Profil

 

BISMILAH

*

 

Waktu kecil anak emak ini takut bermain kasti dan juga  takut sama penari wanita yang matanya mblalak.

Lha kok bisa jadi Jenderal ya ?

 .

ProfilAbdul Cholik dilahirkan di sebuah desa bernama Sumberagung, masuk kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang,Jawa Timur. Terhitung sebagai anak tunggal karena mbakyunya meninggal dunia pada usia 2 tahun sebelum sang adik sempat melihatnya. Tak heran jika anak lanang semata wayang ini sangat disayang dan sekaligus diproteksi ketat oleh emak.

Masa kecilnya dihabiskan di kampung halamannya sampai lulus SMP. Ia pindah ke Surabaya, masuk STM jurusan mesin. Setelah itu dimulailah kegiatan hijrah dari satu kota ke kota yang lain untuk mengikuti pendidikan dan menunaikan tugasnya sebagai abdi negara.

 .

Menjadi orang gagah

ProfilMama’s boy ini tak mempunyai cita-cita yang spesifik. Dia hanya ingin menjadi “orang gagah” Untuk mewujudkan impiannya tersebut maka penggemar nasi goreng ini mendaftarkan diri menjadi taruna Akabri Darat pada tahun 1971.Setelah menjalani pendidikan selama 4 tahun maka pada tahun 1974 dilantik menjadi perwira oleh Presiden Soeharto dengan pangkat letnan dua.

Abdul Cholik memang berhasil menjadi orang gagah. Bukan hanya sekedar tampilan dan pakaian seragamnya tetapi juga pernah menduduki berbagai jabatan dan mengikuti pendidikan di dalam maupun luar negeri.

Beberapa negara dari 5 benua telah dikunjunginya mulai tahun 1983 ketika mengikuti pendidikan di USA dan diakhiri di Saudi Arabia ketika menunaikan ibadah haji. Tentu masih ada keinginan lagi untuk suatu saat traveling ke macanegara dan kembali ke tanah suci.Profil

Setelah pensiun dari dinas militer dengan pangkat Brigadir Jenderal TNI pada tahun 2006, anak pasangan Ibu Surati dan Bapak Suwadi ini memanfaatkan waktu senggangnya dengan menulis. Lebih dari 10 blog berbahasa Indonesia dan Inggris kini dikelolanya.

“Dengan ngeblog hidup saya menjadi semakin berwarna-warni,” begitu jawab perwira yang pernah bertugas sebagai anggota pasukan pemeliharaan perdamaian PBB di Namibia ini setiap ditanya para sahabatnya.

.

Mudah Terangsang

Pakde Cholik, demikian pemilik blog ini disapa para sahabatnya, mengaku mudah terangsang untuk membuat blog baru. Tak heran jika teman-temannya menyebutnya sebagai peternak blog. Tapi diapun tak segan-segan menonaktifkan blog jika dinilai kurang produktif dan menggantinya dengan blog baru bertopik yang lain lagi.

Laki-laki berusia 63 ini tampaknya juga sedang terangsang untuk mengabadikan ide-idenya menjadi buku.

Dalam tahun 2013 ini saja sudah 6 buku yang telah diterbitkan. Buku pertama berjudul Rahasia Menjadi Manusia Kaya Arti.Buku yang diterbitkan oleh LeutikaPrio ini  berisi kumpulan artikel motivasi dan pengembangan diri yang sangat bermanfaat.

Berdasarkan pengalamannya di dunia blogging maka pria berkumis ini menulis buku berjudul Blog Mini Penghasilan Maksimal yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Buku ini untuk membantu para blogger yang ingin menjadikan blognya sebagai alat menambah penghasilan.

Sebuah buku yang didedikasikan kepada para sahabatnya juga telah diterbitkan dengan judul BlogCamp: Blog of Leadership (LeutikaPrio) Buku ini merupakan himpunan tulisan Nh 18 dkk 48 blogger dalam rangka mangayubagyo Hari Berdiri BlogCamp yang ke-3 tahun 2012.

Dalam rangka mensyukuri bertambahnya umur, kakek yang gemar kopdar bersama blogger sahabatnya telah menerbitkan 3 buah buku sekaligus yang diberi label Trilogi Kebangkitan yaitu Puisi Enam Tiga, 63 Cermin, dan Dari 63 Menuju 1.

Buku yang baru saja terbit berjudul Indonesia Dari Balik Jendelaku berisi kumpulan artikel yang diterbitkan di blognya ketika mengikuti Tantangan 30 Hari ostop Ngeblog. Dalam tantangan ini blogDetik nya dinobatkan sebagai Blog Paling Menarik.

.

Profil

.

Kakek dengan beberapa cucu ini juga ikut nulis bareng sahabat-sahabatnya.

Ini dia buku antologi yang ada nama Abdul Cholik di dalamnya

.

.Buku antologi Harmoni dan Parenting

..

Buku Buka-bukaan ala Blogger Kondang(an).

Kontak

Anda dapat melakukan komunikasi dengannya melalui beberapa jalur

-www.facebook.com/pakdecholik

-twitter.com/pakdecholik

-Yahoo Messenger/pakdecholik

-email: decholik@gmail.com

===

.

Abdul CholikAbdul Cholik

Blogger

Penulis buku

1. Rahasia Menjadi Manusia Kaya Arti

2. Blog Mini Penghasilan Maksimal

3. Puisi Enam Tiga

4. 63 Cermin

5. Dari 63 Menjadi 1

6. Indonesia Dari Balik Jendelaku

253 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. [...] abdulcholik.com What life taught me -sharing notes- Profile [...]

  2. [...] abdulcholik.com What life taught me -sharing notes- Profile [...]

  3. TuSuda says:

    Hallo PakDe Cholik. Salam Kenal dari Kendari, Sultra. Profilnya PakDe menunjukkan telah matangnya pengalaman dalam pengabdian kepada negara. Semoga hoby nulis lewat blognya juga tambah matang dan sukses ya..Terimakasih telah berkenan Berbagi Kata Bersama TuSuda.

    Hallo juga , terima kasih atas apresiasinya. salam kenal dari Surabaya.

  4. Rist Lawliet says:

    Bagus blognya pak… hehe :mrgreen:

    Terima kasih atas apresiasinya

  5. Lamunadi says:

    Selamat Pak, sudah purnawira yaa …
    Bapak termasuk yg bermental tangguh …
    Kenapa? Karena banyak kasus di kantor sy, beberapa pejabat, begitu pensiun langsung kena stroke. Rupanya mereka terpukul sindrome power … (apa ya .. sy lupa .. :) )

    Salam. 8-)

    Post power syndrome mas.
    Yaaa tergantung kita mas, kalau sudah purnawira masih pengin yang enak2 terus ya ngrantes pikirannya. Dulu punya sopir, punya ajudan,punya spri,dll. Kalau sudah pensiun ya jangan mbayangin dulu2 lagi.
    Kebetulan saya wong ndeso mas, jadi kembali ke ndeso ya nggak masalah. NgeBlog aja enak, banyak teman kayak panjenengan segala.
    Suwun mas

  6. robi says:

    hmm.. baca profilenya bapak saja saya udah merinding (beneran)!?
    sayang 2 tahun lalu ketika saya daftar taruna tidak lolos, kata orang sih mang sulit kalo nggak ada yang bawa!? tapi saya yakin orang militer INA tidak sperti itu.. :)
    sekarang bapak di surabaya?? saya juga orang surabaya asli pak.. slaam kenal…

    masak sih mas, emangnya saya ngithik-ngithik kok mrinding segala. salam kenal balik mas

  7. dasir says:

    Assalamu’alaikum..aku kagum dengan pak dhe..meski purnawirawan tetap semangat ngeblog..semoga sukses dan berkah menyertai pak dhe sekeluarga…amin..
    Salam hangat dari Pekalongan..

    Waalaikum salam. Terima kasih atas apresiasi dan doanya mas. Semoga penjenengan sekeluarga juga senantiasa mendapat rahmad dan hidayat dari Allah swt.
    Ngeblog bisa membuat saya tersenyum selalu kok mas, santai.

  8. nadjeeb says:

    Ass………………..
    Old soldier never die,….salam kenal pa’ terus semangat
    Mensyukuri apa yang telah diberikan dan memberikan manfaat lebih banyak kepada sesama

    waalaikum salam

    terima kasih ya mas, salam kenal juga. Ngeblog biar banyak senyum mas.

  9. abeecdick says:

    salam kenal pak de, ikut mampir di blognya pak de, itung itu silaturahmi dan ngenalin diri dari saya http://juhayatpriatna.web.id :)

    Terima kasih mas Priatna, semoga jalinan silaturahmi kita semakin mantap ya.

  10. salam kenal ya pakde

    makasih ya mas Febri,salam kenal juga yaaa

  11. jangan lupa mengunjungi catatanharianfebri ya di http://catatanharianfebri.blogspot.com

    terima kasih mas atas kunjungannya. Insya Allah akan kunjung kesana.

  12. olvy says:

    hormaaaaaaaaat graaaaaak ^salam kenal n terimakasih atas kunjungannya ke tempat saya*

    Tegak grak ! Makasih atas kunjungannya, salam kenal juga yaaa

  13. sarihsb says:

    salam kenal pak,…bagus blognya dan cara menulisnya ya,…ketepatan blog kita related di networkedblog,…tapi blog saya masih jadul(html),…bapak aja yg senior udh begaya(wp),…pasangin dong pak banner saya,…(he…he…promosi nih)… saya nggak nyangka lho kalo TNI itu ternyata humoris juga (TNI juga manusia…)…dulu saya takut,…soalnya serem apalagi yg pake kumis,..hiiii….wass.wr.wb…

    silahkan mas kalao maau masang banner.
    yaaa, tampangnya saja sangar hatinya lembut merayu sukma kok mas

  14. abeecdick says:

    pak de, aku mau tukeran link, gimana ya? soalnya di halaman my friend gak ada buat ngasih komen tapi link pak de sudah saya taruh di Blog Biasa yang gak Biasa

    Beres mas, segera saya pasang link blog panjenengan di blogku. makasih mas

  15. enno says:

    salam kenal pakde, sukses terus ya :mrgreen:

    Makasih nduk, apa kabar. makasih dah mampir

  16. abeecdick says:

    ma kasih pakde atas backlinknya, urutan pertama lagi :)
    Top markotop deh.

    sama2 mas, kan urutan abjad. saya waktu STM juga kelas I M, wah kalo ada PR suruh kedepan duluan ha ha ha

  17. Aziz Hadi says:

    Assalamuallaikum,

    Salam Kenal dari Aziz Hadi, Bapak Cholik..

    mau tanya, Sekarang bapak berdomisili dimana?
    kalo di Surabaya, gabung donk dengan komunitas Blogger Surabaya di Tugupahlawan.com atau sering disebut dengan nama TPC.

