..
      jadi Cak We itu bukan tetangganya Cak Citro to Mbak?
      trus tonggone sopo Mbak?
      wkwkwkwkkw :D
      *Cak We ini opo sih Mbak?*

      Wese umum terminal

  18. mama ina says:

    Alhamdulillah Pakdhe…9 point yang pakdhe paparkan diatas sudah dilaksanakan suami sy dengan baik……kecuali point no. 7 *Lohhh……hihihi…..*

    berarti masih sering kramas ya jeng

    • ridha alsadi says:

      hehe, pakdhe tahu aja siapa yang sering keramas, wajahnya kelihatan yaaa pakdhe??

      orang yang wajahnya bolak-balik senyum dan matanya kedap-kedip nrecel biasanya suka kramas…

  19. mama ina says:

    Alhamdulillah juga selama hamil saya ngga pernah ngrepotin suami…ngga pernah ngidam…..padahal sebenarnya pengen juga ngetes suami hihiih…..

    bagus kalau gak nyidam….jadi uangnya bisa ditabung untuk beli popok bayi

  20. lucu banget bu Dhe..untung pak Dhe viagra, ups salah pak Dhe siap siaga :)…suami saya sebelum saya hamil sudah wanti2 untuk tidak ngidam apapun …jadi saya gak peranh ngidam cuma mengidamkan sesuatu bernama tekwan temennya bu model ^_^

    podho ae jeng….
    tekwan sak baskom deh

  21. nh18 says:

    Wuaduh … 238 … ??? banyak juga ya Pak De … hahahaha

    Yang jelas ,…
    saya agak jengah tersipu-sipu membaca yang Nomer Tujuh …
    Yang bab … ithix-ithix ituh …

    (cekikikan di pojok kantor …)

    sambil meneriakkan kata … MERDEKAAAAA !!!

    Salam saya Pak De

    ha ha ha ha ha..jangan dibayangkan oom
    entar staf yang lain kaget

  22. chocoVanilla says:

    Comro buatan Budee Ipung pastiii enak ya. Kalo saya sukanya misro :D

    (Dulu saya ngidam krupuk mlarat yang digoreng pake pasir itu. Murah meriah tapi nyarinya ampe Purwakarta :mrgreen: )

    Kalau di kampung saya disebut krupuk upil atau krupik plastik.
    waktu saya sunat banyak sekali yang nyumbang krupuk plastik
    saya suka yang digoreng pakai jlantah..gurih2 gimanaaaaaaa gitzuuuu

  23. andre says:

    makasi tips nya pak dhe. nanti kalo istri saya ngidam, saya pasti jadi suami siaga. semoga sukses kontes nya.

    iya donk mas, siapa lagi kalau bukan suami yang cari makanan spesial ngidam

  24. bundamahes says:

    mbayangin wanita hamil lagi ikut kontes hula-hula kayanya seru yo dhe! :)
    itu kan baru 9, lha trus 229 yang laen opo dhe???

    Yang 229 nanti kalau ada kontes lagi jeng saya jelaskan..tak cicil 9..9…9 yaaaa

  25. wati says:

    pakdhe kpn2 posting 238 point kewajiban suami itu atuh… kl perlu dibukukan, biar bs jd panduan buat para calon bpk hihihi……

    Insya Allah, nduk.
    Wani piro ?

  26. ComRo dicocol cuko, aduh eunak ee…

    jadi comro antar nusa donk

  27. yuniarinukti says:

    Ithix-ithix itu apa sih Pakde?
    Lalu kenapa dikasih tanda kutip segala?
    Tolong dijelaskan secara gamblang Pakde, karena saya kan pemalu, gak enak kalau bolak-balik tanya..

    penjelasannya harus pakai peragaan nduk…biar lebih gamblang, terang trawoco, cetho terwelo-welo

    • ridha alsadi says:

      jiahhahaha, mba Yuni pasti pura2 ga tahu
      klo artinya terang trawoco, cetho terwelo-welo, nah itu yg saya nda ngerti, hihi

      terang trawoco= terang, bisa dibaca
      cetho terwelo-welo= jelas sekali-kali ( halah..sama2 saja sebenarnya sih..)

  28. wow, comro ya namanya, sebagai orang Jombang asli, saya baru dengar makanan ini, Pakde, semoga suatu saat kalo ke Bandung bisa nyoba comro…

    lho, comro kok dicoba-coba..langsung hlep..hlep..gitu aja kayak sonais

  29. Mama Kinan says:

    met siang pak dhe…pripun kabare?? semoga sehat …
    wah pak dhe..ngidamnya susah didapat yah dibalik papan…btw comro yah pak dhe nama aslinya dulu dijakarta saya biasa mengenalnya combro…
    wah mantep neh 9 tips nya itu…mau dishare buat suami juga ah untuk refresh…..siapa tahu nanti untuk adeknya kinan…:) pak dhe mantap neh termasuk dalam jajaran suami siaga
    semoga sukses GA nya pak dhe..:)

    iya donk say..
    suami harus begitu….jangan dangdhutan aja

  30. kakaakin says:

    Dooh… saya jadi pengen makan comro juga nih…
    Tapi yang jualan comro (kalo gak salah) cuma di rumah makan Tahu Sumedang di ruas jalan Balikpapan-Samarinda, atau di Jl. Samarinda-Bontang. Jauh banget kan, Pakdhe… :(
    Semoga sukses dengan kontesnya, Pakdhe :)

    mbuat sendiri saja, tuh tak kasih resepnya

  31. Lyliana Thia says:

    waktu hamil aku ngidamnya beda2 setiap hari Pakde… maksudnya minta jajan kali ya? hehehe… ini sih bikin repot suami namanya.. :-D

    jd inget udah lama nggak makan comro… jd pengen.. hehe

    apa kabar Pakde dan Bude Ipung? semoga sehat2 yaaa..

    kabar baik nduk, budemu ke Cimahi, nengok emaknya
    saya jomblo nich….

