Tolong Menolong Dalam Kebaikan

Tolong menolong dalam kebaikanTolong menolong dalam kebaikan tentu layak ditumbuhsuburkan di antara sesama manusia.

Dalam artikel  Tips untuk meminta bantuan kepada orang lain, Idah Ceris antara lain menulis : ” ..Tapi selain dengan Alloh, tentunya kita bisa mengadu dan minta bantuan kepada orang untuk menjadi perantara..”

Tentu saja, sebagai makhluk sosial kita senantiasa berhubungan dengan manusia yang lain. Seberapa tinggi pangkat dan jabatan kita tetap memerlukan orang lain. Walaupun harta benda berlimpah kita tetap membutuhkan orang lain. Bahkan untuk urusan yang sepele sekalipun kita tak bisa melakukannya sendiri. Potong rambut misalnya.

Allah Swt juga telah memerintahkan kepada manusia untuk saling tolong menolong.

” Hendaklah kamu tolong menolong dalam kebaikan dan ketaqwaan, dan janganlah saling membantu dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras dalam hukuman-Nya.”(QS Al-Maidah 5:2)

Dalam hal tolong menolong tersebut Allah Swt telah menetapkan koridor.

1. Tolong menolong dalam kebaikan dan ketaqwaan.

2. Melarang tolong menolong atau saling membantu dalam perbuatan dosa dan permusuhan.

.

Tolong menolong juga diperintahkan oleh Rasulullah Saw, bahkan menolong orang yang sedang berbuat dzalim sekalipun. Mari kita simak hadits berikut ini

Diriwayatkan dari Anas ra, dia berkata: Rasulullah Saw pernah bersabda, “Tolonglah saudaramu yang berbuat zalim atau dizalimi”. Para sahabat bertanya: “Ya Rasulullah, kami memang harus menolong orang yang dizalimi, tetapi bagaimana kami harus menolong orang yang berbuat zalim?” Rasulullah Saw bersabda: “Cegah dia dari perbuatan zalim” (HR. Bukhari)

.

Minta tolong kepada manusia boleh asal yang dimintai tolong memiliki kemampuan untuk itu dan tidak menjurus ke arah kemusyrikan. Selain itu tolong menolong harus memberikan manfaat, bukan mudharat. Manakala manusia tidak ada lagi yang mampu menolong maka tak ada jalan lain kecuali memohon pertolongan kepada Allah Swt.

Jika gerakan lempengan raksasa yang ada di dasar lautan tak bisa dihentikan oleh manusia maka hanya kepada Allah Swt kita memohon agar akibat dari gerakan benda itu tak terlalu mengerikan.

Seribu sapi dan ratusan bola-bola beton dimasukkan ke dalam lubang raksasa dan ratusan paranormal dikerahkan tak akan sanggup menghentikan semburan lumpur Lapindo jika Allah Swt  berkehendak. Jika segala daya upaya sudah dilaksanakan maka kepada Allah Swt kita berserah diri agar diberikan solusi terbaik.

Adapun adab dalam minta tolong tentu juga harus difahami sebagai bentuk tatakrama dalam pergaulan masyarakat. Ucapan terima kasih setelah kita dibantu tentu lebih elok kita sampaikan kepada penolong sekalipun kita sudah juga memberikan imbalan uang kepadanya.

Artikel berjudul Tolong Menolong Dalam Kebaikan ini sebagai  teaser Giveaway Catatan Langkahku

 

26 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. sun says:

    kadang org salah kaprah ya pakde, pengen kaya minta tlgnya ke kuburan
    “mbah… beri saya kekayaan…”
    aih… kalo yg dikuburn punya harta udh dari dulu kuburannya dibongkar… hoho…

    Perilaku itu masih banyak dikerjakan orang jeng. Ada yang ke gunung, gua, dukun, dll.
    Orang mati harus di doakan, bukan dimintai doa. Sudah nggak punya kemampuan apa-apa kok dimintai sesuatu.

  2. Sofyan says:

    Sebagai manusia itu wajar meminta tolong dan memberikan pertolongan antara sesama manusia, cuman hasil akhir harus dipasrahakn pada Allah SWT,..

    Matur nuwun atas pencerahannya pagi hari ini Dhe..#semoga komen saya ini tidak salah lagi# hehehe

    Jum’at Mubarrok Dhe

    iya mas, walau punya uang sak kotak dan mobil mewah kalo mogok di jalan ya perlu tukang dorong,derek,dongkrak

  3. susindra says:

    Assalamualakum, Pakdee…
    Pencerahan hari ini memang cocok dinamakan mimbar jumat. saya baru memperhatikan tagnya hari ini. :)
    dalam hidup, tolong-menolong semampunya wajib, tapi kadang kok balasannya kurang enak ya de. Cenderung tak dihargai. aiyaaah… komentar saya agak ngawur.

    biasa jeng, ikhlas sj, nanti Allah yg mbales

    Mimbar Jum’at itu bukan tag tetapi kategori
    tagnya tersembunyi

  4. marsudiyanto says:

