BBM: Bulan (penuh) Barokah Dan Maghfiroh

Marhaban Ya Ramadhan.

Itulah kalimat yang segera berkumandang dalam menyambut BBM, bulan penuh barokah dan maghfir0h. Beberapa kalangan mengatakan bahwa puasa adalah ibadah yang tersamar. Hanya Allah Swt dan orang yang menjalankan puasa itu yang mengetahui. Ada orang yang tahan dan sabar tidak makan dan minum selama berpuasa. Namun sayangnya dari mulutnya berhamburan gosip,gibah, caci maki dan kata kotor. Orang seperti inilah yang berpuasa tetapi tak mendapat apa-apa kecuali haus dan dahaga belaka.

Dalil yang berhubungan dengan puasa Ramadhan cukup banyak. Berikut beberapa dalil yang perlu diketahui yang bersumber pada Al-Qur’an dan As-Sunnah.

1. Firman Allah Swt.

.


Dalil Yang Berhubungan Dengan Puasa Ramadhan

QS. Al-Baqarah 183

.

yaa ayyuhaa alladziina aamanuu kutiba ‘alaykumu alshshiyaamu kamaa kutiba ‘alaa alladziina min qablikum la’allakum tattaquuna

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan bagi kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan bagi orang-orang sebelummu, agar kamu bertakwa.

.

Dalil Yang Berhubungan dengan Puasa Ramadhan

QS Al-Baqarah 184

.

ayyaaman ma’duudaatin faman kaana minkum mariidhan aw ‘alaa safarin fa’iddatun min ayyaamin ukhara wa’alaa alladziina yuthiiquunahu fidyatun tha’aamu miskiinin faman tathawwa’a khayran fahuwa khayrun lahu wa-an tashuumuu khayrun lakum in kuntum ta’lamuuna

(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui (QS. Al-Baqarah 184)

.

2. Hadits Rasulullah Saw


Abu Hurairah r.a mengatakan, Muhammad Rasulullah Saw bersabda : ” Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan keridhaan Allah nisacaya diampuni dosanya yang telah lalu ” (HR. Bukhari dan Muslim).

.

Abu Hurairah r.a mengemukakan, Muhammad Rasulullah saw bersabda : ” Puasa itu perisai. Apabila salah seorang di antara kalian berpuasa, hendaklah ia tidak berkata keji dan tidak bertindak bodoh. Jika ada seseorang memerangi atau mengumpatnya, hendaklah ia katakan : ” Sesungguhnya aku sedang berpuasa. Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu di sisi Allah lebih harum daripada bau kasturi.  Allah Swt berfirman : ” Orang yang berpuasa meninggalkan makanan dan minuman untuk diri-Ku (Allah). Jadi puasa itu untuk diri-Ku dan Aku (Allah) sendiri yang akan memberikan pahalanya. Kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya ” (HR. Bukhori)

.

Abu Umamah r.a menceriterakan, ia pernah mendatangi Muhammad Rasulullah saw dan bertanya : ” Perintahkan kepadaku suatu amalan yang dapat memasukkan aku ke surga “.

” Hendaklah engkau berpuasa, karena puasa itu merupakan amalan yang tiada tandingannya ” (HR. Achmad, Nasa’i, dan Hakim)

.

Dalil Yang Berhubungan dengan Puasa Ramadhan
.


Dalil yang Berhubungan Dengan Puasa Ramadhan.

Dalil Yang Berhubungan Dengan Puasa Ramadhan

.

Dali Sehubungan Dengan Puasa Ramadhan.

Dalil Sehubungan dengan Puasa Ramadhan

.

Dalil yang berhubungan dengan puasa Ramadhan harus difahami agar puasa kita lebih berkualitas.

Marhaban Ya Ramadhan. Mohon maaf atas segala kesalahan dan kehilafan.

 

20 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Lidya says:

    Pakde kreatif membuat singkatan. Semoga dibulan penuh berkah bisa meningkatkan ibadah

    amin, persiapkan menal dan fisik

  2. Assalamu’alaikum
    Selamat pagi pakde.

    Bener kata mbak Lidya, pakde kreatif buat singkatan. Jadi berasa di SPBU (Sikap dan Perbuatan Baik Utamakan).

    Oh ya, saya ada rencana untuk off facebook di Ramadhan ini. Ingin lebih fokus pada Ramadhan. Insya Allah tetap menulis, dan menyempatkan ikut kontes 63 pakde dulu.

    Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, semoga membawa keberkahan.

