Hidangan Pembuka Selera

Saya  pernah bertanya kepada seorang senior mengapa pola dan gaya makan antara bangsa yang satu dengan bangsa yang lain berbeda. Saya mengambil contoh orang Amerika dan Eropa. Mereka membagi makanan menjadi 3 bagian yaitu hidangan pembuka antara lain berupa sup atau salad yang konon dimaksudkan untuk menggugah atau membangkitkan selera makan. Kemudian dilanjutkan dengan makanan utama misalnya steak, roti, kalkun,  dan diakhiri dengan makanan penutup yang umumnya rasanya manis-manis misalnya cake, s krim dan lain sebagainya.

Sedangkan saya, jika makan pasti langsung ambil nasi,  rawon, empal, telur rebus, verkedail jagung, krupuk uyel, sambel dan langsung tumplek bhleg menjadi satu di piring. Sueger mbokmu.

Gaya makan dengan 3 tahap hanya saya nikmati ketika dinas keluar negeri atau ketika  ditraktir atau mentraktir sahabat makan gaya buffet di hotel.

Namun, hidangan pembuka ternyata bukan hanya terjadi di meja makan saja. Simak sebuah suara yang berkumandang di pentas Ludruk di Jawa Timur ini : ” Hadirin dan penonton yang berbahagia, waktu telah menunjukkan pukul 21 nol nol. Pagelaran Ludruk BlogCamp Budaya segera menampilkan hidangan pembuka berupa tari spesifik Suroboyo…Tari Ngremo..yang akan dibawakan dengan apik,lincah dan luwes oleh penari kebanggaan kami. Sambutlah dengan tepuk tangan yang meriah…..Ning Yuniiiiiiiiiiiii……”

Nah kali ini, walaupun kita orang Indonesia, saya ajak sahabat untuk membahas tentang Hidangan Pembuka.

Silahkan menulis artikel dengan keyword ”  Hidangan Pembuka “ di blog para sahabat sesuai gaya dan daya kreasi masing-masing.

.

Tali asih bagi pemenang ADUK – Makanan Sehat telah dikirim ke alamat masing-masing. Harap maklum.
.

Hidangan Pembuka .

Ketentuan Umum

1. Judul artikel mengandung keyword Hidangan Pembuka , misalnya ” Hidangan Pembuka di Warung Jeng Ngatno “.

2. Jumlah keyword  minimal 3 buah.

3. Keyword  diletakkan pada paragraf pertama, ditengah artikel dan pada paragraf terakhir.

4. Panjang artikel minimal 200 kata.

5. Artkel berbentuk esai, bukan puisi, pantun, komik atau gambar.

6. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dan menggunakan huruf latin baku, bukan seperti ini “4q cint4  p4xd3?

7. Artikel tidak bersinggungan dengan masalah SARA dan SARU.

.

Penulisan dan Pendaftaran artkikel.

1. Penulisan artikel : sekarang juga.

2. Pendaftaran artikel : mulai sekarang hingga sebelum jam 17.00 wib (hari ini)

3. Tempat pendaftaran : di kolom komentar artikel ini.

4. Format Pendaftaran. Seperti contoh berikut:

Nama : Pakde Cholik

Judul artikel : Salad Sebagai Hidangan Pembuka Yang Menyehatkan

Url: http://menulisalapakde.blogspot.com/2011/07/salad-sebagai-hidangan-pembuka-yang.html

(link harus hidup seperti contoh diatas agar bisa dilacak oleh shohibul Kontes)

5. Penutupan Pendaftaran : jam 17.00 wib ditandai dengan penutupan kolom komentar.

.

Artikel Terpilh dan Tali Asih.

1. Diambil 5 artikel yang sip.

2. Tali asih berupa sebuah buku untuk masing-masing pemilik artikel terpilih.

3. Pengumuman artikel terpilih paling lambat hari Selasa tanggal  2 Agustus 2011.

.

Selamat menulis sahabat.

