Nasi Goreng Jombang Bergoyang

Nasi Goreng Jombang BergoyangNasi Goreng Jombang Bergoyang adalah masakan kreasi saya pada acara Lomba Masak Perwira dalam rangka memperingati Hari Ulang Polisi Militer Angkatan Darat tahun 1997.

Lomba memasak nasi goreng perwira  ini sebenarnya merupakan petunjuk pengarahan saya kepada panitia agar acara ulang tahun semakan semarak. Namun saya sendiri juga ikut guna memberikan semangat kepada para perwira staf.  Soal menang atau kalah bukanlah tujuan utama wong yang menyediakan hadiah juga sang komandan.

Sebelum turun gelanggang, saya berpesan wanti-wanti kepada Letnan Putu selaku Ketua Seksi Lomba : ” Meskipun saya pimpinanmu panitia lomba jangan main sabun dengan cara memenangkan saya. Semuanya harus fair-play, tak usah bersikap asal komandan senang, Sampaikan pesan ini kepada ibu-ibu yang menjadi juri”.

Seperti biasa dalam mengikuti lomba atau kontes apapun saya selalu ingin tampil all out, serius dan habis-habisan. Semua daya dan kekuatan serta ketrampilan dan pengetahuan saya keluarkan. Sayapun membeli perlengkapan termasuk celemek agar tampil macho (halah..halah..masak kok macho)

Pada hari-H saya beserta wakil dan para perwira siap di aula Pomdam yang terletak di Jl. Hayam Wuruk Surabaya. Meja untuk masing-masing peserta sudah disiapkan. Kamipun mulai menata perlengkapan berupa kompor, piring, sendok, wajan, suthil, centhong nasi, kobokan, pisau, telenan. Aneka bumbu dan minyak goreng juga sudah saya atur rapi jali.

Ketika saya sedang mengecek segala sesuatunya, Jeng Yono (isteri Wakil Komandan) mendatangi saya sambil menyerahkan topi koki…whaaaa…haaa…haaaaa. ” Mas ini topi koki sudah saya belikan kemarin “.  Beginilah enaknya jadi komandan, adaaaaaaa saja yang menyiapkan. Topipun saya pakai, pas di kepala dan pas pula di hati. Jos kayak chef beneran.

Begitu Ibu Edy Pattinasarani (Ketua Juri ) menyatakan bahwa lomba masak nasi goreng dinyatakan “dimulai” maka kamipun umyek dengan gaya dan tingkah masing-masing. Suara thak-thok, kras-kres, teng-teng dan srong-sreng bersahut-sahutan terdengar.

.

Nasi goreng Jombang Bergoyang

Betapa anggunnya saya walau sedang memasak

.

Saya mulai dengan ngiris bahan berupa cabai, bawang merah, bawang putih, sledri, tomat, dan lain-lainnya. Sementara wajan sudah saya tuangi minyak goreng, komporpun menyala dengan api nan anggun.

.

Setelah nasi saya labur dengan bumbu dan sentuhan kecap maka langsung saya tuangkan kedalam wajan…sroooooonggggggggggg…. ” Wahhhh komandan kok cepet sekali mbuat bumbunya…”, teriak Mayor Kamto. Ini memang taktik saya, memasak yang mudah dulu yaitu nggopreng nasinya. Suara srongggggggggg adalah senjata psikologis agar perwira yang lain grogi dan ndrodhos kringetnya.

.

Nasi Goreng Jombang Bergoyang

Mainkan suthil, aduk bumbu

.

Saya lirik ada perwira yang bolak-balik ngelap kringet sambil mulutnya pyak-pyek…ternyata telur ceploknya terlalu matang bho.

Setelah nasi goreng saya klar sayapun siap membuat telur ceplok. Pembuatan telur ceplok mata sapi yang semula saya kira sulit ternyata mudah. Bentuk dan warna telur ceplok buatan saya begitu indah dengan warna cemerlang. Puih…..ceplokpun saya angkat dengan hati-hati agar tak ceblok dan langsung duduk dengan anggun di piring.

.

.

Nasi Goreng Jombang Bergoyang

Mencetak nasi dengan kobokan agar tampil cakep di piring

.

