Nasi Pecel Keroncong

Nasi Pecel KeroncongNasi Pecel Keroncong dilahap pada pagi hari memang nyamleng dan sip tenan.

Adalah Sandy yang menginformasikan bahwa di kawasan jalan Dharmahusada ada warung tenda nasi pecel yang dilengkapi dengan iringan musik keroncncong secara live. Minggu pagi kemarin saya bersama Kang Yayat, Mbak Yuni dan mas Rinaldy langsung mampir di lokasi nasi pecel.

Benar, setibanya di lokasi warung sudah tampak ramai, ada yang membawa sepeda motor dan tak sedikit pula yang naik mobil. Tujuan mereka sama ingin menikmati sarapan nasi pecel sambil mendengarkan musik keroncong.

Inilah nasi pecel keroncong yang mangkal di depan sebuah toko perlengkapan dapur di jalan Dharmahusada Surabaya.

.

Nasi Pecel Keroncong

4 orang pemain keroncong sedang beraksi

.

Nasi Pecel Keroncong

Sarapan nasi pecel sebelum keliling Surabaya

.

.Kamipun ikut nimbrung karena kami berempat memang belum sarapan. Daripada nanti lemes di tengah perjalanan maka ber-nasi pecel sambil diiringi musik keroncong tentu rasanya akan lain. Selain nasi pecel standart dengan lauk pecel sayuran, tempe dan rempeyek kacang juga disediakan lauk yang lain misalnya sate telur puyuh dan bothokan serta paru goreng.

.

Nasi Pecel Keroncong

Pecel Komplit mak nyusss

.

Nasi Pecel Keroncol

Bothokan dan sate telur puyuh

.

Nasi Pecel Keroncong

Penikmat nasi pecel keroncong datang silih berganti

.

Kehadiran nasi pecel pincuk dan pemain musik keroncong merupakan kombinasi yang unik dan baru kali ini saya jumpai. Sebuah kerjasama yang bagus. Jika makan malam di sebuah hotel dengan diiringi piano merupakan  hal biasa dan sering saya alami tetapi sarapan dengan iringan musik keroncong jelas anti biasa ha ha ha ha.

Di dekat pemain musik keroncong ada sebuah kaleng plastik untuk tempat uang yang disampaikan oleh pengunjung warung nasi pecel. Kamipun ikut saweran sambil menikmati enaknya nasi pecel plus mendengarkan alunan lagu-lagu yang mereka nyanyikan.

Seorang laki-laki memesan lagu tentang Solo. Pemusikpun memenuhi permintaannya dan berturut-turut berkumandanglah lagu bengawan Solo, Putri Solo dan Kota Solo. Wow…

Nasi Pecel Keroncong

Putri Solo yen ngguyu dekik pipine..( ach jadi ingat dekiknya pipi Jeng Imelda..)

.

¬†Ketika mereka yang sedang memainkan musik, seorang pemain berbisik kepada saya : ” Kalau ada acara kami siap diundang, pak “. Lalu saya minta kartu namanya tapi bapak itu hanya memberikan nomor tilpon yang bisa dihubungi kepada mbak Yuniarti.

Semoga nanti jika ada kopdar kami bisa menghadirkan musik keroncong.

Nasi Pecel Keroncong bisa sahabat nikmati jika kebetulan sedang berada si Surabaya.

 

32 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. dey says:

    selamat pagi Pakdhe …

    enak ya bisa sarapan nasi pecel, ada musik keroncongnya, di Parongpong mana ada.
    Beneran jadi pengen sarapan nasi pecel ….

    selamat pagi jeng
    pecel memang makanan enak,murah-meriah
    saya kalau di kampung juga suka beli nasi pecel untuk sarapan
    tapi membuat pecel jaman sekarang kan lebih mudah karena bumbu pecel sudah tersedia cukup banyak di toko

    • ridha alsadi says:

      jangankan di toko, tukang sayuran yang lewat depan rumah juga always bawa bumbu pecel, makanya bisa makan pecel kapan aja, hehe

  2. LJ says:

    nikmatnyaa.. makan pecel dengan iringan keroncong.
    ide bagus tuh Dhe.. klo ada acara kopdaran dihibur musik keroncong dr mereka..
    kereennn..!

    iya say, tak perlu pakai sound system agar lebih alami
    apalagi kalau kopdarnya di galaxy, tak bikin bising tetangga

  3. Lidya says:

    pagi pakde, ini toh yg membuat pakde kemarin libir ngeblog :)

    selamat pagi jeng
    bukan, saya biasanya sudah menyiapkan postingan pada malam hari lalu saya set muncul pada 04.30.
    kemarin memang sengaja libur agar 3 roti lebih lama dinikmati oleh sahabat

  4. yayats38 says:

    Rasanya maknyus ya Pak.
    Ditambah alunan musiknya menambah selera.
    Mbak Sandi protes kenapa gak diajak katanya wkwkwk
    Terima kasih Pak .. kemarin walau hanya berempat namun terasa seru n meriah.
    Salam hangat selalu :)

  5. Wawan says:

    kalau saya yang kesitu, mau makan lauk paru goreng aja trus minta lagu yang Hardcore.
    Nasi Pecel Hardcore jadinya..hehehe

  6. Imelda says:

    haduuuuh mauuuu, nasinya setengah aja, jgn pedes-pedes maklum udah jadi orang Jepang.
    Siip buka agenda, cari waktu kapan bisa ke surabaya :D

  7. mechta says:

    Sugeng enjang, Pakdhe…. waduh nikmatnya pagi2 nglaras denger lagu yg Pakdhe puter ini… Tapi..membayangkan sarapan pecel kok perutku langsung ikutan nyanyi ya… Sik..tak sarapan dulu ah… Monggo, Pakdhe…

  8. Blogger Java says:

    Ooo ternyata nasi pecel keroncong itu, makan nasi pecel terus hiburannya musik keroncong. wah enak tuh, sambil makan full musik lagi. hehehe….