Jadikan menulis sebagai bagian dari gaya hidup anda !!

 

128 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. selamat pagi pakdhe…
    wah pagi2 hidangan pembuka saya adalah jualan pertamax disini pakdhe, akhirnya saya bisa juga jualan disini…:D
    insya allah saya ikut pakdhe,,dah 2x absen…

    selamat pagi sayangku
    absenmu membuat saya kelu
    hati meledak menahan rindu
    mau bilang tetapi maluuuuu

    • dewifatma says:

      cuit..cuiiitt….!!

      Bagai teriris sembilu,
      puisi Pakdhe bikin cemburu…. hahaha….

      tak usah sedu-sedan itu
      masih ada sekeping hati yang tersisa untukmu

      • bangauputih says:

        ga usah cemburu mbak, ginksul tetep no 1 di hati pakdhe, :)

        hmmmm..sepertinya ada nuansa cembokur juga pada kalimat sederhana ini

        • advertiyha says:

          Tuh kan, pakdhe pagi-pagi sudah merayu menjamu wanita ayu… aku turut cemburuuuuuuuuuuuu… :(
          hiks *ngelap ingus pake ujung rok*

          hihihih.. pagi pakdhe sayang, apakah bumi galaxy cerah ceria??
          disini mentari menyapa bergelayut manja,, ihiyyyyyyyyyy….

          alo chayankku
          kalimatmu membangkitkan gairahku
          jangan2 dikau ingin mendapatkan buku
          hayooooo ngakuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

        • dewifatma says:

          Betol, Pakdhe..
          *ngangguk-angguk* :)

          setuju…

  2. bangauputih says:

    met pagi pakdhe.
    waduh, susah keywordnya nih.
    mdh2an dpt ide.

    7x kontes digelar
    7x pula kalimat pembukamu seperti itu..
    ach andai kamu dekat disini
    hmmmmm…..bakiak ini pasti kulempar

  3. Mama Kinan says:

    met pagi pak dhe..waduh agak telat sikit bukanya..9.10 dikomputer saya..ternyata keyword dah ready..”hidangan pembuka” haduh…mata gaya nieh…blom ada ide blass untuk meng “aduk”….semoga bisa menemukan ide yang brilliant…Btw saya suka dengan gaya bahasa pak dhe “Seger Mbok-mu”…jadi ingat kampung halaman saya ..khas jawa timuran..
    bismillah…cari wangsit dulu…*wangsitnya pergi ke pasar kayaknya tadi….*

    jam di komputermu bawa ke jawatan tera nduk…mungkin dah lumuten pandomnya…

  4. nia/mama ina says:

    kalo saya dirumah gaya makannya sama kayak Pakdhe…….tumplek blek dalam satu piring…..

    wahh kayaknya susah bangt nech cari pangsitnya…soalnya abangnya lagi pulang kampung…..nyekar sebelum puasa hihihi…..

    kalau abangnya gak ada ya ijonya aja wuk

    • IbuDini says:

      Ternyata ada kawannya …..baik itu hidangan pembuka, utama bisa jadi satu piring…..terkadang malah hidangan penutup bisa menjadi hidangan pembuka. hmmmm

      makan biji kedondong dulu baru makan nasi yo nduk. Hidangan penutup kok nyentrix gt sih

      • dewifatma says:

        hihihi.. betol sekali temen-temen… :D

        ngembat soda gembira dan es cendol dulu baruuu ditutup nasi dan kwitiew….
        hwooooooo……sampai doyong jalannya rek….

  5. Ga bs ikut pakde
    Blm ada ide hehe

    gak apa2 nak
    jangan memaksakan diri
    entar malah malu lho….