Langkah berikutnya adalah menata nasi di piring. Saya ambil kobokan kecil, nasi goreng  saya tuang ke kobokan lalu dituang ke piring dengan membalikkan kobokan sebagai cetakan. Hasilnya cakeeeeep bener. Ibu-ibu yang menonton langsung berteriak ” Wow.. komandan punya akal gitu juga ya  “. Halah mengenyek pwol.

.

Nasi Goreng Jombang Bergoyang

Tata letak harus rapi

.

Langkah terakhir adalah meletakkan telur ceplok dan aneka hiasan mengelilingi nasi goreng. Edaaaaan……kayak nasi goreng buatan restoran meck. Sip. sambil tolak pinggan saya tengak-tengok kanan-kiri. Masih ada beberapa perwira yang kringetnya dleweran karena kepanasan sambil ngos-ngosan ngejar waktu.

Sebagai finishing touch sayapun mengeluarkan label dari karton bertuliskan ” Nasi Goreng Jombang Bergoyang “. SEMPURNA !!. Dan..ternyata label ini tak punya saingan karena perwira yang lain sungguh tak se-kreatif komandannya,  ha ha ha ha….

.

Nasi Goreng Jombang Bergoyang

Hanya nasi gorengku yang pakai papan nama, bukan ?

.

Setelah waktu memasak habis kamipun dipersilahkan untuk meninggalkan meja. Ibu-ibu juripun berkeliling memeriksa, mencicipi dan melakukan penilaian hasil kerja kami. Walaupun komandan dan tak mengharap menang, tetaaaaaaap saja tegang melihat ibu-ibu lenggang-lenggok di depan nasi goreng kami. Para isteri peserta tak dibenarkan menjadi juri karena dikhawatirkan terjadi conflict of interest. Juri terdiri dari ibu-ibu anggota Perip dan Warakawuri Pom.

.

Nasi Goreng Jombang Bergoyang

Walau tak harap menang tetap ada sensasi tegang

.

Setelah penilaian selesai dan juri mengadakan rapat maka kamipun mulai beriseng ria dengan saling melihat dan mencicipi masakan peserta lainnya.

.

Nasi Goreng Jombang Bergoyang

Saling intip dan incip

.

Akhirnya Ibu Edy Pattinasarani selaku ketua dewan juri mengumumkan hasilnya. Sebagai juara pertama adalah nasi goreng karya Letkol Cpm Joko dwi Putranto (sekarang sudah pensiun) disusul pemenang kedua dan ketiga.

.

Nasi Goreng Jombang Bergoyang

Letkol Cpm Joko Dwi Putranto ~ Dandenpom Madiun ~sang Juara ( kaos biru)

.

Bagaimana nasib Nasi Goreng Jombang Bergoyang ? Pussss….keok, bho.

Tapi tunggu dulu, selanjutnya Ibu Edy mengumumkan : ” Daaaaaaan…sebagai peserta Berpenampilan Terbaik adalaaaaaah…Bapak Kolonel Cpm Abdul Cholik, M.Sc, Komandan Pomdam V Brawijaya…..”  

Tepuk tanganpun bergemuruh. Busyeeeeeet……saya lihat tampilan…..oooooo memang layak menyandang predikat itu lha wong memang kece wal keren. Apalagi pakai celemek merah full renda segala…wuih……

Selain itu selama melakukan aktivitas memasak saya selalu senyum, meja bersih dan sering memainkan pisau bak chef profesional sehingga mengundang gelak tawa pengunjung. halah..halah…halah….jumawa maneeh

.

Nasi Goreng Jombang Bergoyang

Ibu Edy dan para juri menyalami peserta

.

Nasi Goreng Jombang Bergoyang

Menang atau kalah yang penting hepi

.

Karena merasa penasaran maka dalam perjalanan pulang saya ngudoroso : ” Perasaan saya Nasi Goreng Jombang Bergoyang tampil tanpa cela, kok nggak menang ya ” . Ipung langsung nyamber dengan suara ngebazz : ” Dari komposisi warna dan tata letak  sih oke, tapi asyiiiiiiiiiin pwol..amit-amit deh “, kata Ipung ambil menoleh keluar menyembunyikan ekspresi wajahnya.  Waduh…inilah karma kemakan gengsi karena sehari sebelumnya Ipung sudah menawari untuk menatar saya masak nasi goreng tapi dengan jumawa saya menolaknya : ” Saya kan sudah pernah masak nasi goreng di Namibia dan sadaf  betul kok “

Satu lagi rahasia kekalahan Nasi Goreng Jombang Bergoyang : saya tak mencicipinya sebelum digelar di meja lomba. Bhhuaaa ha ha ha ha….

