Kulkas Murah Karena Berganti Nama

Kulkas murah karena berganti nama ?

Benar, 3 buah barang elektronik yang bisa digunakan untuk mendinginkan air, buah, sayuran itu namanya sudah diganti menjadi “barang rongsokan” sehingga hanya dihargai Rp.500.000 oleh pemburu barang bekas.

” 3 kulkas itu 500  pak”, kata pemburu barang rongsokan.

” 500 apa ?”, tanya saya sambil terus ngeblog.

” 500 ribu”, kata si pemburu.

” Nggak usah !!”, kata saya singkat.

Mendengar titah saya itu Ipung tak berkutik, pemburu barang rongsokanpun tak berani menawar lagi dan langsung ngloyor pergi.

Saya mangkel pwol.

3 kulkas itu memang ada yang hadiah dari sahabat ketika saya pindahan rumah, ada yang saya beli dari hasil tugas saya ke Namibia tahun 1989 yang lalu. Kulkas yang dua pintu bahkan sangat jarang dicolokkan ke listrik karena letaknnya di “omah kulon” alias “west wing” tempat saya menginap setiap weekend.

” Kulkas itu nggak bisa dipakai karena nggak dingin”, begitu kesimpulan Ipung ketika memboyong pemburu barang rongsokan itu.

3 kulkas hanya dihargai 500 ribu itu sama dengan mendzolimi kulkas sekaligus ngenyek pensiunan. Saya merasa kulkas murah itu masih bisa diperbaiki oleh tehnisi yang profesional. Mungkin hanya ganti preon, ganti kabel yang pedhot atau ganti sekeringnya yang karatan.

.

Kulkas Murah

Dilarang mendzolimi kulkas

.

Kulkas murah menurut pemburu barang rongsokan ini harganya akan menjadi agak mahal jika diserviskan lagi, bukan.

 

46 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. LJ says:

    di rumah galaxy kulkasnya banyak bener.. hedeh,
    tapi emang mending benerin aja Dhe.. sayang juga klo dilelang 500 rebu 3 kulkas.
    klo ud bener, yang satu pinjemin ke jeng ngatno buat modal jualan es lilin.

    sayangku,
    jika dalam artikel ada tulisan ” Omah Kulon” atau “West Wing” itu berarti rumah yang di Jombang.
    Omah Wetan yang dihuni Emak dan Eny.
    Omah Kulon yang saya huni kalau sedang BMD (Blogger Masuk Desa)
    Di antara Omah Kulon dan Omah Wetan ada dapur, pavilyun khusus, garasi dan Mushola
    Di belakang rumah ada Kolam Renang Tirto Agung dengan HTM 3 ribu, bisa berenang sampai bibir membiru, plus kantin Virgo yang murah meriah.

    (pamer.com)

    Kulkas sebanyak 3+1+1 freezer itu adanya di rumah Jombang, bukan di Galaxi. (pamerjuga.com)

    • LJ says:

      klo aku ke jombang, aku nginep di omah wetan aja,
      pasti lebih banyak makanan dan gratis brenang di tirto agung, sampe membiru.

      lho yang banyak makanan malah di dapur say
      di omah wetan malah banyak mainan Dita dan Briga je

      • nique says:

        ikuooottt …. kapan mo ke omah wetan Mak? :D
        tapi mau berendam aja dan tak usah sampai biru xixixi

        kalau berendam lebioh bagus di Sungai Brantas..asyik banget tuh

  2. Ichink says:

    Wew 3 kulkas cuma 500rb? Hmmm, mendingan dibenerin aja Dhe,
    #ngakak baca tulisan dilarang mendzolimi kulkas :D

    terlalu kok pemburu rongsokan itu

    • nique says:

      hihihi pakde lagi muring2 …

      sungguh ter… laaa…luuu…!!!

      bukan muring2 sih, tapi kok seenaknya gitu
      pohon mangga yang buahnya banyak pernah hanya ditawar 150 ribu
      emak bilang : “No..No. cucu saya banyak..mending dikasihkan kepada tetangga,cucu dan keponakan”

  3. Mami Zidane says:

    kulkas juga nggak boleh di dzolimi ya pakdhe….