  6. dewifatma says:

    Insya allah ikut, Pakdhe.
    Semangaaaattt..!!

    joss…

  7. melly says:

    Siaaap pakdheee
    siap mencari ide menulis dulu hari ini.
    udah 2 minggu absen kontesnya pakdhe..
    semangat!

    iya nich, saya lihat absenmu di buku catatanku sbb:

    1. Absen karena melihat sunatan masal di kelurahan.
    2. Absen lagi karena antri karcis spoor di stasiun

  8. IbuDini says:

    Sepertinya aku udah ada pangsit yang akan menjadi santapan.

    kalau kalimatnya seperti ini agak meragukan
    jangan2 malah gak ikutan

  9. Sofyan says:

    ikutan…..ahhhh

    Selamat Pagii,,,,,

    selamat pagi mas
    harus !!

  10. papafaiz says:

    sulit nih pakde, tapi kok ya dapat judul ya pakde..hehehehe..
    judulnya: cari ide buat tulisan hidangan pembuka
    btw, ternyata sudah langsung dicontohkan tulisanya sama bunda lili ya pakde..?
    coba saya coratcoret dulu pakde, semoga nanti bisa diikutsertakan di aduk…

    gampang kok asal mulai menulis
    kalo dilihaaaaaaaat saja ya gak klar

  11. daftar pakdhe..

    nama: puteri amirillis
    judul artikel: hidangan pembuka favorit di bulan ramadhan
    url: http://puteriamirillis.blogspot.com/2011/07/hidangan-pembuka-favorit-di-bulan.html

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  12. yuniarinukti says:

    Ning Yuni: “Trima Kasih Cak Cholik atas kesediaannya meluangkan waktu buat saya untuk ‘Ngremo’. semua ini saya lakukan agar para peserta pagelaran kontes aduk terhibur”

    xixixi….

    Sabtu siang kosongkan jadwalmu
    kita lunch sebelum puasa

    • yuniarinukti says:

      Sabtu siang Pakde??
      hmm… sepertinya ajakan itu sangat susah untuk saya…. tolak Pakde

      Horreee…..

      diajak ngedate….

      entar kedip-kedipan di YM aja

      • nia/mama ina says:

        Pakdhe ikutan dong……koq mbak yuni doang yang diajak hiks….

        kemarin batal melulu, jd ya mbayar hutang
        maaaf kali ini tidak terbuka untuk umum

        • yuniarinukti says:

          makanya Mbak baik-baik sama Pakdenya, jangan diajak guyon terus, nanti Pakdenya sakit perut repot ga bisa ngajak makan lagi hihi….

      • advertiyha says:

        aku dengarrrrrrrrrr.. harus dikirim delivery dengar.. ihik… (ikut makan siang dheeeeeeee….)

        jangan ach
        mau makan siang sepuasnya dgn Yuni, indexnya hanya 6.500

  13. yuniarinukti says:

    2 kali berurutan Kontes aduk selalu menampilkan makanan, ada apakah ini… :)

    supaya gemar makan

  14. nh18 says:

    Waaaa …
    Key wordnya sangat menantang …

    (aku tak semedi dulu Pak De)
    (aaahhh kesuwen trainer iki …)

    hihihihih

    Salam saya pak De

    iya,gak apa2, saya sudah hafal kok karena sejak awal ADUk kan gak pernah ikut ya oom

  15. Blogger Java says:

    Saya mendukung aja Pakde, hari lagi sibuk di kantor.

    ya mas, kayaknya belum pernah ikut ya
    kesibukan yang luar biasa dan berkuasa penuh….
    sampai gak sempat lepas kacamata

    • Lyliana Thia says:

      Hahaha…
      Aku sukaaaa sekali baca setiap komentar disini…
      Abis Pakde jawabannya lebih lucu dari Srimulat..
      Hehehe… ^_^

      Insya Allah ikutan Pakde.. Doain hari ini gak ada yg sakit gigi yah Pakde.. Hehehe…

      supaya cepat…sakit gak sakit cabut aja giginya wuk…..