    :D

    sSaya di Medokan Semampir Sukolilo mas, saya sudah masuk TPC atas undangan Gajah Pesing, cuma saya mau memperkenalkan diri kok nggak tahu caranya posting, nggak ada kolomnya je, jadi belum memproklamirkan diri ha..ha..ha, thanks mas

  18. santy says:

    assalamu’alaikum,

    salam kenal dari santy, bapak cholik….

    pak mau tanya, sekarang bapak sedang berada dimana???????
    kalo di madiun, boloeh ikut pa g’…………………

    saya di Surabaya nduk..lho ikut kemana, jalan2 ke Jakarta atau Amerika he..he..he

  19. sunflo says:

    assalamu’alaikum…pakdhe, sy bkunjung…, masyaAllah, sy sampe ga bisa komentar baca sejarah hidup pakdhe, hanya doa yg ingin sy ucapkan, semoga kesuksesan dan keberkahan selalu menyertai langkah hidup pakdhe sekeluarga… salam persaudaraan dari sunflower..^^

    waalaikum salam wr. wb, terima kasih atas compliment dan doanya, sebaliknya kami sekeluarga juga mendoakan semoga ananda juga senantiasa mendapat curahan rahmat,hidayat dan karunia dari Allah Swt.Amin. Salam takziom kepada seluruh keluarga juga ya

  20. samlekum pakde…
    salam kenal dari frezy prima ardi…pengen juga masuk Akabri..tapi ga lulus..huhu…
    mohon ijin pakde baca blog nya..
    boleh kan???hehe

    Waalikum salam wr.wb. mungkin bidangnya bukan disitu mas. salam kenal ya,silahkan baca,terima kasih mas

  21. bidan desa says:

    Kunjungan balh mbah kakung, salam hangat dari magelang

    Matur nuwun kunjungannya, jadi kepingin ke Magelang lagi bernostalgia deh.

  22. Badruz says:

    Membaca latar belakang dan sejarah Pakde, kayaknya di sibukkan dengan urusan kenegaraan.

    tapi, kok gaya menulis pakde seperti penulis. saya berpendapat, pakde setiap kali menulis memang benar-benar paham yang akan di tulis. jadi tidak memaksakan untuk di tulis sesuatu yang belum di pahami betul.

    tetap semangat pakde, luar biasa, yang muda-muda kadang masih banyak yang belumm menggunakan media seperti ini.
    alamat saya bisa di lihat di profil bagian atas pada blog saya.

    salam erat dari Kebumen Jateng.

    Iya mas itu dulu, sekarang sibuk ngurusi blog. Saya menulis yang ringan2 saja mas, nulis berat sudah 30 tahun lebih dah cukuplah. Ini kan media pergaulan jadi ya enak2 saja.
    Oke entar saya lihat di profile.
    Terima kasih

  23. sinopi says:

    Pakde…
    ijin pasang potonya yaaaa
    :D boleh kan..?

    dipasang dimana, garasi atau dapur ??

  24. Ly says:

    Assalaamu’alaykum , Pakde.
    Tau blog Njenengan dari Mbak Imelda tentang acara lomba masak (eh, bener kan?) hehehe,
    Kita tetanggan ya Pakde, saya dari Kota Petis.

    Salam kenal
    Ly

    Weewwww, banyak ikan,banyak sayuran disana kan, yoooo, ikutan gih biar ada wakil dari Jatim…malu nich Jatim belum muncul wanita pemberaninya. Ditunggu lho. Salam hangat dari Surabaya

  25. nadi says:

    Waaaaah, saya salut dengan Pak (Mbah) Cholik ini. Meski (nuwun sewu) sudah sepuh, tapi semangatnya luar biasa. Memang benar ya Mbah, kata Ndoro Kakung, menulis itu memang sebagai ikhtiar melawan lupa. Salam saking putu adoh ini Mbah. Matur Nuwun.

    Matur nuwun nak putu complimentnya, saya memang tua tetapi menarik lebih lama ha ha ha ..salam hangat dari Surabaya mas

  26. makngah lena says:

    Profil teladan buat generasi bangsa ini ..
    salam hangat dari bangka

    waduuuh, jadi tersipu-sipu deh.makasih mbak.

  27. M Mursyid PW says:

    Sejak kurang lebih 4 bulan yang lalu saya ngeFans berat pada blog pakDe ini. Hampir setiap hari saya sempatkan singgah di sini. Tapi baru sekarang saya sempatkan membaca profil pakDe. Lha benar, kan! Sejak awal saya hanya menduga-duga bahwa pakDe pastilah memiliki background militer, hanya saya tidak pernah menduga jika ternyata pakDe adalah mantan pejabat tinggi di jajaran itu. Baru njenengan lho, pakDe, sepengetahuan saya, mantan pejabat, militer lagi, yang sudi berbagi dan bertegur sapa di dunia maya. Salut buat pakDe, semoga kesehatan senantiasa Allah limpahkan kepada pakDe dan keluarga sehingga pakDe dapat terus dan lebih banyak menulis pitutur berharga bagi kami yang lebih muda untuk dapat berbuat lebih demi tetap tegaknya RI tercinta.
    Salam hangat dari Pekalongan.

    Terima kasih atas apresiasinya mas. Saya ngeblog untuk menyalurkan hobi menulis, utamanya juga untuk pengingat-ingat bagi diri saya dan syokur jika bisa bermanfaat bagi orang lain. Apa yang saya tulis pd umumnya pengalaman yang ringan2 saja. Salam hangat dari Surabaya.

  28. ramudeng says:

    Pakdhe dulu waktu latihan militer-mileteran manggang ular ama minum aer kali juga ya? *plaakkk ndak sopan* salam kenal Dhe.

    manggang ular nggak pernah sayang, manggang dendeng saja. Mnum air sungai dan air sawah dah sering kalau latihan keluar kampus. Kalau dikampus ya ke kantin minum jus alpukat he he he

  29. saya juga orang JOMBANG pak. rumah di plandi deket stasiun. Salam kenal ya pak…

    wwwweeeeee, tonggo dewe tho, saya Jombang Lor mas, masuk kecamatan Megaluh. Sepupu saya ada di Sengon tuh, jadi guru di SMP I.
    salam kenal juga mas

  30. Abu Ghalib says:

    assalamu alaikum pakde…
    salam kenal dari seseorang yg baru belajar ngeblog kemaren sore, adalah merupakan kehormatan buat saya jika dalam waktu luang pakde bisa memberikan masukan buat saya sebagai newbie
    trimz

    Waalaikum salam,mas Abu
    Apakah kakangmas ini masih keluargnya Pak Andi Ghalib mantan Jaksa Agung he he he.
    Yang penting konsisten update blog dan juga rajin blogwalking plus terus belajar ttg blog pasti lama-lama syurrr mas. terima kasih atas kunjungannya.

  31. badruz says:

    Pakde, saya lihat banyak Komentar Pakde di blog saya ketangkep akismet. Mungkin menulis URLnya di waktu di kolom komentar jangan pakai http Pakde, langsung saja pakai www tanpa http, semoga si Aki nggak nagkep komengnya Pakde, sayang kaan, banyak lagi.

    salam hangat dari Kebumen

    iya bener,mungkin salah pake http ya mas. thanks

  32. munawar am says:

    Pak De…. ingkang leres pundi toh…
    salam hangat dari surabaya atau salam rindu dari Njombang ?
    (hemmmm…. jadi kangen Embong Miring Denanyar Njombang nieh… )

    Lho lho lho, kulo puniko lak Blogger Reaksi Cepat tho mas. Nggih ing Suroboyo, nggih ten nJombang ha ha ha. kalau salam rindu dari nJombang ateges kulo nembe nyambangi emak mas, biasanipun mampir nyambangi putu ten Mojokerto.Ngoten lho critanipun.

  33. munawar am says:

    Salut kalian pakde;
    sinaoso sampun gadah wayah, ning tesih saged reaksi cepat;
    menawi ngoten, njur pripun kok orgasme saget tertunda niku :)

    yaa moodnya hilang mas,lemas jadinya

  34. assalamualaikum…
    seneng bisa melihat para blogger yang masih eksis meski (maaf) bisa dibilang berumur..
    semangatnya masih ada..
    hehehehehe…
    salam kenal aja dari Napi…
    be your self….
    sekalian kalau mau tuker link sama aku..
    terima kasih…
    hehehehehe..
    seneng bisa mampir ke sini…

    Terima kasih mas. para sahabatlah yang memberiku semangat
    Yuk kita tukar link, biar gayeng.salam

  35. Salam kenal Pakde,

    Senang bs berkunjung ke blogger asal se-kota. Jadi ga merasa sendirian di dunia maya ini.
    Link panjenengan sdh sy pasang di sidebar, mudah2an sudi memberi backlink dg anchor text spt di atas.
    Matur nuwun.

    Salam,
    luckyjo.

    Salam kenal mas.
    Saya Jombang Lor,panjenengan Jombang kota ya.
    Saya mau belajar bisnis nich untuk nambah uang pensiun,ajari ya.
    Thanks.

  36. tyas says:

    assalamualaikum…
    salam kenal pakdhe *salaman*
    senang bisa menyapa sesama orang jombang
    apalagi blogger senior seperti pakdhe :D

    Waalaikum salam.
    Wah senang nich ketemu orang Jombang.
    saya memang seior dalam usia nduk, tapi dalam ngeblog masih newbi karena belum setahun kok. terima kasih kunjungannya.
    salam hangat

  37. manshurzikri says:

    hallow, pakDe!!
    salam kenal ya,,
    hehehe
    :)
    jgn lp mampir ke blog saya ya,,
    :)

    Hallo juga mas. terima kasih sudah berkunjung ke blog ini.
    Salam kenal. Insya Allah saya akan kesana.

  38. wah, 2 komentar di belakangku sdh dpt reply, tp kyknya punyaku kok dianggap angin lalu ya… uhuk..uhuk..uhuk..

    waduh mas maaaf maaf, bukan angin lalu, semua sahabatku kok. Mungkin karena letakknya di profil jadi agak ketutupan. jangan ngambek yaaa hix hix hix

  39. agus kusuma says:

    membaca profil diatas saya jadi merasa terinspirasi dan termotivasi untuk terus ngeblog, ternyata banyak sekali faedah dan manfaat yang saya dapat.

    salam kenal pakDe
    salam juga buat keluarga besarnya
    semoga keselamatan dan keberkahan selalu dilimpahkan kpd pakDe
    amin

    wassalam

    Terima kasih sudah ngintip he he he
    Kalau siswa atau mahasiswa ngeblog bermanfaat untuk latihan nulis tugas akhir atau skripsi.
    Bagi yang sudah kerja juga untuk melatih dan menambah wawasan
    Bagi yang pensiunan untuk mencegah kepikunan ha ha ha
    Intinya kita harus ngeblog yang sehat mas.
    salam

  40. Sy hny berandai2 aja. Jika saja semua aparat kita mempunyai mental sigap dan cepat tanggap macam Pakde, sy yakin negara ini jd lebih teratur dan aparat dihargai bukan karena kekuasaannya tp layanan kpd rakyat memang yahud. Di lain pihak rakyat jg makin hormat dan “ngajeni” aparat bukan karena rasa takut atau kuatir tp lebih kpd wibawa aparat yg memang benar2 ikhlas menjalankan kewajiban kpd negara dan bangsa. (Terima kasih sdh merespon “keluh kesah” saya, hehehe…).