    Saya pernah punya pengalaman hampir sama pakdhe, yaitu saat saya ingin ganti mesin cuci, dan saya ingin menjual mesin cuci lama ke tukang rongsok, mesin cuci lama tsb di hargai murah banget oleh tukang rongsok, hanya 80 ribu, saya jelas nggak mau donk, akhirnya nggak jadi saya jual, dan mesin cuci nya masih saya pake sampe sekarang, alhamdulillah masih awet, meskipun bentuknya udah nggak menarik lagi….hehe…

    Mesin cuci kan gak harus menarik bentuknya tho ma
    Karena yang dicuci kan juga tak selalu benda menarik ha ha ha ha ha…..

  4. Iya Pakde dibenerin aja, trus baru disumbangkan gitu dari pada dijual tapi hati Pakde merasa dienyek, heheee…

    iya sayank, gak tega juga kan kulkas 3 kok hanya dihargai 500 ribu.
    Prinsip pemburu rongsokan kan memang begitu ya
    : beli semurah-murahnya, jual semahal-mahalnya”

  5. Ne Margane says:

    memang bener tuh pedagang rongsokan kalau beli murahnya ampun2an deh.. kita yang memang ada ikatan historis dengan barangnya suka gak rela juga melepasnya ya Dhe hehe..

    bener je, rasanya gak tega kulkas jatuh kepelukan pedagang rongsokan

  6. Imelda says:

    tapi kalau di sini servis biasanya lebih mahal dari beli baru pakde hihihi
    Orang Jepang itu emang menghargai barang elektronik MAX 5 tahun sih :D
    Kalo ngga gitu, ngga ada yang beli produk baru :D

    orang Indonesia lebih irit jeng
    mobil rusia tahun 1930an saja masih dipoles-poles kok

    • nique says:

      waduh, itu termasuk hp mbak?
      hp ku baru berumur 3tahun sih, jadi masih ada masa 2tahun lagi ya hihiihhiih

      HPku tahun 2006 ditawar 1 juta, padahal dulu dikasih teman seharga 7 jutaan
      mending untuk hp cadangan saja…

    • Imelda says:

      believe it or not, kulkas skr udah ngga pake freon lagi loh :D

      I believe it kok
      Tapi kulkasku kan masih pakai preon jeng

  7. nique says:

    barang elektronik kan emang gitu dhe
    klo udah rusak ya gak ada harganya
    saya malah ditipu mentah2 sama tukang servis
    waktu itu mbenerin fan yg baru berapa bulan beli tpi udah rusak
    kelamaan gak diambil (2mingguan) eh malah dibilang kipasnya udah gak ada
    hadehhh males ribut ywdlah …

    fan kalau sudah gak ada baling2nya kan memang lebih baik dibuang
    bikin sepet mata tukang servis aja

  8. nh18 says:

    saya setuju dengan komentar Imelda
    Takutnya biaya reparasi … onderdil ,,, dll malah Mahal ya Pak De …

    Lemari Es itu masing-masing punya kenangan ya pak De …

    Salam saya Pak De

    kalau di kampung servis gak terlalu mahal kok oom
    kalau gak bisa diperbaiki ya untuk rak buku saja

  9. aryadevi says:

    iya bener pakde..ga usah aja…diperbaiki dengan ganti freon….pipa-pipa di evaporatornya dan lain-lain…bisa jadi lebih bernilai lebih tinggi kalau dijual lagi

    mungkin bisa jadi properti film horor juga kan

  10. lidya says:

    perbaiki lalu berikan sama yg lebih membutuhkan dhe

    bener, Ipung sebenarnya juga masih membutuhkan kok

  11. riez says:

    kulkasnya biar dingin dipasangin AC aja dhe…Tukang rongsokannya yang keliling pake mobil bak ya ?terus teriak2 pake TOA “Rosok-Rosok” gitu bukan?kalo iya gak heran mereka kasih harga njeglek.

    tukang rongsokannya jalan kaki
    bawa kranjang kok

  12. Sugeng says:

    Pak dhe, kalau aku nambah 100ribu lagi gimana :?: ya mau tak pakai di warung wetan omah ku karena kulkasnya terlalu kecil. :lol:

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    wah gimana ya, sama teman sendiri memang gak enak
    2 juta per buah aja deh, tekad-tekadan
    saya gak ambil untung kok

  13. Sukadi says:

    Mungkin saja mau menaikkan tawaran sudah takut duluan lihat Pakde hehe…
    Kalau misalnya bisa diperbaiki, mendingan diperbaiki lagi saja De, asal biaya perbaikannya tidak lebih mahal dari harga kulkas baru hehe…