    Waalaikum salam wr wb
    Sugeng dalu diajeng
    Joss..SPBU bisa ditambahkan tuh jeng
    Amin, sama2 jeng

  3. M. Syafi'i says:

    Bulan sangat berkah…

    Pakde bisa aja buat kepanjangan…

    Sugeng enjang De.

    sugeng dalu mas
    biasa

  4. cahya says:

    Mohon maaf lahir batin juga.

    sami2
    0-0

  5. nick says:

    mohon maaf juga pakde apabila selama ini ada komentar menyinggung hati.. Puasa masa silam menahan haus lapar nafsu.. Sekarang tambah menahan agar tidak rokok.. bagi non smoker ramadhan ini tambah menyenangkan saja.

    sama2 mas
    seharusnya demikian ya

  6. harisspirit says:

    Itu istilah2nya lho Pakde, BBM Banget
    #rinduramadhan :)

    he he he he..
    pas situasinya ya kang

  7. Waahhh.. pakde kratif bisa bikin singkatan seperti itu..
    Semoga senantiasa dipertemukan dengan Ramadhan :)

    Amiin
    Mari bersiap

  8. aryadevi says:

    iya pakde bulan depan memang bulan yang penuh berkah dan maghfiroh…Bulan setelah sya’ban..yakni Ramadhan.

    Semoga kita semua, para pengunjung, penggemar, penggembira BogCamp dapat mendapatkan manfaatnya, keuntungan dan tidak menyia-nyiakan kesempatan.

    Siapa yang tahu tentang umur, selagi ada hidup di badan…..semoga kita selalu dapat kekuatan dan hidayah dari Tuhan Rabbul Izzati seru sekalian alam…..Allahuakbar.

    Amiin
    Iya mas, saat yang tepat untuk menggembleng diri kita untuk menjadi manusia yang makin berkualitas

  9. Doni says:

    semoga kita bisa memanfaatkan bulan penuh berkah ini dengan maksimal ya pak dhe :)

    amiin
    demikian harapan kita semua mas

  10. Abed Nego says:

    Mudahan bulan puasa kali ini penuh keberkahan dan kesehatan.Amin

    amiin, doa dan harapan kita semua mas

  11. Fitri3boys says:

    Mampir Pakde, Jumat depan sudah Puasa Ramadhan…SMoga bs bertemu lagi dengan bulan ramadhan , Amin.

    Amin
    Mari kita persiapkan mental dan fisik jeng

  12. cputriarty says:

    Wuuiih idenya keren selalu…mhn maaf lir n batin jugaya :)

    sami2 jeng

  13. hp yitno says:

    wah pakde bisa aja memadukan unsur-unsur bahan bakar menjadi pesan yang bermakna. Kok bisa pas ya. Itu nyari inspirasinya berapa hari pakde?

    Semoga memenangkan dalam puasa ramadhan pakde.

    Njih mas, masuk kampus candradimuka selama sebulan

  14. selamat berpuasa pakdhe,,,:)
    top markotop singakatannya…

    sama2 ya jeng

  15. Imamboll says:

    pakdhe memang top markotop, bahan bakar bisa jadi singkatan kayak gitu, nyari wangsitnya dimana dhe? hehehe

    sudah lama nich singkatan itu saya pakai

  16. Mari kita manfaatkan untuk berbuat yang positif di Bulan yang Suci ini. Salam pakde! :)

    Agar kualitas pribadi meningkat

  17. Larasati says:

    kreatif juga singkatan2 nya pakdhe….ku share di twitter yah pakdhe, makasih…selamat menyambut bulan puasa…maaf lahir bathin, siapkan diri sehat jasmani dan rohani. Amin…

    amin, monggo

  18. merdeka says:

    selamat datang Ramadhan
    Mohon maaf lahir dan batin

    sami2 mas

  19. imam says:

    rajin banget pak D ini, tersenyum dengan kalimat:
    Ramadhan = BBM (Bulan Penuh Barokah & Maghfiroh)
    Premium = Prei Makan dan Minum
    Pertamax = Perangi Tabiat Maksiat
    Solar = Sholat lebih Rajin
    Minyak Tanah = Meningkatkan iman Banyak tahan Nafsu dan Amarah

    Diotak-atik dan dicocokkan ya mas

  20. Semoga Ramadhan kali ini lebih jos ibadahnya, dipolke pokoke :)
    Maaf lahir batin ya Dhe :)

    Amin
    Sama2 ya jeng