Senandung Rindu : Kerinduan Ririe Khayan

Senandung RinduSenandung Rindu adalah lagu yang sangat populer ketika saya duduk di bangku SMP sekitar tahun 1965an.

Lagu melankolis yang dinyanyikan oleh penyanyi remaja cantik ~Tety Kadi itu hampir setiap hari terdengar di radio. Lagu yang menggambarkan sebuah kerinduan akan masa lalu yang dirasakan oleh sang dara sehingga setiap menyanyikan sebuah lagu seolah kekasihnya ikut bersenandung bersamanya.

Rindu dan kerinduan memang bisa menerpa siapa saja. Tak pandang usia. Rindu kepada orang yang disayangi, rindu kepada orangtua, rindu kepada tanah air, bahkan rindu kepada Sang Pencipta dan Rasul-Nya. Sebuah kerinduan datangnyapun bisa tiba-tiba, menyergap kalbu, menyelinap ke dalam hati sanubari, untuk waktu yang lama atau hanya sekejap lalu sirna, untuk suatu saat datang lagi.

Puisi berjudul Senandung Rindu karya Ririe Khayan bertutur tentang kerinduan kepada kekasih yang telah pergi. Ada suatu harapan diantara luka yang menganga berajut rintihan hati sang dara karena sebuah perpisahan sebagaimana tergambar dalam bait pertama puisi ini

Mengungkit haru rintihan hati
dan membentangkan sayap-sayap lara perpisahan
.
Perpisahan yang tak jelas ujungnya, apakah sebuah pertemuan lagi ataukah sebaliknya,  selalu meninggalkan luka, duka dan kesunyian walau kadang ada tawa di sana. Inilah yang dicoba diungkapkan oleh Ririe Khayan dalam bait berikutnya
.
Adalah tawa dan luka yang bersenggama mesra,
duka yang mencabik segenap saraf sukma
dan palung kesunyian yang menghunjam di relung sanubari
.
Bagi saya, puisi Senandung Rindu ini nuansanya lebih kepada ungkapan kehampaan hati seseorang yang sebenarnya mengharap sesuatu yang tak akan pasti kembali. Sebuah puisi yang menggambarkan kisah dengan sad ending, yang ditulis dengan kata-kata apik oleh Ririe Khayan.

Tulisan ini diikutsertakan dalam “Giveaway Kidung Kinanthi: Kata dalam Puisi di ririekhayan.com

 

39 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. rina susanti says:

    semoga sukses ga pakde…hehe

    terima kasih honey…hehe

  2. Nchie Hanie says:

    PAgi Dhe..
    Duuhh…pagi pagi gini ngomongin senandung Rinduu..
    JAdi Rinduu niih..

    Pagi sang pemilik pony manis
    Akupun merasakan apa yang diajeng rasa

    (belum sarapan sudah rindu2an ha ha ha ha)

  3. Nchie Hanie says:

    Sukses ya Ngontesnya

    PAkde sama iih, aku juga kan mo milih judul yang ini..
    hmm keduluan deh, baru mau tayang hari ini…

    Getaran hati kita selalu sama
    Walau tak terucap

  4. Imelda says:

    pakdhe emang rindu sama siapa? bude kan udah di sebelahnya terus :)

    sudah sepekan jomblo
    makan tak enak tidurpun mlongo
    rindu padamu nun jauh di Tokyo
    pokoknya…kokoronotomoooooooooo

    • Nh18 says:

      Ngakak pagi-pagii …
      Untung ndak sedang ngajar …

      lha gimana tho oom
      wong dikangeni kok gak rumongso
      masio wedi Jambore mbok ya nongol
      ini blasssss sak wulan gak sambang je…
      kebangeten kok si kokoronotomo ini….

    • hahaha ini termasuk puisi atau pantun ya?

      embuh jeng
      wis talah ojok melok2 rinduuuuuuu
      iki khusus ungkapan rindu dari Pakde Jotos-san

  5. cii' yuniaty says:

    ciyeeee,,……kangen kaliyan bude nggih pakdhe….. :)

    mengapa engkau selalu mengingkariiiiiii…?

