Anak SMP dan Vignette

.

Di suatu masa, ketika saya masih menjadi anak SMP, menjamurlah apa yang disebut dengan vignette. Kata vignette ( baca vin-yet) yang artinya sketsa ini memang berupa gambar yang unik dan berdekorasi. Sedangkan menurut www.thefreedictionary.com, vignette artinya :

1. A decorative design placed at the beginning or end of a book or chapter of a book or along the border of a page.
2. An unbordered picture, often a portrait, that shades off into the surrounding color at the edges.
.
Sebagian besar anak SMP jaman itu lalu berasyik-masyuk membuat gambar vignette. Bahkan di beberapa koran menyediakan suatu pojok khusus yang mempublikasikan gambar vignette karya pembacanya, biasanya berdekatan dengan puisi, ramalan bintang dan artikel lain yang digemari remaja kala itu.
Agar dianggap sebagai remaja yang mengikuti aliran jaman, sayapun sebagai anak SMP ikut-ikutan membuat vignette. Saya membeli tinta bak (disebut juga tinta Cina-warnanya hitam mengkilat ) dan pen untuk menggambar vignette. Dalam menggambar vignette saya lebih banyak menganut madzab atau aliran Nga-Whur. Aliran ini memang lebih mudah, lebih lentur , dan lebih bebas dalam mengembangkan imajinasi karena tak terlalu kaku dalam penerapan kaidah seni.

Salah satu vignette garapan saya yang paling populer dan pernah di tawar oleh seorang kolektor vignette seharga $ 79,987 berjudul Cleopatra. Imajinasi seorang anak SMP tentang wanita yang kecantikannya sungguh mempesona. Silahkan diperhatikan dengan seksama vignette yang saya buat tahun 1964 itu. Tampak ada suatu nafas kehidupan di dalamnya, bukan ?

Karya adiluhung ini masih tersimpan rapi dan kala itu saya berharap suatu saat bisa bertemu si Cleopatra.

Love in canvas

Cleopatra

.

.

 

Incoming search terms for the article:

abdulcholik, aja, aku, anak SMP, anak smp 84 vs ur, arti vignet, arti vignete, arti vignette, batik vignette, cara gambar vignet, cara menggambar vignet, cicaktokek, contoh gambar vignette, gambar, gambar gambar vignet, gambar ilustrasi vignet, gambar puisi denagn vignette, gambar vigette, gambar vigneete, gambar vignet, gambar vignete, gambar vignett, gambar vignette, gambar vignette adalah, gambar vinyet, gambar-gambar vinyet, gmbr vignet, logo, love, melukis vignet, menggambar vignet, menggambar vinyet, nasi, penertian vignate, pengertian gambar, pengertian gambar vignet, pengertian gambar vignett, pengertian gambar vignette, pengertian vignet, pengertian vignette, pengertian vinyet, picture, por, puisi, puisi dan vinyet, puisi vinyet, sa i, satu, seks, semua gambar vignette, sketsa, sketsa vignet, start, teknik menggambar vignet, vignet, vignet adalah, vignet batik, vignet indonesia, vignette, vignette dalam arti kesenian, vignette gambar, vignette untuk puisi, vinyet, vinyet artinya, vinyet batik, vinyet dan batik, vinyet keren, vinyet poskota, www.gambar vignet.com, www.gambar vignette.com, www.vignet.com,

44 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Bang Iwan says:

    si Cleopatra lagi mudik sekarang yah PakDe?

    wah bahasanya…
    Cleopatra kok mudik sih bang
    ganti dengan bahasa yang agak tinggi, misalnya tetirah….

  2. muamdisini says:

    wah…tahun segitu pak dhe sudah membuat karya…
    salut untuk pakdhe…
    semoga impian bisa bertemu cleopatra bisa terwujud ya pakdhe…

    he he he..yaaa ikutan aliran masa saja mas

  3. arkasala says:

    Hasil karya yang keren. Pak … Jadi ingat adik saya yg suka juga menggambar serupa waktu dia smp namun jauh kualitasnya dg gambar di ats. Trims pak, salam hangat dari Tunjungan.

    Buka puasanya kok jauh amat Kang…
    sampai Tunjungan mack…

    • arkasala says:

      Yang ini saya test blogging pake hape ternyata saya bisa. Bekal buat mudik nanti biar bisa tetap blogging he he. Kebetulan lagi ngajak anak ke TP pak, ngadem di ruang AC kan asyik hihi.
      Trims Pak …
      Salam

      saya juga bisa pake hape tapi kecil sekali, jadi kurang sip
      enakan pake laptop
      ke Jombang bawa perangkat ngeblog

  4. nakjaDimande says:

    hwaa Dhe jual ke aku aja ya.. kayaknya Cleopatra masih secantik itu hari ini..^^

    jangan yank….
    itu karya unggulan je….
    sudah selesai membantu mama membuat kue Lebaran ?
    Rendang dan Balado juga sudah beres kan.
    Jaga kesehatan ya yank…jangan minum es terlalu banyak entar pilex…
    salam rindu dan sayank selalu

  5. Woow,…makanya karya-karya Pakde sekarang ini luar biasa,…lha sejak SMP sudah menghasilkan karya yang begitu bagus,…sukses buat Pakde. terus gimana pakde,.jadi ketemu Cleopatra sesuai yang digambar ndak ? Saya yakin pasti ketemu yang lebih dari yang di gambar. salam sejahtera dari kota batik pekalongan.

    belum ketemu mas
    mungkin suatu saat deh

  6. qsew says:

    ngomong-ngomong vignettte nya dilepas nggak waktu itu pakde

    tidak mas-ini edisi khusus soalnya

  7. Deden Hf says:

    Buseeet daaah. pakde jago banget nih maen vignette nya. :D
    cleopatranya nampak real banget. haha.. mantaph.