.

Tulisan ini diikutsertakan dalam “GiveAway Nyam Nyam Enny Mamito

 

51 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Ika Rahma says:

    nyam-nyam, seneng banget baca kata umyek Pak Dhe, sampun dangu mboten mireng umyek hahaha…

    Ha ha ha ha..bahasa khas…..lebih menggambarkan suasananya
    matur nuwun

  2. marsudiyanto says:

    Kalau nggak sedang puasa, nasgornya mau saya cicipi Dhe

    asyiiiin mas ha ha ha ha

  3. sun says:

    sepertinya pakde lbih piawai ttg dunia dapur daripada aku,, hoho….

    ha ha ha ha…kalau dilihat dari actionnya sih iya
    tapi hasilnya….au ach gelap

  4. ke2nai says:

    emang seberapa banyak garemnya pakdhe sm budhe bilang asinnya pooolll… hahha..

    dua sendok teh saja lho padahal..apa karena nasinya sedikit ya…atau kedledekan kringetku juga ha ha ha

  5. Adam says:

    yah, kenappa gak di cicipin dulu pakdhe ??
    kan asyik kalo bisa dapet juara menangin 2 kategori ..
    hehe

    ya itu dia salahku mas
    sok pede je

  6. Nchie Hanie says:

    Hhaaaa..pakde chef profesional siih..
    TApi kagak nahan Komandan pake celemek warna pink apa merah tuuh ada renda putihnya pula, ..
    Kagak ada yang lain napa Dhe..
    gak..gak..gak..kuat pengen ketawa mulu..

    beginilah jadinya, saya beli celemek asal sabet saja tanpa memperhatikan padu-padan ha ha ha ha
    cari celemek loreng gak ada je
    mungkin waktu ngasih predikat “Penampilan Terbaik” jurinya njuga ngempet say….main sabun tuh…

    • Nchie Hanie says:

      Lupa menyapa,..
      kesiangan nihh..bablas tiduur..
      Met pagi PAkde..
      MEt Wiken yaa..

      Met pagi sayank
      met malam panjang juga

  7. evi says:

    Hahaha..Pakde..sukses membuat saya tertawa ngakak seorang diri pagi ini…
    Kualat sama Bude Ipung, akhirnya nasi goreng berpenampilan cantik cuma menang dari penampilan doang ya, gak dari segi rasa..Tapi lumayan ya Pakde, untuk menghibur diri karena sudah tampil all out begitu…

    Dapat hadiah tas kalau gak salah waktu itu

  8. niken says:

    Sama kayak Nchie… geli liat pakde pakai celemek yang jauh dari macho gitu… hahaha…
    Tapi kalau soal penampilan, bukan cuma nasi gorengnya aja yang cakep kok De… orangnya jugaaa…. ciiieeee…. *mandi sabuuuunn…

    kalau itu sih semua sudah tahu jeng

  9. chocoVanilla says:

    Whuahahahaha….. baru kali ini melihat penampilan Pakdee yang gagah jelitaaa :lol:

    Tapi sekali-sekali para bapak memang hrus dikerjain suruh masak :P

    senaaaaaaaaang…tega banget sih jeng

  10. chocoVanilla says:

    Hmmmffffttt… kembali memandangi apron Pakdee dan kembali tertawa. Maaf, Pakdee….qiqiqiqiqiqi….

    puasss..puasss…puaaaaaas

  11. suwito says:

    yo’opo ndan…. wong tampilane apik kok jebul rasane …asin.. rekk… wkwkwk…
    # piss…

    garam dua sendok aja kok ya asin ya

  12. Penampilan keren bukan berati rasanya enak ya Dhe :).

    betul say..harus enak dan keren

  13. indri rusli says:

    whahahaha…asli yang jadi pusat perhatian dari awal bukan masakannya, tapi celemek nya…gaakkk nnahaaaannn…xixixixi

    puas..puas..puaaaaaaaaaaaaaas…..
    (niru Tukul..)

