Jangan Sia-Siakan Bulan Penuh Barokah Dan Maghfiroh

Bulan Penuh Barokah Dan MaghfirohKetika sebagian besar muslim berikhtiar memanfaatkan bulan penuh barokah dan maghfiroh, sebagian yang lainnya justeru sedang berusaha menggunakan aji mumpung untuk mengeruk uang sebanyak-banyaknya, apapun caranya.

Seperti tahun-tahun yang lalu, pada bulan puasa ini masih diberitakan adanya pedagang yang menjual daging glonggongan yaitu daging sapi atau ayam yang kadar airnya cukup banyak. Inilah salah satu cara pedagang mengeruk keuntungan secara tidak wajar alias curang. Cara lain adalah dengan tetap menjual makanan yang sudah kedaluwarsa atau menjual makanan yang bahannya dicampur zat yang tidak bagus bagi kesehatan manusia.

Belum lagi gaya lama yang dilakukan sebagian pedagang yaitu mengurangi berat timbangan, ukuran, takaran sehingga jumlah yang dibayar oleh pembeli tak sama dengan barang yang mereka peroleh.

Apakah hanya pedagang curang saja yang menyia-nyiakan bulan penuh barokah dan maghfiroh ini ? Tentu tidak. Para pencopet, pencuri, penipu, koruptor, perampok,penjambret, dan pelaku tindak kejahatan lainnya masih gentayangan.

Jika dalam bulan yang mulia dan full bonus dari Allah Swt ini mereka tak memperoleh ampunan, rahmat, barokah, lalu kapan mereka akan mendapatkannya ?? Kasihan mereka ini.

Mungkin mereka masih bertolak pinggang dan lantang berkata : ” Saya kan masih muda, entar saja bertobat dan sholat “. Padahal saat di mana kita tidak tahu, di situ ajal telah menunggu.

Semoga saudara-saudaraku yang masih suka melakukan perbuatan yang meresahkan dan merugikan orang lain itu segera menyadari kekeliruannya, bertobat dan menghentikan perilaku negatif tersebut. Amin.

Jika mereka tidak bisa melihat Tuhan semoga mereka memiliki keyakinan bahwa Tuhan melihat semua perbuatannya dan juga yakin bahwa setiap perbuatannya itu akan mendapat balasan.

.

QS.Az-Zalzalah 7

 

,

faman ya’mal mitsqaala dzarratin khayran yarah

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

QS.Az-Zalzalah 8

.

.

waman ya’mal mitsqaala dzarratin syarran yarahu

Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.

.

Romadhon adalah bulan penuh barokah dan maghfiroh yang selayaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh setiap muslim yang beriman. Semoga kita terjaga dari perbuatan keji dan munkar. Amin

 

27 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. RZ Hakim says:

    jujur adalah tidak berbohong. Sesederhana itu, tapi ada banyak alasan untuk menerjangnya. Eman-eman.. Semoga di bulan yang penuh barokah ini, kita bisa memanfaatkannya dengan seindah mungkin. Makasih Pak De atas renungannya..

    Amin, jangan sia-siakan bulan full bonus ini

  2. affanibnu says:

    minimal kita sedikit meluangkan waktu untuk lebih banyak mengkaji lagi Al-Quran, ikut ke dalam forum2 pengajian, hingga memperbanyak shalat malam adalah sebuah kegiatan positif yang sangat baik disamping kita juga mengurangi sesuatu yang negatif hingga mubah.. :)

    benar, kita tingkatkan kualitas ibadah kita

  3. Kasihan melihat orang2 yang hatinya sdh mati, walaupun di Ramadhan ini mendapat hidangan yang lezat dari Allah berupa Bulan yang pernuh berkah, tapi tidak dimanfaatkan seoptimal mungkin, padahal diamnya diibaratkan dzikir, tdurnya aja dinilai ibadah, lha kok malah milih berbuat curang…, minta doa restunya ya Pakdhe agar saya tetap berjalan dijalan kebaikan atau minimal tdk berbuat yang merugikan orang lain dan diri sendri

