Perlukah Berbagi Award Antar Blogger ?

Perlukah berbagi award antar blogger ?Perlukah berbagi award antar blogger ? Saya harus menjawabnya : perlu.

Pada awal ngeblog saya sangat senang ketika mendapat award dari seorang sahabat. Award itu langsung saya pajang di sidebar dengan penuh kebanggaan bak seorang artis yang baru pertama kali mendapat award. Award demi award saya terima dari sahabat sehingga tak memungkinkan lagi dipasang di sidebar. Sayapun akhirnya membuat halaman khusus untuk menyimpan cinderamata yang beraneka bentuk itu.

Namun dalam perkembangan selanjutnya award yang tujuannya baik itu justeru saya rasakan sebagai beban. Mengapa ? Karena si pemberi award memberikan tugas kepada saya untuk meneruskan award itu kepada 10 sahabat yang lain lengkap dengan link untuk 10 orang calon penerima plus link untuk si pemberi award. Ini adalah pekerjaan besar sodara-sodara. Selain itu pemberian link keluar terlalu banyak dalam satu artikel juga dinilai kurang bagus oleh Google.

Karena pemberian award itu menjadi proses berantai maka tak jarang seorang blogger menerima award yang sama dari beberapa blogger yang lain. Sayapun kadang menitipkan award itu kepada sipemberi karena award yang sama sudah saya terima dari sahabat yang lain. Seorang sahabat yang saya beri award bahkan secara terang-terangan berkomentar : ” Yo wis terima kasih ae dhe “ …ha ha ha ha..jancuritz tenan arek iku. Tapi saya maklum, mungkin dia sudah mblenger mendapat tugas macam-macam karena award itu.

Tak dapat dipungkiri bahwa ada manfaat award dalam mempromosikan blog yaitu sebagai upaya untuk “menyenangkan hati konsumen” . Dengan pemberian award tersebut kita berharap mereka akan menjadi pengikut dan pengunjung setia blog kita. Langkah itu tentu sah-sah saja. Namun akan lebih bagus jika yang diberikan kepada sahabat adalah award buatan anda sendiri dan tanpa membebani si penerima dengan syarat yang berlebihan.

Ini adalah pendapat saya, bagaimana dengan sahabat ?? Perlukah berbagi award antar blogger ?

 

39 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Hehehe, perlu sebagai apresiasi sesama blogger sih.
    Tapi setuju aku sama Pakde, alangkah baiknya kalau bikin sendiri, hihihi.

    gak setuju tak antemi

  2. LJ says:

    hehhe, LJ termasuk jarang terima award..
    menurut aku, award dan semacamnya bagus aja asal jangan membebani.
    karena tujuan utamanya adlah untuk mengapresiasi bukan untuk menuai link.

    tanpa award pun pengunjung bisa setia,
    contohnya aku setia dgn blogCamp..
    pdhl aku gak pernah dikasih award apapun loh sama pakde
    #cuman dikirimin kaos loreng dan buku selemari.. wkwkkk

    Hatiku sudah kuserahkan padamu
    jadi tak perlu award bergambar godong waru lagi kan say

    (pensiunan kalau tanggal muda kopk jadi melow yaaaa….apalagi sambil minum jus melon..)

  3. Lidya says:

    kalau saya buat sendiri awardnya, pakde mau terima kan ? :)

    apapun yang darimu
    akan kuterima dengan tangan dan hati terbuka jeng

  4. budiastawa says:

    Menurut saya perlu, Pak Dhe. Ini sebagai cerminan saling harga-menghargai antar sesama blogger di blogosphere.