  14. nique says:

    hahaha saya ya tadi penasaran … kok bisa gak menang???
    padahal penampilan udah paling pwoll
    eh gak taunya asyin tah hahaha
    kualat ma budhe itu Dhe xixixi
    coba mau ditatar dulu, jawara deh pastinya

    lha kan saya sudah pengalaman mbuat nasgor dengan 6 butir telur say..perasaan saya sih gampang2 saja….
    yg justeru sulit kan dekorasi dan asesorinya

  15. prih says:

    Selamat pagi Pak Lik,
    Gambaran seru dari suasana lomba. Menyerap pembelajaran (1) persiapan dengan teliti, (2) tampil dengan pasti, (3) penampilan diri jadi nilai plus, hehe kepleset di checking akhir dulit cicip.
    Selamat bersantai di hari Sabtu.

    sugeng enjang jeng
    Iya, menyalahi pakem ” di persiapkan dengan baik, dilaksanakan dengan baik dan di cek dengan baik ”
    Yang terakhir tak dilaksanakan…

  16. LJ says:

    gpp Dhe, yang penting tampilan nomer satuuu.. qiqiqii.. masak nasi goreng kok gak dicicipin.. kualat sama Budhe tuuuhhhhh..

    nasi goreng jombang bergoyang ini masih sealiran dengan bagoyang basamo di baralek gadang.. wkwkkk.. pakde memang ahlinya.. kreatif..!!!

    konsentrasi ke menghias tampilan je ha ha ha nha

  17. Bener kata teh Nchie Hanie, komandane gagah prakoso, gede dhuwur koyo werkudoro..
    tapi celemeknya kok warna pink… wahahahaha..
    gak matching blass Dhe…

    Itu artinya Bhirawa Anoraga-Perkasa tetapi rendah hati ..( nggak mau kalah…)

  18. andre says:

    ternyata pak dhe pinter masak juga ya…. mantap tu, resep sama bumbu nya di kasi tau donk biar bisa ditiru di rumah.

    ya pokoke semua bumbu diulek lalu di udhek karo nasi gitu aja mas
    simple but verkedel

  19. Idah Ceris says:

    Yang memilih celemek merah jambu itu siapa dhe?
    Tambah cute bhooooooo. . . :D

    Coba kalau di trainer sama budhe dulu, pasti sadaaaaaaaaf deh nasi gorengnya. :)

    ya saya sendiri donk makanya asyyyyyoi

  20. Mr. Andry says:

    Calista (calon istri tercinta) saya orang Jombang juga pakde….

    Jombang Lor,Kidul,Kulon atau Wetan mas ??

    • Mr. Andry says:

      jombange sengon pakde…jombang kota huahahaha…

      iya, itu dulu route sekolah saya
      sepupu saya juga di Sengon

  21. jarwadi says:

    anu pakdhe, masakan asin cocok buat yang belum kenyang makan garam, kalau yg sudah banyak kenyang makan garam ngga dweeeh, hehe

    betul mas-makanya saya sudah gak suka asin lagi

  22. Dadan says:

    Pakdhe kelihatan anggun dengan celemek pinknya….hehehehe

    itu yang menjadikan penampilan terbaik versi WBC mas ha ha ha ha

  23. nasi goyeng jombangnya terlalu asyik bergoyang sehingga keringatan jadi ke asinan..ha ha ha…apapun yang terjadi..berpartisipasi dalam acara tersebut adalah sukses tersendiri…., salam sukses ya pak untuk lomba GA-nya…semoga menjadi pemenang…salam hangat dari Makassar :)

    Iya mas- nggoreng bersama anak buah kan asyik. Salam

  24. advertiyha says:

    ckckckc,,, nasi goreng kece wal keren kok asyiinnnn,, malu rek,, hahha,,, untung masaknya sambil senyum ya dhe, jadi ada rasa manisnya dikit2, hihi,,

    kirim jombang bergoyang dong dhe,,
    enak nih buat buka puasan.hehhe..

    salam sayang merah jambu dhe
    kiss..kiss…

    selama puasa ini saya belum makan nasi goreng blas je
    takut haussss

  25. whiz says:

    membaca dari awal, saya pikir lomba masaknya akan dimenangkan Pak Dhe, Ternyata?..
    Nasi sudah menjadi Nasi goreng (bukan bubur).
    Machooo Chiiien yuk…

    gak menang asal kondang ha ha ha ha

  26. munir ardi says:

