Tips Memilih Sekolah Terbaik: Urunan Para Blogger

Tips Memilih Sekolah TerbaikTips belajar agar lulus UAN dengan nilai bagus sudah saya sampaikan di blog ini beberapa waktu yang lalu. Kita doakan semoga para pelajar sukses dalam UAN tersebut.

Dengan meniru model urunan oom nh18, kini saya mengajak para sahabat untuk URUNAN memberikan Tips Memilih Sekolah Terbaik yang pas untuk para pelajar. Yang dimaksud dengan sekolah dalam artikel ini termasuk perguruan tinggi.

Para sahabat silahkan menuliskan satu point cara memilih sekolah yang pas untuk mereka yang lulus UAN dan akan meneruskan ke sekolah yang lebih tinggi atau melanjutkan studinya ke perguruan tinggi (Akademi, Universitas, dan lain sebagainya) Saran yang disampaikan hendaknya logis dan terapan.

Selaku shohibul urunan maka saya memberi tips pertama.

1. Pilih sekolah sesuai minat dan bakatmu.

Silahkan dilanjutkan dengan tips nomer 2, 3 dan seterusnya.

Nanti akan saya daftar  dan publish tips dari para sahabat tersebut.

Selamat urunan. Semoga bermanfaat.

 

 

29 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. yayats38 says:

    Pertimbangkan lokasi sekolah/universitas.

  2. Imelda says:

    Pikirkan biaya yang sesuai kemampuan atau jalan keluarnya, sehingga tidak DO di tengah jalan

  3. lidya says:

    pertimbangkan mutu sekolah, hrs ada kerjasama antara pihak sekolah dan orang tua. jangwn pilih yg satu pihak saja

  4. Mas Huda says:

    saya ikut urunan

    jangan lupa dilihat bagaimana akreditasi sekolah tersebut

  5. susindra says:

    Pertimbangkan kemampuan anak sekolah.

  6. lovetiffa says:

    pilih sekolah yg pnya kredibilitas siswanya tidak suka tawuran atau tidak melakukan hal2 yg nyeleneh lainnya.

  7. Amela says:

    Jangan lupa minta restu orang tua,, Kalau pilihan orang tua berbeda dengan bakat dan minatmu, diskusikan baik-baik.

    • Amela says:

      nambahin lagi dhe…
      > perhatikan juga jenis/syarat yang diajukan sekolahnya.
      jangan sampe deh yang berjenis kelamin lelaki masuk sekolah khusus wanita, begitu pula sebaliknya. :P

  8. LJ says:

    wah, udah banyak saran di atas.. sipph semua.

    cari sekolah yang ada ikatan dinas-nya.
    atau cari sekolah yang melatih keterampilan khusus, agar siap pakai.

  9. jarwadi says:

    sekarang pacar kamu kuliah di PTN mana? bisa jadi motivasi untuk rajin belajar mengejar universitas impian :)

  10. Blogger Java says:

    Pilihlah sekolah dengan kredibilitas yang baik dan biaya pendidikan yang terjangkau (sesuai kemampuan).

  11. lozz akbar says:

    niatkan kuliah untuk menuntut ilmu dan mencari skill yang nantinya akan dipakai untuk mencari pekerjaan, bukan karena kuliah karena unsur gaya-gayaan biar gak dianggap ketinggalan jaman

  12. Mami Zidane says:

    pilih sekolah bermutu tapi nggak bikin kantong orang tua terkuras habis

  13. Sekolah yang berbasis keagamaan

  14. andre says:

    kalo aku pilih sekolah yang benar-benar kualitas pendidkannya bagus. ini bisa dilihat dari lulusan dan siswa yang belajr di tempat itu. tapi tentunya dengan menyesuaikan budget dari orang yang membiayai.

  15. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Mudah dijangkau
    Salam Takzim Batavusqu

  16. Haya says:

    Jika dibolehkan memilih dua atau tiga jurusan di Fakultas yang berbeda (seperti SPMB atau UMPTN dulu) pilih :
    1. Yang benar-benar diidamkan meski terkenal sulit tembus
    2. Yang ‘masuk akal’ dengan kemampuan nilai-nilai try Out

  17. yuniarinukti says:

    Cari tau sarana dan prasarana yang tersedia.

    Misalnya di Sekolah Kejuruan, di brosur tercantum ada jurusan Komputer dan Jaringan, setelah dipilih ternyata Perangkat Komputernya terbatas..

  18. Mbah duL says:

    yang paling penting: cari yg gratisan tapi bonafide dan bermutu internasional

    • ridha alsadi says:

      yang seperti ini rasanya tidak semua (hanya segelintir) yang bisa mendapatkan kesempatan untuk kuliah di PTN seperti itu. sekarang ga ada yang gratisan,dapat beasiswa pun pasti tetap harus keluar uang.

      kuncinya ya harus pintar ya nduk

  19. Djawa says:

    cari gurunya yang cantik., biar fresh belajarnya., :D

  20. Wawan says:

    Pilih sekolah yang berlabel “sehat/bagus” di mata masyarakat. Maksudnya dengan melihat track recordnya. MIsal muridnya suka tawuran, so pasti bakalan ada tawuran lagi karena kebencian dari kakak kelas di wariskan ke adik kelasnya.

  21. Orin says:

    Pilihannya boleh berdasarkan apa saja, yang penting sholat istikharoh dulu sebelum memilih :)

  22. Pilih sekolah yang bisa membanggakan Emak :)

  23. ridha alsadi says:

    tips2 di atas semua bagus2. saya tambahkan jika berkenan.

    Pilih Universitas yang tidak membuat para mahasiswanya hanya mengejar ijazah, tapi benar-benar karena ingin menguasai ilmunya sesuai dengan minat dan bakat artinya memiliki tenaga pengajar yang berdedikasi, profesional dan kompeten di bidangnya agar nantinya si mahasiswa bisa memanfaatkan ilmunya di bidangnya yang berguna untuk masyarakat bangsa dan negara. Soalnya kini, banyak sarjana yang bekerja tidak sesuai dengan bidangnya. , Dan salah pilih universitas sekaligus jurusan adalah salah satu penyebab utamanya. sekarang kan banyak tuh, sarjana pertanian, sarjana teknik, sarjana hukum tapi akhirnya bekerja di bank bagian teller pula, kan ga nyambung blas.

  24. advertiyha says:

    Pilihlah sekolah yang dapat menampung kreatifitas mahasiswa bukan hanya mengejar nilai teoritis.

  25. elaine says:

    yang paling PAS dihati!
    ini kejadian sama saya lho. PAS mau ndaftar ada yang ngasih formulir gratis, PAS mau ngisi jurusan ada temen yang ngajaki sama’an, PAS pengumuman ketrima dijurusan yang dipilihin temen itu, PAS udah ketrima ada yang nawarin tes beasiswa -dan dapat beasiswanya-, PAS mau bayar uang kuliah ada yang minjemin. wahh… pokoke berkah banget dah waktu itu. alhamdulillah rejekine anak yatim ^.^

  26. mantapp blogger aja di sekolahin ya. kwkwkwkw nice share om :D