    BTW, Pakde silahkan aja mencoba PTR (paid to review), jgn belajar kpd saya krn sy jg masih belajar tp sekedar info aja, tentang bagaimana belajar PTR bs dilihat di blog saya (hehehe… sedikit promosi ebook yg ada di blog sy ga ada salahnya ‘kan?)

    Oh ya, sy arek Suroboyo bukan Jombang. Harap maklum.

    Salam,
    luckyjo.

    iya ,saya sudah ke blog panjenengan tadi mas.
    Saya baru mbuat Paypal dulu karena setiap sign up ditanya Paypal je.
    Saya di Sukolilo mas.
    Salam

  41. mantap Pak De….
    Kirain masih muda ,… ternyata sudah purnawirawan.
    dari fotonya kelihatan masih semangat Koq pak de…
    Salam hormat saya.

    Terima kasih , jamune cindil kok mas ha ha ha

  42. fety says:

    pak de salam kenal, pertama kali berkunjung ke sini..semangat ngeblog pak de, juga ikut menular nih..

    terima kasih sayang, mari kita gunakan blog untuk media belajar dan sharing ilmu ya nduk

  43. SALAM KENAL dan SALING MENGUNJUNGI serta BERBAGI…
    SALAM KENAL…

    Terima kasih kunjungannya,salam kenal dari Surabaya

  44. yoga says:

    hua.. Terharu saya membaca riwayat bapak. Kapan ya saya bisa menjadi orang yang bisa membahagiakan orangtua dan membuat bangga.. T_T.

    mudah2han saya bisa membuat orang tua saya bahagia, amin..

    salam hormat dari saya Pak. salam kenal.. :)

    Jika penjenengan gak aneh2 saja berarti sudah membahagiakan ortu

  45. [...] kenarsisan yang tiada tertahan lagi, melainkan sebagai bentuk ikhtiar untuk menjawab tantangan dari Pak Dhe Cholik, komandan BlogCamp yang menggelar acara The Amazing Picture dalam rangka menyambut atau mangayo [...]

  46. [...] lahir, peribahasa ini langsung diikutsertakan dalam Kontes Menulis Peribahasa yang di adakan oleh Pak Dhe Cholik dalam rangka menyambut atau mangayo bagyo RiRi ( Hari Berdiri) BlogCamp yang pertama tahun 2010 [...]

  47. [...] mengikuti kontes itu, Kontes Menulis Peribahasa yang di selenggarakan oleh BlogCamp blog miliknyaPakde Cholik. Dan langsung saja saya mencoba merangkai kata dalam sebuah untaian [...]

  48. Ass wr wb..salam kenal Pak de..luar biasa ..smangat yg harus di tiru…semoga semangat itu mengalir melalui blog pak de ini bagi siapa aja yang membaca nya…salam kenal …semoga sukses selalu buat pak de… salutt…

  49. eva anwar says:

    siang pakde….seneng bacanya, soalnya hal yg sama dialami juga oleh aku, apalagi secara fisik aku memang keturunan arab…waaakkkkk tambah deh sulitnya berhubungan dengan birokrasi…qiqiqiiqiqiq nasiiib

    lain kali kalau mau urusan dengan birokrasi dan agak sulit bilang ” saya keponakannya pakde Cholik…”. Dijamin petugasnya akan bilang ” gak tanyaaaaaaaaaaaaaaaa”

  50. [...] Pakde Cholik… Sebagai penyumbang hadiah, gak lucu kan kalau beliau juga dapat hadiah, haha… Tapi aku [...]

  51. Assalamu’alaikum Pak Dhe,
    salam kenaal … membaca profil dan blog-nya Pak Dhe.. sungguh luarrr biasa…
    sepertinya jarang-jarang seorang seperti Pak Dhe nge-blog.. blog gaul lagi.. :)

    waalaikum salam
    alo nduk-makasih
    ngebLog biar gak pikun duk

  52. [...] Beliau adalah Bapak Abdul Cholik a.k.a Pakde Cholik [...]

  53. [...] 2 pekan yang lalu, papafaiz bertemu dengan blog campursarinya pakde. Bisa dibilang sebenarnya tidak sengaja berkunjung ke blognya pakde kalau tidak bertemu dulu dengan [...]

  54. yunus says:

    Assalamualaikum pak dhe,
    Izin belajar banyak dari sini ya, baca pengalaman dan cerita2 pak dhe boleh kan. lebih seneng kalo pak dhe bersedia mengajarkan makna hidup dan kehidupan…

    Salam dari pemula yang tertatih menjalani proses namun tiada pernah menyerah…. :)

    oh iya salam kenal dari Yunus di Bekasi jawa-barat

    silahkan mas-terima kasih kunjungannya

  55. raniyulianty says:

    Salam kenal pakde
    Senangnya baca profile Pakde,
    seru juga baca tulisan-tulisannya
    bikin saya yang masih muda (ceileee…muda)
    jadi semangat ngeblog…hehehe…

    saya kan juga baru mau 16 jeng…
    thanks sudah berkunjung
    gak ikut tumpengan ngetril tah ??

  56. Rubiyanto says:

    satu gelar lagi pakde, pakde layak jadi guru dalam mengarungi hidup ini, langkah dan pilihan pakde mengandung suri teladan untuk generasi muda ….

    saya memang pernah jadi guru selama 2 tahun di Cimahi
    terima kasih mas

  57. Lyliana Thia says:

    Assalamualaikum.

    Subhanallah…
    Selamat ulang tahun Pakde…
    Semoga Allah senantiasa memberi kesehatan, berkah dan karunia selalu utk Pakde sekeluarga… :-)
    Pakde banyak memberi inspirasi utk para bloggers junior ini…
    terima kasih, Pakde.. :-)
    Salam dari papa dan Mama di Jakarta utk Pakde sekeluarga :-)

    Wassalamualaikum

    Walaikum salam wr wb.
    Terima kasih nduk atas pehatian dan doamu
    semoga saya masih bisa memberikan apa saja yang bermanfaat bagi sesama ya.
    Salam hangat

  58. wegaclubban says:

    assalamualaikum
    salam kenal pakdhe :)
    seneng banget bisa berkunjung ke blog camp
    dapat sumber motivasi lagi buat ngeblog
    nggak cuma ngeblog, di blog camp saya juga bisa dapet tambahan ilmu dan pengetahuan

    keren abissss… pakdhe di usia purnawirawan masih tetep ngeblog
    mantap :D

    kalau sempat silakan mampir ke blog saya pakdhe…
    saya masih sering kehilangan arah dalam ngeblog :P

    Terima kasih apresiasinya mas
    yup, saya ngeblog untuk memanfaatkan waktu luang sambil berbagi apa saja yang bisa dibagikan mas.
    Salam hangat dariSurabaya

  59. Selamat ulang tahun Pakdhe….. semoga selalu sehat dan berbahagia… semakin dicintai keluarga dan para sahabat….
    salut Pakdhe masih selalu bersemangat..!

    salam hangatm
    Nana Harmanto

    Terima kasih atas perhatian dan doamu jeng
    salam hangat dari Surabaya

  60. Lia says:

    Selamat malam Pak, senang membaca Blog Bapak, semoga bapak selalu dilindungi Allah SWI, amiinn.. salam kenal ya Pak, saya baru saja menulis blog, dan kagum dengan blog bapak, boleeh di follow ya pak…??

    Selamat malam nak Lia-terima kasih atas apresiasinya dan juga perhatian serta doanya.
    Silahkan kalau mau follow.
    Salam hangat dari Surabaya

  61. Bu'e Shulha says:

    Membaca profil bapak, seperti membaca sebuah cerpen dengan alur yang indah.. menyejukkan sampai saya tersenyum dalam hati..
    Salam kenal pak..

  62. maztrie™ says:

    Salam kenal dan salam hormat saya untuk Bapak…

    Selesai membaca profil ini, saya jadi merasa malu, ternyata saya belum ada apa-apanya dibanding orang lain, dan Bapak adalah termasuk orang hebat karena pantang menyerah dikehidupan sebagai yang sudah purna(wirawan) ini….

    Salut n acung jempol untuk Bapak Abdulcholik

    Sekali lagi salam Taklim, Rahayu..

    terima kasih atas apresiasinya. Energi sy memang luar biasa nak, jika tidak sy salurkan entar malah mencari saluran secara liar he he. Blog saya lebih dari 30 dgn niche berbeda beda lho

  63. Pak De yth,
    Ada pepatah lama mengatakan: lain koki, lain masakan.
    Begitulah kesan yang saya dapatkan ketika membaca tulisan-tulisan pak De Abdul Cholik pada BlogCamp ini. Kenapa? Karena buat saya (dan saya yakin bagi pembaca lainnya juga), tulisan pak De begitu sedap dibaca dan mudah dicerna. Ibarat seorang koki atau master chef handal, pak De begitu piawai mengolah kalimat yang menjadikan tulisannya terasa berbeda dengan karya penulis lain. Adalah sebuah kehormatan yang luar biasa bagi saya mendapat kunjungan dan komentar dari pak De pada blog baru saya Direktori Blog Indonesia yang asal jadi.
    Saya juga merasa sangat tersanjung karena pak De telah memasang button Direktori Blog Indonesia di sidebar Blog Campursari ini.
    Terimakasih pak De, salam kenal dan semoga semakin sukses!

    Yth. Dir
    Saya menulis blog ini memang tujuan utamanya adalah untuk gayeng-gayengan. Ini adalah blog pertama yang saya bangun mas.
    Sesuai tagline, blog ini saya tulis dengan gaya biasa, gaya yang enak menurut saya, tetapi tentu tidak seenaknya.
    Blog ini juga menjadi ajang kontes dan kuis untuk menyemangati para sahabat agar tetap semanat dalam ngeblog.
    Terima kasih atas apresiasinya-salam hangat dari Surabaya

    • Mr. Sharz says:

      Pak De, maaf ya kenapa koq blog saya hilang / dihapus dari Daftar link? Padahal blog pak De masih tetap melekat di blogroll Direktori Blog Indonesia

      lho, saya nggak pernah menghapus kok mas
      pkoknya setelah saya pasang saya nggak ngutik-utik lagi walaupun sejak tahun 2009
      Wah, saya tambah lagi kalau hilang.
      Maf mas

  64. jero_asri says:

    ass wr wb
    salam kenal pak …
    awalnya saya nemukan blog pak dhe baca suroboyoan nya …
    hahaha … ngakak deh … lucu
    setelah baca profilnya, gak nyangka lo ternyata pak dhe is mr.green ya ..
    semoga pk dhe diparingi sehat, sehingga bisa terus berkarya …
    wass wr wb

    waalaikum salam wr.
    Matur nuwun apresiasinya
    salam kenal dan hangat dari Surabaya

  65. Halo bro, salam kenal ya :)

    Saya mau tanya, apakah blog ini menerima jasa review produk?