      • bangauputih says:

        bener mba, klo pusing atau stress, datangi aja blogcamp. cuman baca komen balasan pakdhe ajah dah bisa bikin tertawa

        kalo gak tertawa cabut giginya

  16. Pakde kulo tumut nggih pakde….

    Nama : Arif Bayu Saputra

    Judul Artikel: Hidangan Pembuka di Bulan Puasa

    Url : http://batakata.blogspot.com/2011/07/hidangan-pembuka-di-bulan-puasa.html

    Semoga berkenan pakde, assalamualaikum

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  17. yeeeyyy.. akhirnya baca postingan tentang ADUK-nya tepat waktu. *enggak telat maksudnya. hehe..

    tapi berhubung habis ini mau keluar dulu, jadi bikin artikelnya masih entar. tapi udah dapet ide nih pak Dhe tentang makanan pembuka. insyaallah ntar ikutan. :D

    yeeeeyyy..ike juga bilang apa
    kalau jam 9 kemari pasti ketemu sama ADUK
    biasanya gak balik arek iki

  18. Mabruri says:

    waahhh, makanan lagi nih aduknya,,,
    susahnya nyari ide ttg makanan…

    gak usah nyari ide mas
    nangkring aja di warung nyai Raki sebelah rumah tuh

  19. advertiyha says:

    Pakdheeeeeeeeeeee daptarrrrrrrrr….!!!
    (tumben pagi-pagi dah daptar nduk??) hihihi..

    Nama : Advertiyha
    Judul : Nyicipin Hidangan Pembuka yang Asem Asin
    URL : http://advertiyha.blogdetik.com/2011/07/27/nyicipin-hidangan-pembuka-yang-asem-asin/

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  20. [...] Artikel ini disertakan dalam ADUK kontes reboan 8 jam [...]

  21. papafaiz says:

    assalamu’alaikum pakde..
    seperti tulisan diatas tadi pakde, coret-coretan tak bercoret saya pun akhirnya jadi..:D
    bismillah…kula daftar..

    nama : papafaiz a.k.a fauzi
    judulu artikel : Taripang | Sebagai Hidangan Pembuka Sebelum Sarapan
    URL : http://papafaiz.wordpress.com/2011/07/27/taripang-sebagai-hidangan-pembuka-sebelum-sarapan/

    gih sampun pakde, pareeng…

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat

  22. IbuDini says:

    PakDe aku daftar….
    Mungkin agak beda tapi moga saya memenuhi sarat…

    Nama : Mulyani/IbuDini
    Judul : Hidangan Pembuka Pentas Seni Kids Club
    Url : http://barbiedini.blogspot.com/2011/07/hidangan-pembuka-pentas-seni-kids-club.html

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  23. Pakde kulo tumut nggih pakde….

    Nama : Arif Bayu Saputra

    Judul Artikel: Hidangan Pembuka di Bulan Puasa

    Url : http://batakata.blogspot.com/2011/07/hidangan-pembuka-di-bulan-puasa.html

    Semoga berkenan pakde, assalamualaikum

    lho…ini bukan pembagian sembako rek
    mosok sampek ndaftar dua kali
    jatahnya sekali saja kalo nama dan blognya sama
    wah..wah..wah…kalo tanggal tua kok banyak blogger nantang aku sih…..

  24. bangauputih says:

    keywordnya gampang2 susah. Gampangnya karena nggak jauh2 dari makanan. pasti banyak yang bisa diangkat dan diulas. Susahnya, karena banyak sahabat yang akan merujuk pada hidangan buka puasa, susah buat judul yang beda dan menarik, susah juga buat pakdhe menilai karena artikel yang satu dan yang lain akan tampak serupa tapi tak sama. hehehe

    1. Nih tak kasih judul ” Hidangan Pembuka Yang Beda dan menarik ”
    2. Menilai saja kok susah tho nduk. Tiap artikel pasti ada plus-minusnya. Nah yang banyak minusnya yang menang..ehhh..kebalik

  25. [...] ke makanan utama, semua makanan langsung  tumplek bhleg menjadi satu di piring (meminjam istilah Pakdhe Cholik). Sebagai bangsa yang kaya akan masakan lezat, kita tidak perlu lagi hidangan pembuka, makanan [...]