    Nuwun, De

    kayaknya biaya sskitar 200 ribuan saja

  14. kakaakin says:

    Kulkas emak saya malah cuma dihargain Rp 50rb, Pakdhe.
    Jadi beliau memutuskan untuk memperbaikinya saja…

    kulkas kalau sudah gak ada pintunya kan emang murah tho nduk…mana bisa dingin

  15. hahahaha, serem bener de, 3 kulkas 500rebu.. wes, oper ke Palembang aja satu.. tapi nanti kalo udah dibenerin, biar bisa untuk nyimpen pempek.. :D

    tak transfer aja, beli yang baru yang 2 inch

  16. marsudiyanto says:

    Sepeda Federal saya malah cuma laku 25 ribu Dhe, padahal bannya saja nggak boleh segitu.
    Tapi terpaksa saya lepas karena nggak kepakai lagi.

    kalau sepeda kan gak pakai stroom mas, jd bisa dipakai untuk santai

  17. iwan says:

    kulkas dirumah dijual ama penjual rongsokan malah gak dihargai, karena malas menuhin rumah, akhirnya dijual

    ternyata pemburu di sana lebih sangar ya mas

    • iwan says:

      dengan harga 100 ribu doang

      ternyata masih lebih mahal 50 ribu daripada kulkasnya Kakaakin yang tanpa pintu dan dihargai hanya 50 ribu

  18. TERLALU banget sih masa cuma 500rb?? harusnya kan 100rb…..kabuuuuurrr (takut disambit pak dhe)

  19. Mbah duL says:

    ya diperbaikin dulu to pakdhe.. habis itu coba dipajang dsini, barangkali ada temen2 yg minat.. kan bisa nambah derajat dan harga kalau diperbaikin. hehe
    kalau disini ada yg jual stroller ganda (buat bayi kembar) tolong infonya ya

  20. risa says:

    ha ha ha … mbayangke ekspresine pakdhe waktu menghadapi si pemburu barang rongsokan :D
    usul dhe, buat bakal hadiah giveaway aja po?
    *kaboorrrr!

    kalau untuk hadiah giveawy malas mbungkusnya ach

  21. Mugniar says:

    3 kulkas dihargai 500rb memang nyebelin ya pakdhe.
    Tapi kalo diperbaiki ya itu … bisa makan biaya lebih banyak lagi

    kalau di desa gak terlalu makan biaya kok
    makan tumpeng malah sering

  22. ridha alsadi says:

    pemburu rongsokan dimana2 sama yah pakdhe, menjunjung tinggi prinsip “beli semurah2nya dan jual semahal2nya” dan dengan muka tebal pastinya.
    waktu pakdhe bilang ga usah, ekspresi wajah pakdhe gimana yaaaa? hehehe

    saya cuek bebek sambil terus ngeblog. kalau 500 ribu sih di slempitan kopyah saya juga ada

  23. yayats38 says:

    Dari penampilannya masih bagus-bagus begitu ya terlalu 500ribu 3 buah he he
    Betul .. setuju tuh mending diperbaiki saja :)

    kulkasnya kasih plugin jus tomat biar asyik

  24. Wawan says:

    Sini pakdhe, bawa sini.. tak benerke..saya buka usaha #terima bongkar ga terima pasang lho hahahaha

    tak antemi kapok

  25. Blogger Java says:

    Betul Pakde, kalau bisa diservice, misalnya dijual harganya bisa tinggi Dhe. hehehe….

    halah niru2 sarannya

  26. Amela says:

    kulkas lama penuh kenangan.. sampe sekarang mama saya lebih milih beli kulkas bekas (yang terbukti awaetnya) daripada beli baru..

    harganya juga miring kiri-kanan kan nduk

  27. advertiyha says:

    Kulkas yang udah gak dingin itu,. bisa dialihfungsikan jadi brankas lho dhe.. hihihi…
    brankasnya segitu, duiteeeee lebihin mbah e sangkil pastinya…

    salam sayang merah jambu dhe
    kiss…kiss…

  28. chocoVanilla says:

    Dijasikan tempat pot bunga aja, Pakdee, pasti cantik :D

    mau untuk sofa kok, sekalian bertelur di situ

  29. andre says:

    kalo sekarang masih jadi pajangan aja ya dhe?