    Jika iya, berapa tarifnya?

    Thanks :)

    iya bro
    minimal 15$ bro
    Thanks

  66. nicil says:

    salam kenal pakde *boleh ya saya ikutan panggil pakde?* :)
    menarik sekali baca tulisan di blog ini

    boleh sayank
    manggil eyank juga tak dilarang undang-undang lho.
    terima kasih telah berkunjung-salam hangat dari Surabaya

  67. Terima kasih tipsnya
    akan saya coba sambil untuk menyegarkan pelajaran dan pelatihan reiki terdahulu.
    Kata para master Reiki “materialisasi ” itu penting agar cita-cita bisa terkabul, tentu dibarengi usaha dan doa ya nduk.

    Salam hangat dari Surabaya

    Trima kasih Pakde Cholik atas komennya di blog saya itu. Hanya sayang saat mengirimkan komen itu ditangkap oleh SPAM WP. Saya tidak tahu kok bisa begitu. Untuk memindahkan ke komentar NOT SPAM, saya belum bisa mengingat pengalaman pada blog lama saya yang ada komentar masuk SPAM, setelah saya moderasi dan memindahkannya ke NOT SPAM, blog lama saya langsung di suspended WP. Kendatipun saya sudah kirim permohonan maaf sebanyak 3 kali, admin WP akhirnya menutup blog saya secara sepihak.
    Karena itu Pakde Cholik untuk sementara komentar itu saya biarkan saja pada posisi SPAM dan sekali lagi mohon maaf belum bisa memunculkan ke kolom komentar. Terima kasih atas sharingnya seputar Reiki. Kemampuan Pak De Cholik akan Reiki tidak akan hilang hanya saja setelah sekian tahun tidak dilatih…ya….energi tidak lancar. Karena itu untuk menjaga tetap sehat usahakan Pakde kembali melatihnya. Salam…arumsekar blog.

    Wah pernah kena banned tho gara2 melepaskan komen yang dianggap SPAM. Mungkin spamnya waktu itu mengandung unsur promosi dagangan atau jasa sehingga kena cekal.
    terima kasih atas pencerahannya ttg reiki.

  68. Berbru memang harus waspada agar tak diusik oleh binatang buas.
    Saya dulu pernah belajar reiki lho nduk.
    Sekarang sudah lupa karena gak diasah lagi.
    Saya juga masih menyimpan beberapa buku reiki

    Salam hangat dari Surabaya

    Pakde Cholik itu kementar ke 2 pada blog saya juga ditangkap SPAM. Sekali lagi mohon maaf dan telah berkenan berkomentar sekali pun belum saya moderasi ke NOT SPAM.
    Pakde Cholik…untuk mengasah kembali Reiki monggo kemawon. Kemampuan Reiki Pakde belum hilang. Coba iseng-iseng niatkan kembali reiki mengalir untuk melatih kembali self healing. Jika tidak dilatih kembali sayang. Reiki sangat effektif untuk menjaga tubuh tetap sehat, bugar sekali pun usia kita semakin merangkak naik. Olahraga juga perlu sebagaimana dianjurkan oleh dokter kesehatan. Dulu saya lari marathoh Pakde ketika ikut PPS Merpati Putih. Seiring perjalanan waktu saya off dari lari, sebagai gantinya saya olahraga jalan kaki setiap pagi sejauh 4 – 5 km selama 1 jam. Pakde Cholik masih olahraga berburu atau lari marathon? Salam ….Arumsekartaji.

    Terima kasih atas penjelasannya nduk.
    Saya akan coba untuk buka buku lagi dan melatihnya
    saya olahraganya hanya jalan cepat
    salam

  69. Hallo om….
    salam kenal iia,q ningsih dr makassar
    guruq pernah cerita soal pa’de di skolah…

    Aloo juga nduk
    salam hangat yaaaa-terima kasih atas kunjunganmu di blog ini
    siapa gurumu nak ? Pak Iwan ya ?
    Silahkan baca-baca.

  70. alfanrenata says:

    assalamualaikum, eyang cholik

    saya sangat kagum ada purnawirawan yg menyempatkan diri untuk berbagi ilmu melalui site pribadi seperti ini, tidak seperti lainnya yg terlalu sibuk dg kehidupan realnya.

    saya berharap semangat eyang untuk berilmu dan berbagi bisa saya jadikan teladan yang baik.

    saya jg anak kolong lho, eyang :)

    Waalaikum salam wr wb.

    Matur nuwun apresiasinya
    kalau saya gak ngeblog malah cepat pikun lho, jd saya cari kegiatan yang bisa membuat saya tertawa bersama para sahabat yang masih muda2.
    Anak kolong juga ? Sama dengan anak saya kalau begitu

  71. Anonymous says:

    Assalamu Alaikum Pakde…
    Saya juga kenal blog Pakde dari guru saya…
    salam kenal….

    waalaikum salam
    pasti dari pak Iwan ya, walaupun gak ada nama dan blogmu disini
    salam kenal

  72. Assalamu Alaikum Pakde…
    Saya juga kenal blog Pakde dari guru saya…
    salam kenal….


    waalaikum salam
    pasti dari pak Iwan ya.
    Masih saudara dengan Gita Gutawa atau Gita Remaja? he he he
    salam kenal nduk-makasih yaaa

  73. Wawan says:

    Pakdhe….eh Mbah (biar anak saya ga ikutan manggil Pakdhe)
    Link Mbah udah terpasang di blog saya lho. cek mbah. Pasang balik ya mbah. Matur nuwuuuun

    link anda juga saya pasang mas

  74. Aan says:

    sudah saya pasang linknya pak dhe …

    Thanks

    link anda juga sudah saya pasang
    Trims

  75. Daffa says:

    Assalammualaikum,salam kenal pakde…td sy iseng msk blognya mas kariyan(tepang njih pakde) trs nyampe sini…baca profilnya sempet merinding jg pakde, pokoe luar biasa..mugi2 jenengan tansah pinaringan sehat trs…kok uakeh wong jombang pakde,idem sy jg blasteran mak jombang cukir bpk malang,lha skg domisili di palembang..

    Waalaikum salam wr wb.
    Kok mrinding, emangnya saya gendruwo ha ha ha ha.
    Njih salam kenal. Saya dinas di Palembang 6 tahun lho.

  76. Toto says:

    Waduh..profilenya mantap pisan. Salam kenal pakde dari saya. Mohon bimbingan dan tuntunannya..halah :D

    yuk saya tuntun..mau kemana ?

  77. Puji says:

    Salam kenal dari Magelang Pakde
    Padahal sudah lama mampir di Blogcamp baru kali ini baca aboutnya pakde
    ijin Follow twitternya juga dhe

    silahkan mas

  78. Zoothera says:

    Assalamualaikum.. Slamat sore pakde *sokakrab*
    Emmm kayanya ktinggalan zaman bgt deh ah hari gini baru maen ke sini.. Abisan jarang bgt memanfaatkan blog u/ begowl… Hehehe
    Salam kenal aja ya pakde Cholik.. Klo ada lomba-lomba ngblog *soalmasak2khususnya* bolehlah saya dicolek… :D

    Waalaikum salam nak ….sok tua

    Colak-colek colak colek
    hobby anak sekarang
    colak-colek colak colek
    Bukan kepalaaaaaaaang

    • zoothera says:

      Mau nyolek pakde lagi ah di marih…
      Mumpung lagi banyak waktu luang untuk ngoprak-ngoprek blog nih..
      “minta ijin untuk nautin linknya boleh ngga?” —- “owwhh boleh boleh” *jawab pakde*—- “baiklah,.. terimakasih banyak pakde” *dipentungpakde* :D

      boleh sayank..nih punyamu tak tautin sekalian yaaa

    • salam, menarik sekali dari blog profilnya om..

      “menjadi orang gagah” hehehehe dulunya orang apa pakde?? *pisss

      bagus dan semoga tetap bisa menulis selamanya berkarya pakde holikers..

      Dulunya orang-aring he he he
      Matur nuwun

  79. zoothera says:

    Laporhhhh Komandan.. masa yaaa saya udah masupin link pakde di blog zoothera, tapi kenapa tak muncul… heleppphhhh.. apa karena belom diijinin yah? :(

    berarti ada yang salah tuh

  80. Kaifa says:

    Aswrwb…boleh ikutan manggil pakde???semoga berkenan menjadi sahabat kaifa. mudah2an pakde ada wkt berkunjung ke : http://rumahkaifa.blogspot.com/2011/11/link-sahabat.html

    boeh nak, Insya Allah saya akan mengunjungimu
    tak sisiran dulu

  81. eko susilo says:

    Weh blog nya banyak bener nih pade, salam kenal dn sukses sllu bt pade :D

  82. [...] saya nih, beliau itu lebih seleb daripada seleb-seleb yang ada di tipi-tipi, sebut saja namanya pa’dhe cholik (lah emang namanya ituh [...]

  83. prih says:

    Kulanuwun Pak,
    Ikut berguru di blog panjenengan, ilmunya komplit, racikannya menarik.
    Salam taklim.

    monggo
    gaya ngeblog wong tuwo nduk
    santaiiiiiii
    salam kenal

  84. rivai says:

    assalamualaikum mbah.

    Salam kenal, saya blogger baru yang lagi belajar mohon bimbingannya ya..
    Semoga saya dapat belajar dari mbah cholik,

    makasih sebelumnya

    waalaikum salam wr wb.
    Terima kasih kunjungannya
    Mari kita belajar bersama
    salam hangat dari Surabaya

  85. Selamat sore, Pak.
    Tadi saya bertandang ke blognya Bu Prih dan melihat nama Bapak di sana. Jadi saya ikut bertamu ke sini deh..he he.

    Wah… salut banget membaca blog Bapak ini. Salam kenal Pak..

