Pentingnya Menuntut Ilmu

Dalam perjalanan ke RS.Gatoel Mojokerto hari Sabtu kemarin saya mampir di sebuah rumah makan untuk sarapan. Setelah menyajikan hidangan yang kami pesan yaitu nasi putih, ayam penyet dan teh panas, 2 orang pramusaji langsung duduk sambil nonton televisi.

Ketika Citra Idol melantunkan reffrein lagu Everybody Knew, kedua gadis pramusaji tadi ikut bernyanyi mengikuti suara Citra.

everybody knew you’re a liar
everybody knew you’re a player
everybody knew you’re never serious
risk your love at me
and i tell you once again baby.

Setelah selesai sarapan dan mau membayar di kasir saya tanya kepada mereka berdua.

“Kalian hafal ya lagunya Citra ?”

Sambil tersenyum gadis yang berkuncir plus ponian menjawab : ” Hafal pak, enakan lagunya “

Saya lanjutkan pertanyaan : ” Agamamu apa,nduk ?”

Si kuncir lagi yang menjawab : ” Islam”

” Hafal Surat Al-Insyirah ?”

Kedua cewek itu saling berpandangan sambil tersenyum. Sayapun mahfum.

Ketika saya tanya apakah mereka hafal lagu Cinta dan Benci yang dinyanyikan oleh Geisha mereka berdua serentak menjawab ” Hafal,pak “, sambil tertawa bareng. Sayapun mahfum lagi.

Saya berharap sepulangnya kerja nanti mereka mau belajar dan menghafalkan Surat Al-Insyirah yang terdiri dari 8 ayat tersebut.

.

Rasululloh Saw bersabda.

Menuntut ilmu itu diwajibkan bagi setiap muslim
(Riwayat Ibnu Majah, Al-Baihaqi, Ibnu Abdil Barr, dan Ibnu Adi, dari Anas bin Malik)

 

40 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Jumat mubaroq…

    Karena sesungguhnya bersama setiap kesulitan ada kemudahan

    benar mas

  2. Imelda says:

    selayaknya kita memperkaya diri dengan ilmu yang memberikan gizi lahir dan batin….
    pagi pakdhe… kesepian ngga tanpa twitter dan FB?
    semoga hari ini cerah untuk pakdhe sekeluarga

    EM

    Enggak jeng
    Malah sekarang bisa mempunyai waktu agak banyak untuk 30 blog saya.
    kemarin2 suka tergoda untuk berlama-lama mejeng di FB je
    Semoga jeng juga senantiasa menebar senyum dan sehat bersama keluarga.

  3. RZ Hakim says:

    Ada tiga hal yang membuat pagi ini terlihat mempesona. Kopi buatan Prit, jajanan pasar dan tulisan inspiratif dari Pak De.

    Jajan pasarnya ada yang bernama Kramas mas ? ups….maksud saya carang mas atau cekeremes……yang pathing kruwel2 kayak rambut

  4. Lidya says:

    pagi pakde, jd ingat hadist menuntut ilmu yg diajarkan anak saya tholabul ilmi faridhoton alla kuli muslimin kira2 seperti itu ya dhe.

    benar jeng. Ngeblogpun juga perlu ilmu, jadi mari kita belajar,belajar dan belajar agar pengetahuan kita terus meningkat.

  5. Citro Mduro says:

    Selamat pagi dhe. Saya jadi malu karena ayat pendek yang saya hapal tidak banyak

    Kalau jadi imam sholat tarawih pasti banyak Qulhu ya mas ha ha ha (Mr.Qulhu donk ya..)

  6. Wawan says:

    waduh..ngumpet ah..ndak ditanyain..hehehe..ini pertanda al qiyaamah pakdhe. belajar lagi ah..ndak dadi al kaafiruun.

    sip-belajar tak pernah rugi

  7. Trica Jus says:

    yu kita menuntut ilmu….dari pa de,,,,hhe.

    yuk, walau sedikit asal rutin

  8. Trica Jus says:

    mari kita belajar !hhe.

