Puasa Romadhon Di Kampungku

Puasa Romadhon di kampungku

Musholaku

Weekend kali ini saya pergunakan untuk menengok emak, anak,menantu dan para cucu di Jombang sekaligus puasa Romadhon di kampungku.

Mengingat emak sudah sepuh dan Eny sibuk dengan 3 kurcacinya maka Ipung saya perintahkan membeli makanan untuk berbuka puasa. Mengingat pula sulitnya mencari tempat parkir akhirnya kami memutuskan untuk membeli makanan di kawasan Pasar Legi Jombang.

Sasaran pertama adalah jajanan untuk pembuka puasa. Kami menemukan bongko, nagasari, onde-onde, ote-ote, kue kaca (mbuh jenenge..), tahu isi, kue lumpur dan kue ijo2 ( nggak tahu namanya). Kue-kue ini kesukaan emak, Eny, para cucu dan kami juga. Kami membeli agak banyak sekalian untuk snack para tetangga yang tadarusan di mushola.

.

Puasa Romadhon di kampungku

Ipung beli rawon dan bakso di Pasar Legi Jombang

.

Kami melangkah maju lagi, mendekati warung makanan berat yaitu rawon kesukaan emak, bakso kesukaan Eny dan para cucu. Dari counter makanan berat kami menuju stand buah. Saya memilih klengkeng, dan semangka yang juga merupakan kesukaan Eny.

Setelah tuntas membeli makanan untuk buka puasa kamipun melanjutkan perjalanan ke kampungku, jaraknya masih 8 km lagi. Jaman SMP dulu saya biasa naik sepeda onthel.

Sampai dirumah ternyata Emak juga sudah menyiapkan bothokan ikan rengkik dan brengkesan udang~tahu. Sedangkan Eny juga sudah membeli es campur. So untuk buka puasa sudah komplit-plit.

.

Puasa Romadhon di kampungku

Yang penting warnanya macam-macam, namanya gak tahu

.

Puasa Romadhon di Kampungku

Klengkeng kesukaan anak cucu

.

Puasa Romadhon di kampungku

Semangka nan manis dan segar

.

Ketika adzan maghrib di JTV-Surabaya berkumandang kami masih harus menunggu sekitar 3 menit. Setelah itu adzan di mushola-mushola kampung saya pun terdengar. Hidangan perdana saya sikat secara bertahap dan berlanjut. Main course akan diganyang nanti setelah sholat tarawih.

.

Puasa Romadhon di kampungku

Takjil : sak mug kopi plus 2 kue dan sebutir kurma,cukup dah

.

Sholat tarawih

Sholat tarawih dilaksanakan mushola yang letaknya dekat East Wing, rumah emak. Setelah adzan, kami biasanya melaksanakan puji-pujian sambil menunggu para jamaah yang lain. Ini berbeda dengan pelaksanaan sholat tarawih di kota-kota. Berikut saya kutipkan puji-pujian yang sering dilaksanakan oleh jamaah. Lagunya beraneka ragam he he he he.

Nawaitu shauma gadhin ‘an ada-i fardhi sayahri ramadhani hadzihis-sanati  lillahi ta’ala.

Kadang dilanjutkan dengan puji-pujian yang lain
.
Rukun Islam iku ono limang perkoro
Kaping siji moco syahadat
kaping ping pindo nglakoni sholat
Kaping telu mbayar zakat
Kaping papat nglakoni poso
Nglakoni poso telung puluh dino
Iku arane poso Romadhon
Kaping limo ibadah haji
Menyang Mekah lan Medinah
.
Puji-pujian seperti ini sepertinya merata di daerah Jombang, namun ada juga yang tidak melakukannya. Puji-pujian seperti diatas juga dilakukan di luar bulan puasa dengan aneka syair misalnya sholawat Nabi dan lain sebagainya. Dengan puji-pujian tersebut syiar Islam begitu kental. Puasa Romadhon di kampungku sungguh menyenangkan.
.
Puasa Romadhon di Kampungku

Mengumandangkan puji-pujian sambil menunggu jamaah

.

Setelah jamaah sudah banyak maka sholat Isya dimulai dilanjutkan dengan sholat tarawih sebanyak 20 rakaat dilanjutkan dengan sholat witir 3 rakaat. Setelah sholat witir selesai biasanya ada juga tetangga yang kirim snack untuk dimakan para jamaah.
Usai sholat tarawih barulah saya dan Ipung makan malam denggan lauk khas desa.
.
Puasa Romadhon di kampungku

Botokan ikan rengkik

.

Puasa Romadhon di kampungku

Ikan rengkik dipotong-potong lalu dibumbui dan di bothok

.

Puasa Romadhon di kampungku

Brengkes udang tahu

.

