Orang Yang Berbuat Baik Lebih Banyak

Orang yang berbuat baik lebih banyak daripada mereka yang berbuat jahat.

Saya meyakini hal itu walaupun belum pernah melakukan survey.

Setiap pagi, orang yang mengucapkan salam tentu lebih banyak daripada orang yang mengumpat atau memaki-maki.

Situs atau blog yang baik lebih banyak daripada situs atau blog yang berisi artikel/gambar yang tidak baik.

Pelajar dan mahasiswa yang baik lebih banyak daripada pelajar/mahasiswa yang tidak baik.

Pegawai, buruh,karyawan,bos,pemimpin yang baik lebih banyak daripada mereka yang buruk.

Buku yang baik tentu lebih banyak daripada buku yang tidak baik.

Orang yang menginginkan perdamaian lebih banyak daripada mereka yang mengajak perang.

 

Agar kondisi itu tetap terjaga maka marilah kita senantiasa berupaya untuk berbuat baik mulai sekarang.

 .

Orang Yang Berbuat Baik Lebih banyak

QS.Al-Isra’ 7

 

In ahsantum ahsantum li-anfusikum wa-in asa’tum falahaa

If you do good, you will do good for your own souls, and if you do evil, it shall be for them

Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri

.

Artikel ini utamanya sebagai peringatan bagi saya sendirri

 

44 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. arman says:

    iya bener banget pakde…

    kalo sampe yang berbuat jahat lebih banyak dari yang berbuat baik, udah kiamat kayaknya…

    Kitapun mikir-mikir mau ke LA atau DC ya mas

    • aryadevi says:

      secara normatif dan konteks keseharian yang datar yaaa memang banyak yg baik pak…tapi baik tidaknya orang bisa dilihat dalam kondisi dadakan/darurat…dan dilihat dari perilaku,ucapan ….banyak pengaburan nilai-niai etika secara sosial dan agama…sering hanya lips service..basa basi ……tidak ada kesungguhan-tulus…

      secara kasat mata ya tetap banyak yg baik

  2. Aamiin.
    Postingan yang saya suka sebagai pembuka hari :)

    Terima kasih Delyn

  3. Nchie Hanie says:

    PAgi PAkde..
    Selamat hari Jumat..
    Betuul banget PAkde
    Yuk ahh kita berbuat baik aja deh..

    Pagi jeng
    Yuk ach..diluar sana sudah banyak yang sedang bercaci maki dan pukul-pukulan
    lebih baik kita saling tersenyum dan mendoakan

  4. LJ says:

    semoga kita menjadi bagian yang baik itu ya deh.. dan berusaha menjadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin, aamiin..

    Amin, sependapat say
    Menjadikan hari ini lebih baik itu juga tak sukar kok ya

  5. lidya says:

    pagi pakde, semoga awal pagi yg baik bisa menjalani hari ini dgn baik juga

    Pagi jeng
    Kalau ngantar anak sekolah lalu ada penyeberang jalan mendadak dan mengejutkan jeng, ya ucapkan “Astaghfirullah”, jangan dimaki ya

    • Lidya says:

      siap pakde :) lagi sarapan bubur ayam nih dhe, biasa deh kalo mamanya sarapan paling akhir

      kalau anak-anak sarapan nggak habis dimasukkan kulkas ya jeng ??

  6. Assalamu’alaikum… Awali sapaan dengan do’a. Hakikatnya kita diciptakan untuk menjadi orang yang baik ya Pak Dhe…
    :D

    Waalaikum salam wr wb.
    Benar mas, banyak faktor yang menyebabkan orang lalu menjadi kurang baik

  7. Dani says:

    setuju Pak Dhe. Mari sebarkan kebaikan :)

    mari mas

  8. 1stoplrc says:

    aih pakde..benar sekali..dimana2 kata cinta lbh bnyk terucap/terketik drpada kata benci.. Uhm,ngmg2 ttg cinta sy mau bertanya serius sm pakde..berapa kali sehari sih pakde bilang ‘i love u’ kepada budhe…? Ayyoo donk pakde..ajari kami resepnya menjadi pasangan yg slalu berbahagia..

    Saya tak pernah mengucapkan kata itu say.
    Saya tak mau omdo,dan tak mengumbar janji tetapi bukti
    Kalau isteri tanya ” Telurnya mau diapakan nich ?”, malah saya menjawab : ” taruh aja di keranjang situ nanti saya erami “, isteri tertawa ngakak.
    Itulah gaya kami, membuat cuaca sejuk 2 saja.
    Kalau Ipung memproklamirkan kebingungan mau masak apa, saya juga enteng saja menjawab : ” Ah, saya sih asal ada nasi panas, sambel tomat dan telur rebus lalu dipenyet di sambel itu dah cukup “. Dan itu faktual, telur penyet memang saya suka.

