Sekeping Hati Untuk Jeng Mira

Sekeping Hati Untuk Jeng MiraSekeping Hati Untuk Jeng Mira telah dipasang oleh Alloh Swt agar dalam berpikir, berkata dan bertindak tak semata-mata menuruti hawa nafsu, perasaan dan kata orang, namun juga mendengarkan kata hati. Oleh karena itu jagalah hati itu karena dia juga lentera hidupmu.

Jeng Mira,
Hati yang ada dalam tubuhmu, tubuhku, dan tubuh seluruh manusia hanyalah segumpal daging kecil. Tetapi hati yang kecil itu sesungguhnya mempunyai peran yang sangat besar bagimu, bagi kita semua sebagai makhluk sebaik-baik ciptaan Allah Swt. Hati nan mungil itu banyak menentukan warna kehidupan kita. Jika hati itu baik maka baiklah kehidupan kita, demikian pula sebaliknya.
Mari kita simak hadits berikut ini
.

Nu’man bin Basyir ra mengungkapkan, Muhammad Rosululloh saw bersabda : ” Ketahuilah, sesungguhnya dalam diri manusia ini ada segumpal daging. Jika benda ini baik maka baiklah seluruh tubuhnya. Namun apabila benda itu rusak, maka seluruh tubuhnya akan rusak. Ketahuilah, benda itu adalah hati” (HR. Bukhori dan Muslim)

.

Sekeping Hati Untuk Jeng Mira, hatiku, hati setiap manusia itu bisa diibaratkan seperti bulu, yang mudah dibolak-balikkan oleh angin. Ketika iman kita pada kondisi yang bagus kakipun terasa ringan melangkah ke masjid, lidahpun sanggup melafadzkan firman-firman Allah dengan tartil dan fasih, telinga gemar mendengarkan tauziah dari para ustadz dan tangan kita tak berat memberi pertolongan kepada sesama. Namun ketika iman kita tergoyahkan oleh ujian Allah,  tiba-tiba kesabaran kita hilang, muncul keputusasaan, mulut menjadi penuh keluhan, tak ada gairah untuk menyambut panggilan Ilahi. Dalam keadaan seperti ini tak ada yang mampu menolong kita, kecuali bersandar kepada-NYA sambil mengharap keridhoan Allah.

Simak hadits berikut ini.
.


Muhammad Rosululloh Saw bersabda : ” Perumpaan hati itu seperti sehelai bulu di tanah yang lapang, dan mudah dibolak-balikkan angin” (HR Achmad, Ibnu Abi ‘Ashim)

.
Jeng Mira,
Apakah jeng mengetahui sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Ernie Johan yang sangat populer ketika saya masih duduk di bangku SMP Negeri I Jombang tahun 1964. Judul lagu itu adalah Kau Selalu Di Hatiku yang liriknya saya kutipkan khusus untukmu seperti di bawah ini.

.
Kau selalu di hatiku
Terpaut di dalam sukma
Tiada ku bimbang tiada ku ragu
Akan setia janjimu
( Nggak usah klepek-klepek lho………)
.

Sssst..itu adalah sebuah lagu yang biasa dinyanyikan oleh remaja yang lagi jatuh cinta. Tetapi jeng, tahukah bahwa sesungguhnya di Sekeping Hati Untuk Jeng Mira, di hatiku dan di hati setiap manusia ada tempat yang sudah di isi oleh setan dan malaikat. Dorongan yang kita rasakan dari keduanya akan berpengaruh besar bagi kehidupan manusia.Tak heran jika kita yang baik, ramah, santun, murah senyum kadang bisa berubah menjadi jahat, licik, bertipu daya. Suatu waktu manusia menjadi makhluk yang demikian penyayang, dermawan dan sikap-sikap terpuji lainnya, namun pada kali yang lain dia berubah menjadi manusia yang munafik, sirik, pendengki, iri dan sifat-sifat negatif lainnya.

Seorang muslim yang baik bisa saja tergoda oleh rayuan setan sampai-sampai dia harus kehilangan martabatnya karena ketakutan akan kemiskinan yang akan menimpa diri dan keluarganya. Dia merasa gaji dan fasilitas yang dia dapatkan tak mencukupi maka dia ambil uang dan harta benda yang bukan miliknya. Sumpah jabatan yang diucapkan dibawah naungan kitab suci itu seolah tak mampu membentengi dirinya karena mata dan hatinya telah tertutup oleh keserakahan. Hatinyapun telah terbelenggu oleh dorongan setan.

Matanya baru terbuka, kesadaranpun mulai muncul ketika Allah telah meletakkan dirinya pada tempat yang hina, serendah-rendahnya.

Mari kita simak hadits berikut ini.

.