    oh y, ajarin saya aliran nga-whur itu dong pakde.

    biaya kursusnya mahal lho kang….
    250$ per paket

  8. Kira – kira sekarang masih ada ya kegiatan membuat gambar vignette. Soalnya di jaman saya SMP tidak mengenal kegiatan itu.
    Salam kenal Pak De :)

    gak ada lagi mas

  9. ini kado dari anak SMP ya Dhe utk Cleopatra?
    anak SMP nya dah berani belum sih?
    jangan2 cuma berani senyum2 dari jauh thok………….. kecuttt !……….
    salam

    ya enggak donk, dah apel dan ngajak nonton pilem kok

  10. Ternyataaaa……………..Pakdhe pandai melukis dan menggambar………
    kapan akan diadakan pamerannya Dhe (* lebay *) hehehe…………
    salam

    masih cari sponsor yang bonafit

  11. tukangpoto says:

    Vignette nya apik tenan,pakde…

    iya, digambar dengan penuh cinta soalnya

  12. marsudiyanto says:

    Itu kok kayak fotonya bang Iwan PakDhe…
    Bener ya?!

    lho, panjenengan kok titen sih mas

  13. yang namanya vignette yang mana sih, dhe …??? …
    terus cleopatra-nya yang mana juga …???
    :)

    semua ada digambar itu

    salam akrab dari burung hantu …

  14. zee says:

    Imajinasi anak smp memang luar biasa ya pakde, karena namanya abege kan biasanya kreatif sekali dan masih berkembang positif.

    apalagi kalau lagi jatuh cinta ya yank

  15. akhmad fauzi says:

    cleopatranya pakdhe yo budhe….inggih mboten?

    inggih leres mas

  16. Riska mbem says:

    Pak de, devinisi dari vignette sendiri itu apa?

    kan sudah disebutkan diatas nduk…..

  17. Kalau dulu karya Pakde yang judulnya Cleopatra sudah ditawar $ 79,987, kira – kira sekarang harganya berapa ya? :)

    sak koper mas ha ha ha

  18. chocoVanilla says:

    Cleopatranya mang awet muda ya, Pakde. Dari th. 1964 ampek 2010 wajahnya masih sama :D

    karya2 saya kan emang ever green atau long lasting-langgeng-lestari-maju jaya express….

  19. nDuk says:

    Ayunee…
    Cleopatranya dah nyampe mana ya?

    blm ada laporan je

  20. Ferry ZK says:

    Ahhh PakDhe mengingatkan masa-masa jaman kuda gigit besi hehehe, dulu waktu saya SMA ada 2 hobi yang bikin saya selalu dihukum guru qiqiqi wong kalau guru sedang menerangkan dan murid yang lain mencatat apa yang diterangkan guru saya ya juga sibuk tapi pas dideketi guru langsung dijewer wakakaka… coz buku tulis saya isinya ya kalau gak puisi ya vinyet hehehe…

    kemana ya perginya lembaran bergambar ala poskota…

  21. siAyi says:

    wah anak SMP masa itu benar2 kreatif,, neng Cleo… sekarang ada di mana pak???

    cleo ada disini mas

  22. pakde Cholik says:

    Siapa yg pinjam laptop, ngaku aja

  23. aryadevi says:

    nafas kehidupan dari senyuman abadi ^_^

    anggun-ayu merak ati

  24. mbah jiwo says:

    betebaran post anak SMP pakdhe…apa kabar?? sehat?

    alhamdulillah sehat mbah,matur nuwun

  25. yeeiii! blogwalking… dan blognya pakde keren abis!

    aku baru tau lho istilah vin-yet ituh… wkwkwk
    makasih mas- itu istilah umum kok

  26. Kakaakin says:

    Kakak saya jago bikin vinyet, kalo saya sih nggak bisa blas :D
    Kok cleopatranya belom “mencak2″ disini? hehe…

    biasa, lihat situasi dulu. kalau ramai baru sang Cleo datang..

  27. tetep aje ane ga paham . . (
    koq mahal banget ditawar yaa :D

    pelan2 aja mas-entar lama2 juga tetap gak paham

  28. nh18 says:

    Aaahhhhiiiyyy …
    ini IiiyyyHhhaaa kan ya ?

    Salam saya Pak De
    (ronda sahur)

    ayu yo oom…

    • nh18 says:

      @nh18,
      Ho oH …
      hihihihihi …

      Orangnya ndak ada …
      lagi pulang kampung pak De …

      iya oom, kemarin dah laporan
      sayapun dah minta ijin pasang fotonya kok

  29. munir ardi says:

    maju terus SMP semoga berhasil

    jangan bosan, ganyang keyword ngawur

  30. Blogger Java says:

    Vignette Cleopatranya cantik Pakde. hehehe…..

    iya, saya kan memang pilih yg cantik2

  31. mida says:

    Pakde canggih deh… Cantik nian perpaduannya… ^_^
    Tali asih berikutnya dapet hadiah vignette dari Pakde ya… hehe…

    namanya juga sudah pakar nduk

  32. julie says:

    cleopatra lagi tetirah naek onta ya pakdhe?
    *siyul* :p

    iye….asyik lho

  33. Wah, ngga boleh ikutan ya? Yowis, saya ta’ nginthil wae.
    Salam.

    gitu donk mas

  34. nandini says:

    duuuh.. mbah Iyhaa yg lanciip ayune reek… :)

    pwol nduk.

  35. ais ariani says:

    pakDhe.. ndak ngerti arti tetirah…

    nggak apa-apa,lama2 kan mengerti nduk