Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan

Dalil yang berhubungan dengan puasa Ramadhan cukup banyak. Berikut beberapa dalil yang perlu diketahui yang bersumber pada Al-Qur’an dan As-Sunnah.

1. Firman Allah Swt.

.


Dalil Yang Berhubungan Dengan Puasa Ramadhan

QS. Al-Baqarah 183

.

yaa ayyuhaa alladziina aamanuu kutiba ‘alaykumu alshshiyaamu kamaa kutiba ‘alaa alladziina min qablikum la’allakum tattaquuna

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan bagi kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan bagi orang-orang sebelummu, agar kamu bertakwa.

.

Dalil Yang Berhubungan dengan Puasa Ramadhan

QS Al-Baqarah 184

.

ayyaaman ma’duudaatin faman kaana minkum mariidhan aw ‘alaa safarin fa’iddatun min ayyaamin ukhara wa’alaa alladziina yuthiiquunahu fidyatun tha’aamu miskiinin faman tathawwa’a khayran fahuwa khayrun lahu wa-an tashuumuu khayrun lakum in kuntum ta’lamuuna

(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui (QS. Al-Baqarah 184)

.

2. Hadits Rasulullah Saw


Abu Hurairah r.a mengatakan, Muhammad Rasulullah Saw bersabda : ” Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan keridhaan Allah nisacaya diampuni dosanya yang telah lalu ” (HR. Bukhari dan Muslim).

.

Abu Hurairah r.a mengemukakan, Muhammad Rasulullah saw bersabda : ” Puasa itu perisai. Apabila salah seorang di antara kalian berpuasa, hendaklah ia tidak berkata keji dan tidak bertindak bodoh. Jika ada seseorang memerangi atau mengumpatnya, hendaklah ia katakan : ” Sesungguhnya aku sedang berpuasa. Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu di sisi Allah lebih harum daripada bau kasturi.  Allah Swt berfirman : ” Orang yang berpuasa meninggalkan makanan dan minuman untuk diri-Ku (Allah). Jadi puasa itu untuk diri-Ku dan Aku (Allah) sendiri yang akan memberikan pahalanya. Kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya ” (HR. Bukhori)

.

Abu Umamah r.a menceriterakan, ia pernah mendatangi Muhammad Rasulullah saw dan bertanya : ” Perintahkan kepadaku suatu amalan yang dapat memasukkan aku ke surga “.

” Hendaklah engkau berpuasa, karena puasa itu merupakan amalan yang tiada tandingannya ” (HR. Achmad, Nasa’i, dan Hakim)

.

Dalil Yang Berhubungan dengan Puasa Ramadhan
.


Dalil yang Berhubungan Dengan Puasa Ramadhan.

Dalil Yang Berhubungan Dengan Puasa Ramadhan

.

Dali Sehubungan Dengan Puasa Ramadhan.

Dalil Sehubungan dengan Puasa Ramadhan

.

Dalil yang berhubungan dengan puasa Ramadhan harus difahami agar puasa kita lebih berkualitas.

Marhaban Ya Ramadhan. Mohon maaf atas segala kesalahan dan kehilafan.

 

55 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Rinaldy says:

    Insya Allah pakdhe

    Amiin

  2. yuniarinukti says:

    Yeay! jadi komentator kedua nih, tumben..

    Ambil hadiah di belakang nduk

  3. yuniarinukti says:

    Amiin.. semoga saya dan kita semua bisa menjalankan ibadah Romadhon dengan lebih baik dari tahun kemarin..

    saya juga donk

  4. yuniarinukti says:

    Haha.. Pakdhe paling bisa aja manjangin kalimat, bisa pas..
    Orang Pertamina baca ini seneng, produknya diklankan hihi

    Ojok melok ae tah Yun
    Nggaweo dewe

  5. arman says:

    mohon maaf lahir batin ya pakde..
    selamat berpuasa!!!

    terima kasih mas Arman
    sami2

  6. Sofyan says:

    Mohon ma’aaf lahir bathin juga Dhe,,marhaban yaa ramadhan

    ikut puasa kapan mas ??