‘Abdullah bin Mas’ud ra mengungkapkan, Muhammad Rosululloh Saw bersabda : “Sesungguhnya setan memiliki tempat di hati manusia, dan malaikat juga mempunyai tempat yang sama. Bagian yang dihuni oleh setan, membawa kepada perbuatan jahat dan mendustakan perkara yang benar. Sebaliknya tempat yang dihuni oleh malaikat membawa kepada kebaikan dan membenarkan perkara yang hak. Barangsiapa yang menemukan dalam hatinya dorongan malaikat tersebut,maka harap dketahui bahwa hal itu datangnya dari Alloh, dan hendaklah ia memuji kepada Alloh.Tetapi barangsiapa merasakan dalam hatinya dorongan yang lainnya, maka hendaklah ia meminta perlindungan kepada Alloh dari setan yang terkutuk” Kemudian Nabi Saw membacakan firman-NYA: “Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kalian dengan kemiskinan dan menyuruh kalian berbuat kejahatan, sedangkan Alloh menjanjikan untuk kalian ampunan-NYA dan karunia. Dan Alloh Maha Luas (karunia-NYA) lagi Maha Mengetahui (QS.2/Al-Baqoroh: 268) (HR.Tirmidzi)

.

Jeng Mira,
Mengakhiri tulisan ini saya mengajakmu, mengajak diri saya dan mengajak kaum muslimin untuk sesering mungkin berdoa kepada Alloh Swt agar kita diberi ketetapan hati dalam ketataan. Sebuah doa yang dipanjatkan dan dicontohkan oleh Rosululloh Saw sebagaimana tercantum dalam beberapa hadits berikut ini.

.

Yaa Muqallibal Quluub, Tsabbit Qalbi ‘Ala Diinika

Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkan hati kami di atas agama-Mu.  ?[HR.Tirmidzi 3522, Ahmad 4/302, al-Hakim 1/525, Lihat Shohih Sunan Tirmidzi III no.2792]

Yaa Muqallibal Quluub, Tsabbit Qalbi ‘Ala Ta’atik

Wahai Dzat yg membolak-balikan hati teguhkanlah hatiku diatas ketaatan kepadamu [HR. Muslim (no. 2654)]

Allaahumma Musharrifal Quluub, Sharrif Quluubanaa ‘Alaa Tho’atika

Ya Allah yang mengarahkan hati, arahkanlah hati-hati kami untuk taat kepadamu. (HR. Muslim)

Dan firman Allah Swt berikut ini.

‘Rabbabaa Laa Tuzigh Quluubanaa Ba’da Idz Hadaitanaa wa Hab Lana Mil-Ladunka Rahmatan Innaka Antal-Wahhaab’

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia) (QS. Ali Imran: 7)

Mari kita panjatkan doa-doa tersebut setelah sholat wajib, sholat sunnah dan kapan saja,dimana saja (kecuali di tempat terlarang untuk membaca ayat Suci alk-Qur’an), agar Allah Swt memberikan ketetapan hati kita untuk hal-hal yang benar dan bermanfaat. Amin ya rabbal ‘alamin.

.

Jika yang saya sampaikan diatas itu benar maka sesungguhnya kebenaran itu datangnya dari Allah swt dan jika salah maka kesalahan itu karena kekurangmampuan saya.

.

Sekeping Hati Untuk Jeng Mira.

.

Sekeping Hati Untuk Jeng Mira  ini sebagai Inspirasi untuk Catatan Hati 10 Maret 2012 – @yankmira #1 Giveaway

 

31 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Lidya says:

    Assalamualaikum, selamat pagi pakde. hikmah hari jum’at ya dhe. terima kasih sudah diingatkan. Pakde kandidat juara nih :)

    Waalaikum salam wr wb.
    Terima kasih supportnya.
    Setiap peserta kontes/GA pada hakekatnya kan kandidat juara.
    Pada kontes AXIS kemarin saya keok juga kan

    • nique says:

      pakde keok, apalagi saya hahaha

      keok tak harus jongkok sambil petok-petok kayak betina mau ngendok
      tapi tetap menatap depan, membuka tabir kecerahan hari esok
      Petoooooooooooooooooooooooooook……..

  2. @yankmira says:

    Assalamua’alaikum Pakdhe, semangat pagi. Sangat inspirasi sekali catatan hati pakldhe, jadi bikin saya makin semangat dlm perjalanan menuju soeta ini. ???????????????? sinyal bb bisa bersahabat sampe komentar ini dibuat. Terima Kasih atas partisipasinya ya Pakdhe, saya akan masukkan ke list secepatnya. Dan dengan senang hati “sekeping hati” ini akan saya jaga (Insya Allah)

    Walaikum salam wr wb.
    Good morning selamat pagi, jilbab orange menarik hati.
    Saya titipkan juga sekeping hati yang tersisa ini
    Untuk kau jaga agar tak diambil oleh Niq atau Iyha

    • @yankmira says:

      Jiyaaah, maap palkdhe itu tuisan “alhamdulillaah” nya jadi begitu. Symbol arabnya ga muncul (jadinya malah tanda tanya) yang ada. Qiqiqiqiiq

      kalau kita ambil dari Google translator lalu kita paste juga gak muncul kok

  3. Wawan says:

    Ooo ini tho artikel yang kemaren salah tanggal itu Dhe? Penuh inspirasi.

    ooo iya, harusnya untuk hari Jum’at memank agar pas momentnya
    siji gawe loro gawe.