    mari…
    Jas Jis Jus yuk kita ngeJus……

  9. Bang Iwan says:

    Betul sekali PakDe.. siswa saya juga banyak seperti itu Para remaja lebih banyak hafal nama-nama artis idola mereka, hafal lirik lagu-lagu cinta sesama makhluk daripada membaca Al-Qur’an, lebih-lebih menghafalnya. Al-Qur’an hanya sebagai pajangan saja, pelengkap koleksi buku-buku di rumah…Naudzubillahi Mindzzliq

    padahal lirik lagu ini panjang2 ya bang

  10. ~Amela~ says:

    makjleb,, malu oh malu diriku..
    udah lama ga nambah hafalan.. hiks
    makasih ya udah diingatkan dhe :D

    kalau Amel menjadi manusia yang sibuk luar biasa dan berkuasa penuh, paling tidak setiap malam Jum’at kan bisa nambah satu atau dua ayat nduk.

  11. Orin says:

    Lapor Pakdhe, alhamdulillah aku hafal surat Al-Insyirah :)
    Tapi waktu kecil dulu, 1 juz ‘amma hafal, pas udah gede karena jarang dibaca jadi banyak yg lupa :(

    cakep, pada surat itu ada yang membuat hidup kita menjadi ringan ,bukan
    ada kemudahan dibalik kesulitan

  12. karena kita hanya menyediakan porsi sedikit untuk mempelajari yang penting itu pakdhe.
    *note to my self

    Kalau sholat kadang ingin cepat2 sampai finish agar segera bisa nonton sinetron, iya kan.
    Padahal habis sholat menghafal 1 ayat pendek kan bisa
    8 hari hafal deh Surat Al-insyirah itu

  13. Pagi pakdhe :D

    jadi malu deh, baca ini lha kok belum apal surat pendek al insyirah yaa… :D
    belajar bisa dari mana ajah yaa dhe :D

    hanya 8 ayat, baca dan fahami artinya

  14. Blogger Java says:

    Setuju dengan Pakde, menuntut ilmu itu sangat penting.

    tanpa ilmu jadi gagu

  15. nchie says:

    setujuuuu..mari kita menuntut ilmu bareng2 yuk..

    selamat hari jumat Dhe..

    yuk…jangan malu untuk belajar

  16. Mami Zidane says:

    tak ada kata terlambat untuk belajar sesuatu yang baik ya Dhe…termasuk untuk para emak-emak juga kan pakdhe…?

    oh iya, emak2 juga harus belajar agar jika anak bertanya sesuatu bisa menjawabnya

    • ridha alsadi says:

      bener pakdhe, jangan sampai anak nanya, kita ga tahu jawabannya, hehe
      harus jadi mak yang smart deh pokoknya.
      sering ada teman yang nyeletuk,percuma sekolah tinggi2, pinter, selalu jawara tapi pada akhirnya di rumah aja ngurusin anak. hehe
      nggak tahu aja mereka klo kita juga ga bisa sukses jadi ibu klo ga berilmu :D

      whoooo…ortu adalah sahabat,guru, pelatih dan pemimpin
      kalau kurang2 belajar bisa kena debat anak2 lho

  17. Dewifatma says:

    Alhamdulillah daku hafal surat Al-Insyirah Pakdhe. Insya Allah hafalannya akan ditambah terus. Terima kasih atas lecutan semangat belajar hari ini, Pakdhe :)

    Oiya, Kaget baca sms Pakdhe kmrn (diriku bacanya baru pagi ini karena dari kmrn sore hp tersimpan dalam tas kerja dan lupa ngeluarin). Sepi dong kalo nggak ada Pakdhe di FB… Akun Pakdhe masih disalahgunakan orang ya? Tadinya tak pikir Pakdhe juga pensiun nge-blog. H2C aku Pakdhe. Makanya langsung kesini……..

    Insya Allah ngeblog jalan terus

  18. Gandi says:

    Hehehe, jadi malu Pakde, tapi Surat Al-Insyiraah tadi emang jadi “Jurus” saat hati sedang gelisah, :-D
    Trims telah mengingatkan… :-)

    banyak surat yang menenteramkan hati lho

  19. mama ina says:

    Alhamdulillah surat al-insyirah aku hafal dari jaman SD hehehhe…..