    Selamat pagi Mbak Sri
    Terima kasih atas kunjungannya
    salam kenal juga

  86. zholieh says:

    Salam kenal pak, mampir silaturahim.
    Bklognya laris manis tanjung kimpul pak, banyak pengunjung banyak komentar. Kapan yah punya pengunjung blog yang bejibun, isinya juga bagus.
    Baca profil Pakdhe menambah motivasi, semangat ngeblognya tinggi tak peduli latar belakangnya, yang ternyata wawww, tak menyangka seorang yang punya banyak pengalaman.
    Mohon maaf kalo komentarnya ngalor ngidul pakdhe, hehehehe :D

    pertama kali ngeblog juga gak rame mas
    tapi seteah 15 tahun baru ramai
    ngalor ngidul, ngeta bali ngulon juga gak apa2
    disini santai kok mas

  87. alaika says:

    Pakde Cholik, nama ini sudah sering saya baca tampil di comment’s cornernya beberapa sahabat maya saya, ingin berkunjung dan mungkin terhalang oleh waktu dan terkadang koneksi yang tidak mendukung, kunjungan saya jadi terhambat, hingga tiga hari lalu, nama ini muncul meninggalkan komen di corner comment saya. Takjub, dan sungguh senang donk pastinya, dikunjungi oleh (feeling saya saat itu) seorang bernama besar ini. Begitu koneksi sedikit membaik, saya balas berkunjung, membaca artikel2nya, feeling saya tidak salah. Pemilik nama ini memang seseorang yang luar biasa. Saya semakin yakin. Membaca untaian kalimat dan komen2nya yang santun memotivasi di blogs para sahabat, juga di blogs saya. saya semakin percaya. Kini, saya tiba di ‘profil’ sang empunya nama, di blognya ‘blogcamp’, feeling saya tidak salah. He is a great man, with a bunch of great experience. with a bunch of blogging/net marketing skills. Wow, I am happy to know you pakde, hope this friendship could be tiada akhir yaaaa……
    salam hangat dari penghujung Indonesia bagian barat.

    alaika

    • salam hormat pakde cholik dari alumni Resimen Mahasiswa Universitas Djuanda…

      terimakasih sudah banyak berbagi,..
      insya bisa memberikan inspirasi bagi anak anak muda mengenai peran dalam mengisi kemerdekaan

      salut juga sama pakde cholik, jarang ada jenderal yang produktif membuat artikel artikel yang bermnafaat tanpa ada muatan politisnya.

      semoga jadi catatan amal kebaikan bagi pakde.. aamiin

      Jazzakallah

      Amiin
      Terima kasih atas apresiasinya Mas
      Salam

  88. dmilano says:

    Saleum
    Pakde, tukaran link ya de, link blogcamp sudah saya pasang. salam hangat dari aceh

    saleum dmilano

    linknya dibuat dari apa??
    link ku pakai tembaga lo

  89. akhmad says:

    sipp,,, sip,,, salam kenal pak,,
    mampir ke gubuk ya..

    suwun2 mas

  90. Muhammad azhar hadi says:

    selamat pagi pak… wah hebat blog nya, saya harus tetap belajar nih..

    selamat siang mas
    terima kasih

  91. [...] hasil rajin ngeblog dan BW saya jadi sok kenal sama seleblog sekaliber pakdheCholik dan teman-teman blogger yang sering kongkow-kongkow di blogcamp. Pertemanan tersebut kemudian [...]

  92. herusularto says:

    Assalamu’alaykum, salam kenal komandan. hehehe.

    waalaikum salam wr wb.
    Maur mas atas kedatangannya
    silahkan lihat2

  93. Dian Kurnia says:

    “Saya ingat ibu menangis sedih ketika melepas kepergianku ke Lembah Tidar. Tetapi saya lebih ingat manakala ibu menangis bahagia ketika aku pulang dengan tanda pangkat balok emas dipundakku”

    Salam kenal, komandan :)

    Selamat datang
    salam hangat dari Surabaya

  94. yanthie says:

    Salam kenal Pak dhe….

    kisah yang inspiratif, mengaharu biru.atas pengabdian dab bakti pada orang tua, dan negara.semoga bangsa ini memiliki penerus seperti pak dhe.

    terima kasih nduk
    salam hangat

  95. [...] nanti, sekalian untuk diikutsertakan dalam Kontes Unggulan Membangun Blog Foto Anak-Anak oleh Pakde Cholik. Salam kenal ya [...]

  96. [...] kasih banyak buat Pakde Cholik yang sudah membuat Kontes Unggulan Membangun Blog Foto Anak-Anak . Menang gak menang, Rael [...]

  97. dhenycahyoe says:

    Salam kenal pakdhe…
    saya sudah lama berkunjung kesini tapi baru sempet ninggalin komentar…
    Salam hangat dari Pasuruan :)

    Selamat pagi,
    Matur nuwun atas rawuh panjenengan
    salam kenal, silahkan lihat2

  98. Rilia Rully says:

    wah ternyata umur pakDhe lebih sepuh dari perkiraan saya, nyuwun sewu nggih..
    semoga saya nanti bisa ngikutin jejaknya pakDhe Cholik, masih bisa terus berkarya meski sudah punya cucu. T O P B G T deh pokonya.
    Semoga kepareng sehat terus dan bisa berkarya terus…amiin *salam kenal juga buat budheCholik ;)

  99. aya says:

    profil yang sangat memberi motivasi, maturnuwun pak de

    terima kasih sama2

  100. wah jiwa mudanya keren pakdhe…
    salam hangat dari gresik :)

    saya kan baru mau 26 mas

  101. Heri says:

    Saya suka moto blognya pakde, “ngeblog seng enak tapi gak sak enake”
    Salam hangat dari palembang

    makasih mas-moto enteng2 saja

  102. idah ceris says:

    kembalikan waktu 1 menit saja. . . ;)

    tinggal terbitkan malah waktunya uda habiis. :(
    semoga da kotak yang ke-2. . . ;)

  103. Mbah duL says:

    siip pakdhe
    namanya kebeulan sama dg namaku
    cuma beda k aja

    memang nama itu ditulis berbagai versi ya mas

  104. Anonymous says:

    so inspiring.. Salam kenal dari Madiun pak dhe Cholik

    gimana mau kenalan mas wong gak onok nama dan alamatnya gini

  105. [...] adalah Andyda Meliala http://www.kompasiana.com/andydameliala, Surip Prayugo, dan Pak De Cholik http://abdulcholik.com/about/. Andyda Meliala adalah penulis buku “SUCCESSFUL PARENTING, 41 Tip Mencetak Anak Cerdas [...]

  106. Anonymous says:

    Salam Kenal Pak dhe ,,, :D

  107. HP Yitno says:

    Kisah perjalanannya sangat berkesan dan mengharukan pak. Salut ane pak, dari seorang militer bisa menjadi seorang penulis. Kita memiliki basic yang sama pak, sama-sama lulusan STM. Tapi hobi banget menulis.

    penulis blajaran kok mas, belum ahlinya
    matur nuwun

  108. Cut Ratu says:

    Waah..Pakdee…bener2 baru baca ttg latar belakang Pakde. ternyata Pakde adalah adik angkatan papaku di lembah tidar ya…terharu bisa ketemu di dunia blogger. Salam hormat saya utk Pakde dan keluarga yaa…

    iya, pasti dulu ikut mlonco saya yaaaa…..
    terima kasih

  109. Ari Wahyudi says:

    Salam kenal buat “Pakdhe” Abdul Cholik.
    Salut dengan semua pencapaian yang sudah dilalui.
    Bisa memberi inspirasi pada yang lebih muda :)

    sama2 mas
    semoga demikian adanya
    matur nuwun

  110. ndutyke says:

    assalamualaikum pakde….
    kayaknya ini bukan kunjungan pertama saya kemari, tp kok rasane blom absen ndek halaman ini :D

    pakde rumahnya di Galaxy situ ya?
    wah ga terlalu jauh dr rumah saya :D

    silahkan mampir, kapan2 bisa gabung kopdar ya

  111. Dani says:

    Salam kenal Pak Dhe Cholik. Ini pertama kali saya mampir kesini dan meninggalkan jejak. :D

    Seneng baca cerita-cerita Pak Dhe dan lebih seneng lagi tahu ternyata Pak Dhe di Surabaya. Jadi bisa mbayangin tempat-tempat yang ditulis sama Pak Dhe. :D

    Terima kasih kunjungannya mas
    salam hangat

  112. [...] kami adalah… : 1. Abdul Swazeneger nama aseli : Jhon Pawla Abdul Cholik julukan : Playboy tjap Jengkol senjata : Abab bauk jengkol [...]

  113. Syamsul Alam says:

    Salam kenal pak de Cholik!

    Thanks sebelumnya karena sudah mampir di blog saya. Wah, ternyata blog saya dikunjungi oleh orang hebat. :D

    Untuk amazon associate, saya akan coba buatkan video di masa mendatang yang mengulas tentang menjadi affiliate di amazon hingga menghasilkan uang. Doakan ya…

    Tapi, akan lebih bagus dan lebih mudah lagi untuk menghasilkan uang di internet dengan mengiklankan bisnis yang kita miliki saat ini di internet.

    Kebetulan (lagi) itu yang sekarang saya dan ayah saya lakukan. Menjual peralatan ternak lele di internet. BeliLele.com situsnya. Lebih mudah membuat situsnya, dan lebih mudah dipelajari.

    Cuma tinggal bikin situs sederhana 20 halaman berisi informasi tentang lele dan peralatan ternak lele (informasi produk) dan tiap hari situs saya mendapat minimal 100 views plus order dari telpon dan sms.

    Kapan-kapan kita bicara lebih jauh ya, salam senyum!

    Terima kasih mas kunjungannya
    kapan2 kita kopdar ya

  114. pakde blognya keren banget… :)

    Terima kasih apresiasinya

  115. zainal says:

    assalamu alaikum…
    salam kenal dari seseorang yg baru belajar ngeblog..
    saya dari Sintang Kalbar..
    Senang sekali bisa sampai di blog ini,banyak hal baru saya dapatkan..Juga makin terinspirasi dan termotivasi untuk lebih giat belajar menulis..
    salam hormat saya..
    Wassalam alaikum wr.wb.

    Waalaikum salam wr wb.
    Terima kasih atas apresiasinya
    Semua blogger juga mengalami hal yang sama
    Dengan berjalannya waktu akhirnya terbiasa menulis mas
    Salam

  116. Ayahnieda says:

    Assalamulaikum
    Saya langsung terpana membaca Profil lengkap Pak… langsung OOH besar… salam kenal saya dari bandung

    waalaikum salam wr wb
    Oooh…juga
    matur nuwun-salam hangat

  117. [...] kok ndak ketemu ya informasi tentang hari jadinya BlogCamp??? Mbongkar-mbongkar berkas di laci meja kerjanya pun ndak disebutin secara eksplisit tanggal lahir BlogCamp, lha trus jangan-jangan informasi ini [...]

  118. sepertinya saya ketinggalan jaman nih pak de :(

    salam kenal pak de :D
    saya dari Banten.

    iya, ini sudah jaman kemerdekaan lho mas
    salam hangat

  119. dewi says:

    waaaaaaah, salam kenal pakde…
    kenal blognya lewat uda Vizon :)
    ternyata memang keren, tetep semangat menulis (dan jarang banget rasanya purnawirawan yang ngeblog yaaa…) ^^

    mereka purnawirawan yg gak gaul jeng Dewi
    hatur nuhun apresiasinya

  120. zainal says:

    maturnuwun Pak Dhe..
    Mohon doanya supaya bisa istiqomah belajar dari membaca dan menulis…jujur saja kadang saya ‘malas’ dan masih merasa terpaksa harus menulis diblog..mengingat hanya ngeblog melalui handphone saja (nokia 6630) dan harus membagi penghasilan yang pas-pasan untuk membeli pulsa dan membuat cemburu istri karena merasa diduakan..(hehe…!sambil mesem kecut..).
    jer basuki mowo beyo..begitu katanya..jadi saya anggap saja itu sebagai beyo yg hrs dibayar..atau mungkin lebih tepat kalau saya bilang ‘jer basuki ngemplok mowo’…
    he he..
    Duh..maaf ya Pak Dhe.,kok jadi curhat gini ya…

    Saya gak bisa menulis blog dengan HP,maklum sudah tua mas, tulisannya jadi kecil2 kan

  121. zainal says:

    bukan cuma tulisannya yang kecil2 .tapi jempolnya juga keriting… hehe..

    mata sepet,keringat dingin keluar

  122. [...] tentu harus mengenal sosok bersahaja tersebut. Usah lama-lama, baca saja biografi singkat pada halaman profil BlogCamp [...]