    Kadang juga orang menolong sekedar balas jasa karena pernah ditolong Dhe…
    Dan juga ada yang menolong kalau ada imbalannya

    benar mas, yg bagus ya menolong tanpa pamrih

  5. LJ says:

    dalam kesabaran dan kebaikan.. Insya Allah, Dhe..

    sip say

  6. tolong menolong untuk ibadah…
    Lillahita’ala…..
    muantab..!!

    betul mas

  7. Dawaihati says:

    Tolong menolong sudah jadi kebutuhan manusia selaku hamba Allah dan makhluk sosial

    benar mas, gotong royong itu enak

  8. dari tolong menolong ini nanti akan munculkeharmonisan ya pak dhe,,,

    iya, jangan tawuran mulu

  9. Jadi inget frase Jawa: nulung mentung, hehehe…
    Salam hangat, Pakde.

    ndorong mobil samil ngembat dompet

  10. Idah Ceris says:

    Teasernya membuka memoriku beberapa bulan yang lalau, saat say menulis artikel tersebut. :)

    Ini sebagai pengingat saya, Dhe. Sehebat apapapun, sepintar apapun, kita semua harus ingat, kalau kita adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain.

    Terimakasih ya Dhe. Semoga teman2 yang membaca artikel ini juga merasa terangsang untuk mengikuti GA saya. :D

    sudah banyak yg terangsang kan

  11. risa says:

    happy friday, dhe :)

    you too sweetheart

  12. nick says:

    kalo Jum’at postingannya pasti uaanget… wilujeng siang pakde Cholik.. selamat berakhir pekan..

    wilujeng siang mas
    happy weekend

  13. opickaza says:

    wah jum’at jum’at nih tema giveway untuk mbak idah ceris tolong menolong nihh….. bagus karena sesuai dengan harinya apalagi hari jum’at merupakan salah satu hari istimewa buat agama islam yaitu sholat jum’at moga aja bisa berkah tulisannya pak de

    Setuju mas, jangan malas jum’atan

  14. yeye says:

    Cocok sm hari nya nih postingan nya pakde :)
    Bener banget, sesama manusia mesti saling tolong menolong wlopun balasan nya misalnya kurang enak atau tidak berkenan di hati :)

    Iya jeng
    Kita lakukan secara ikhlas
    Serahkan Allah yang melanjutkan

  15. nh18 says:

    menolong orang yang berbuat zalim dengan cara mencegah dia dari perbuatan zalim.
    dan tutup kesempatan orang untuk berbuat zalim
    jangan pancing orang untuk berbuat zalim
    perkuat diri pribadi kita … agar orang lain tidak bisa berbuat zalim

    salam saya Pak De

    Setuju banget om
    Kalau nsudah tahu banyak copet ya jangan pakai rok mini, baju belah dada rendah…

  16. MF-Abdullah says:

    “Indahnya Tolong-Menolong” kesalip pak Dhe nich GA-nya, hehehe :D Makan Ketupat ama sambal bebek, “Emang Lebih Cepat, Lebih Baek”

    Makan ketupat penyet tempe
    Jika mmembaca artikel terlalu cepat beginilah hasilnye

  17. Kaifa says:

    kadang nolong tp ujung2nya…wani piro?? heheh…ra ilok yo pakdhe

    Jangan dipegang ujungnya jeng..pangkalnya saja

  18. Seperti saya minta didoakan tadi pagi nggih Dhe..biar tambah mantap :)

    Ikut senang dengan keberhasilan jeng

  19. Mas Seagate says:

    Setuju Pak Dhe, memang Allah satu-satunya tempat untuk meminta pertolongan, tapi nyatanya, banyak realita di sekeliling kita yang meminta bantuan pada dukun, jin, setan genduruwo dan kawan kawannya..Naudzubillah mindzalik.

    iya mas, jangan erkawan dengan gendruwo, banyak maunya

  20. UrSun says:

    Setuju sekali pakde, saling tolong menolong itu mesti dalam kebaikan. Pertolongan datangnya dari Allah, mahkluk hanya sbg jalan saja bukan tempat meminta pertolongan, dan jalan itu hanya ada 2 jalan baik dan jalan sesat.

    Nah berkenaan dengan tolong menolong, saya punya saldo skrill 99$ mau dijual pakde siapa tahu membutuhkan, mau dijual karena withdraw ke bank agak lama pakde :) kebutuhan ‘mendesak’ :D harga bisa nego 9.500/$.

    yeee…wong saya juga mau jualan je
    lagian tanggal tua mas
    maap yaaaa

    • UrSun says:

      Nggih pakde hehe…ngonlen ga ada istilah tanggal tua kan pakde? hihi

      maju terus kalau onlin

  21. Dani says:

    Jaman sekarang suka dicurigai juga Pak Dhe kalo mau menolong orang. Apa sayanya yang apes aja ya ketemu orang curigaan?

    karena memang ada orang menolong malah nyolong mas ha ha ha

  22. Lidya says:

    tolong menolong itu harus ya pakde

    iya jeng