    Tapi untuk blog kecil seperti punya saya rasanya belum layak untuk memberikan award kepada blogger lain. :(

    makan yang cukup mas agar tak blogger kecil terus

  5. Gandi says:

    Amat sangat perlu, bisa dibilang untuk “merangsang” kreatifitas dalam menulis, :-)

    sudah dikasih award sak lemari kok gak terangsang2 sih

  6. yuniarinukti says:

    Pakde gaul juga nih.. pke nulis kata jancuritz segala.. klo pas kejengkelan saya langsung nyebutin kata depannya, gak pke ‘ritz’.. kesuwen hihi..

    kalau rakyat biasa ya kayak kamu gitu kalau jengkel
    komandan kan harus beda, lebih eylekhan

  7. RZ Hakim says:

    Saya datang membawa award senyum nis memanis buat Pak De sekeluarga. Satu lagi De, award sepanjang masa berupa doa yang terbaik buat Pak De dan semoga rejekinya semakin lancar :)

    lho..gitu itu senyum manis ???

    amin, donga dinonga mas

  8. yuniarinukti says:

    Akhir-akhir ini sepertinya lebih marak PR berantai Pakde dibanding award bergambar

    hooh, bener

  9. nchie says:

    PAkdhe , aku dateng bawa senyum award juga nih..hhe..
    semoga pakdhe dan keluarga sehat selalu..

    manisnyaaaaaaaa
    amin, sama2, smoga jeng sklg juga adem ayem, walau belum ikut nasdem

  10. nchie says:

    Perlu donk Dhe..
    cuma jangan nyampe membebani..
    setujuu bangget…!!

    kok sama dengan artikelnya

  11. jumialely says:

    Nungguin Award, heheehehehe

    Pagi pakde sayang, semoga sehat selalu

    salam hangat dari Malinau

    saya juga
    pagi sayank

  12. ayu bah bah says:

    Perlu, tapi asal tidak berlebihan.

    hooh

  13. Mami Zidane says:

    sekali-kali mungkin perlu pakdhe, untuk menyemangati hasrat menulis….hehe….

    tapi nggak bisa di pungkiri, saat pertama kali di kasih award sama temen blogger rasanya betul-betul berkesan deh…..rasanya gimanaaa gitu, betul kata pakdhe, seperti artis yang baru dapat award….pengen nya cepet-cepet di pajang….hehehe…

    Pajang itu sebuah kerajaan di Jawa Tengah lho

  14. Bang Iwan says:

    Saya kira masih perlu untuk lebih mengeratkan ukhuwah sesama blogger, tapi jangan terlalu keseringan juga.

    kalau terlalu sering pinggang pedhot

    ( reply gak nyambung)

  15. Na itu payahnya Pakde, aku belum bisa buat award dewek, hiksss…

    belajaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaar…..!!!

    mosok bikin award kayak anak remaja gini gak bisa jeng??
    .

    • Ahhhaaa, apik je…
      beneran belum bisa, tapi aku akan belajar, daripada keno kato Pakde :)

      saya dulu juga belum bisa
      bedanya : saya mau belajar

  16. Blogger Java says:

    Kalau menurut saya berbagi award antar blogger perlu sekali, tapi jangan dibebani tugas yang macam2. soalnya setiap blogger itu berbeda-beda, ada longgar ada pula yang sibuk.

    waktu bilang “ada longgar” kok sambil nengok saya….

  17. advertiyha says:

    Perlu…. untuk saling menyemangati, untuk penghargaan antar blogger, untuk tanda silturahmi, dll yang positif..
    Tidak perlu.. bila itu sudah berlebihan, dan mengganggu blogger yang menerima maupun yang memberi.

    Jadi jawabannya, sesuai kadarnya saja..
    tidak berlebihan.. :)

    salam sayang merah jambu dhe..
    kiss,,,kiss,,

    interupsi ibu pimpinan…interupsi….
    (nirukan anggota dewan)

  18. bunda lily says:

    ajarin dunk Dheee………bikin award
    hehee……
    salam

    saya buatkan saja ya say
    soalnya saya suka gemes kalau ngajar blogger sepuh

    (ancang2 kabuuuuuuuuuuuuuuuur…….)