  26. bangauputih says:

    horee…saya sudah dapat medali. klo nggak dapat buku, saringan teh juga boleh (pakdhe dulu bilangnya gitu kan?.
    top komen dah nggak dapat jatah buku kaya’ dulu2 lagi yah pakdeh? ehhehe

    dulu ya dulu
    saya dulu kan langsing
    sekarang gembrot

  27. treest says:

    assalamu’alaikum …
    silakan kunjungi http://4antum.wordpress.com/2011/07/27/salam-ketupat-cinta-ramadhan-4antum/

    thx …
    salam 4antum …
    ^_^

    waalaikum salam wr wb.
    iya Insya Allah nak
    salam hangat untukmu

  28. baha andes says:

    waduh mau buka apa ya…

    jangan dibuka disini mas..
    banyak ibu2 lho….
    dibelakang pagar sana aja…agak sepi
    yuppp disitu…eee…kok menghadap kemari
    ngadep tembok dong…nah gitu…trus jongkok ya….

  29. nia/mama ina says:

    waduh Pakdhe…sampai jam segini saya belum dapat ide hiks……

    coba perhatikan wajah teman sekantor satu persatu
    siapa tahu ada ide diwajah mereka. Misalnya jika ada bibir sahabat yang ndomble, kan bisa dibuat artikel berjudul ” Sup bibir ikan hiu sebagai hidangan pembuka “

  30. Dhe says:

    Ikutan pakdeeeeeeeeee..

    Nama : Dhenok Habibie
    Judul : Hidangan Pembuka Nyeleneh di Awal Ramadhan
    URL : http://gamazoe.wordpress.com/2011/07/27/hidangan-pembuka-nyeleneh-di-awal-ramadhan/

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


    • Dhe says:

      pakde, artikel dhe masuk kategori gk?? kok pakde gk komen?? #sedih


      Aku dah komen, tapi mungkin di emplok akismet
      coba deh di cek di spam
      ini buktinya kalau saya sudah komen,malah2x

      “Duplicate comment detected; it looks as though you’ve already said that!”

      Hapuslah airmatamu nak,jangan sedih…cup…cup..cup…

  31. Tiffa says:

    ikut..ikut…ikut walau kalah terus xixixi

    oke..oke..oke…

  32. [...] Artikel ini diikutsertakan untuk meramaikan hajatan ADUK di Blogcamp. [...]

  33. Mabruri says:

    Ndaftar pakdhe..
    Nama: Mabruri
    Judul Artikel: Tari Ronggeng, Hidangan Pembuka HUT Perkebunan Teh Kaligua
    URL : http://mabrurisirampog.wordpress.com/2011/07/27/tari-ronggeng-hidangan-pembuka-hut-pabrik-teh-kaligua/

    maturnuwun

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  34. zan says:

    saya ngga pernah makan pake hidangan pembuka, maklum kebiasaan orang Indonesia pada umumnya… buka tutup sama aja he3…

    jadi langsung tancap aja
    gak pake buka-bukaan

  35. [...] ini saya buat untuk memeriahkan pagelaran ADUK-nya Pakde Cholik di [...]

  36. Orin says:

    Pakdeee… maafkan artikel saya kali ini ‘sedikit’ error hehehe…
    Tapi semoga tetap memenuhi kriteria yaa..

    Nama : Rinrin Indrianie
    Judul : Hidangan Pembuka yang Membuat Deg-degan
    URL : http://rindrianie.wordpress.com/2011/07/27/hidangan-pembuka-yang-membuat-deg-degan/

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  37. terroriez says:

    Kula nuwun…pakdhe aku nderek

    Nama:Khoris

    Judul: Hidangan Pembuka

    Url: http://terroriez.blogdetik.com/2011/07/27/hidangan-pembuka/

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  38. Lidya says:

    siang pakde, butuh penyemangat nih dari pakde :)

    dhor..dhe..dhar…dhor….hayo semangat9x…..
    jangan mlempem..jangan santai…jangan asem….