  4. nique says:

    hati-hati dengan hati, jangan sampai sakit hati,
    hati-hati main hati, jangan sampai mati hati

    xixixi

    sukses kontesnya ya Dhe

    *mlipir dengan hati-hati*

    jangan sampai engkau sakiti hati ini
    apalagi merubah cintaku jadi benci
    hati-hati makan gulai otak,limpa dan hati
    karena kolesterolnya tinggi

  5. yuniarinukti says:

    Jum’at cerah buat kita semua, Jum’at semangat buat Jeng Mira seorang hihi..

    amin
    semoga hati ini selalu terjaga
    jangan sampai menyakiti hati jeng Mira seorang

  6. Aamiin
    Saya juga sangat ingin diberi ketetapan hati dalam kebaikan, kebajikan
    :)

    amiin
    avatarnya kok mirip Rhoma Irama ya kang

  7. Blogger Java says:

    Tulisannya bagus Dhe, apalagi lagunya, bikin klepek-klepek….. hehehe….

    terus lunglai
    seperti Sakura Dalam Pelukan

  8. kakaakin says:

    Katanya hati terdiri dari 2 keping, Pakdhe (dalam pelajaran anatomi sih gitu, hehe…)
    Namun, seringkali hati menjadi menyerpih berkeping-keping. :D
    Semoga kita selalu diberikan kekuatan hati oleh Allah Ta’ala, meskipun hati telah berkeping-keping, karena Dia adalah sebaik-baiknya tempat untuk bersandar :)

    Bener nduk
    kan Ana dan Tomi tho

  9. mama ina says:

    wuihhh…ini tulisan kontes sekaligus tausiyah yach pakdhe….sekali merengkuh dayung 2-3 pulau terlampau…siip dechh…sepertinya juara…*langsungminder*

    Insya Allah jadi kegiatan rutin tiap Jumat jeng
    sepertinya kan bukan berati sudah kan
    trims dukungannya

  10. inspiratif banget pakdhe… :)

    dan kondusif

  11. mimi says:

    hoho…kereeeeen pakdhe

    hoho…kereeeeen sejak kecil nduk

  12. ke2nai says:

    terima kasih utk tausyiahnya pak dhe :)

    sama2 nduk

  13. Orin says:

    Semoga kita semua diberi ketetapan hati untuk tetap bersamaNYA ya Pakdhe… met hari jum’at :)

    amiin
    jangan sampai kita berdoa sampai menangis membasahi sajadah ketika tanggal tua
    tapi begitu tanggal muda di mall terus sampai lupa sholat dhuhur dan asyar

  14. chocoVanilla says:

    Ouh Jeng Mira, aku ikut deg degan bersamamu :P

    Sukses, Pakdee….

    akupun demikian, ketika pertama kali melihatmu jeng
    sini deh tak bisiki….

  15. ridha alsadi says:

    wah, hebat pakdhe ini. ngontes tapi ttp ikutin jadwal ngasih tausyiah singkat dan penuh hikmah.
    yang lain pasti pada mengkeret di pojokan, ga pede lagi ikutan, hihi
    sukses yah pakdhe.
    yang pasti pakdhe telah dapat tempat khusus di hati jenk Mira cantik :D

    terima kasih
    iya, saya punya satu kapling di hati jeng Mira

  16. mbah duL says:

    Maaf pakdhe, koreksi buat nama sahabat Rasulullah, bukan ni’mah tapi nu’man atau annu’man

    Terima kasih mas, saya betulkan

  17. Kemaren sudah baca tapi baru pagi ini bisa komeng…

    kayanya dulu pakdhe ini playboy kelas kakap nih, secara tidak aku sadari klo kesini lagi belajar cara merayu cewek.

    waktu STM kelas kakap, setelah itu naik kelas, jadi kelas hiu mas

  18. lozz akbar says:

    Semoga kita semua selalu dilindungi dari hal-hal yang membolak balikkan hati ya Dhe..

    #kok saya mbayangin njenengan nulis artikel ini pakai songkok haji ya Dhe

    Amiin
    Enggak kok mas, pakai wig kribo

  19. Apikecil says:

    Semoga Pak Dhe juara..
    artikelnya bagus banget Dhe…

    juara dan kepuasan batin sebagai penulis itu suatu hal yang berbeda nduk
    (sok jago nulis)

  20. Diandra-Rafi says:

    amien…

    semoga qta bukan termasuk golongan orang2 yg lupa diri
    terimakasih sudah diingatkan pak Dhe
    salam dari Bandung

    sama2, mengingatkan diriku juga

  21. Titi Esti says:

    Toup Bangeud. Dukung Pak Dhe…. (emangnya pilkada apa yah.. )