  123. Yudhi Hendro says:

    Salam kenal Pak.
    Jarang lho, ada purnawirawan jendral yang rajin ngeblog seperti Panjenengan.

    bukan jarang mas
    gak ada
    salam hangat mas hendro

  124. [...] dan juga membawahi 30 lebih blog CEO BLOGCAMP, *siapa sih yang enggak tahu..ini dia bisa click disini untuk tahu lebih detail mengenai sang komandan BLOGCAMP Bapak Abdul Cholik atau biasa dikenal dengan [...]

  125. [...] awal dengan BlogCamp adalah lewat komen Pakdhe di blog Pak NH dengan link BlogCamp.  Komen itu dan juga komen-komen beliau lainnya di blog [...]

  126. Assalamu’alaykum
    pak dhe salam kenal.
    suroboyo e jenengan ngendi pak dhe??
    #mantan penduduk keputih sukolilo
    :D

    Walaikum salam
    saya dekat kampus ITS situ lho mas
    sak kecamatan donk ya

  127. whiz says:

    Salam kenal Pak DHe, btw kolom subscribe emailnya dimana yah?..

    ada di sidebar single post

  128. Idah Ceris says:

    Catnya makin merah membara ya, dhe. :)
    Mau lebaran jadi ganti2 atribut niye. . . ^_*

    ini, theme lama sudah cukup lama je

  129. cumakatakata says:

    Assalamualaikum Pak Dhe…..
    kunjungan pertama Pak Dhe, sebenarnya sudah lama saya denger nama Pak Dhe dari teman-teman, tapi baru kali ini saya sempat berkunjung……

    Salam kenal ndugi kediri pak Dhe…..

    Walaikum salam wr wb
    Matur nuwun rawuhipun
    keponakan saya ada di Mrican mas

  130. Tita Okti says:

    Assalamualaikum pak dhe..
    kunjungan pertama..bakal sering-sering mampir kesini buat ngikutin tips2nya nih pak dhe..
    hebat pak dhe..masih semangat menulis di usia yang udh ga muda lagi..

    salam kenal ya pak dhe.. :)

    Waalaikum salam wr wb.
    Matur nuwun jeng
    Silahkan lihat2 dan menikmati hidangan2 yang masih anget
    Salam hangat dari Surabaya

  131. Anonymous says:

    Hatu nuhun pak tips nya..

    sama2 mas/mbak

  132. [...] lalu disini dirayakan dengan kontes tumpeng ngetrill yang pernah saya posting disini, yaitu Pak dhe Abdul Cholik dari Surabaya yang berulang tahun tanggal 23 Agustus kemarin. Untuk Pak dhe cholik, Ngaturaken [...]

  133. misbachudin says:

    Salam kenal dan salam hangat dari saya Pak Dhe …
    Semoga sampai lanjut usia, pakde masih menjadi pribadi yang disukai oleh semua.

    Amiin
    Terima kasih kunjungannya mas

  134. Yajid says:

    Maaf lama berkunjung ke blog ini, dan tak lama lagi saya belajar ngeblog pakde.

    ach..sejak dulu begitu saja

  135. Yajid says:

    Sudah lama tidak berkunjung ke blog ini………. aku diberi pelajaran pakde….

    okeee

  136. CholikNF says:

    Haha, namanya pakai Cholik juga.

    sip,kompak

  137. lies hadie says:

    Assalamu’alaikum, wr wb

    Salam kenal, Pakde..

    Blog Pakde sangat inspiratif bagi banyak orang..

    Biografinya hebat Pakde!

    Waalaikum salam wr wb.
    Matur nuwun, tapi nggak hebat2 amat kok

  138. Zipora Maria says:

    Salam kenal Pakdhe…tinggal di Surabaya ya? Saya juga orang Surabaya, seneng banget bisa kenalan dengan sesama penghuni kota pahlawan ini :D

    Surabaya di mana ? Kapan2 kopdar ya nduk..rame2

  139. Assalamu’alaikun wr wb…
    saya datang untuk berkunjung pakde,semoga kedatangan saya tidak mengganggu aktivitas…
    salam kenal dari saya Rahman Tri Antoni.
    :-)

    waalaikum salam wr wb
    Matur nuwun kunjungannya
    salam hangat dari Surabaya

  140. sang dewi says:

    assalamualaikum..kunjungan balik pakde..

    waahh ibunya pakde pasti sangat bangga sekali dengan keberhasilan pakde. salam sukses ya pakde..

    Waalaikum salam wr wb.
    Alhamdulillah jeng, anak satu gak nakal ha ha ha ha

  141. sang dewi says:

    salam hangat dari medan pakde…

    wow..saya pernah ke Medan beberapa hari lho.
    terima kasih jeng

  142. Baru kali ini saya tahu Kalau Pak dhe termasu WONG SANGAR , Dulu waktu pakde jadi follower saya di gendongdongdollar tak kira pakde tu termasuk orang seperti saya yang mengais receh dari internet. Saya minta Maaf pakde jika penyono kulo ternyata keliru. afwan jiddan dan Happy Blogging.

    Ternyata penyono panjenengan benar

  143. [...] putih, berjudul “Yuk, menulis yuuuk…”. Yah itu adalah kiriman dari komandan BlogCamp, yah Pak De Cholik, siapa yang gak kenal dengan Blogger asal Surabaya ini. (kl gak kenal cepet kenalan, mumpung tgl [...]

  144. upik says:

    melihat rentang waktu saat bapak di Akmil, berarti saat itu mbah saya masih bekerja di sana dan ibu saya tinggal di pancarga.
    salam kenal ya pak…semoga saya ketularan semangat ngeblognya…

    Ooo sinten ?
    Matur nuwun, monggo ngeblog kangge ibadah

  145. ronal says:

    kunjungan pertama saya pak de….
    salam kenal ya pak de

    Thank you mas Ronal

  146. duta pulsa says:

    salam kenal pak abdul :)

    sama2 mas duta pulsa
    promo nich ?

  147. tri mei says:

    Salam kenal pak… :)

    masih amatir nih, mohon bimbingannya…

    Salam kenal cah ayu
    Iya, semua pasti berproses, sayapun mengalaminya

  148. Prakoso Bayu says:

    Salut pak, blognya PR 4. Oiya, intensitas blogging bapak berapa kali seminggu? atau hampir tiap hari?
    Saya ctrl+D dulu ah.

    oiya, bapak ga masang space untuk iklan gitu?

    saya ngeblog tiap hari mas
    Mau mau pasang iklan ? Silahkan saya siapkan spacenya

  149. yeye says:

    Wow, keren bio nya hehehe… panjang juga Pakde, pantesan mampir k bio ku dibilang pendek heheheehe

  150. ded says:

    Lebih dari 2 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 1 Agust 2010 Pak De sudah menulis di blog saya. Entah apa sebabnya baru malam ini (29 November 2012) saya membaca tentang profil Pak De. Padahal saya cukup sering komentar di postingan Pak De…

    Ternyata Pak De pernah bertugas di Kementerian Pertahanan
    Mohon maaf Pak De, saya merasa sangat bersalah……..
    Honjuk Jendral…. siap salah….

    Wah nggak apa-apa mas, santai saja
    Terima kasih da salam kenal

  151. [...] 2012). Siapa yang saya maksud komandan di sini? Yang saya maksud adalah komandan Blogcamp, ya Pak De Cholik yang saya maksud. Alhamdulilah saya kemarin bisa bertemu dengan beliau, salah satu blogger senior [...]

  152. opickaza says:

    emank banyak banget yah blognya pake de nih …………
    alahamdul;ilah saya bisa bertatap muka langsung dengan sang komandan blogcamp semoga silaturhmi antara blog bisa mendekatkan kita semua

    Lumayan mas untuk tempat bermain dan menulis

  153. [...] HP dan menyempatkan jalan-jalan (baca : blogwalking) ke beberapa teman blogger termasuk ke blog sang komandan, dan disana saya menemukan komentar Mas MF_Abdullah yang berkomentar di postingan Pak De bukan Cuma [...]

  154. willykaihatu says:

    MENARIK PERLU DI KMEBANGKAN

  155. Berkali-kali denger tentang Pak Kholik di dunmay, ternyata orangnya sungguh luar biasa :) *sungkem

    Matur nuwun jeng
    Luar biasa sih belum…

  156. Titik Asa says:

    Baru menjejak disini. Tertarik banget baca profil pakde Cholik.
    Ah, saya baru mulai ngeblog lagi. Ya semacam ventilasi dari rutinitas kerja harian saja. Dg tulisan yang ringan dan sederhana atas hal2 yang saya temui sehari-hari.
    Salut dg konsistensi pakde untuk tetap ngeblog. Sungguh ini memberi saya inspirasi untuk terus juga ngeblog.
    Bila berkenan, kiranya pakde sudi berkunjung dan berkomentar di blog saya. Sangat saya harapkan dan hargai masukannya.
    Salam kenal, salam blogger dan salam persahabatan selalu…
    Salam,

    Saya sudah ke blog panjenengan mas
    Artikelnya asyik da informatif
    Maju terus

  157. Aulia says:

    Saya tulis profil saya dan blog ini bukan untuk pamer tetapi sebagai pendorong semangat bagi anak, keponakan, cucu dan mungkin juga para pengunjung blog ini.

    Kalimat ini keren Pak, blog salah satu sarana merunutkan sejarah apa yang kita lalui hari ini dan menjadi bahan hidup untuk mereka yang kita tinggalkan nanti.

    Salam kenal Pak Abdul Cholik :)

    Benar, itu tujuan saya. Yang tua saja masih terus menulis mosok yang muda2 hanya cas cis cus ngrasani wong ha ha ha
    Salam kenal juga, matur nuwun

  158. zasachi says:

    Assalamu’alaikum,
    Sepertinya sudah lumayan sering dengar nama Pak Dhe, tapi baru berkesempatan kali ini mampir ke sini. Salam kenal Pak Dhe.
    bagus bener neh blognya pak dhe, mudah2an saya bisa belajar banyak di sini :)

    Waalaikum salam wr wb
    Terima kasih kunjungannya
    Silahkan belajar dengan mengikuti Giveaway ini

  159. Susindra says:

    Pakde is the best. Saya mengangankan Binbin kelak menjadi seperti pakde, bahkan sebelum saya mengenal pakde. Makanya saya langsung jadi fans berat pakde sambil berharap Binbin seperti pakde kelak.