    (dah ya tak semangati…)

  39. Amela says:

    Nama: Amela
    Judul artikel:Tips Menyiapkan Hidangan Pembuka Selama Ramadhan
    URL: http://pagi2buta.wordpress.com/2011/07/27/menyiapkan-hidangan-pembuka-selama-ramadhan/

    perasaan tadi saya sudah komen.. eror apa ya pak dhe?

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  40. Mas Jier says:

    Lho kok Abi sabila belum njedul ya? Apa ketiduran habis shift 3 ya dhe? hehe
    Oh ya, yang dari balik papan juga tumben belum nongol, kemana ya? hehe

    enggak, dia sekalian ambil shift 4, 5 , 6 kok….
    maklum mau mudik..jadi shiftnya teman diambili semua

  41. Mas Jier says:

    kalau saya hidangan pembuka nyiuam dulu baunya, makanan inti ya makanannya itu, hidangan penutupnya ……makan pisang deh.

    Selamat siang Pakdhe.
    Mumpung belum puasa, keywordnya berhubungan dengan makanan teruz

    enggak juga, puasa mbuat artikel makanan kan juga gak dilarang undanh2

  42. Lidya says:

    Nama : Lidya Fitrian
    Judul : Tahu Gejrot sebagai Hidangan Pembuka Kesukaan Suami
    URL : http://www.fitrian.net/2011/07/tahu-gejrot-sebagai-hidangan-pembuka.html

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  43. Sofyan says:

    Bismillahirrohmanirrohim….mugo² pakDhe kerso..hehehe

    Nama : Sofyan

    Judul Artikel : Hidangan Pembuka Kolek

    URL : http://sofyandiary.blogspot.com/2011/07/hidangan-pembuka-kolek.html

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  44. Nandini says:

    Assalamualaikum Pakde… dalem nyuwun duko ga nate mampir BlogCamp..
    InsyaAlloh saya ndherek ADUK nggih De.. :)

    Waalaikum salam, sopo iku ?
    eeee….ponakanku sing ayu dhenok deblenk….
    weleh2..kapan pulang dari Turki nak ?
    Ketemu dengan Najib Al-Maghribi ??…(kebanyakan nonton sinetron..)
    Yo, tak tunggu artikelmu
    sukses yo bukune.

  45. nia/mama ina says:

    Pakdhe…akhirnya selesai juga uhuyyyy….ndaftar yachh…..

    Nama : Kurnia Ningsih / Mama Ina
    Judul Artikel : Hidangan Pembuka Yang Menggugah Selera
    URL : http://alqoernia.blogspot.com/2011/07/hidangan-pembuka-yang-menggugah-selera.html

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


    • nia/mama ina says:

      Makasih Pakdhe…mohon maaf lahir bathin juga seandainya ada salah2 kata waktu mengisi kolom komentar…..smoga kita semua dipertemukan dgn bulan Ramadhan…amiin

      Amiin ya Rabbal ‘alamiin

  46. dewifatma says:

    Akhirnya, setelah perut kenyang barulah ilham dateng.

    Ndaftar Pakdhe:

    Nama : Dewifatma
    Judul artikel : Hidangan Pembuka ala Ranah Minang
    URL : http://dewifatma.blogspot.com/2011/07/hidangan-pembuka-ala-ranah-minang.html

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  47. dewifatma says:

    Lapor, Komandan.
    Tali asih untuk Kado Pernikahan udah sampai dg selamat.