    Mari kita seling mendoakan agar selalu berada di jalan yang diridhoi Allah Swt

  4. Adam says:

    saya sempat mengingat perkataan guru ngaji saya dulu dhe, kira-kira begini “jika kau menemukan seseorang yang berbuat apa yang dilarang Allah, cukup kalian melarangnya dan memberitahukan alasannya, jika ia masih melakukannya, tidak ada yang harus kau lakukan lagi selain mendoakannya agar ia berhenti untuk melakukan hal yang dilarang tersebut” ….

    iya mas-semoga mereka segera sadar ya

  5. evi says:

    Iyah pedagang yg suka menipu pelanggannya itu, entah apa yg ada dalam pikiranya ya Pakdge. merasa tak ada yg melihat? Atau merasa perbuatan tersebut tak berdampak bagi hidup mereka! Padahal segala sesuatu di dunia saling terhubung, aksi akan menimbulkan reaksi
    kok gak takut ya?

    dalam hati kecilnya mungkin takut jeng, tapi karena tergiur harta ya begitu adanya

  6. Sary Melati says:

    semoga Allah selalu menjaga dan menjauhkan kita dari melakukan perbuatan sia-sia..
    Amiin- sip

  7. amin3, semoga termasuk orang2 yg bisa beribadah dg lebih baik di bulan ini.
    ayuk dhe solat subuh :P

    amiin
    ayuk ya yuuuk

  8. lidya says:

    Pagiiii pakde, sudah subuh nih :)
    Semoga kita bisa ambil keuntungan dibulan ramadhsn ini tentunya dengan kegiatan positif dan diridhoi oleh Allah

    benar jeng, banyak bonus jangan disia-siakan

  9. Nchie Hanie says:

    AMinn…
    Semoga kita di jauhkan dari perbuatan-perbiatan yang dapat merugikan sesama..

    Kemaren aja, di tempatku ada yang kehilangan motor pas shalat Tarawih..
    Dan semalem si Olive panik karena sandalnya ilang pas shalat tarawih juga hehee..
    Orang ya mencari kesempatan di saat kita2 sedang beribadah..
    semoga mereka di bukakan hatinya yo Dhe..

    Wah, kalau sandal sih gak gitu heran tapi kalau motor ya kebangeten deh

    • Nchie Hanie says:

      Selamat pagi.
      Selamat hari Jumat Dhe..
      Makasih atas renungannya di jumat pagi yang cerah ini..

      Semoga pakde dan keluarga selalu di beri kesehatan, agar bisa menjalankan puasa hari ini dengan lancar.

      Selamat berakhir pekan jeng
      semoga jeng Hani sekeluarga adem-ayem
      tanggal tua gak apa-apa karena sesudahnya pasti ada tanggal muda

  10. prih says:

    Selamat pagi Pak Lik,
    Ikut menyimak pelajaran berharga ini, belajar untuk tidak ‘menyimpan’ hak yang semestinya dinikmati sesama. Selamat beraktivitas di hari jum’at.
    Salam

    iya jeng, kadang manusia kalap dan serakah ya

  11. Niar Ningrum says:

    Pakdhe, hari jumat semoga membuat orang2 menjadi lebih tergugah hatinya untuk banyak bertobat :D

    Makasih pakdhe, guyuran diblognya pakdhe khas hari jumat :D

    kan harus saling mengingatkan nduk

  12. sun says:

    padahal tak ada yg bisa menjamin kita bs bertemu lagi dg ramadhan yg akan datang eh malah disis-siakan oleh mrk,, bnr2 kasian…

    benar, ajal tak ada yang tahu

  13. bintangtimur says:

    Subhanallah.
    Mengambil kesempatan di tengah kesempitan, merugikan orang lain pula, rasanya bukan keuntungan yang akan didapat ya Pakde…mungkin jatuhnya musibah bukan pada kita, tapi bukankah kita hidup itu buat kebaikan anak dan cucu kita juga?
    Trima kasih sudah diingatkan kembali…

