Potret Kartini Masa Kini : Erna si Jogoboyo

Potret Kartini Masa Kini

Erna Kepetengan Desa Sumberagung

.

Kartini muda yang berhasil saya jepret di tengah sawah ini bernama Erna, tetangga saya yang rumahnya berselang 4 rumah dari tempat tinggal saya di desa Sumberagung, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang.

Mengapa wanita cantik berkulit kuning dan kebetulan juga memakai T-shirt berwarna kuning sampai mejeng di Blogcamp ?  Yup, dialah satu-satunya wanita yang menjadi perangkat desa dengan jabatan Kepetengan alias Jogoboyo.

Sepanjang sejarah pemerintahan desa saya (berarti lebih dari 61 tahun), Erna adalah wanita pertama yang berhasil duduk sebagai perangkat desa. Dalam ujian yang diadakan untuk memilih perangkat desa, Erna menyisihkan beberapa orang pria yang juga ikut mendaftar.

Sebagai Kepetengan atau Jogoboyo, tugasnya berkaitan dengan masalah keamanan dan ketertiban, termasuk menyelenggarakan administrasi data petugas keamanan dan pos keamanan di Desa. Selain itu Erna juga bertugas membina petugas keamanan desa terhadap hal-hal yang menyangkut keamanan dan ketertiban serta ketrampilan penanganan gangguan keamanan.

Dengan senyum manisnya itu mudah-mudahan Erna dapat mengemban tugasnya dengan baik sehingga penduduk desa saya bisa tidur nyenyak.

.

Tulisan berjudul Potret Kartini Masa Kini : Erna si Jogoboyo ini untuk mangayubagyo  Kontes Blogger Kartinian yang diselenggarakan oleh Blog Ceritayuni disponsori oleh Blogdetik dan Blogcamp Group

 

33 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. marsudiyanto says:

    Maaf mengamankan pertamax dulu Gan… :D

    ingat masa lalu sama Kang Boed dan Alamendah ya mas

    • masa lalu ketika mas alamendah dan kang boed sering banget pertamax… hehehe

      iye..kemana mrk sekrang ya

    • Dewifatma says:

      hihihi.. Pak Mars lucu…

      Sekarang Kang Alamendah nggak mengamankan pertamax lagi, Pak Dhe. Kemarin komen di blog-ku langsung to the point. Mungkin karena pertamax udah mahal… :D

      wis gak usum pertamax2-an nduk

  2. marsudiyanto says:

    Comment saya yang pertama kok ilang Dhe…

    iya tumben disaut aspam

    • marsudiyanto says:

      Semoga Desa Sumberagung makin aman
      Semoga sukses dalam ikut kontes ini Dhe
      Salam buat Mbak Yuni yg menyelenggarakan kontes
      Salam untuk semua yg di Galaxy

      semoga desa Sumberagung tata tentrem kertaraharja,paribasan ” yen esok ingon-ingon podo golek pangan nang pategalan, yen sore mulih nang kandange dewe-dewe, ora ono wong kang pek pinek barange liyan ..”

      Kawulane yo podo sugih, sugih sawah sugih pari, sugi kebo sugih sapi, sugih bebek sugih meri. Omahe podo gedong magrong-magrong, lo lijane pating kloyong, tandurane lombok terong, sopo sing methik udele bodhong…”

      Malih koyok dalang, rek.

    • nique says:

      berarti upeti yang dibayar masih kurang pak :D

      upeti apa nak ??

  3. LJ says:

    Erna kok mirip aku waktu muda ya Dhe.. xixi
    tapi pasti kalah gagahnya..

    salut wat Erna si jogoboyo..

    ayu si bening donk ach

  4. Imelda says:

    waaah Erna benar-benar wanita gagah!
    Pakai sepeda gitu aja udah gagah, apalagi kalo naik motor gede ya?

    kalau naik motor gede takut nggoling jeng

  5. Lidya says:

    ini temannya mbak elsa, penyuka kuning :)
    walaupun perangkat desa tapi terlihat membumi dan merakyat ya

    iya karena dia juga rakyat jeng

  6. Samaranji says:

    Pohtone Mbak Erna koq burem, Pakdhe…. sengaja neh :(
    diwawancara sekalian nggih Dhe, suka dukanya jadi Jogoboyo perempuan :D

    Salam untuk Mbak Erna… Salam Kartini, Merdeka!

    iya,supaya kelihatan sedang bergerak…

    • nique says:

      Samaranji mintan pakde wawancarain Erna itu ada maksud terselubung kah? Biar tau apakah Erna masih single, misalnya? xixixixi

      sudah punya anak kok
      jadi Samaranji gak usah pakai selubung segala

  7. ita says:

    Wah lumayan bisa memberi warna pada perangkat desa ya pakde. Mudah2an pada ga kagok dipimpin sama perempuan

    beberapa tahun yang lalu ada wanita juga yang mencalonkan jadi Kades, sayangnya kalah

  8. Samaranji says:

    Loh, Pakdhe…
    Postingan “Blog Niche Pendidikan” masih dalam proses, nggih… koq kulo padosi malah not found :(
    Penasaran…. ^.^a

    Salam sungkem dari Semarang, Pakdhe….

    salah jadwal, harusnya besok

  9. Ari Wahyudi says:

    Beneran jagain pos keamanan dia pakdhe? asli mantep..