    Ada apa jeng, kangen yaaa
    Amin,semoga nak BinBin menjadi anak yang sholeh dan berguna bagi nusa,bangsa,agama serta kebanggaan orangtua.

  160. fafa says:

    bagus dan oke blog-nya. salam.

    Thank you 44

  161. Dini says:

    Ini tho blog pakde yang terkenal itu ternyata seorang purnawirawan ya? salam kenal pakde

    iyo nduk
    blogger tuwek

  162. May says:

    Pakde,
    salam kenal, sangat menginspirasi sekali blog ini..ijin ikut belajar Pakde :)

    selamat datang jeng
    terima kasih kunjungan dan perekanalannya
    yuk belajar bareng biar gayeng

  163. junika says:

    salam kenal pakde saya junika dari magelang blog pakde sangat inspiratif..:)

    selamat datang
    saya di Magelang selama 4 tahun lho
    matur nuwun

  164. Pakde, saya berkunjung kesini.. Blog yang sangat menginspirasi :)

    Monggo, matur nuwun

  165. dewi says:

    Walah2 pakde ada bukune ta? pantes ngetop !!!

    Ngetop prak humor ya wuk

  166. Sigit Wahyu says:

    Salam kenal, pak…..saya juga keluarga purnawirawan TNI dan Polri, asal dari Jawa Timur. Ayah saya Purn.TNI AD dan paman purn.Polri (Akabri 1970). Paman sya juga domisili di Surabaya. Membaca blog bapak sangat inspiratif buat saya, sekiranya patut ditiru oleh kami yang muda-muda ini. Keep contact pak, bila suatu saat sya ke Surabaya, mudah2an bisa jalin silaturahim.

    Anak kolong ya mas
    Salam kenal

  167. [...] percakapan beliau tanya blog kamu apa aja ? Saya jawab cumakatakata, cumafotofoto. Komandan bilang alamat blog kamu kok gak menjual ? Dierrrrr rasanya seperti di tusuk dengan jarum jahit [...]

  168. salut sama bapak …
    bisa menjadi inspirasi saya, yang masih hijau ini :)

    matur nuwun mas
    saya dulu juga lombok ijo kok he he he

  169. agung says:

    insyaALLAh nama yang bagus pak

    Amin, matur nuwun

  170. Mirza Sharz says:

    Apalah artinya sebuah nama? Begitulah peribahasa orang Barat tentang tidak pentingnya sebuah nama. Tapi peribahasa itu tidak berlaku bahkan boleh dibilang salah besar jika dikaitkan dengan dunia internet khususnya dalam hal search engine optimation.
    Pemilihan nama yang tepat dan relevan dengan tema dan konten suatu website atau blog adalah salah satu faktor yang sangat menentukan popularitas atau peringkat pada hasil penelusuran mesin pencari besar khususnya Google
    Tak heran jika banyak pemilik situs memilih nama domain yang sama dengan nama website dan kata kunci yang ditargetkan
    Lalu salahkan pak Dhe memilih nama domain yang sama sekali berbeda dengan nama blognya? Sama sekali tidak, karena pak Dhe berkarya bukan untuk mesin pencari melainkan untuk kita semua
    Dan jujur saja saya katakan, blog pak Dhe yang satu ini sangat layak untuk disebut sebagai salah satu blog terbaik di Indonesia (mohon maaf ya pak Dhe kalau kata-kata saya ini terkesan berlebihan)
    Selamat berkarya pak Dhe dan sampaikan salam hormat saya untuk keluarga di rumah

    Terima kasih apresiasinya mas
    BlogCamp memang untuk konsumsi manusia mas bukan untuk mesin pencari makanya saya kalau membuat judul jarang yang berisi keyword
    Pokoknya artikel yang enak2 saja
    Salam hormat untuk keluarga ya mas

  171. Sri Wahyuni says:

    waaah salut dengan pak de, seorang Jenderal yang baik hati, murah senyum dan tidak sombong…..salut banget. Pokoknya susah mendeskripsikan profil pak de, karena pak de seorang figur guru yang hebat, serba bisa…..jelas beda dengan gambaran sang Jenderal TNI yang saya lihat saat ini. Terus terang saya sangat takut dg tampang sangar sang jenderal, apalagi bertutur kata yang seadaanya. Biasanya kalau dengan beliau2 dalam tanda kutip “Sang Jenderal” kita harus hati-hati banget bersikap….namun dg pak de saya bisa menepis anggapan itu. ijinkan saya belajar dan menimba ilmu dari pak de, karena ilmu saya masih dangkal. Blog aja masih punya 1 belum berani buat lagi takut terbengkalai, nyarisnya blog yang cuma 1 itu PR nya N/A…duh ngenes…..mohon pencerahannya ya pak de…..matursuwun

  172. Akbar Ilyas says:

    slam kenal pakdhe cholik…
    saya sangat terinspirasi dengan pakdhe yang sudah purnawirawan tp masih aktif di duni blog. mudahan semangat pakdhe bisa tertular ke saya. amin

    amin
    enakan ngeblog daripada kluyuran mas

  173. hani says:

    pakDe mengingatkan pd bapak saya, purn Pati AD juga. Tapi sdh wafat 1997 :(… hiks. Sukses selalu untuk pakDe.

    Siapa ya jeng? Saya ikut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum mendapat tempat yang layak di sisi-NYA. Amin
    Tahun 1997 saya masih Kolonel jeng

    • hani says:

      Tahun 61-65, kami tinggal di Panca Arga Magelang. Bapak dokter di Akmil. Pernah gabung Garuda II, tugas ke Congo. Terakhir sih DanKesAD. Whehe…dah lama tapi berkesan. Yaiyalaaah…bapake…. Hehe….

      I see

  174. martini says:

    Salam blogger Pak…eh salam kenal
    Salut sekali dengan panjenengan lho,anak tunggal tapi gk aleman….he…he
    Tapi ngomong2 kalau ngeblog, ibu maksud istri tdk marah pak?,biasanya klu ngoprek blog apalagi punya banyak biasanya lupa wkt…..:))

    mosok lupa waktu , enggak sampailah

  175. Wah, pakdhe benar2 hebaaaaat. Saya nge Fans pakdhe sudah lama lho. Tapi tahu kalau pakdhe itu ABRI baru sekarang . Jadinya lebih kagum lagi. Jarang lho ABRI yang hobinya menulis, soalnya biasanya kerjaannya baris berbaris , atau mainin pistol he he he .
    Kakak saya ya TNI AD lho pakde (purnawirawan) namanya Brigjen Joko Sarjono, pernah jadi Direktur Peralatan( Dispulahtad?), terus mau pensiun jadi anggota DPR dari Fraksi ix ?
    Sekali lagi saluuuut deh sama Pak Dhe !!!

    Terima kasih nduk atas apresiasinya
    Saya ngeblog agar tak cepat pikun he he he
    Nggak ikut kontesku ?
    Salam untuk mas Joko Sarjono

  176. Dina Aprilia says:

    pakdheeeee….
    walah pakdheeee…. >,<
    *sungkem dulu*

    ternyata pakdhe nih cucok tenan yooo…
    rugi nih saya tinggal di surabaya juga tapi belom pernah ketemu pakdhee…

    heheeee…boleh tuker link dong pakdhee????
    boleh iyaaaaaa… :D

    boleeeh saja mosok tukeran link aja nggak boleh
    Link saya ukuran XL, color

    kami sudah sering menggelar kopdar, di rumahku atau di luar. Nanti saya kabari kalau kopdar yak

    Link sudah saya pasang di halaman Link Sahabat, nomor D-8
    josss

    • Dina Aprilia says:

      itu link apa k*lor pakde kok ada ukurannya segala??? *oops

      yasudah kalo begitu akan ku pasang link blog pakdhe di tembok blog saya…. :D

      ha ha ha ha ha..tak pithes irungmu kapok….

  177. salam kenal, pakde. semoga sehat dan sukses selalu. ramadhannya lancar kan.

    Amiin
    Alhamdulillah
    Terima kasih kunjungannya
    Salam hangat dari Surabaya

  178. potretbikers says:

    Salam kenal, dari Blogger mini yang kebetulan aktifitas keseharian ada diSurabaya, Pak Dhe…heheheh :lol:

    Matur nuwun kunjungannya

  179. Assalamu’alaikum Pak De Cholik, saya Bayu.. Putranya Brawot (Putu ne si Mbah Bingah) :D
    Awalnya iseng Searching “SUMBERAGUNG” di Google… eh muncul blog ini, trnyata selama ini pak de aktif di blog ya, bahkan udah nerbitin buku pula.. sebagai anggota “tetangga” saya salut. hehehe

    kunjung ke blog saya ya pak.. masih belajar sih, bayuhistory.blogspot.com
    saya juga sudah follow twitter bapak, @baysulistyo
    untuk fb, saya kok kesulitan mengajukan pertemanan, tapi saya inbox. :D|

    sukses pak de!

    Waalaikum salam wr wb.
    Wah kejutan dikunjungi tetangga sendiri
    Ya, saya sudah pensiun makanya saya nulis blog dan buku agar tetap eksis dan nggak cepat pikun.
    matur nuwun
    Salam hangat dari Surabaya

  180. bunga papan says:

    saya kenal pak dek cholic bukan melalui blog tapi dari status facebook yang biasa di share tapi sungguh suatu keberuntungan bagi saya bisa tahu pak dek cholic melalui blognya ini… sukron

    nathan shiraj

    Terima kasih kunjungan dan apresiasinya
    Salam hangat dari Surabaya

  181. Batu Alam says:

    Salam kenal buat “Pakdhe” Abdul Cholik.
    Sangat menginspirasi Pak critanya
    Banyak Informasi yang di dpat Pak
    Salam BLOGGER mania
    Sukses :)

  182. Salam hangat Pakde Cholik, salam saking j-water, semangate jenengan pancen luar biaso pakde, salam hangat

  183. prastya adi pratama says:

    aslmaualaikum..
    salut buat pakdhe…salam tetangga sendiri, jd kngen pengen muleh lhat foto lapangan sumberagung…

    Waalaikum salam
    Molih ae mas,aku lagi di rumah nich

  184. irul says:

    salute puol ama Pa De..
    Mugi sehat mawon nggih Pa..