    Itulah mereka yang tak mau berpikir panjang jeng

  14. Tetangga saya semalam biasa2 saja, tapi tadi pagi sudah pergi untuk selamanya. Padahal usianya masih muda, anaknya masih kecil2 ….. Ajal datang kapan saja tanpa mengenal usia ya dhe

    Semoga kita bukan termasuk orang2 yg menyia-nyiakan bulan penuh berkah. Amiiin

    Makanya kita harus bersiap selalu, menyiapkan bekal terbaik sebelum menghadapNYA

  15. indri rusli says:

    Semoga dibukakan pintu2 hati yang membatu, hati yang tak pernah merasa menyesal saat menzhalimi orang lain ya pakhde…dan semoga Allah mengampuni kita semua di bulan penuh ampunan ini…

    Amin, itu harapan kita semua

  16. Idah Ceris says:

    Berangkat dari kesadaran diri, semoga kita tergolong orang yang bisa memanfaatkan bulan penuh barokah dan maghfiroh untuk beribadah ya, Dhe.
    Benar2 tidak boleh menyia2kan krena barokahnya memang luar biasa. :)

    iya, sayang dilewatkan begitu saja

  17. Sofyan says:

    Mungkin orang2 ini yang termasuk orang Jahlun ‘Anil Haq (tidak mempercayai kebenaran janji Allah), semoga orang2 yang demikian ini hati bisa menerima rahmat dari_Nya , AMIN

    Mereka lebih tertarik gebyarnya dunia mas
    Amiin

  18. arif says:

    memaksimalkan ibadah dan sedekah mumpung di bulan ramadhan :)

    benar mas, jangan sampai kita menyia-nyiakan moment ini

  19. Dewifatma says:

    Amiiin.. YRA..

    Amiin
    Tumben singkat sekali sambutannya

  20. Ami says:

    yang tidak jujur keuntungannya ya sesaat. hati-hati dengan parcel yang makanannya kadaluarsa

    tega bener mereka ya jeng…

  21. Sapa ituh?
    sapa orangnya Pakde yang suka jualan kayak gituh!!!

    Belum kenal ama Pakde rupanya…hihihi…

    laporkan saya jeng

  22. andre says:

    kalo dagang kan yang penting kejujuran. ini juga bisa menambah pelanggan setia selain itu pasti berkahnya lebih joss.

    Iya, jangan sampai rugi dunia-akhirat

  23. farizalfa says:

    Semoga Kita semua mendapatkan Ridha dari Allah..
    semoga bulan ramadhan ini tidak sis-sia

    Amin, semua berharap demikian ya mas

  24. ririe says:

    Sugeng tengah wengi…#tengah malam bahasa jawa halusnya apa ya Dhe?

    BUlan penuh berkah dan maghfirah, semoga menjadi bekal yang akan mengantar diri meniti hari dan kesempatan di luar Ramadhan dengan lebih baik..

    Selamat sahur untuk Pakdhe sekeluarga:)..

    Sugeng peteng ndedhet jeng
    Sugeng sahur jeng semoga puasa dan amalo ibadah kita mendapat ridho Allah Swt. Amin
    Sugeng saur mugi baarokah

  25. ke2nai says:

    semoga utk ke depannya semakin byk yg sadar kl puasa gak cuma menahan lapar & haus ya pakde.. Tp juga hawa nafsu.. Termasuk untuk selalu berlaku jujur..

    Benar sayank agar puasa kita tak sia-sia

  26. Mamih says:

    subahanallah…
    terimakasih banyak Dhee sudah mengingatkan ….
    amalan2 di bulan penuh barokah dan maghfiroh ini memang bisa menjadi rujukan bagi kita utk tetap berperilaku seperti di Ramadhan ini ……..
    Semoga kita semua yang berpuasa mendapatkan barokah dan maghfiroh dr Allah swt ,aamiin
    salam

    amiin, demikian harapan kifa mam