Puasa Romadhon di kampungku

Udangnya 2 ekor~tahunya yang banyak~ngirit.com

.

Puasa Romadhon di kampungku

Es campur, seger pwol, semoga tak pilek

.

Puasa Romadhon di kampungku

Merah asli dan maknyesss legi

.

Sekitar jam 21.00 Bella bersama papa-mamanya baru datang, maklum mereka jalan-jalan ke Malang dulu. Selain membawa martabak terang bulan dan martabak telur Sandy juga membeli aneka sayuran di daerah Pujon.Karena hari sudah malam maka kami sepakat untuk menutup pintu agar Bella tidak blakrakan kemana-mana. dengan cara itu si bola bekel nggak sempat mengganggu para sepupunya yang sudah mulai mengantuk. ha ha ha ha…

Suasana weekend dan puasa Romadhon di kampungku menjadi semakin meriah, nglumpuk semua bersama emak, anak-cucu dan menantu.

Itulah suasana puasa Romadhon di kampungku. Bagaimana puasa Romadhon di kampung sahabat ??

 

42 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. RZ Hakim says:

    Jleb,, akhirnya saya bisa komentar, hehe..

    Cerita yang benar-benar jleb moment ya Pak De, benar-benar komplit dan indah :)

    terima kasih jlab-jlebnya mas
    salam

  2. cii' yuniaty says:

    walah2 pakdhe,….jan lezziiiit…komplit plit tenan……hehe :D

    hasil perjalanan kemarin jeng

  3. mami zidane says:

    selamat pagi pakdhe….
    senangnya bisa menikmati weekend bersama orang2 tercinta ya Dhe….:)

    saya penasaran dengan ikan rengkik nya tuh pakdhe, ikan rengkik itu ikan laut atau ikan air tawar to? baru kali ini saya denger namanya.

    Ikan rengkik itu ikan air tawar utamanya hidup di sungai jeng
    Modelnya kayak ikan lele tapi kepalanya lebih pipih dan warnanya tak segelap warna ikan lele. Kadang ada yang besaaaar juga.
    Mungkin di daerah lain namanya beda, tapi orang kampung saya menyebutnya iwak rengkik…

    • nique says:

      klo ikan rengkik dari air tawar, pasti saya bisa icipin satu hari nanti

      lain kali pajang poto ikan rengkik sebelum dimutilasi yo dhe :D

      sip, nanti tak nyamber ikan rengkik dulu say
      untukmu apa sih yang mustahal

  4. evi says:

    Suasanya hangat sekali Pakdhe, jadi ikutan kangensi pada kampungku. empat generasi ngumpul di rumah embah, duh beliau pasti senang banget..makanannya itu Pakdhe, terutama pepesnya, asing bagiku :)

    Iya jeng, kalau siang rameee banget tuh anak-anak
    pepes ikan biasa sebenarnya hanya ikannya yang beda jeng

  5. arif says:

    yg paling menggoda semangkanya :D, klo nama ikan rengklik baru denger pakdhe

    untung mas Arif kemari, jadi dengar deh nama ikan rengkik

  6. bintangtimur says:

    Ipung saya perintahkan untuk membeli makanan berbuka puasa…
    Waduh Pakde, Bude kok diperintah-perintah sih?
    :(

    Pakdeeee…saya bisa merasakan kesenangan Pakde sekeluarga di Jombang lewat tulisan ini, apalagi makanannya juga lengkap banget, mulai appetizer, main menu sampai dessert…wah, wah, bener-bener mengundang selera…
    Suasana di kampung saya *ehm* cuman berempat aja Pakde, Bato, Bi Entin, saya dan mas Asro…kami berdua kumpul di rumah Bato, setelah adzan, biasanya langsung makan, setelah itu sholat maghrib, Isya dan dilanjutkan tarawih, baru deh makan camilan *kebalik dengan kebiasaan Pakde*
    :D
    :D

    Lho, MM-memang- saya perintah
    Soalnya kalau hanya bilang ” beli makanan untuk buka puasa donk” suka ada tawar-menawar ” nanti masak saja deh ”
    Perintah dalam kisah diatas berarti “with the intend to force her”
    Pernah jeng malam2 saya bilang begini ” Eh ada sate tuh, beli donk ”
    Ipung bilang : ” ah itu bukan sate yang biasanya ”
    Kami menunggu akhirnya sate Cak Mat yang biasanya nggak lewat lho
    Muangkel pwol aku padahal pengin makan sate je..
    Akhirnya back to basic…supermie telor..halah..halah