  6. LJ says:

    giveaway yang menarik ini Dhe..
    membuat semacam review dari puisi mbak ririe khayan

    pakde sih ahlinya klo nulis ttg rindu-rindu begini
    aplg sambil duduk di bawah pohon jambu
    xixi, sukses kontesnya ya Dhe..

    ach…mengapa engkau selalu mengingatkanku saat-saat indah dulu
    suaramu, beningnya matamu dan senyum di bibir merah jambu itu…

    • LJ says:

      xixi.. kisah di bawah pohon jambu kan ku ingat selalu..

      Dhe, aku lagi nunggu kak Monda nih.. ntar siang sampai di bukik.
      semoga bukittinggi cerah selama beliau di sini.

      lho..pasti ada kopdar para dokter gigi dengan penderita sakit gigi deh
      yang satu tertawa makan enak-enak, yang kelompok satunya njungkel2, mringis2 sambil nggigit bantal kecil ha ha ha ha ha…..lalu menyanyi..” Aku juga masih punya perasaaaaaaaaaaaaaaaaan..sama seperti merekaaaaaaaaaaaaaaa…..”

  7. Mami Zidane says:

    pagi ini saya juga lagi merindu pakdhe…..rindu dengan ibu dan bapak saya di kampung….hehe…

    mudik donk say…mampir galaxi yaaa agar rinduku terobati..walau sekejap

  8. evi says:

    Rindu, kerinduan, memendam rindu sebuah rasa yang bikin sakit tapi sekaligus enak ya Pakde. Kayak narkoba, bikin ketagihan..Makanya kalau kita tidak sedang merindukan sesuatu rasanya kosong, emosi kita rata saja seperti mesin pemantau jantung orang mati. Bete pastinya. Maka rindukanlah sesuatu maka hidup akan penuh makna…(sok teu sesekali bolehkan Pakde hehehe..)

    Ohya selamat ngontes..Semoga sukses…

    lha saya ini sesungguhnya sedang merindukan berjumpa jeng Evi lalu menyanyi bareng lagu Laruik Sanjo gitzuuuuuu
    matur nuwun ohya nya jeng

  9. ririe says:

    Sugeng enjang pakdhe…
    kok ada orang-orangan sawah yang cantik juga ya Dhe…#sokgakkenal

    Deuuhhh, analisa-nya Pakdhe jan makjlebs lho? Hehehee…kok bisa tahu ya? jangan-jangan pakdhe juga lagi merindu neh ya…#sok teuuu..

    Ngaturaken agunging panuwun Pakdhe sampun kerso ndherek hajatan GA alit kulo..

    #Tercata sebagai peserta#

    setelah pertemuan galaxi itu daku sering merindukanmu jeng…..
    ada guratan gambar godong waru di hatiku kan…..

  10. Erwin says:

    sukses dengan giveawaynya pak Dhe…

    Salam rindu buat pak Dhe & bu Dhe…

    akupun merindukanmu say
    kapan balik ke tanah kelahiran ??

  11. btw, Teti kadi itu penyanyi jaman mana sih???

  12. Blogger Java says:

    Wah… kalau saya sih tidak jago dalam hal membuat puisi. hehehe….
    Semoga berjaya dengan giveaway nya Dhe.

    pasti punya buku alasan ya mas ha ha ha ha…

  13. Niar Ningrum says:

    Senandung rindu yang bener2 bikin pakdhe mala rindu sama budhe niye :D

    mengapa sih engkau selalu mengingkari hatimu…..

  14. Nh18 says:

    Ini postingan singkat …
    Namun saya rasa menyentuh esensinya …

    Sukses pak de

    Ku nyanyikan …
    Laguuu untuk mu
    Lagu senandung rindu …

    harus aaya akui
    mereview puisi itu angel banget oom

    • Nh18 says:

      (trainer demo)

      Qiqi

      setiap ada lagu itu berkumandang saya ingat bapak
      waktu itu ekonomi memang sedang gimanaaa gitzuuu
      punya radio satu band, baterei bolak-balik di kukus atau dijemur agar awet
      Uniknya lagi bapak malah membuat kotak isi 8 baterei..di letakkan di luar casing radio..lalu disambung kabel….ha ha ha ha ha…..wong radio kok baterinya ndledek sampai keluar casing gitu sih……

      • ririe says:

        WAH ITU juga salahs satu kenangan saya kala kecil lho Pak. Batery radio di jemur , di panggang…tersu di pasang lagi…getu terus berulang sampai buyar deh batery-nya

        kisah jaman gak enak ya jeng……
        kadang bateray dipijat-pijat segala..kalau empuk langsung dikukus ha ha ha ha…..