  9. Orin says:

    jadi tambah nikmat pastinya ya Dhe…aku jd laperrr

  10. yuniarinukti says:

    Pilihannya Mbak Sandy gak salah, pecelnya enak, peyeknya sak bajeg, tempatnya nyaman, longgar, full musik bisa sambil dansa juga..

  11. Wah asyik nih. Dulu saya pernah main ke salah satu warung di Solo yg ada keroncongannya juga. Sayang sudah lama sekali & sudah lupa nama warungnya.

    Salam hangat, Pakde

  12. Apikecil says:

    Wah,,bener bener sesuatu yang langka ini Dhe..
    pasti makannya jadi lahap dan terasa maknyuss…

  13. risa says:

    wah, kalau ‘ngamen’nya keren dan santun begitu, saya yakin pengunjung benar-benar akan dengan senang hati memenuhi kaleng plastik yang disediakan untuk mengapresiasi mereka.
    nice, pakdhe .. thank you for sharing :)

  14. ~Amela~ says:

    waaah.. kayaknya seru itu kopdaran diiringi musik keroncong dhe..
    siang ini saya makan siang dengan nasi pecel ala kadarnya juga.. bumbunya kiriman dari rumah, sayurnya ngerebus sendiri.. lumayanlah sedikit mengikis rindu pada kampung halaman

  15. Nh18 says:

    Aaaahhhh pasti gayeng bener inih …

    Makan nasi pecel … Dihibur keroncong …

    Salam saya

  16. Oyen says:

    howaaaa… pengen telor tusuknya…

    hiks… kapan2 kalo kopdar lage Oyen ma dedek diajak ke sana ya Dhe.. *ngarep :)

    sungkem Dhe :)

  17. ke2nai says:

    jd laper nih pak dhe… hu.. hu..

  18. Mami Zidane says:

    wuaaah….saya telat dateng nih….sego pecelnya masih ada nggak nih pakdhe…?

  19. Abi Sabila says:

    jadi ingat masa lajang dulu, Pak Dhe. Dekat kost-kostan saya ada warung nasi pecel Jatim. Hampir setiap hari saya beli nasi di situ, selain murah terutama karena pecelnya yang uuenak tenan.

  20. vizon says:

    Di Jogja, ada warung pecel yang cukup terkenal, lokasinya dekat UGM, namanya segopecel (SGPC) Bu Wiryo. Saya sering sarapan di situ. Dan yang membuatnya istimewa adalah adanya live music yang siap menghibur para tamu di situ. Musik mereka memang tidak melulu keroncong, tapi kehadirannya membuat makan di situ semakin maknyus..

    Saya pernah menuliskan juga tentang ini Pakde: http://hardivizon.com/2011/02/26/nyarap-yuk/

  21. prih says:

    Selamat petang Pak Lik,
    Wah nyamleng dan gayeng, kombinasi sega pecel dan keroncong melegakan perut yang semula keroncongan. Salam

  22. Budi Arnaya says:

    Pakde kalau sarapan nasi pecel, hampir setiap hari saya, cuman dengan musik keroncong belum pernah sama sekali, hahahaha memang anti biasa tuh pakde…sehat selalu buat Pakde dan keluarga

  23. aryadevi says:

    jadi laper….ntar masak mie dulu…………………..( saat baca ini pukul 10:53 WITA malam)

  24. Berita Unik says:

    nasi pecel kesukaan ane gan, dimana ada itu pasti ane beli, ehmm rasanya emang maknyus

    ane juga

  25. Gandi says:

    Matur Nuwun Pakde infonya, bisa nambah info kuliner Surabaya kalau nanti saya pulang, apalagi pecel, favorit sayaaa, lezatnya mengalahkan spageti, hihihi… :-D

    waduuuh, matur nuwun lho kalau aku mau ditraktir
    panggil2 kang yayat sama Yuni ach biar rame

  26. Dewifatma says:

    Saya lom pernah makan nasi pecel, Pakdhe. Apalagi sambil dengerin lagu keroncong. Hmm.. jadi kepengennnn…

    jadi mbayangkan, kita makan nasi pecel berdua (bener2 berdua) sambil lirik2an
    trus ada lagu keroncong ” sepasang mata bola, kau duduk di jendela…”

  27. advertiyha says:

    wow, lezuuut banget pastinya ya dhe.. pengeeeeeeeennn…
    rombongan surabaya ini wiskul terus yo dhe, jadi ngilerr,, hehhehe…
    eh, bisa rikues lagu tentang tegal gak dhe? haha

    salam sayang merah jambu
    kiss,,kiss,,

    lagu Tegal kayaknya gak ada nduk

  28. ridha alsadi says:

    kalau makan nasi pecel sih lumayan sering, tapi kalau dengan diiringi musik keroncong, blum pernah pakdhe :D
    asyiiik tuh kayaknya.

  29. andre says:

    seperrtinya mantap banget suasananya. salah satu tempat yang recommended di surabaya nih kayaknya. bukanya jam brapa ya dhe?

    pagi2 mas-siang sedikit habis karena laris manis