    • nique says:

      gaya militernya keluar mbak :D
      tapi karena budhe bukan baru kemarin jadi istri pakde makanya bude gak ngerasa itu sebagai perintah atasan ke bawahan tapi permintaan manja bojo hehehe *sok iya*

      emang sok iya
      saya gak pernah manja2 gitu soalnya
      “perintah” itu berarti tiga klik diatas “tolong”

    • Niar Ningrum says:

      supermie telor enak itu dhe, jadi pingin :D

      kamu sih sembarang enak wuk

    • Necky says:

      maksudnya pakde dengan perintah itu…minta tolong lho mbak irma. Maklum puluhan tahun dinas di tentara ….

      he he he he…iye..dang kadang minta tolong, dang kadang nyuruh atau printah

  7. Niar Ningrum says:

    Pakdhe, foto-foto nya bikin ngiler, merah semangka, itu itu es buahnya ajib kayaknya dhe:D

    Dhe, baca main course di gayang, kyok mau gayang opoh an deh, xixixixixiix :D

    Selamat ber weekend ria di kampung nan asri, pingin juga pnya kampung halaman ben bisa berlibur :D

    beli donk kampung baru

  8. risa says:

    waah, kumpul sama keluarga besar itu memang selalu menyenangkan. momen yang tak terkira harganya… salam untuk keluarga besar, dhe. semoga selalu penuh cinta dan rukun selalu ^^

    btw, ikan rengkik itu yang mana tah?

    yang itu lho nduuuuuuk
    matur nuwun

  9. sun says:

    hmmm,, ingin cepet2 mudik…
    ikan rengkik ya,,?? kufikir ikan rengek, ikan yg merengek2, he…

    jauh panggang dari api

  10. Rahmi Aziza says:

    Dhe, aku mbaca postingan ini salah waktu, siang2 liat poto2 itu… ter-la-lu…

    jangan pura2 kumur lho

  11. yuniarinukti says:

    Glodak!!
    Sebuah kesalahan terbesar saya baca postingan ini siang hari!!

    langsung cleguk..cleguk kan ya

  12. yuniarinukti says:

    Pakde yang kue ijo-ijo itu namanya Putu ayu, klo yang merah ada mutiara di bungkus plastik itu namanya kue bongko, bukan bongko = matek lho Pakde haha..
    Hadehh.. semangkanya… klengkeng nya… dan rawonnya.. Emaakkk minta rawonnya dong.. :D

    wis tah ojok melok2 Yun
    wong nggonku bilang bongko kok

  13. yuniarinukti says:

    Pakde.. masak motret orang teraweh kaos SPAIN nya yang dipajang..
    nanti habis baca Alfatihah bukan Amiin panjang yang dibaca tapi “Se.. Pa.. Innnn….” haha

    lha itu yang pas di depanku je

  14. Bint@ says:

    wah.. lagi mudik kejombang.. silahkan mampir :)

    besok dah balik ke Sby nduk
    Insya Allah lain kali ya

  15. ke2nai says:

    loh kok gak ada foto parfumnya pakde? Hehe..

    entar banyak yang order kan maliyuuuu saya

  16. Udangnya sdkt, tahunya banyak.. berarti tahu blm langka ya disana.. Alhamdulillah :)

    orang Jombang lebih memikirkan umat jadi gak ikut demo

  17. Blogger Java says:

    Wah…. kelihatannya menu buka puasanya komplit dan enak-enak nih?
    kue yang hijau bulat bintang, kalau ditempat saya namanya putu ayu Dhe.

    benar mas-daku lupa waktu penjualnya menyebut nama itu
    saya kira Ayu Lestari

  18. niken says:

    dapat ide buat menu buka puasa….
    Tak sabar menunggu giliran mudik….

    he he he he..menu apa jeng ??

  19. nh18 says:

    Es Buahnya memang sepertinya suweger puwol …

    Pemandangan merangsang sore-sore …

    qiqiqiqiq

    salam saya

    bener oom, apalagi udara panas bener di Jombang
    tapi gak berani banyak2 takut emflu

  20. Lidya says:

    malem pakde, apa kabar? kangeeeen berkunjung kesini hehehe padahal baru 3 hari gak kesini :)

    malam jeng, kabar baik
    perasaan kita kok sama ya say

    • nh18 says:

      Membaca reply dari Pak de …
      dan saya pun bergumam …

      Moooooooolllaaiii !!!
      (ala gogon srimulat !)

      hahahahha

      kayaknya ada nada cemburu pada komen ini
      ojok ngono tah oom

  21. walank ergea says:

    kapan-kapan perlu ditulis lengkap soal ikan rengkik, pakdhe. Menggoda selera…kayaknya gurih dan legit ya dagingnya..Kenyang deh liat doang..hahah

    hla semalam ada diskusi hebat membahas ikan rengkik ini.
    Sandy dan menantu saya yang isilop bilang ” Ikan rengkik itu kan bahasa Indonesianya ikan patin ,pa”
    Saya belum percaya karena ikan rengkik hidupnya di Jombang sedangkan ikan patin di Sumsel kok
    Walaupun di Jombang sekarang ada yang membudidayakan ikan patin

  22. Andi Kata says:

    Masya Allah, kebersamaannya terasa sampai sini, Pak Dhe.

    terasa gimana sih
    grenjel-grenjel anget gitu ya ??