    Wah bisa jadi NEw Branding PAkdhe Nasi Goreng Jombang Bergoyang pasti rame Puol kalau buka Rumah Makan

    kalau buka rumah makan bisa habis tak emplok sendiri

  27. wahahahaha…ups *tutup mulut
    celemeknya gak nahaaaan
    kalo buat sepiring nasi goreng, garamnya paling sepertiga sendok teh Dhe
    kalah cepat nih sama pakdhe mau nyeritain nasgor kesukaan suami :)

    tak kasih 2 st je..pantes meledak asinnya

  28. ha ha ha,.. ya sudah Pakde.. walau kalah nasinya, tampilannya kan tetap OKe.. he h

    iya ya..yg penting oke

  29. Mami Zidane says:

    selamat siang pakdhe…

    celemeknya cantik sekali pakdhe…..hehe

    ngenyeeeeeeeeeeeeeeeek…benziiii aku

  30. arif says:

    wah sudah sekitar 15 tahun lalu ya pakdhe, lbih dulu daripada lomba masterchef indonesia di rcti hehehe

    iyaaa mas wong sy dah pensiun

  31. Lidya says:

    master chef Abdul Cholik keren, walau nasi gorengnya tidak dicicipi tetap maknyus kan dhe rasanya

    maknyussss…trus nggeblak

  32. Wong Cilik says:

    Yang penting penampilannya … setuju kan pk Dhe … :D

    setuju mas

  33. yayats38 says:

    Sayang belum kenal saya ya Pak saat itu, andai sudah pasti saya support resepnya dan akan menang ha ha ha …

    bukan asin malah pahit kaleeee

  34. kakaakin says:

    Hehehe… Celemeknya memang cantik banget.
    Menang gak menang yang penting udah gayaaa :)

    semua gara2 si poni yang mengangkat celemekku
    awas kalau ketemu

  35. didah says:

    waduh bpak, jadi ngiler neh kpengen nyobain nasi goreng jomlangnya.
    salam kenal buat semuanya

    Coba deh…dijamin nggeblak nduk

  36. applausr says:

    hahahahah kalah karena asin…. keren tuh celemek merahnya….. mau dong pak dhe saya dikirimi nasi gorengnya….

    sampayen ikut lihat2 celemek juga ya…benziiiii aq
    Haniiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii..!!!

  37. Boll says:

    wah, pakdhe nyebut alamat rumah asli saya (jombang)

    tapi sebagai warga jombang, saya belum pernah mendengar nama nasi goreng jombang bergoyang pakdhe, tapi kalo trio macan jombang bergoyang, sudah sering pak dhe :D

    jangan mempitnah, itu rumah saya

  38. Blogger Java says:

    Meskipun Nasi Goreng Jombang Bergoyang kalah, yang penting hepi, ya Dhe. hehehe…..

    betuuul..hepi2 saja

  39. hihi..masaknya heboh ya dhe..seruu..
    sdh terdaftar dhe..
    maturnuwun :))

    yang penting partisipasi ya jeng
    soal celemek renda lupakan ha ha ha ha

  40. nh18 says:

    Apalagi pakai celemek merah full renda segala…wuih……

    Uuuhhh pasti manis bener inih …

    hahahaha’

    salam saya Pak De

    Provokatornya si poni nich jadi semua mata menyorot ke renda putih ha ha ha ha

  41. Binta says:

    Hihi malu2in jombang sdh dijadikan lebel nasgor asyin wkwkw

    ha ha ha ha…harap maklum say

  42. Shabrina Ws says:

    Wehehehe…saya bacanya sampai deg-degan. ternyataa…endingnya takterduga :)

    mau bilang asyiiiin gak tega ya nduk ? ha ha ha ha

  43. Dani says:

    ” Satu lagi rahasia kekalahan Nasi Goreng Jombang Bergoyang : saya tak mencicipinya sebelum digelar di meja lomba. Bhhuaaa ha ha ha ha….”.

    Kocak banget Pak Dhe. Alhamdulillaah masih menang kategori yang lain ya Dhe. :)

    saya sok pede aje ya mas

  44. hahaha
    ngakak ane bacanya

    jos mas…ngakak bikin sehat