    Amin, matur nuwun mas

  185. Ristin says:

    Salam kenal pakde.. Mau liat2blog hebatnya nih.. Klo yg ini blg nya msh aktif kan? Py 15 blog itu bikin saya berdecak kagum, wong saya urus Satu blog aja msh sering ketinggalan hahahaha.. Wah.. Pengalaman nulisnya boleh dong bagi2 ilmunya pakde.. Sekali lagi, salam kenal :)

    Salam kenal juga
    terima kasih
    Ya saya kan pensiun, jadi banyak waktu untuk menulis
    Keep blogging

  186. […] ketiga … sekaligus ada tiga orang … Pak De Abdul Cholik – Mas Agustus Sani Nugroho – Erry Andriyati Kenapa borongan tiga orang … ? Karena […]

  187. salam kenal pakde, numpang blog walking nih dari bangka belitung..
    salam

    Selamat datang di BlogCamp
    Terima kasih kunjungannnya
    Salam hangat dari Surabaya

  188. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Mhn ijin, tulisan Bapak sangat inspiratif, semoga bisa menjadi teladan untuk generasi muda.
    Hormat kami
    Didik Setiyawan, AAL 1998

    Waalaikum salam wr wb.
    Matur nuwun, dik
    Sukses ya

  189. […] yang paling mudah adalah Pak De kita tercinta, Bapak Abdul Cholik.  Beliau ini aktif di alam Maya, rame dan grapyak.  Dan ketika kita bertemu pun hal yang sama […]

  190. E. Novia says:

    Assalamualaikum, Pakde

    Profilnya bikin takjub, berasa ada dalam kehidupannya. *lebay* hehe.
    Sebenarnya sudah lama denger nama Pakde Cholik, pernah berkunjung sekali kesini. Tapi ya masih sepintas lalu. Karena penasaran, jadilah mampirnya lamaaaaaa sambil baca-baca disini.
    ujung-ujungnya minder karena yang purnawirawan aja produktif, semangatnya keren, Pak.
    Semoga Papa saya juga bisa seperti Pakde, yang tetap aktif dan produktif ketika pensiun nanti.

    So inspiring, Pakde

    Salam kenal dan hormat dari saya. Novia-Jakarta

    Waalaikum salam wr wb.
    Karena banyak waktu luang jadi saya ya menulis saja
    Semua bisa melakukannya kok
    Terima kasih kunjungan dan apresiasinya

  191. Jhonatan says:

    Semangat Pagi pakdhe Cholik…
    Maaf pakdhe saya numpang tanya apa betul hari-hari terakhir ini pakdhe ngalami kesulitan untuk akses blog via blogger.com sama seperti saya?
    Karena yang saya alami beberapa hari ini untuk masuk ke http://www.blogger.com/home ndak bisa-bisa, ini juga dialami temen-temen blogger Jogja, apakah di Surabaya ngalamin hal yang sama?
    Trima kasih pakdhe solusinya..
    Tetap semangat maju terus berkarya pakdhe, untuk INDONESIA….

    Nggak tuh mas, saya bisa membuka blogspot saya dan berkomentar di blog sahabat juga
    Mungkin faktor koneksi mas

  192. Assalamualaikum Pak De, Hormat Grak, salam kenal dan pertama kali berkunjung di blog anda.. semoga terjadi silaturahmi (blog walking pakde) siap grak :)

    Waalaikum salam wr wb.
    Matur nuwun kunjungannya mas
    salam hangat dari Surabaya

  193. ndop says:

    Huwalah, biyen jaman enek komunitas Blogger Tugu Pahlawan Com aku sempet aktif beberapa tahun dadi tukang nggawe sepanduk haha..

    Biyen aku kuliah ning ITS sering mlaku nek pingin ngemol ning galaksi mol. Trus nggawe jaket jurusan senajan wis lungset tapi bangga. Padahal ndik mol dandanane lak kudu rapi dan gaul to ya. Mbuh biyen aku randuwe isin, sing penting iso mlebu Gunung Agung nunut moco haha..

    Pernah diusir satpam pas ning Delta Plasa gara-gara diriku numpak sepeda ontel. Haduh, banyak kenangan ning suroboyo. haha.

    Aku malah durung melu komunitas iku mas.
    Kapan nang Surabaya mas, tak tunggu yo
    Matur nuwun

  194. waw, kagus saya pak….. ternyata blog telah masuk dalam dunia bapak juga ya, hehehe

    gk nyangka saya pak, saling support ya pak :)

    Iya, menulis memang banyak manfaatnya
    Matur nuwun

  195. duakerja.com says:

    Askum. Salam sejahtera mas bos, salam kenal dari saya

    Waalaikum salam wr wb
    Matur nuwun mas

  196. Assalamu’alaikum Pak De.
    sangat inspiratif, saya sering mengunjungi Blog Camp. banyak sekali pelajaran yang bisa saya peroleh. hanya saja ini komentar pertama saya di sini. maaf Pak De, selama ini hanya menjadi pembaca saja, hehe. terima kasih sudah banyak menginspirasi, dan saya semakin bersemangat tuk ngeblog :)

    Salam hangat dari Mahasiswa Perantauan, Malang :)

    Waalaikum salam wr wb
    Terima kasih atas apresiasinya
    Salam hangat dari Surabaya

  197. ihsan says:

    ohh begitu yah,wah sosok yg begitu religius nih,sukses yah :)

    Biasa saja Mas
    Terima kasih

  198. Ashim says:

    Wiihhh, Udah Jendral nge-blog lagi…..
    SEREM Pakde. ^_^

    Kalau Travelliing lagi ke Manca ajak- ajak ya Pakde…

    Supaya nggak cepat pikun mas
    Monggo

  199. Alvi says:

    Salam kenal pakdhe, blognya oke punya!
    terus menginspirasi lewat tulisan-tulisannya ya pakdhe :)

    Matur nuwun apresiasi dan dorongannya
    Salam hangat

  200. Cicha Z says:

    Seru baca profil pakde..
    Salam kenal pakde. Seneng ketemu orang model pakde begini, aktif, ceriwis, bijak dan berjiwa muda hihi.
    Salam kenal Pakde, salam dari BSD :)

    Selamat datang Nduk
    Terima kasih kunjungannya
    Salam hangat

  201. Mushlihin says:

    Salam kenal pak :) dari Sulawesi selatan :)

    Salam hangat Mas
    terima kasih

  202. Salam kenal pak, mau belajar dari seorang jendral adalah suatu kehormatan :)

    Salam hangat Jeng
    Mari kita belajar bersama-sama agar saling isi-mengisi

  203. Becakmabur says:

    salam kenal pakde.. hormat saya terkhusus buat anda yang luarbiasa.. pejuang akan selalu berjuang dimanapun berada, dan sekarang berada di dunia maya pun tetap menjadi pejuang yang menginspirasi..
    salam dari semarang..

    Matur nuwun Mas
    Sama2,salam hangat dari Surabaya

  204. salam kenal pak dhe, semoga tetap konsisten berkarya

    Amin
    Matur nuwun
    Salam kenal Mas

  205. Rudhiana says:

    salam kenal pak dari sukabumi :)

    Hatur nuhun
    Saya dulu sering sekali ke Sukabumi

  206. salam kenal pak cholik dan sukses selalu

    Terima kasih Mas Pulau Pramuka

  207. Assalamu’alaykum wr. wb.

    Mbah Kung …Pak Dhe Cholik

    Sugeng siang, mampir sekejap njeh. menikmati suguhan di blog njenengan yang luar biasa

    masyaAllah muantabbb benar. Josh tenan pokok e.

    Semoga kelak saya mempunyai putra yang pinter, penuh berkah dan keberuntungan juga sukses melebihi Pak Dhe. Aamiin.

    Semoga kesuksesan dan keberkahan selalu menyertai langkah hidup Pak Dhe sekeluarga…

    Salam ukhuwah saking kulo,
    Putune Warok Ponorogo, yang asli saking kutho pecel si bakule gadis hehe

    Waalaikum salam warahamatullahi wabarakatuh
    Monggo Nduk
    Terima kasih kunjungan dan komentarnya
    Kalau ke Surabaya monggo pinarak
    Salam

  208. Wo injeh, sopo mau si tekan Madiun yo. sajak e koyo enek lewat sak klebatan wadeuh sopooo yooo

    Dudu aku lho

  209. Anggara says:

    Salam kenal (lagi) pakdhe :)

    Salam hangat Mas

  210. riski usada sp says:

    Assalamualaikumcwr.wb sugeng sore pak de menawi kepareng kulo badhe nyuwun persanipun ……
    Saya riski saya juga ingin menjadi perwira seperti pakde pendidikan apa saja yang harus di tempuh dan latihan apa saja yg hrus d lakukan aapa hrus pinter atau berani atau harus berbadan sispek atau keker ? Aaapa berat pakde trimakasih

    Wasallam ..

    Waalaikum salam wr wb. Pendidikan untuk menjadi Perwira

    1. Akmil, AAL, AAU, Akpol (syarat tamatan SMA)
    2. Pendidikan Sekolah Perwira Militer Wajib (Sepamilwa)- syarat sarjana

    Syarat : sehat jasmani ruhani, lulus test kesehatan, kesamaptaan jasmani, akademik, psikologi, dll

    Tak harus ganteng, sixpack, atau keker. yang penting sehat dan memenuhi syarat2 lainnya

    Latihan sebelum test: lari, push-up, pull up, sit up, berenang, dll

  211. Amin says:

    Semoga dari sini saya mendapatkan ilmu menulis dari blog ini ya Pak Cholik. Sebenarnya saya sudah sering mampir di blog ini dengan web yang lain pak…moga sukses ajalah…salam.

    Matur nuwun Mas

  212. riski usada sp says:

    Ooh gitu pakde trimakasih ataas sarannya saya jadi ssmangt belajar untuk mencapai cita² ,ngomong² saya tahun ini baru menginjak kelas 3smp minta doa nya saja pakde supaya bisa UN besok … Trimakasih

    Semoga lulus dengan gemilang

  213. Rosita_dy says:

    wah pakde… perkenalan yg bikin merinding… jadi makin Semangat terus untuk ngeblog… untuk berbagi lewat dunia maya.. semoga bisa memiliki pemikiran yg matang spt pakde :D

    ha ha ha ha..mosok mrinding segala
    Mari menulis

  214. Dian Mulyadi says:

    Assalammu’alaikum Pakde Cholik,

    Salam kenal saya Dian dari Dompet Dhuafa, sebelumnya kita sudah berkomunikasi by email sewaktu event CJ di websitenya Dompet Dhuafa. Saat ini tulisan Pakde yang berjudul PENTINGNYA DISIPLIN NASIONAL DALAM INDONESIA MOVE ON sudah saya muat di Website Dompet Dhuafa, sekalian saya ijin ya pake foto pakde untuk profilenya…

    Wassalammu’alaikum, semoga kita tetap bisa komunikasi online

    Dian Mulyadi

    Waalaikum salam wr wb.

    Matur nuwun, monggo

  215. Nadia says:

    Salam kenal, Pakde. Blognya keren sekali, semakin memotivasi saya untuk semakin rajin menulis di blog. Pengalaman pakde tinggal di luar negeri sepertinya seru untuk di dengar. Saya mau minta izin untuk ubek-ubek postingan pakde tentang itu, boleh ya pakde?

    Semoga pakde selalu dalam keadaan sehat.

    Silahkan kalau mau ubek2
    Semoga ada manfaatnya
    Matur nuwun

Leave a comment