  7. Imelda says:

    Selamat menjalankan ibadah puasa

    Terima kasih jeng
    maafkan kesalahan ku yaaa

  8. nique says:

    kreatif amat Dhe :D khas blogcamp hehehe

    selamat menyambut datangnya Ramadhan ya Dhe
    semoga kita dilimpahi kesehatan agar puasanya sukses :)

    Amiin
    Masuk penggodokan jiwa lagi agar apik setelahnya

  9. Nchie Hanie says:

    Pagi Pakde..Bude..
    Langsung cium tangan..
    Maap Lahir Batin ya..
    Selamat menjalankan ibadah Puasa
    Semoga kita di berikan kesehatan..

    Pagi diajeng
    Amiin
    Jangan salah menafsirkan ” tidurnya orang puasa itu ibadah”

  10. ririe khayan says:

    Kata yg sering jd ‘tema’ demo berubah menjadi kalimat yg sugesti positif banget oleh Pakdhe. Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramdhan, semoga kita bisa meraih segala keberkahan yg ditebarkan sepanjang Ramadhan..mohon maaf lahir dan bathin juga buat Pakdhe dan semuanya

    Amiin
    kalau puasa jangan terlalu banyak berkumur dan hati2 ha ha ha hak

  11. Nchie Hanie says:

    PAkde selalu bisa aja..kreatif..
    Mantan pegawai Pom BEnsin yo Dhe xixii.

    Premium, Prei Makan dan Minum..
    *cekikikan di pojok*

    pernah jualan bensin botolan jeng

  12. diannie says:

    Asslmlkm wr wb, Pakdhe.
    Saya Wiwit, anaknya Ibu Titi Ruslainah, cucu Ibu Mutmainah. Menjelang Ramadhan ini, saya mewakili keluarga, mohon maaf lahir batin. Semoga Ramadhan ini bertambah barakah dengan silaturahmi lewat dunia maya.
    Sialakan mampir di lapak saya, Pakdhe.
    Terima kasih..
    Www.

    Waalaikum salam
    Ee apa kabar nduk, wah senang bisa bertemu di dunia maya
    Insya Allah saya akan berkunjung ke sana
    maaf lahir batin juga ya nduk-salam untuk keluarga di Purwokerto

  13. yati rachmat says:

    Tuuuu…….liat aja!! Gak salah kan kalo aku bilang yang namanya Abdul Cholik alias PakdheNe Are-Arek atau GusLik Galaxi itu buanyaaak banget idenya. Mantaaabeh pakdhe!. Maaf lahir dan bathin juga ya atas kesalahan yang udah, belum atau akan aku perbuat, hehehehehe………..Marhaban ya Ramadhan.

    Mari kita menjalankan ibadah dengan ikhlas sebulan nutug

  14. nediar01 says:

    Bertandang di pagii hari, menjalin silaturahmi, sebelum hilal Ramadhan tampakkan diri, saling memaafkan dan sucikan diri

    Maaf lahir batin yaaa

  15. Blogger Java says:

    Selamat menjalankan Ibadah Puasa.
    Semoga Ramadhan BBM dapat terpenuhi semua ( Premium, Pertamax, Solar, Minyak Tanah). Amin.

    Terima kasih mas
    maaf lahir batin ya

  16. Marhaban ya ramadhan pakdhe.. semoga amal ibadah puasa kita diterima Allah SWT dan ketika Idul Fitri kita mencapai kata taqwa. aminnnn

    Amiin, mari kita melaksanakan kewajiban ini dengan ikhlas dan benar

  17. Selamat Ramadhan Pakdhe…
    salam hormat dan cium tangan…. maaf lahir dan bathin
    insya Allah Puasa Pakdhe

    Sami2 mas- sudah beli baju baru ??