    • Andi Kata says:

      Kalo angetnya saya bisa pastikan, Pak Dhe. Nah, grenjel-grenjelnya ini, apa yah ??? Apa semacam makanan, gitu? :D :::Mohon pencerahan kepada jiwa yang hampa:::

      coba taruh ikan lele di segitiga pengaman yang sedang sampeyan kenakan
      pasti ada grenjel2 dengan sensasi luar biasa

  23. Mamih says:

    es buah dan semangka nya benar2 merangsang Dhee………

    dah sembuhkah mflu nya Dheee……….. ??
    salam

    jangan manas-mansi tho…..
    sudah mbak

  24. ikan rengkik sejenis gabus kali ya Dhe, kalo patin kayaknya bukan deh
    jadi penasaran sama si bola bekel hehe

    rengkik itu habitatnya sungai sementara gabus itu di kolam biasa yang berlumpur jeng

  25. LJ says:

    semua jenis makanan itu mungkin bisa saja didapatkan di surabaya ya Dhe,
    tapi yang istimewa itu adalah suasananya.. kebersamaannya.. luar biasa!

    salam sayang buat eMak jombang dan semua kru.

    Darimana you menyimpulkan semangka di dapatkan di Surabaya ? hayooooo…itu tahun 1977..saya tugas di mana ??
    salam sayang juga buat Bening nan jauh dimato

  26. Necky says:

    pakde…di daerah tempat saya tinggal sulit banget mencari kue basah….yang ada gorengan lagi…gorengan lagi….hehehehe,….padahal gorengan khan ga sehat yah? ganti buah aja ya seperti fotonya pakde….hehehehe

    kan bisa dimodifikasi mas
    kue gorengan dicelupkan ke dalam segelas teh
    jadi deh kue basah

  27. emang puasa bulan romadhon di kampung

    iya enak lho

  28. Nchie Hanie says:

    Kemaren dah komen disini, cuma ga bisa masuk ajah hik,,,hik..
    Tambah2 sediih.

    Aku ga punya kampuungg..
    Mau ikut aja ke Jombang Dhe..
    Boleh ya.boleh ya..

    boleh say, tapi gak boleh nakal lho, disana ada mangga, rambutan, jambu segala

    • Nchie Hanie says:

      Itu kue basah nya hmm paporit aku Dhe..
      Hmmm..ngiler semua lihat makananya..

      Hmm Botok..Mauu..

      enak lho menuku kemarin

  29. Idah Ceris says:

    Menu untuk buka segeran dan manis semua ya, dhe.
    Durung pernah makan brengkes udang, lihat diatas dan sepertinya enak.
    itu dicampur denan samabl kacang ya Dhe? Atau santan?

    Ada unsur santan tapi sedikit sekali

  30. advertiyha says:

    Dhe,, kok fotonya enak2?? ngiler akutttttt.. hehhehe…
    eh, ikan ringgik itu apa sih dhe? :)

    puasa di kampung memang menyenangkan, rasanya guyup rukun, semangat ibadahnya jadi makin-makin.. :)

    salam sayang merah jambu dhe..
    kiss.kiss..

    kok ringgik sih, rengkik, sejenis ikan patin, tapi hidup di sungai

  31. marsudiyanto says:

    Ternyata ada orang Spanyol yg ikut tarawih Dhe…

    ha ha ha ha…tim suksesnya mas

  32. Dewi Fatma says:

    Pastinya si bola bekel itu susah dikendalikan ya, Dhe.. Sama kayak bola bekel kami nih, jam segini (21.03) masih main di luar. Pokoknya asal lupa ngunci pagar, bola bekel menggelinding deh kemana-mana :D

    Jadi Mbak Enny tinggal sama Emak Pakdhe, tho… Kirain Emak tinggal sendiri gitu.. :)

    Iya say
    Enny sekarang gabung di Jombang, jadi rameee deh

  33. Dewi Fatma says:

    Pakdhe, shalat tarawih 20 + 3 itu selesainya jam berapa tuh?

    Kami di sini shalat tarawehnya 8 + 3 aja selesainya hampir jam 9 an…

    orang kampung saya kan sudah hafal sholat tarawih jadi cepet aja klarnya say
    ha ha ha ha..rasanya dengkul koplok deh….