    mengatur..bukan menjagain
    yang jaga ya petugasnya

    • nique says:

      hihihiih nek Erna sing jogo tiap bengi,
      pasti pos nya rame … dan ibu2 jadi asah golok deh hiihhihi *suudzon*

      he he he…bisa heboh

  10. nique says:

    dari judulnya saya sempat mikir, iki wedhok kok jogoboyo?
    ehhh ternyata … memang Erna wanita perkasa
    semoga amanah dan diberi kesehatan prima,
    agar sukses mengemban amanah
    apalagi ini jabatan perdana untuk kaum wedhok kan hehehe

    kan wedok juga ada yang jadi isilop dan tentara wuk

  11. Blogger Java says:

    Wah… hebat ya si Erna bisa menjadi petugas keamanan dan ketertiban desa. salut deh?

    salut wajahnya kan

  12. advertiyha says:

    Sekarang jajaran perangkat desa, jadi lebih manis,,, :)
    salam untuk mbak Erna yang selalu setia menjaga desa..
    saluttt,, :)

    salam sayang merah jambu dhe, kiss..kiss..
    (mbok kuisku dipromosikan dhe,, hahahha… *wani pirooooo)

    kuis singkatan aja kok di promo….gak lepel

  13. Adini says:

    Salam, PakDe apa kabar…semoga sehat ya De..begitu juga kami di Bintan. Maaf baru bisa kemari setelah sekian lama.

    Fotonya sudah terlihat, semangatnya mengayuh sepeda semoga sama semangatnya untuntuk menjalankan tugas dengan baik.
    PakDe kalau boleh tau berapa umurnya Erna….

    Boleh saja,mosok tanya aja gak boleh,
    tapi saya gak tahu umurnya wong saya bukan Kepala Desa atau ayahnya Erna kok
    Faktanya memang Erna sudah punya suami dan anak

  14. Mechta says:

    Siip…salam untuk Erna Sang Jogoboyo pertama di desa Pakdhe… Eh, sebutan jabatan yg Kepetengan itu saya baru dengar..adakah sejarahnya kok namanya begitu? apa karena kerjanya di kala peteng2 ya ? hehe..

    Itu istilah sejak jaman kemerdekaan kok
    Mungkin dulu pak jogoboyo bojone metang-meteng
    lalu pak lurah mengganti jabatan jogoboyo menjadi kepetengan

  15. Nchie says:

    Pakdheeee..
    apa kabaar..
    semoga sehat selalu..

    dari kemaren mau masuk blogcamp susah sekali..
    PAge Not Found, melulu hiks..

    makanya beli modem yang kece sayank….

  16. yuniarinukti says:

    Walah.. Bu Jogoboyo nya kok masih canmud gitu.. cantik muda dan imut-imut, apa gak takut sama Satpol PP :))

    kok takut sama Satpol PP ??
    takut sama saya malahan

  17. yuniarinukti says:

    Hebat ya Pakde, kerjaan Bu Erna malah mengatur laki-laki..

    Eh Makasih pakde sudah ikutan kontes..

    Saya mau juga kok klo dibantuin Pakde promosi hihi..

    ini bukan ikut kontes kok, hanya mangayubagyo
    mosok jeruk ngemplok jeruk

  18. elindasari says:

    Namanya sama dgn saya pakde. Hehehe….

    e….jeng cantik hadir.
    Sama dengan Erna Witular juga
    adiknya Ipung juga bernama Erna lho

  19. ke2nai says:

    semoga Erna selalu tetap amanah dlm menjalankan tugasnya ya pak ^^

    amiiin, semoga dia bisa memacu wanita desaku yang lain untuk mau menjadi perangkat desa

  20. chocoVanilla says:

    Wah, hebat ya wanita masa kini bisa jadi jogoboyo. Nek saya mentok cuman jogobayi, Pakdee :P

    sama jogo tukang bakso lewat, iya kan

  21. liza says:

    pakdee, ikutan lomba #bloggerkartinian liza juga yang di blogdetik yaaa… ini linknya
    http://daratangse.blogdetik.com/2012/04/21/lomba-menulis-blog-kartini/

    sip, sudah ikut bu dokter

  22. Sriyono Smg says:

    dari teropongnya pak mars kok sering keliru ya pak? apaneki…
    “abdulcholik-BlogCamp
    Blog Niche Pendidikan
    15 jam yang lalu”
    klo di klik nggak ada…. :D

    salah jadwal, jadi tak sembunyikan lagi

  23. Dewifatma says:

    Sepertinya Mba Erna buru-buru mengayuh sepeda begitu Pakdhe memotret. Kayak takut plus grogi gitu sama Pakdhe…hihi…

    kayaknya takut kalau masuk video mirip…ha ha ha ha

  24. bintangtimur says:

    Salut buat bu Erna, Pakde…pertama kali lihat foto ini saya nggak menyangka sama sekali kalau bu Erna yang ada di foto ini adalah Jogoboyo…
    Pemikiran Kartini ternyata telah merambah kemana-mana.
    Salut!

    dia mirip menteri keamanan lho, lihat gayanya kalau patroli keliling sawah
    sambil senyum saja

  25. ridha alsadi says:

    salut buat beliau :D
    tapi mungkin lebih baik untuk urusan kepemimpinan, diserahkan kepada kaum pria saja,
    kecuali mmg tidak ada lagi pria yang mampu untuk memimpin.
    Btw, kapetengan alias jogoboyo itu apa pakdhe?

  26. keren ya Pakde, jadi salut banget akuh……….

  27. andre says:

    potret kartini memang ada dimana mana ternyata. nanti aku cari juga potret kartini disekitarku buat menyaingi mbak Erna.

    lho kok nanti, sekarang aja mas