  18. Niar Ningrum says:

    Pakdhe yang guanteng pake brengos, niar juga minta maaf baik sengaja atau pun tidak yaa dhe, dari kata2 dan sikap selama ini, mulai dari nol lagi yaa dhe :D

    sip say…
    jangan nakal lagi yaaa….

  19. jarwadi says:

    pasti jadwal kultum dan kuliah subuh pakdhe padat, hehe iya kan

    selamat menunaikan ibadah ramadhan, pakdhe

    salam

    kultum untuk diri sendiri dan keluarga saja mas

  20. LJ says:

    keren semua singkatannya Dhe..!

    selamat menyambut Ramadhan buat pakde dan budhe.. juga untuk keluarga besar galaxy, jombang dan blogCamp.. maaf lahir bathin.

    Terima kasih say
    semoga kita ikhlas dan benar dalam menjalankan ibadah ini

  21. LJ says:

    keren semua singkatannya Dhe..!

    selamat menyambut Ramadhan buat pakde dan budhe.. juga untuk keluarga besar galaxy, jombang dan blogCamp.. maaf lahir bathin.

  22. Bang Iwan says:

    Yaa Allah!

    Penuhkanlah hidupku dengan amalan-amalan Sunnah, dan muliakanlah aku dengan terkabulnya semua permintaan.

    Dekatkanlah perantaraanku kepada-MU diantara semua perantara, Wahai Yang tidak tersibukkan oleh permintaan orang-orang yang meminta.

    Liputilah aku dengan rahmat dan berikanlah kepadaku Taufiq dan penjagaan. Sucikanlah hatiku dan noda-noda fitnah wahai pengasih terhadap hamba-hamba-NYA yang Mu’min.

    Jadikanlah puasaku disertai dengan syukur di atas jalan keridhoan-MU dan keridhoan Rasul, yang cabang-cabangnya kokoh dan kuat berkat pokok-pokoknya, Demi ke-Nabian Muhammad SAW dan keluarganya yang suci, dan segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam.

    Amin……… Amin……… Ya,… Rabbal Alamin…..

    Makasih Banyak PakDe.. Mohon maaf atas segala kekhilafan

    sami2 bang- mari kita bersihkan jiwa raga untuk memasuki bulan yang penuh barokah dan maghfiroh ini

  23. nh18 says:

    Minyak Tanah ?
    Bener banget …

    (jujur saya kekelen membaca singkatan minyak tanah ini )

    salam saya Pak De

    kalau di jalan raya macet nggak usah nyalahin bang Foke lho oom
    sabaaar…tahan amarah…..

  24. asfia says:

    maap lahir dan batin jg y dhe
    kereen singkatan2nya, bs aja pakdhe! :)

    maaf lahir batin nduk

  25. dey says:

    mohon maaf juga buat Pakdhe, Budhe dan keluarga.
    Mudah2an Ramadhan kali bisa lebih baik lagi.

    Itu singkatannya, kreatif banget sih ….

    silagori
    singkatan lama digoreng lagi

  26. Pakhdhe bisaaaa aja buat singkatan yg oke2
    Semoga kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik dan benar ya Dhe
    Maaf lahir batin Dhe :)

    benar jeng, baik,benar dan ikhlas

  27. Selamat ramadhan aja deh Pakdhe :D
    Besok puasaaa… :D

    Matur nuwun deh nduk
    Insya Allah

  28. ded says:

    Karena setiap tahun selalu diingatkan tentang dalil yang berhubungan dengan puasa Ramadhan, Alhamdulillah menjadi hafal Pak De. Apalagi tahun ini diingatkan kembali olehPak De.
    Hebat sekali pak De dapat menemukan uraian-uraian dari BBM : Premium, Pertamax, Solar dan teman-temannya….he3x
    Btw selamat menjalankan ibadah puasa pak De…. :)

    Agar kita selalu ingat akan perintah Allah Swt ini ya mas
    Matur nuwun-sami2

  29. aryadevi says:

    puasa membuat orang menjadi bertaqwa, menjadi lebih mengenal diri sebenarnya dan paham tentang kekuasaan Tuhan.