  32. ridha alsadi says:

    Pakdhe hebat deh jadi suami.
    Suami saya dulu kalau saya hamil malah bingung karena saya ga pernah minta ini itu, malah suami yg ga berhenti nanya mau makan apa, soalnya saya kalau hamil selalu parah ngidam mual muntahnya. susah makan :D

    btw, combro itu bentuknya gmn sih pakdhe? bahan dasarnya apa? hehe
    tumben pakdhe tak menyertakan gambar si comro itu :D

    ———

    Ini menjawab yang btw nduk.

    Makanan Idaman wanita Hamil

    Resep Comro atau Combro
    .
    Bahan kulit:
    100 gram singkong parut
    1 sdt garam
    200 gram kelapa parut kasar
    minyak untuk menggoreng

    Bahan isi:
    250 gr oncom, cincang kasar
    1 batang daun bawang, iris halus
    1 1/2 sdt garam
    1/4 sdt gula pasir
    1 sdm minyak untuk menumis

    Bumbu halus:
    3 buah cabai merah besar
    2 buah cabai rawit merah
    5 butir bawang merah
    3 siung bawang putih

    Cara membuat:
    1. Isi, tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan oncom. Aduk rata. Masukkan santan, garam, dan gula pasir. Masak sampai meresap. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. sishkan.

    2.Kulit: aduk rata singkong, garam, dan kelapa parut.

    3. Ambil sedikit adonan. Pipihkan. Beri isi. Bentuk oval.

    Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang

    Untuk 40 buah
    .
    Silahkan mencoba. Kalau enak beritahu kawan.

    • andre says:

      save dulu dah resep comro nya. mau coba buat nanti kalo dah punya kompor sama wajan.

      beli aja dulu mas

      • andre says:

        di daerah surabaya sebelah mana ya? nanti kalo saya tinggal di sana , mau beli satu bungkus.

  33. ridha alsadi says:

    ini ikutan giveaway nya mama Sedja kan pakdhe?
    moga sukses yaaa

    iya, semua diikuti
    GA Yustha sebentar lagi tayang

  34. srulz says:

    ikut menyimak pakdhe…. *borkMark*
    suatu sa’at pasti berguna pengalaman pak dhe untuk say.. :D

    sip mas- sudah mau janur kuning ya??

  35. 'Ne says:

    waaahh pakdhe bener-bener suami siaga ya hehe..

    ya siapa lagi kalau suami nduk

  36. 'Ne says:

    aaahh lupa bilang kalau barusan saya abis makan combro..
    asli lho pakdhe gak bohong.. biarpun gak lagi hamil tapi suka kok :-D

    saya juga gak hamil, tapi suka juga kok

  37. Miss Nesthy says:

    Saya juga suka Comro ini…rasanya pedas dan nikmat…maknyus dech.

    murah tapi ngangeni ya Miss

  38. Lidya says:

    malem pakde, kangen juga seharian gak mampir kesini :)
    waktu hamil anak pertama saya pernah kepingin makan mie rebus tapi beli dhe, sudah dibelikan oleh suami tapi melihat penampakan mie rebusnya kok melar semua jadi gak nafsu dimakan hehehe mubazir ya minta tapi tidak dimakan

    yang penting sudah beli jeng
    saya juga kangen kalau gak ditiliki

  39. latree says:

    wahaha pakdhe ini.
    jadi kewajiban yang 229 lagi mau diposting kapan?

    kalau ada kontes lagi he he he he…

  40. nunu says:

    kehamilan itu masih misteri bagi saya pakdhe
    salam adem ayem dari sidoarjo pak dhe

    Insya Allah akan datang

  41. mbah duL says:

    Istri saya juga gi hamil pakdhe..
    Tp alhamdulillah g pernah ngidam.. Hanya sering ngambek aja..
    Hehe

  42. Ummi saya suka bikin comro sendiri di rumah, ubi nya pun selalu metik langsung dari sawah bapak, memang enak comro itu, apalagi kalo pedas. pokok namah edun pisan lah :)

  43. Vera says:

    Hallo…pa kabar pakdhe, udah lama gak mampir sini, seruuuu bgt ini postingan comro, jd pengen comro. Dulu waktu sy hamil di Samarinda, sempet ngidam cilok, combro, gurilem. Cuma gurilemnya aja yg bs diimpor dr bdg.

    Nungguin poin sisanya….pasti kocak, khas Tulisannya pakdhe :)

    apa tuh gurilem ??

  44. [...] Makanan Idaman Wanita Hamil: ComRo – Pakdhe Cholik Adakah Cara Cepat Hamil? – Nique [...]