    Met sholat jum’at pakdhe…

    (aku baru tau hari ini kalo pakdhe ngga punya akun di FB sama Twitter lagi…mudah2an orang yg iseng ngebajak akun FB pakdhe diberikan kesadaran…aamiin)

    ya begitulah di dunia maya
    ada juga yg iseng

  20. Mechta says:

    Terima kasih sudah mengingatkan hal ini, Pakdhe… :)

    mengingatkan diri sendiri sambil menyengat yang lain

  21. Hima says:

    tersenyum membaca tulisan ini. tapi teringat diri yang juga lebih banyak menghafal syair dn buku2 pelajaran ketimbang al-quran. terima kasih tulisannya pak sudah mengingatkan di jumat mubarok ini. :)

    yuk nambah hafalan suratnya

  22. ke2nai says:

    aduh jd merasa disentil nih sy pak.. tp thx bgt ya “sentilannya” pak dhe.. alhamdlillah msh ada yg ngingetin :)

    saya menyenthil diri sendiri
    kalau kena sahabat yang lain ya itu efek benturan lempengan di dasar laut

  23. Ari Wahyudi says:

    Haha.. Teradang suka mau sama anak-anak TK Al Qur’an, kok kayaknya hafalan mereka lebih banyak dari saya.. :D

    Inspiratif seperti biasanya Pak Dhe, Selamat Hari Jum’at.

    iya benar, asal hafalan mereka terus dipelihara

  24. Sriyono Smg says:

    ilmunya salah apa pak kok dituntut…? :D

    salah kaprah

  25. nique says:

    kira2 itu apa penyebabnya ya Dhe
    lebih mudah mempelajari sesuatu yang berkaitan dengan duniawi tinimbang akhirat :D

    enggak juga asal niatnya benar

  26. LJ says:

    ok Dhe, Insya Allah, hapalan mulai ditingkatkan lagi.

    sip-jangan hanya hafal lagu2 saja

  27. advertiyha says:

    tidak bolsh menyerah, tidak boleh berhenti mencari ilmu.. ilmukan mudah didapat dimana aja ya dhe,,, :)

    salam sayang merah jambu,,
    kiss..kiss

    alam adalah universitas terbuka dengan berbagai fakultas
    belajar bisa juga dari alam

  28. prih says:

    Selamat sore Pak Lik,
    Ikut belajar ngelmu …. astane sedheku …. mirengaken pak Guru ….
    Salam

    selamat pagi jeng Prih
    belajar terus yaaa

  29. mimi says:

    hapal dong pakdhe…surah ini jg saya pakai utk anak sulung ku
    MAULIDA RANI INSYIRAH
    smg nama ini berkah buat yang menyandang , Amin :D

    Amiin
    dibalik kesulitan ada kemudahan

  30. yuniarinukti says:

    Hehe.. jadi malu
    karena lagu sering diputar dan didengerin jadi tanpa menghapal sudah hapal sendiri Pakde

    kalau imam baca surat pikiran ke mangkok bakso kan ya

  31. Tulisan Pakde kemarin meresap hangat sampai kehatiku, makyeeesss :)

    karena tulisan itu kbuat dengan penuh cinta
    untukmu

  32. Anugrah says:

    mungkin karena jaman globalisasi
    semua orang dadi lali
    lali kewajiban e lan sak piturut e
    salam ukuwah pak…semoga sukses selalu

    mulo ojo lali mas

  33. ridha alsadi says:

    masih mending kalau yang ngapalin lagu2 itu anak remaja, kalau anak2 kecil yang nyanyi lagu2 cinta dengarnya jadi prihatin. makanya suamiku agak rewl soal bgitu pakdhe, ga ngebolehin anak2 dengar atau nonton siaran tv acara nyanyi2.
    karena di usia kanak2, merke jauh lebih cepat menyerap apa yang mereka dengar dan lihat. jadi klo diarahkan ke agama tentu hasilnya seperti yang diidamkan semua orangtua, memiliki anak yang saleh salehah, amin
    dan tentunya semua kembali bagaimana kita orangtuanya mencontohkan.

    semoga kita bisa menjadi panutan dan teladan bagi anak2

  34. ridha alsadi says:

    mari untuk terus belajar hingga ajal menjemput.

    nggak usah malu sama keriput

  35. Oboy says:

    Tugas dan tanggung jawab kita sebagai orang tua,,,,untuk memberikan bekal kepada anak-anak kita agar tidak mudah “terkontaminasi”,,,,,

    bener mas-jangan sampai mereka salah arah