    Juga semakin bisa merasakan bagaimana nasib mereka yang kurang mampu dan sering kelaparan

  30. Lidya says:

    Selamat menunaikan ibadah puasa pakde , salam buat bude kami mohon maaf jika ada kesalahan

    Inggih, sami2 jeng

  31. chocoVanilla says:

    Selamat menjalankan ibadah puasa, Pakdee dan Budee. Mohon maaf lahir dan batin ya, Pakdee, atas kesalahan baik disengaja maupun tidak.

    Matur nuwun jeng
    sami2

  32. Dewi Fatma says:

    Pakdhe, kalo ada salah-salah kata, salah sikap dan salah-salah yang lain, mohon dimaafin dengan tulus ikhlas ya, Pakdhe…

    Selamat menjalankan ibadah puasa buat Pakdhe sekeluarga. Semoga amal ibadah kita diterima dan dosa-dosa kita diampuni-Nya. Amiiinn…

    Amiin
    Sama-sama wuk

  33. yadibarus says:

    senang dengan singkatan2nya pak de, sekalian saya ucapin selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan, buat rekan2 yang menjalankannya. Terlebih buat Pak dhe

    Matur nuwun mas-maaf lahir batin ya

  34. Abed Saragih says:

    Selamat menunaikan ibadah puasa.Semoga bulan ini menjadi bulan yang penuh rahmat bagi kita :)

    Terima kasih
    Amiin

  35. andre says:

    selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang merayakan ya.

    matur nuwun mas

  36. Idah Ceris says:

    Selamat menunaikan ibadah puasa Pakde. :)
    Tentang fidyah, apakah harus menyerahkan ke fakir miskin tersebut [sendiri] atau dapat diwakilkan?
    Biasanya diberikan pas zakat fitrah ya dhe?

    Lebih afdhol jika kita serahkan sendiri say

  37. vizon says:

    Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1433 H, Pakde..
    Maafkan atas segala kesalahan dan kekhilafan..
    Semoga berkah senantiasa..

    Dan Pakde benar sekali, bahwa ibadah harus diikuti dengan ilmu, agar bertambah khusyuk menjalankannya. Termasuk di dalamnya berpuasa. Jika kita memiliki ilmunya, puasa tidak lagi sekedar menahan haus dan dahaga, tapi juga akan mendapatkan makna dan hikmah yang lebih mendalam di balik itu semua..

    sami2 mas
    Ikhlas dan benar, itu intinya ya mas

  38. advertiyha says:

    Marhaban ya Ramadhan…
    Minal Aidin wal Faidzin ya dhe,,,
    maaf lahir batin…

    salam sayang merah jambu
    kiss,,kiss,,

    Semoga kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas dan benar

  39. marsudiyanto says:

    Selamat menyongsong datangnya Ramadhan Dhe…
    Dan selamat menunaikan Ibadah Puasa buat PakDhe sekeluarga…
    Tahun depan, HUT BlogCamp pastinya jatuh di bulan Ramadhan

    Insya Allah mas-kontesnya mbuat makanan untuk makan sahur ya

  40. Sriyono Smg says:

    Marhaban ya Ramadhan PakDhe,
    gokil dan kreatif itu bahan bakarnya…

    Maaf lahir batin mas

  41. lozz akbar says:

    puasa itu juga BENSIN dhe.. Benar-benar Serius Ikuti sunnah Nabi

    met ramadhan de :)

    cocok ,cak

  42. prih says:

    Selamat menyambut Ramadhan.
    Selamat menunaikan ibadah puasa katur Pak Lik dan keluarga, senantiasa dalam lindunganNya.
    Salam kami sekeluarga