    • ririe says:

      Telurnya di ceplok terus di penyet dengan sambel lombak mau uyah saja …mantabs tuh Pakdhe

      iya, aku suko telur mateng, bkan ceplok

  9. kekenaima says:

    setuju.. peringatan bg sy juga :)

    gak punya dissenting opinion say ?

  10. niken says:

    Assalamu’alaikum pakde…
    Selamat pagi…

    Mari kita tebarkan aura kebaikan disekitar kita.
    Bicara baik, bersikap baik, memberitakan hal yang baik, agar harapan yang ada bisa terwujud menjadi kenyataan.

    Waalaikum salam jeng Niken
    Sugeng enjing
    Mari…
    Jika ada konsumen yang bilang ” Ini nasi goreng kok asin banget, yang jualan minta kawin yaaaa?”
    Jawablah dengan senyum, lalu katakan : ” Oh..maaf rupanya panjenengan kurang suka asin ya, mari saya ganti ”
    Dengan cara itu Insya Allah pelanggan akan berubah menjadi manis, semanis senyummu.

    • niken says:

      Saya beberapa kali diprotes begitu pakde, dan saya selalu menggantinya dengan masakan yg baru. Begitu juga dengan delivery. Kalau ada komplain selalu saya ganti baru. Pernah… tapi tidak jadi kebiasaan salah kok.

      Begitulah pebisnis sejati selalu ingin menampilkan yang terbaik untuk konsumen.
      Lebih baik kehilangan sedikit koin 25an daripada kehilangan pelanggan (ini paribasan lho..)

  11. Junaedi says:

    Blogger baik jg banyak kok Pakdhe, salah satu ciri blogger baik, mau safari sana-sini, mau wira-wiri untuk kopdaran dan silahturahim, kayak pakdhe ini :)

    Terima kasih atas wira-wirinya
    Kapan panjenengan wira-wiri ke Galaxi dan kopdar dengan kami mas?

  12. Saya juga yakin akan hal itu Pakde
    salam semangat :)

    bagus tuh kang
    sama2 yakin ku teguh

  13. damae says:

    setuju pakdhe, meski terkadang banyak orang yang tidak menyadari kebaikan itu

    masih banyak yang sadar kok say

  14. Monda says:

    Selamat hari Jumat pak de
    mari kita positive thinking masih banyak orang Indonesia yang baik biarpun di berita negatif melulu

    alhamulillah, terima kasih banyak pak de , pagi ini di meja saya sudah ada paket buku Muhammad Pengeja Hujan, kebaikan hati pak de semoga jadi contoh buat kita

    Amiin
    Semoga bermanfaat jeng
    Selamat hari Jum’at

  15. Monda says:

    Selamat hari Jumat pak de
    mari kita positive thinking masih banyak orang Indonesia yang baik biarpun di berita negatif melulu

    alhamdulillah, terima kasih banyak pak de , pagi ini di meja saya sudah ada paket buku Muhammad Pengeja Hujan, kebaikan hati pak de semoga jadi contoh buat kita

    halah pakai dilang segala
    kangen dan pengin nyabut gigiku ya say

  16. Niar Ningrum says:

    Selamat pagi pakdhe ganteng pake brengos :D

    Sebagai pengingat buat niar juga ini dhe, berbuat baik itu gag rugi yaa dhe :D

    Selamat hari jumat :D

    Iya nduk, jangan ikut2an ngrobohkan pager tetangga atau kampus segala
    gak apik
    Selamat hari Jum’at

  17. kakaakin says:

    Memulai pagi Jum’at dengan tersenyum… Insya Allah bisa membahagiakan orang sekitar :)

    Kalau ada pasien yang mengeluh sakit perut kasih nasihat yang baik dan rawatlah
    jangan sekali-kali bilang ” kalau makan enak aja gak ingat pukismas..kalau sakit perut baruuuuuuuuuuuu kemariiiiiiiiiiiiiiiii”
    Wah..bisa pingsan tuh pasien

  18. isti says:

    selamat pagi Pakde..semoga di pagi Jumat ini saya kita terus menyebar kebaikan…

    Amin
    selamat hari Jum’at

  19. fitri3boys says:

    iya Pakde, setuju ..masih banyakan yang baik kok pakde

    Itu yang membuat hati saya lega nak..
    Itu yang juga membuat saya mantap melangkah

    (sok arif)

  20. Sofyan says:

    Pagi Dhe , ,
    Jum’at mubarrok :)