    Tengkyu very much, Pakdhe…

    you are welcome nduk

  48. ita says:

    pakde mau ikutan lagi yaa ^^

    nama : ita noviati
    Judul artikel : hidangan pembuka hari
    URL : http://aimeecorner.blogspot.com/2011/07/hidangan-pembuka-hari.html

    makasih banyak :)
    oia, buku hadiahnya sudah saya terima dengan selamat. insya Allah akan saya bikin postingan khusus :)
    terima kasih banyak ya pakde ^^

    smoga bukunya bermanfaat nduk

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  49. Mama Kinan says:

    Ane udah siapkan artikelnya pak dhe…semoga berkenan, ndaftar nggih pak dhe..nyuwun sewu.., Bismillah

    Nama : Mama Kinan A.k.a Sugiharti
    Judul artikel : Gahwa sebagai hidangan pembuka untuk Perjamuan
    URL : http://artyakinanthi.wordpress.com/2011/07/27/gahwa-sebagai-hidangan-pembuka-untuk-perjamuan/

    Matur nuwun pak dhe..

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  50. aryadevi says:

    Nama : Sabarhan

    Judul artikel : Hidangan pembuka kelas

    Url: http://arya-devi.blogspot.com/2011/07/hidangan-pembuka-kelas.html

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  51. [...] ini diikutsertakan dalam pagelaran ADUK edisi rabu, 27 Juli 2011 di [...]

  52. yuniarinukti says:

    Pakde setor muka… eh setor tulisan
    Nama: Yuniari Nukti
    Judul: Hidangan pembuka untuk berbuka puasa di jalan raya
    Url: http://ceritayuni.blogdetik.com/2011/07/27/hidangan-pembuka-untuk-berbuka-di-jalan-raya/

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  53. bangauputih says:

    Bismillah, ikutan ndaftar pakdhe.
    Nama : Ridha Alsadi
    Judul Artikel : Hidangan Pembuka Favorit Ala Rasulullah
    URL : http://bangauputih.info/2011/07/27/hidangan-pembuka-favorit-ala-rasulullah/

    Semoga belum telat dan berkenan di hati pakdhe, :)

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  54. Pakde saya ikut tp masih acak2an xixixi
    Nama: Tarry KittyHolic
    Judul: HIDANGAN PEMBUKA KETIKA YAM CHA
    Url : http://tarryholic.blogspot.com/2011/07/hidangan-pembuka-ketika-yam-cha.html

    Trima kasih pakde

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  55. [...] ini diikutsertakan dalam acara Aduk di [...]

  56. Susindra says:

    Assalamualaikum, pakde.

    Sudah lama tidak menulis, akhirnya tertantang dan terus terbayang-bayang dengan tema aduk hari ini. Rasanya akan menyesal jika tidak ikut. Saya mendaftarkan tulisan saya, pakde.

    Nama: Susi Ernawati
    Judul: Hidangan Pembuka di gastronomie française
    Url : http://blogsusindra.blogspot.com/2011/07/hidangan-pembuka-di-gastronomie.html

    Semoga bermanfaat.

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  57. dey says:

    ikutan daftar :

    Nama : dey
    Judul : Hidangan pembuka untuk pengidap hipertensi
    Url : http://keluargadeyfikri.blogspot.com/2011/07/hidangan-pembuka-untuk-pengidap.html

    Matur nuwun pakdhe …

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  58. Lyliana Thia says:

    Assalamualaikum
    Met sore Pakdeee… saya dateng lagi mau daftar…

    Nama: Lyliana Thia
    Judul: Hidangan Pembuka Yang Penuh Warna
    Url: http://www.thegreenpensieve.com/2011/07/hidangan-pembuka-yang-penuh-warna.html

    Semoga berkenan, matur nuwun Pakde…

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  59. Tiffa says:

    Nama : Tiffa
    Judul : Hidangan Pembuka ala Tiffa
    Url : http://lovetiffa.wordpress.com/2011/07/27/hidangan-pembuka-ala-tiffa/

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  60. Senangnya aku bisa menulis untuk ADUK kali ini dengan tak tergopoh2, ikutan daftar ya Pak De…

    Nama: Yunda Hamasah

    Judul: Hidangan Pembuka yang Menyehatkan

    Url: http://yundahamasah.blogspot.com/2011/07/hidangan-pembuka-yang-menyehatkan.html

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  61. yuniarinukti says:

    Wuih.. capek baca komentnya Pakde, bikin perut mules, gigi garing, mata sembab, komplit pokok’e!! tapi hati girang….

    makanya makanlah, walau tangga tua..jangan terlalu ngirit…

  62. assalamualykum pakdhe, ini kunjungan perdana pakdhe, kenalkan ini dr anak makassar.
    kulihat artikel ini maka kukuputuskan juga ikut ambil bagian, belum telat kan pakdhe??