  15. Puisi itu memang momok bagi saya waktukuliah dulu
    makanya saya memberanikan diri ikutan GA nya mbak ririe Dhe
    idep2 dpt tantangan baru :)

    Coba baca

    Puisi Untuk Esti
    —————-

    Esti
    dikau mawar asuhan asuhan rembulan
    tak mungkin tuan terpetik daku
    walaupun hanya lihat kilasan senyum fotomu
    namun aku bahagia seribu satu jam

    (kabuuuuuur………………)

    • gedubrak….(untung gak gejedot)
      ono2 wae si Pakdhe iki

      – 1976 : ” aduhhhh…sakit sayank? Hati-hati yaaaa”
      —2012 : ” Jlalatan aja sih..mata jangan diumbar ngalor-ngidul..”
      (kabuuur lagiiiii…….)

  16. Wow kena mala rindu nihhh jangan sampai galau yooo :)

    wow tidaklah lahyawwwww

  17. Tulisan Pakde memang selalu mantep, kalu boleh iri ya aku minder, nach lhooo…

    Tapi seperti pesan Pakde, harus PeDe :) Maka baiklah, semoga berjaya bersamaku, hehe…

    Bukankah manusia dari Sumatra piawai merajut kata, menebar makna
    apalah arti awak ini dibanding mereka
    bak biji mrica melawan semangka
    kalah jadi abu,menangpun jadi arang

  18. Lagunya lama banget, saya belum lahir Dhe. Tapi kalao Senandung Rindunya Evie tamala saya tahu :).

    emangnya ada

    yang ini ya ” aku rindu bayangmuuuuuuuuuuuu”

  19. marsudiyanto says:

    Semoga melalui tulisan penuh rindu ini PakDhe menjadi salah satu pemenang di acaranya Mbak Ririe Khayan Dhe

    matur nuwun
    hadiahnya diserahkan langsung di Banyuwangi katanya

  20. andre says:

    semoga sukses ikutan giveaway-nya.

    makasih mas

  21. Dewifatma says:

    Pakdhe, selamat mengikuti GA.

    Semoga berjaya bersama saya! :D :D

    aduuuh ..kau datang lagi
    Kau baik sekaliiiiiiiiiiiii sayang

  22. fitr4y says:

    malam pakdhe,, kalo bicara rindu semua senyum2 gak jelas ya pakdhe .. hehehe

    salam sukses pakdhe … :)

    Pagi jeng
    iyaaa…kayak orang menang lotre tapi bodong

  23. kakaakin says:

    Kerinduan kerap berhiaskan lara ya, Pakdhe. Apalagi semacam kasih tak sampai, merana banget…

    merana hanya bagi jiwa yang lemah nduk

  24. lozz akbar says:

    Renyah jika bertemu denganmu
    Indah jika bertemu denganmu
    Nyaman jika bertemu denganmu
    Dahsyat jika bertemu denganmu
    Uhuk-uhuk jika bertemu denganmu

    ini masuk puisi enggak De? #mohon direview :)

    Puisi jenis ini dalam khasanah sastra disebut juga dengan Putsal= puisi tapi ngasal

  25. Hem… ternyata Kang Cholik juga sangat menyenangi lagu-lah\gu Nostalgia ya…Senandung rindu….merasuk didalam kalbu…bersenggama dengan luka nestapa…bila teringat masa lalu

    iya gan..maklum sudah tuwir

  26. lama gak ikut beginian pakdhe…
    semoga pakdhe menang ya :-)

    sepanjang sejarah kontes di BlogCamp kayaknya belum pernah ikut lho

  27. Elsa says:

    oalaaah ada Giveaway lagi di rumahnya Mbak Ririe..
    segera meluncur
    sapa tau bisa ikutan

    yg tau ya jeng Elsa sendiri donk