    Matur nuwun jeng
    maaf lahir batin

  43. aku kira Pak Dhe juga jualan BBM, ehehe..
    mohon maaf lahir batin ya, semoga puasanya Pakdhe sekeluarga lancar…

    Gak punya modal nduk…
    sami2, amiin

  44. Yuk berpuasa.
    Saya lusa mulai Premium :D
    hehe

    Saya juga Sabtu,Insya Allah

  45. selamat menyambut bulan suci ramadhan, mohon maaf lahir batin ya :)

    Sami2 mas-maaf lahir batin

  46. kakaakin says:

    Selamat menunaikan ibadah di bulan Ramadhan 1433 H ya, Pakdhe.
    Mohon maaf lahir dan bathin. Semoga kualitas kita sebagai pribadi muslim bisa meningkat.

    Sami-sami
    maaf lahir-batin
    Amin

  47. Abi Sabila says:

    Selamat menunaikan ibadah puasa, Pakdhe. Semoga kita bisa memaksimalkan ibadah di bulan nan suci ini dengan amal yang lebih berkualitas. Amin.
    Mohon dimaafkan atas segala salah dan khilaf, baik dalam tulisan maupun komentar yang pernah saya berikan.

    Sami-sami mas
    Mohon maaf lahir batin

  48. Andi Kata says:

    Syahdan Ramadhan. Ahlan wa sahlan, marhaban duhai bulan indung barakah.

    Syahdan Ramadhan. Di atas nama sebelas purnama qolbu ini lepas bebas menerabas ikhlas, runtuh meluruh jatuh lumpuh pada bait-bait sengit jerit dosa pada penghuni langit.

    Syahdan Ramadhan. Sudah lemah ibadah menyerah pasrah pada masa-masa dunia. Pada waktu-waktu ketika hati menjadi batu. Menjadi besi berisi emosi tak berarti.

    Syahdan Ramadhan. Mungkinkah lapar dan gelepar dahaga esok cuma teronggok pada ruang rongsok. Lantas tergelak terbahak saat sujud tahajud tanpa makna, sebab kaca-kaca akan kian menguatkan tawa.

    Syahdan Ramadhan. Dari pojok bilik tua bernama Batavia kuhaturkan cinta buat Tuan, bersama puasa dan ikatan bertajuk saudara.

    Andi Kata mengucapkan Assalamu’alaikum teruntuk Pak Dhe Abdul Cholik dan Keluarga besarnya. Semoga Allah Jalla wa’ala semakin mencintai. Aamiin.

    Waalaikum salam wr wb.
    benar yang dinda sampaikan
    Semoga amal ibadah kita diterima dan mendapat ridho Alloh Swt. Amin

  49. travelling says:

    Semoga kita dapat seperti semua barang tambang di atas

    amiin

  50. Jefry says:

    Terima kasih pak
    Uraian dalam postingan ini memberi motivasi tersendiri bagi saya untuk menghadapi puasa esok hari
    salam kenal dan sukses selalu…

    sama2
    juga memotivasi saya lho

  51. ~Amela~ says:

    pakdhe ada-ada saja bikin singkatannya..
    semoga di bulan ramadhan ini kita bisa memanen berkah dan maghfiroh ya dhe.
    mohon maafkan kalau ada salah, baik yang saya sadari atau tidak..
    salam manis untuk budhe

    amiin
    maaf lahir batin juga ya nduk

  52. Dani says:

    Solarnya buat saya nih kayaknya Pak Dhe.

    Sekali lagi, selamat beribadah Ramadhan, mohon maaf lahir batin sebelumnya. :)

    Buat saya juga lho
    maaf lahir batin

  53. arif says:

    selamat datang di bulan “diklat” bernama ramadhan :)

    semoga kita dapat melaksanakan ibadah puasa dengan ikhlas dan benar