    • bunda lily says:

      makasiiiiih banyak Pakdhe ku sayang……… :)

      ( iya deh, aku memang wis sepuh kok….hiks…)
      (buru2 tarik kaos nya, biar gak bisa kabuuuuuuuuuuuuuuuur………….kena!!!) hahahhaa………

      salam

    • bunda lily says:

      lho kok?
      diganti ya awardnya Dhee……
      kemarin khan ada cewek imyut en cute disitu….
      tapi…..yg ini suka juga sih……. hehehe…
      makasih ya Pakdheku sayang……..
      salam

      Ternyata yg kemarin ada persyaratan khususnya ha ha ha ha..
      pakai lisensi sgl

  19. Sholihin says:

    Setuju saja asalkan tidak membebani. Blogger award sebagai sarana berbagi dan menambah silaturahim masa malahan harus ada syarat yang aneh-aneh sampe membebankan? kan malahan gak lucu ya Dhe? hee….

    bener mas,
    mending lihat “Awas ada Sule” yang ada Kanjeng maminya..lucu pisan oi

  20. Elsa says:

    hehhee iya Pak Dhe…
    sami mawon
    awalnya dulu seneng banget dapet award
    lama lama bosen ya…apalagi yang disertai tugas tugas panjang lebar gitu.

    mendingan awardnya gak pake acara rantai berantai terantai antai gitu, jadi kan serasa gak ada habisnya.

    betul jeng
    kesannya jadi kayak balas dendam ha ha ha

  21. Saya setuju, Pakde, award itu murni dari kita sendiri sebagai ungkapan terima kasih kepada beberapa pengunjung blog dan tak perlu berantai. Sebab, kalo berantai repotnya orang yang akan kita kasih lagi awardnya ternyata sudah pada dapat, lalu kita nyari-nyari siapa ya yang akan dikasih award selanjutnya???

    iya, yang enak2 saja deh

  22. Orin says:

    Sejujurnya Pakdhe, aku sering bgt tidak memajang award yg diberikan teman2 padaku ihiks, maafkanlah diriku teman-temaaaaannn

    pasti digadaikan, iya kan

  23. andre says:

    perlu banget, tapi kok saya ga dapet award lagi ya?

    saya juga belum dapat lagi

  24. Gaphe says:

    kalo saya udah lewaat masa-masanya begituan. sekarang males laah kalo dapet award dan tugasnya cem macem. hahaha.. dulu awalnya mungkin ditujukan supaya semangat posting (biar nggak hiatus kelamaan) atau biar artikelnya update.. tapi kayaknya buat yang update terus, ngapain juga masang award.. hehehe

    You~Award~ END !!

  25. r10 says:

    memberi award boleh2 saja tapi jgn yg merepotkan. kalau bisa hadiahnya uang atau barang berguna :mrgreen:

    award dan uang/barang adalah hal yang berbeda

  26. nh18 says:

    Mmmmm …
    perlu atau tidak ?

    Saya tidak tau jawabannya Pak De …

    Namun ….
    Menurut saya … jika award itu disertai dengan beberapa pertanyaan yang harus dijawab … saya kadang-kadang ikut menuliskan … Lumayan ada bahan postingan …

    tapi rantai berantainya biasanya saya putus ….
    saya tidak mengirim award itu kembali kepada teman lain secara khusus …

    Salam saya Pak De

    demikian pula saya oom
    saya putus rantainya agar tak berpanjang-panjang ria

  27. Faiz says:

    mau dong dapat award juga dari MbahKung :D
    moga sehat2 selalu yaaaa sama Mbah Uti juga :D

    sip ntar mbahkung buat award untuk blog bocah

  28. ridha alsadi says:

    kalau saya sih dikasih award ya senang2 aja, tapi klo beserta syarat2 yang membebani biasanya disimpan saja, :)
    btw, setahun lebih kenal blogcamp, blum pernah Keluarin award Yaa pakdhe?, hehe

    pernah tahun 2009 akhir
    http://abdulcholik.com/2009/12/31/adi-nugraha-untuk-para-sahabat/

  29. Dewifatma says:

    Perlu, Pakdhe. Tapi nggak pake tugas :D

    daripada dikasih tugas mending dikirimi dompet ya say