    Nama : Adi Akmal
    Judul: Hidangan Pembuka Video Tentang Efek Rumah Kaca

    URL : http://putra-bulukumba.blogspot.com/2011/07/hidangan-pembuka-video-tentang-efek.html

    Terima kasih, klo berkenan membacanya…semoga bermanfaat, link pakdhe sy simpan yah di link pertemananku, keep silaturrahim.

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  63. [...] ini saya ikutsertakan dalam acara ADUK edisi Rabu, 27 Juli 2011 di [...]

  64. nah.. nahh.. ini sudah jadi artikelnya. langsung daftar ya Pak Dhe..

    Nama : Rie Ramadhaanie (Armae)
    Judul Artikel : hidangan pembuka, bisa jadi strategi bisnis
    URL : http://aarmaee.blogspot.com/2011/07/hidangan-pembuka-bisa-jadi-strategi.html

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  65. yati rachmat says:

    PakDheeee…………..masih keburu gak ya. Yang ikutan. Huhhuhhuh….ampe ngos-ngos-an nih. Lariiii…………….kebuuutt………..

    Nama : yati rachmat

    Judul Artikel: Hidangan Pembuka Selama Bulan Ramadhan

    URL: http://goodcrab-personal.blogspot.com/2011/07/hidangan-pembuka-selama-bulan-ramadhan.html

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  66. Mama Kinan says:

    Interupsi sebentar pak dhe..matur nuwun hadiah bukunya sudah ditangan pak dhe setelah melayang layang diudara…..wangi tenan…masyallah…matur nuwun…:) insyallah dibaca dan diambil ilmunya dhe…

    lho..apanya yang wangi mam ?
    sami2,semoga bermanfaat

  67. Mas Jier says:

    daftar dhe

    Nama : Puji Irwanto
    Judul : Hidangan Pembuka acara Wasana Warsa
    URL : http://masjiir.wordpress.com/2011/07/27/hidangan-pembuka-acara-wasana-warsa/

    thank you pakdhe

    Saya sudah komen disana lho, tapi emplok akismet. entar dikira gak komen lagi…hayo lepaskan cak

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  68. Kakaakin says:

    Hadooh… gak sempat ikutan lagi… :(
    Hiks…

    pancet ae

  69. Nandini says:

    Daftar De,

    Nama : Nandini
    Judul artikel : hidangan pembuka favorit, salad buah
    Url : http://arundati.com/2011/07/hidangan-pembuka-favorit-salad-buah/

    Hidangan Pembuka Selera.

    Terima kasih atas partisipasi sahabat


  70. Pakde Cholik says:

    Pagelaran ADUK tanggal 27Juli 211 dengan keyword Hidangan Pembuka secara resmi ditutup
    Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Mari kita Jadikan membaca dan menulis sebagai bagian dari gaya hidup kita
    Tetaplah bersama BlogCamp

  71. [...] memang tidak saya ikutkan dalam perhelatan ADUK dari Pak De Cholik tercinta … Namun saya pribadi merasa … ingin sekali berpartisipasi mengikutinya walaupun bukan [...]

  72. chocoVanilla says:

    Waaaaa telaaaattt……

    (haiyah)

    mau 3 donk berarti. Memang sudah waktunya. yang dua kan sudah gede2 juga jd pas kalau punya adik lagi

  73. hadow kenapa ya diri ane ga di beri bakat menulis :( salam kenal pakde. sukses ya

    bakat kurang penting mas
    yang penting bisa membaca dan menulis