    Selama masih banyak orang baik dan masih banyak yang berbuat baik, maka bisa dipastikan kiamat masih jauh, meskipun banyak yang mengira jamane wes akhir,

    Semoga saya dan kita semua bisa selalu berbuat baik kepada sesamanya AMIN

    Matur nuwun atas pencerahannya Dhe

    Amin, begitu seharusnya, berbuat baik lebih mudah daripada berbuat jahat

  21. sultan says:

    berkunjung disini pakde…

    selamat datang dan terima kasih Sultan

  22. benar sekali pa dhe,,walaupun kejahatan banyak kabaikan masih lebih banyak dari itu….

    iya, lihat sj dlm limgkungan klg kan banyak yg baik

  23. ririe says:

    Saya juga yakin banget, kalau orang yg berbuat baik lbh banyak daripada yg berbuat tdk baik. Hnaya saja karena diberitakan jd terkesan kuk kejahatan dan kejahatan mulu ya? Pdhl yg lbh baik jauh lbh buanyakkkkk

    diberitakan agar khalayak waspada

  24. Iya Dhe, apa yang kita perbuat itu nanti akan berbuah pada diri kita sendiri.

    hukum alam kok

  25. jay boana says:

    sepertinya ini menjadi kultum di mimbar jumat nanti yah pakdhe :D

    bukan nanti, sekarang gini kok

  26. Blogger Java says:

    Setuju dengan Pakde.
    Selamat hari Jumat.
    Selamat hari Jumat.

  27. Ini hampir sama dengan ‘apa yang kau tabur, itu yang kau tuai’
    Iya to Dhe?
    Met jumatan yo Dhe :)

    leres jeng, nabur perkoro yo mlebu kunjoro

  28. cumakatakata says:

    Subahanalloh…..
    Saya setuju De…..

    Selamt hari jumat yang berkah De….
    Semoga kebaikan2 terlimpah pada kita semua….

    amin, makaten nggih mas

  29. Wong Cilik says:

    Terima kasih pk Dhe.
    Artikelnya bisa mengingatkan saya juga …
    Semoga pk Dhe dan keluarga sehat serta bahagia selalu …

    amiin, matur nuwun mas

  30. Mechta says:

    Sugeng siang, Pakdhe…. Semoga banyaknya org yg berbuat baik makin menginspirasi kita untuk berbuat baik juga ya Dhe.. :)

    iya jeng, agar ayem

  31. Asep Haryono says:

    Tentu saja percaya hasil survey itu. Orang yang berbuat baik jauh lebih banyak dari orang yang berbuat jahat. Ini seperti perlombaan. Bagi saya berlomba dengan mereka yang banyak berbuat kebaikan (berlomba lomba dalam kebaikan) lebih OKE rasanya daripada berlomba sama mereka yang berbuat tidak baik. Ini pendapat saya

    iya mas, mendingan jd manusia baik

  32. Toh bukan untuk siapa-siapa ya, Pakde, untuk diri sendiri. Maka, mari kita senang berbuat baik. Matur nuwun sanget pencerahannya Pakde…

    kalau kita baik kan ngggak ada beban

  33. Tina Latief says:

    betul pak, tapi ketika saya sedang butuh boncengan ke kampus kok jarang ya yang berbuat baik boncengin saya ke kampus :D
    yang berbuat baik dengan memboncengkan saya justru sedikit

    Mungkin mereka minder nduk
    Mau mboncengun kok belum mandi…

  34. saidah says:

    Setuju pakdhe…saya juga masih yakin masih lebih banyak org yg berbuat baik drpd yg jahat, utk itu mari dimulai dr diri kita sendiri, thanks ya dhe udah ngingetin :)
    Salam dr banjarmasin

    iya, gak usah iku
    t ngrusaK2

  35. yuniarinukti says:

    Semoga yang jahat-jahat segera menjadi baik dan semoga yang jelek-jelek tidak segera lari ke salon untuk merubah dirinya menjadi cantik/ganteng. NIkmati saja apa yang sudah dikasih.. :)

    semoga demikian adanya

  36. roel says:

    insya’allah…
    mari berbuat baik

    mari kita berbuat baik krn lbh nyaman

  37. marsudiyanto says:

    Semoga saya tergolong yang banyak itu Dhe…
    Maksudnya, tergolong orang yg baik :D

    Amiin, semoga saya juga mas
    isin kalau ikut2an berbuat jahat ha ha ha ha..masuk penjara dunia dan akhirat kan gak enak blas

  38. JNYnita says:

    Ciyeeeee, positif tenan PakDe…

    iya say